Grow with Google Indonesia

Hari Selasa, tanggal 18 Februari 2020, Google Indonesia meluncurkan program Grow with Google yang diselenggarakan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta. Grow with Google merupakan inisiatif dari Google untuk membantu semua orang mendapatkan akses ke berbagai program, pelatihan dan fitur terbaik dari Google untuk mengembangkan keterampilan; karier; dan bisnis, guna mempersiapkan mereka dalam menghadapi era ekonomi digital saat ini. Program ini tersedia untuk berbagai kalangan, di antaranya:

  • Pemilik usaha (UMKM)
  • Pencari kerja dan mahasiswa
  • Developer
  • Guru dan siswa
  • Kreator dan jurnalis.

Untuk di kota Bandung sendiri, program-program Grow with Google sudah aktif dari beberapa tahun yang lalu. Program yang sudah diselenggarakan yaitu Gapura Digital, Women Will, Digi Talent, Google Developers Kejar, dan Bangkit yang baru saja dimulai pada awal tahun 2020 ini. Dan benar saja, hasil dari program yang sudah dijalankan mampu memberikan dampak positif bagi para pesertanya. Video cerita sukses dari beberapa peserta dapat kita lihat di website Grow with Google.

Diskusi Panel dengan Tema Computational Thinking

Selain itu, pada acara ini terdapat diskusi panel dengan tema “Computational Thinking” yang mulai diterapkan sebagai salah satu kurikulum pendidikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Salah satunya yaitu melakukan kerjasama dengan Bebras Indonesia.

Tidak hanya di dunia pendidikan, Google Indonesia juga bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) salah satunya dalam hal penyampaian informasi kepada para pelaku usaha kecil dan menengah bagaimana cara membayar pajak. Informasi mengenai cara membayar pajak dan ketentuannya dapat dilihat di Aplikasi Google Primer yang baru saja dirilis sebagai fitur baru dari aplikasi ini.

Aplikasi Primer yang Telah Diunduh Sebanyak Tiga Juta

Diharapkan dengan adanya fitur baru ini, masyarakat tidak bingung lagi bagaimana caranya membayar pajak dan melaporkannya setiap tahunnya. Aplikasi Google Primer adalah salah satu media pembelajaran untuk siapa saja yang ingin mempelajari keterampilan bisnis. Bagi yang baru memulai bisnis dan yang sudah memiliki bisnis pun dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk lebih meningkatkan bisnis mereka seperti digital marketing, branding, hingga keuangan.

Tentunya, di era digital ini, mempelajari dan meningkatkan pengetahuan sangatlah mudah. Salah satunya, dengan mengikuti kelas bisnis yang diadakan oleh Gapura Digital serta Women Will secara gratis. Sementara itu, belajar secara online dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Google Primer.

Penasaran bagaimana cara mengikuti seluruh program Grow with Google? Selalu up-to-date dengan informasi yang di-share oleh Google Indonesia melalui media sosial Twitter dan tentunya website Grow with Google.


Inne Prinusantari adalah pengeskplor cloud dan pembelajar yang tak henti mengenai memanusiakan manusia dengan menjadi product owner.