Jasa Cloud Modernization dari Google

Kami sebagai Google Partner Siap Membantu Bisnis Anda Semakin Baik lewat Google Cloud

GRATIS Konsultasi Hingga Yakin Produk-Produk Google Cloud Mana yang Bisnis Anda Butuhkan!

google cloud partner indonesia jasa layanan server storage computing
jasa cloud google modernization partner indonesia layanan computing storage server

Why Google Cloud

LEBIH HEMAT HINGGA

48%

dibandingkan fixed machine dari vendor cloud selain Google

LEBIH HEMAT HINGGA

75%

dibandingkan data warehouse dari vendor lain

Google Cloud Solution

  • Modernisasi infrastruktur / infrastructure modernization
  • Manajemen data / data management
  • Modernisasi aplikasi / application modernization
  • Analisis yang pintar / smart analytics
  • Kecerdasan buatan / artificial intelligence
  • Keamanan / security
  • Produktivitas dan kolaborasi / productivity and collaboration

Google Cloud Product

Memberikan banyak produk dan service yang bisa melakukan modernization terhadap infrastruktur teknologi perusahaan dan lewat inovasi teknologi. Misalnya, dengan Kubernetes, machine learning, artificial intelligence, BigQuery, dan lain-lain.
G Suite / Google Workspace Memungkinkan pekerjaan tim perusahaan Anda menjadi lebih cepat, aman, dan terstruktur. Kolaborasi pun akan begitu mudah dan tanpa batasan. Lewat Gmail, Calendar, Drive, Docs, Meet, dan lainnya.
Mempermudah hubungan dengan customer bisnis Anda. Juga, meningkatkan operasi bisnis lewat data real time dan komprehensif.

Pekerjaan Anda dan tim di perusahaan jadi lebih mudah berjalan di cloud. Lewat Chrome OS, Chrome Browser, dan device Chrome.


100+ klien semakin baik lewat

transformasi digital bersama GITS.ID.


Frequently Asked Question

Pengertian Cloud, Cloud Storage, dan Cloud Computing

Apa itu cloud?

Cloud adalah suatu istilah dalam teknologi. Cloud atau awan adalah tempat penyimpanan yang berada di internet. Tempat penyimpanan ini juga dapat diakses dari komputer berbeda, sehingga memudahkan berbagai hal.

Pengertian cloud storage

Cloud storage adalah tempat penyimpanan cloud atau penyimpanan data yang berada di internet dapat diakses oleh komputer-komputer yang membutuhkan. Umumnya, cloud storage punya kapasitas memori yang besar sehingga akan memudahkan berbagai aktivitas perusahaan juga memberikan kemudahan bagi bisnis lainnya.

Definisi cloud computing

Cloud computing adalah teknologi komputasi bagi cloud atau disebut juga komputasi awan. Dengan cloud computing, cloud dikomputasi agar komputer-komputer dapat mengakses cloud yang sama lewat jaringan internet. Cloud computing juga memberikan manfaat yang lebih luas dari hal tersebut. Contohnya, sebagai virtual machine atau mesin virtual yang performansinya tinggi, juga bisa diubah-ubah ukurannya sesuai keperluan alias skalabel.

Jenis-jenis cloud atau layanan cloud server

Google Cloud Platform, AWS dari Amazon, Alibaba, IBM, Mega, Xiaomi, I Cloud – Anda membutuhkan cloud untuk bisnis atau cloud untuk perusahaan? Terdapat beberapa layanan cloud server yang bisa dipilih. Menentukan jenis cloud yang dipilih berarti menyesuaikan dengan kebutuhan. Google Cloud Platform atau GCP memberikan banyak keuntungan. Penyedia layanan Google Cloud Platform kini telah hadir di Indonesia, tidak seperti service cloud lain yang masih di luar negeri. Di Indonesia sendiri, GCP djembatani atau dibantu oleh Google Cloud Partner, GITS Indonesia alias GITS.ID. Dengan begini, pemasangan; pemakaian; dan pemanfaatan cloud for business menjadi lebih mudah, termasuk Google Cloud for education.

Cloud Modernization; Langkah Strategi Terbaik untuk Memodernisasi Infrastruktur Cloud

IT Server, File Server, Dan Infrastructure Modernization

Modernisasi IT Server, Modernisasi File Server, Modernisasi Infrastruktur

Modernisasi cloud beragam bentuknya. Perusahaan Anda bisa melakukan modernisasi IT server, termasuk juga modernisasi file server. Serta, melakukan modernisasi infrastruktur cloud. Modernisasi ini penting, agar operasional perusahaan Anda bisa semakin agile atau dapat diproses cepat. Selain itu juga, untuk menjaga agar database Anda di data warehouse tetap aman. Alias, memiliki cyber security yang baik.

Melakukan IT server modernization dan file server serta infrastructure modernization ini bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pula. Misalnya, ketika terkena bencana dan data center Anda berupa pusat data fisik atau tidak ada backup-nya, data perusahaan bisa saja hilang. Selain itu, isu keamanan juga tidak jadi soal bila modernisasi infrastruktur IT dilakukan dengan baik.

Strategi Dalam Melakukan Modernisasi Cloud

Untuk melakukan modernisasi menggunakan Cloud, dibutuhkan strategi yang matang, terutama kombinasi antara teknologi, manajemen, hingga penyelarasan antara tim. Adanya beberapa jenis pilihan migrasi yang dapat dilakukan dan jenis data yang harus dipindahkan membuat perlu dilakukan perencanaan sebelum migrasi ke cloud. Beberapa hal dalam strategi modernisasi ke cloud ini, yakni dari sisi aplikasi, biaya, serta jenis migrasi cloud itu sendiri.

Aplikasi: mengidentifikasi aplikasinya, sebab setiap perusahaan memiliki alasan tersendiri mengapa harus memindahkan workloads ke dalam Cloud. Selanjutnya, ditentukan pula berapa banyak data yang harus dipindahkan dan seberapa cepat pekerjaan harus diselesaikan.

Biaya: mempertimbangkan juga biaya yang nanti dikeluarkan. Apakah biaya yang dikeluarkan nantinya sesuai atau ada kelebihan biaya. Bila perencanaannya matang dan memakai provider yang bisa berjalan dengan hemat, Anda akan terhindar dari kelebihan biaya. Atau, cost optimization-nya jadi baik.

Jenis Migrasi Cloud: Cloud sendiri merupakan layanan yang menawarkan beragam jenis migrasi untuk memulai pindahnya data dan komputasi Anda ke cloud. Migrasi dan layanan cloud bisa Anda pilih disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Bagaimana Cara Agar Upaya Modernisasi Cloud Terus Memberikan Hasil Implementasi Yang Semakin Baik

Agar terus mendapatkan berbagai benefit dari layanan Cloud, maka Anda dan perusahaan sebaiknya terus melakukan inovasi. Atau, memodernisasi cloud hingga semakin baik lagi. Terlebih, saat pandemi ini, banyak yang perlu bergerak cepat agar terus berkembang. Google Cloud memungkinkan semuanya dapat berjalan baik, karena manfaatnya juga begitu besar.

Terdapat beberapa contoh jenis penerapan aplikasi di cloud yang perusahaan-perusahaan butuhkan. Di antaranya, yaitu:

Sistem Absensi. Walaupun pandemi, bukan berarti pekerja tidak bisa seproduktif saat work from office. Walaupun bekerja dari rumah, perusahaan bisa terus memantau kinerja karyawannya. Di sinilah peran aplikasi seperti attendance berbasis cloud dibutuhkan. Melalui smartphone, pegawai bisa dengan mudah check in dan check out. Sistem ini sudah lengkap dengan fitur GPS dan notifikasi.

Distribusi Tugas. Pendistribusian tugas juga tak kalah penting. Bekerja dari rumah maupun kantor, aplikasi cloud untuk pendistribusian tugas tetap diperlukan. Dengan teknologi di cloud, hal ini akan bisa dengan mudah membantu pegawai dan operasional perusahaan.

Mengelola Sistem Administrasi. Cloud sendiri adalah lokasi virtual besar di mana Anda dapat menyimpan file besar di dalamnya, termasuk informasi administrasi karyawan. Data karyawan dapat Anda kelola sesuai kebutuhan. Misalnya, jadwal cuti dan jadwal lainnya. Karyawan juga dapat mengajukan cuti hanya melalui smartphone saja.

Selain contoh tersebut, masih banyak aplikasi cloud yang bisa dipakai, hingga yang komputasinya sangat rumit sekalipun. Dengan tempat penyimpanan yang besar, teknologi cloud bisa dipakai untuk menyimpan dan mengelola BigData. Data yang banyak itu juga dapat diproses dengan BigQuery ataupun analisis dan pembelajaran lebih lanjut lewat machine learning.

Agar upaya modernisasi cloud terus memberikan hasil implementasi yang semakin baik, perlu dilihat secara gambaran besar dari sistem cloud yang dimiliki perusahaan. Perlu dilihat dari segi infrastrukturnya, mesin-mesin virtualnya, alokasi sistem, data warehouse dan manajemennya, dan lain-lain. Selalu ada ruang untuk terus melakukan cloud modernization.

Langkah Application Modernization Untuk Cloud

Langkah untuk migrasi ke Cloud bervariasi, beserta application modernization yang dilakukan. Hal ini didasarkan pada jenis migrasi yang diinginkan dan elemen lainnya. Migrasi Cloud sendiri dapat disebutkan sebagai proses pemindahan data, aplikasi, hingga elemen bisnis lainnya ke Cloud. Secara garis besarnya, ini layanan virtual sumber daya bersama. Layanan ini menawarkan beragam keuntungan, mulai dari penyimpanan hingga layanan jaringan dalam skala besar.

Application modernization dengan migrasi cloud adalah proses pemindahan data, aplikasi, dan elemen bisnis lainnya dari komputer di lokasi organisasi ke cloud. Kumpulan virtual sumber daya bersama sesuai permintaan yang menawarkan komputasi, penyimpanan, dan layanan jaringan dalam skala besar. Secara umum, ada tiga langkah untuk migrasi Cloud, di antaranya:

Perencanaan dan Persiapan – Anda perlu mengetahui dengan apa saja yang Anda butuhkan dengan berpindah ke Cloud. Cloud menawarkan beragam manfaat yang bisa membantu tim dan perusahaan Anda. Ada baiknya dalam proses ini Anda bersama mitra provider cloud, yaitu GITS.ID, untuk merencanakan dan mengawasi proses migrasi ini.

Memilih Jenis Migrasi – Sebelum proses migrasi dimulai, Anda perlu mengetahui kebutuhan perusahaan Anda dan memutuskan jenis migrasi apa yang akan dipilih. Misalnya, Anda ingin menggunakan single atau multicloud.

Proses Migrasi – Proses perencanaan migrasi yang direncanakan akan membuat proses migrasi dapat berjalan dengan lancar. Bergantung pada ukuran database dan aplikasi Anda, maka Anda akan menggunakan teknik yang berbeda untuk benar-benar menyalin semuanya.

Penting juga untuk menjaga keamanan selama proses migrasi berlangung. Migrasi ke Google Cloud menjamin keamanan data Anda. Baik itu saat proses pemindahan berlangsung, maupun saat sudah di cloud Google. Setelah seluruh proses migrasi selesai dilakukan, Anda juga bisa tetap mengoptimalkan Cloud agar dapar berjalan secara maksimal.

Cloud Modernization Tools

Walaupun sudah berpindah ke Cloud dan mendapatkan beragam manfaat, namun tetap saja terjadi perubahan yang signifikan saat aplikasi ini berpindah ke Cloud. Bila tidak dilakukan secara baik, biaya Cloud bisa mengalami pembengkakan. Inilah yang membuat staff IT perlu mengubah proses manajemennya agar Cloud dapat bekerja dengan maksimal. Dan dengan partner Google Cloud di Indonesia, yakni GITS.ID, penggunaan cloud perusahaan Anda akan dibantu agar terjaga hemat biayanya.

Untuk memaksimalkan proses manajemen maupun Cloud, dapat digunakan beberapa tools. Tool awal yang bisa dipakai adalah Cloud cost calculators and estimation tools. Ini akan membantu perusahaan untuk menentukan konfigurasi cloud sebelum proses migrasi dilakukan. Penghitungannya juga bisa dibantu GITS.ID.

Google Mainframe, Cloud Infrastructure, dan Cloud Application Modernization

Google Cloud sendiri menawarkan beragam solusi, di antaranya: Google Mainframe Cloud Modernization. Dengan Modernisasi Google Mainframe, maka biaya dapat dikurangi dan biasanya, proses yang berjalan pada mainframe sendiri memiliki biaya langsung dan tak langsung. Namun, semakin banyak beban pada mainframe, maka akan semakin tinggi biaya lisensi yang dibutuhkan. Untuk itulah, kita bisa memindahkan transaksi mainframe ke struktur data yang terdistribusi untuk menghemat biaya.

Cloud Infrastructure Application Modernization. Cloud infrastructure atau infrastruktur cloud adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan komponen yang dibutuhkan untuk komputasi Cloud. Ini meliputi perangkat keras, sumber daya manusia, hingga penyimpanan data. Untuk menghitung kebutuhan inilah dibutuhkan Cloud Infrastructure. Perusahaan Anda bisa dibantu oleh GITS.ID dalam membangun Cloud Infrastructure.

Cloud Modernization Application Consultant (Konsultan Modernisasi Cloud)

Salah satu tantangan yang harus dilakukan saat ingin bermigrasi ke Cloud di antaranya, yakni alokasi biaya, sumber daya, dan waktu. Dengan keselarasan dari ketiganya, maka proses migrasi akan berjalan dengan lancar. Di tahap ini, sebaiknya perusahaan dibantu oleh mitra migrasi yang tepat. Sebagai perusahaan digital agency yang berfokus pada IT Consulting dan application development, GITS.ID memberikan beragam layanan yang membantu bisnis Anda untuk semakin berkembang. Alias, membantu perusahaan Anda memberikan impact yang lebih besar lagi. Selain itu, GITS.ID adalah Google Cloud Partner Indonesia yang siap mendampingi perjalanan perusahaan Anda di cloud. Dengan salah satu layanan GITS.ID, yakni Cloud, diharapkan mampu membantu proses migrasi ke Google Cloud menjadi lebih mudah dan tentu saja aman.

Cloud storage terbaik; Google cloud storage?

Ada berbagai produk yang ditawarkan teknologi cloud. Khususnya bila Anda menggunakan cloud Google. Salah satu produk cloud Google adalah di cloud storage, dengan produk Google Cloud Storage.

Google product

Produk-produk yang disediakan Google dari jasa cloud untuk membantu perusahaan Anda ada beragam. Layanan Google ini secara garis besar disebut Google Cloud service atau layanan cloud dan jasa cloud ini tersedia untuk berbagai kebutuhan Anda. Google Product yang dibantu oleh Google Partner GITS Indonesia atau GITS.ID, di antaranya adalah Google Cloud Platform, G Suite atau Google Workspace (termasuk Google Drive), Google Maps Platform, Chrome Enterprise (Chrome OS, Chrome browser, Chrome device atau Chromebook), juga Google for Education. Bagaimana jasa cloud layanan Google tersebut bersama GITS.ID dapat membantu Anda? Simak informasinya di bawah ini.

Layanan Google Cloud Platform atau GCP

Salah satu Google Product yang dapat dibantu oleh GITS.ID, sebagai Google Partner Indonesia, yakni Google Cloud Platform atau GCP. Penggunaan Google Cloud dengan tepat dapat membantu bisnis Anda semakin tumbuh dan menyelesaikan masalah-masalah yang Anda temui di perusahaan. Google Cloud sendiri punya banyak manfaat. Dari sisi security, cloud Google ini terjamin keamanannya karena menggunakan private global network yang menjaga data perusahaan Anda sehingga tidak akan bisa diakses oleh orang yang tidak berwenang. Manfaat atau kelebihan Google Cloud lainnya adalah multi-cloud, bisa menyesuaikan dengan hybrid cloud. Secara infrastruktur juga bisa diubah skalanya, bisa mencakup banyak daerah karena layanan Google Cloud tersedia untuk banyak daerah di dunia. Cloud Google juga memungkinkan pemprosesan lebih lanjut, misalnya untuk pengolahan data di cloud dengan artificial intelligence atau machine learning. Selain itu, karena produk Google, cloud dari Google juga akan terus diinovasi dan memungkinkan perusahaan Anda terus berkembang menerapkan inovasi teknologi Google. Alasan lainnya mengapa Anda perlu memilih Google Cloud sebagai cloud server terbaik bagi bisnis Anda adalah karena Google Cloud, lewat Google Partner GITS.ID, senantiasa mendampingi dan memberi bantuan pada klien kami. Kami akan membantu Anda, dari mulai tahap konsultasi memberikan solusi apa yang terbaik sesuai kebutuhan perusahaan Anda. GITS.ID juga dapat membantu dalam pemasangan, migrasi ke cloud Google, penerapan, juga tahapan-tahapan lainnya.

Produk Google G Suite atau Google Workspace

Banyak sekali pekerjaan Anda dan perusahaan yang bisa dimudahkan pengelolaannya menggunakan G Suite. Seperti email di Gmail, drive penyimpanan di Google Drive, kalender tim dan terintegrasi dalam Google Calendar, virtual meeting lewat Google Meet, dan lain-lain. Banyak hal yang Anda butuh untuk kerjakan, kini berada di satu tempat, dan aksesnya begitu mudah. G Suite kini diberi nama oleh Google sebagai Google Workspace. Di mana Anda dapat bekerja secara offline dan ruang kerja atau workspace terintegrasi satu sama lain.

Google product Google Maps Platform

Google Maps Platform adalah salah satu produk Google yang dapat membantu bisnis Anda lewat lokasi bisnis dan data-datanya. Dengan adanya pengelolaan bisnis di Google Maps Platform, perusahaan Anda dapat memberikan pengalaman terkait lokasi yang dapat mempermudah hubungan customer dengan bisnis Anda. Google Maps Platform juga bisa meningkatkan operasi bisnis Anda secara real time dan juga penggunaan data yang komprehensif.

Produk Google – Chrome Enterprise

Layanan Google Chrome Enterprise memberikan service yang berkaitan dengan membuat pekerjaan Anda bisa berjalan di cloud, lewat Chrome OS, Chrome Browser, dan device Chrome. Dengan hal-hal tersebut, Anda akan jadi memiliki pandangan yang lebih baik terhadap enterprise Anda dan punya kemampuan untuk me-manage akses ke data, aplikasi, dan ekstensi. Dengan ini, Anda bisa bekerja secara aman, dari mana saja, dan dari device apa saja.

Layanan Google for Education

Google for Education menyediakan device dan tools kolaborasi lainnya antara para guru dan murid. Ada berbagai hal yang disediakan lewat Google for Education. Misalnya, G Suite for Education, device Chromebook, juga Google Classroom sebagai wadah materi ajar dan kegiatan belajar mengajar.

Harga Google Cloud

Salah satu keunggulan dari Google Cloud service adalah, selain tentu teknologi yang ditawarkan begitu banyak dan inovasinya mutakhir, harganya juga dapat bersaing. Layanan Google Cloud memberikan banyak pricing yang tergolong murah bila dibandingkan layanan cloud selain Google. Harga dan layanan tersebut pun fleksibel, menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pengguna. Lalu, bagaimana cara mengetahui atau menentukan harga Google Cloud product atau service yang dipakai?

Estimasi harga dengan Google Cloud Calculator

Untuk melakukan estimasi harga, Google memberikan kemudahan lagi. Yakni, lewat Google Cloud Calculator. Kalkulator ini bisa diakses oleh Anda dan dibantu oleh mitra Google atau Google Partner. Di sini, Anda tinggal menentukan kebutuhan terkait cloud dan teknologi yang diperlukan. Bila belum yakin, pada tahap tersebut pun Anda bisa berkonsultasi dengan Google Partner. Di kalkulator tersebut, akan tertera estimasi biaya yang dibutuhkan. Harga tersebut dapat dijadikan acuan, tetapi karena berupa estimasi, jadi tidak mengikat antara Google, partner, dan klien.

Contoh gambaran harga Google Cloud Indonesia

Berikut adalah contoh harga salah satu produk dari Google cloud. Pilihan mesin, kapasitasnya, dan bagian lain, bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

VMRAMHard DiskProcessorSystem TypeOSPrice Per MonthPrice Per Month (if committed for 1 year)Price Per Month (if committed for 3 years)
VM116 GB250 GBN1 Intel Skylake CPU platforms 8 Core64 bitWindows Server 2012 R2 Datacenter (License Included)7593045.787285522.406495176.84
VM232 GB250 GBN1 Intel Skylake CPU platforms 8 Core64 bitWindows Server 2012 R2 Datacenter (License Included)8242836.127870266.216912952.49
VM364 GB250 GBN1 Intel Skylake CPU platforms 10 Core64 bitWindows Server 2012 R2 Datacenter (License Included)11085518.6710522236.489075142.09
Catatan: Harga akan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selengkapnya, silakan Kontak Kami.

Layanan cloud service

Produk-produk dari Google seputar layanan cloud atau cloud service, tentu dapat memberikan bisnis perusahaan Anda banyak manfaat. Di antaranya, lewat produk Google Cloud Platform, G Suite atau Google Workspace, Google Maps Platform, Chrome Enterprise, Google for Education, dan lain-lain.

Ketahui Lebih Lanjut:


Estimate your cloud pricing!








    Penyedia Jasa Cloud di Indonesia

    GITS Indonesia atau GITS.ID hadir menjadi penyedia jasa cloud di Indonesia dari Google, mitra Google atau Google Partner, dan dapat membantu hal-hal yang Anda butuhkan terkait layanan cloud dari Google. Mulai dari pemilihan layanan, migrasi ke Google Cloud, modernisasi, hingga pemakaian dan penyesuaian.

    Silakan menghubungi kami di gits.id/#contact . Kami terbuka bila ada hal-hal yang ingin Anda tanyakan terlebih dahulu. Sebagai Google Partner, kami siap membantu Anda mengembangkan bisnis semakin maju dengan inovasi-inovasi dari produk Google Cloud.