Business Cloud-based Networking di Perusahaan

Cloud-based Networking di Perusahaan

Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan pelanggan. Di sisi lain perusahaan juga dapat membuat jaringan cloud untuk kebutuhan operasional karyawan.

Membangun jaringan cloud juga bukan soal layanan cloud saja. Harus ada sumber daya pendukung seperti router, firewall, perangkat lunak untuk bandwidth dan jaringan serta perangkat-perangkat lain yang sesuai kebutuhan. Jadi cloud-based networking sangat penting.

Apa Itu Cloud Networking?

Sebelum memulai mengenal lebih mengenai jaringan cloud, pertama-tama harus diketahui mengenai apa itu cloud networking. Pengertian mengenai jaringan cloud adalah sistem yang menawarkan konektivitas yang didistribusikan di berbagai varian cloud yang tersedia.

Jaringan cloud merupakan sistem jaringan dari berbagai cloud untuk kemudian dapat menyimpan data dengan aman, serta kemudahan ketika mengakses data. Istilah lain dari cloud-based networking jaringan hybrid dan multicloud. Istilah ini merujuk pada jaringan cloud di sistem.

Kenapa Cloud-based Networking Penting?

Menerapkan sistem jaringan cloud ternyata sangat penting untuk operasional perusahaan. Hal ini karena perusahaan tidak dapat bertumpu pada 1 layanan cloud saja. Perusahaan perlu membuat jaringan cloud untuk kelincahan, kinerja, keamanan, dan efisiensi operasional perusahaan Anda.

Selain itu dengan jaringan cloud, maka skalabilitas semakin besar dengan potensi gangguan yang sedikit. Maksudnya dengan jaringan cloud perusahaan Anda dapat menyimpan data dengan lebih besar selain itu ketika satu terjadi gangguan, yang lain bisa back up sehingga tetap beroperasi.

Strategi dalam Cloud Networking

Ketika perusahaan sudah memutuskan untuk menggunakan jaringan cloud, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi. Terdapat 3 strategi yang perusahaan Anda susun ketika ingin melakukan jaringan cloud. Berikut ini kelima strategi yang perlu direncanakan.

  • Tentukan Jaringan Cloud yang Dipilih

Pilihan pertama adalah tentukan jaringan cloud yang dipilih. Hal ini sangat penting ketika perusahaan Anda ingin menggunakan jaringan cloud. Perusahaan harus terlebih dahulu menentukan mengenai tipe cloud yang ingin digunakan, serta infrastruktur apa yang dipakai.

Selain itu perusahaan juga harus menentukan soal peletakan data. Tujuannya agar cloud bisa dirasakan manfaatnya dengan maksimal baik oleh klien atau pelanggan perusahaan, ataupun bagi karyawan internal. Jadi proses penentuan ingin sangat penting dan jadi salah satu strategi.

  • Pilih Jaringan yang Sesuai Kebutuhan dan Budget

Strategi berikutnya adalah pilih jaringan cloud yang sesuai kebutuhan dan budget. Aspek ini sangat penting agar investasi cloud tidak merugikan keuangan perusahaan. Pasalnya sering kali perusahaan tidak mengetahui apa yang dibutuhkan sehingga melakukan investasi yang keliru.

Misalnya menggunakan jaringan cloud yang besar padahal, perusahaan masih berstatus startup. Atau mungkin karena tergiur dengan kecanggihan cloud sehingga menyewa tanpa berpikir soal biaya. Jadi penting diperhitungkan mengenai aspek kebutuhan, dan biaya dalam cloud network.

  • Rajin Berkomunikasi dengan Tim IT Cloud

Strategi berikutnya adalah rajin melakukan diskusi dengan ahli IT penyedia cloud. Komunikasi menjadi penting untuk mengetahui soal kebutuhan serta pemeliharaan layanan cloud. Walaupun status perusahaan Anda sebagai penyewa, bukan berarti perusahaan acuh tak acuh soal cloud.

Harus ada komunikasi yang baik antara ahli IT cloud dengan perusahaan Anda. Komunikasi perlu dibangun sejak perencanaan jaringan hingga ke pemeliharaan. Tujuannya agar layanan cloud bisa beroperasi secara maksimal, dan kedua belah pihak sama-sama nyaman bekerja.


    Subscribe now and stay updated!


    Tipe-tipe Cloud-based Networking

    cloud networking cloud-based

    Jaringan cloud tidak hanya satu tipe saja. Setidaknya ada 4 tipe cloud console atau cloud network yang bisa perusahaan Anda pilih. Keempat tipe ini bisa menjadi pilihan dan berikut penjelasan keempat tipe tersebut.

    Cloud Networking

    Tipe pertama adalah jaringan cloud. Tipe ini merupakan konektivitas yang berasal dari layanan-layanan yang bervariasi. Biasanya bentuk layanannya adalah layanan lokal, layanan berbasis cloud, edge dan lain sebagainya. Tipe cloud networking memberikan beberapa benefit.

    Beberapa manfaat yang dimaksud adalah manajemen yang lebih sederhana, adanya jaminan pengalaman pengguna, pengurangan waktu ke pasar untuk peluncuran layanan serta biaya operasional yang rendah. Manfaat terakhir yakni aplikasi dan penyimpanan data lebih aman.

    Multicloud Networking

    Tipe multicloud networking, adalah jaringan yang sering digunakan secara bergantian dengan tipe cloud networking. Hal ini mengacu pada kemampuan aplikasi, beban kerja, kontrol yang ada di SaaS, dan adanya sistem yang terintegrasi dengan penyedia cloud publik.

    Keunggulan dari multicloud network adalah akses yang lebih mudah. Perusahaan Anda bisa lebih mudah untuk masuk ke berbagai jenis cloud dan lingkungan total. Biasanya kasus untuk cloud tipe ini adalah SD-WAN ke layanan IaaS atau SaaS dan multicloud SDN sistem IaaS.

    Cloud Networking and Hybrid Cloud Networking

    Tipe ini adalah subset dari cloud dan jaringan multicloud yang berhubungan. Biasanya tipe ini digunakan untuk konektivitas antara data pusat dan data lokal, atau fasilitas yang terletak bersama dan cloud publik.

    Cloud networking and Cloud-based Networking

    Tipe jaringan ini secara khusus merujuk ke solusi jaringan cloud dengan bidang kontrol yang dihosting dan dikirimkan di cloud publik. Ini berbeda dengan tumpukan perangkat atau perangkat lunak lokal.

    Kemudian tipe ini merupakan bagian dari perkembangan manajemen cloud yang modern. Hal ini karena menggunakan teknologi-teknologi terbaru agar penggunaan cloud bisa semakin aman, nyaman dan praktis. Tipe juga mengutamakan kepada pengalaman pelanggan dan karyawan.

    Network Intelligence Center sebagai Produk Google Cloud

    Dari sekian banyak cloud console atau cloud root yang tersedia, perusahaan Anda bisa memilih Network Intelligence Center. Layanan yang satu ini merupakan salah satu layanan terbaik dari Google Cloud. Pasalnya terdapat beberapa keunggulan yang ditawarkan. Berikut ini daftarnya:

    • Verifikasi Data yang Bersifat Proaktif

    Pertama-tama, Network Intelligence Center, menawarkan verifikasi jaringan cloud yang proaktif. Dengan begitu durasi pengawasan bisa berkurang dan gangguan jaringan cloud bisa segera terselesaikan.

    Keunggulan lainnya dalam verifikasi data ini, adalah keamanan jaringan bisa lebih tinggi, dan memberikan pengalaman yang maksimal bagi pengguna.

    • Mampu Mencegah Terjadinya Pemadaman Jaringan

    Keunggulan berikutnya, mampu mencegah terjadinya pemadaman jaringan cloud. Network Intelligence Center bisa mengurangi potensi terjadinya gangguan. Pasalnya Network Center mampu memahami topologi jaringan cloud secara komperhensif.

    • Verifikasi Keamanan yang Ketat

    Verifikasi keamanan dan kepatuhan jaringan sangat ketat. Layanan ini akan mengumpulkan data untuk kemudian diverifikasi melalui serangkaian pemeriksaan konektivitas. Selain itu Network Center menggunakan aturan firewall, sehingga keamanannya jangan diragukan lagi.

    • Bisa Memantau Kondisi Jaringan Secara Real Time

    Perusahaan Anda dapat memantau cloud networking secara realtime. Lalu perusahaan juga bisa memeriksa topologi jaringan, data historis dan lain sebagainya. Berikutnya setelah bisa melihat kondisi secara realtime, perusahaan proses perbaikannya juga bisa dilakukan dengan lebih cepat.

    • Mempercepat Migrasi Cloud

    Keunggulan terakhir adalah mampu mempercepat terjadinya migrasi cloud. Dengan menggunakna produk Network Intelligence Center, proses migrasi bisa lebih cepat dilakukan. Semakin cepat proses migrasi, maka transformasi digital semakin cepat.

    Mulai Gunakan Cloud-based Networking untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Perkembangan teknologi semakin cepat, dan perusahaan harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Alasannya karena perusahaan harus mengikuti tren pelanggan serta mitra. Salah satu cara dalam melakukan adopsi teknologi digital adalah cloud-based networking.

    Jika perusahaan Anda ingin menggunakan teknologi tersebut, maka tidak perlu pusing. Perusahaan bisa menggunakan GITS.ID yang menawarkan layanan cloud-based networking.


    Mulai Gunakan Network Intelligence Center di Perusahaan Anda Sekarang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...