Informasi Lengkap tentang Google Cloud Platform Console

  • Business
  • Informasi Lengkap tentang Google Cloud Platform Console
google cloud platform console

Google Platform memiliki berbagai macam produk sebagai solusi. Diantaranya adalah dalam hal cloud, digital workspace, data, dan machine learning.

Salah satu produk dari Google yang dapat membantu operasional bisnis perusahaan adalah Google Cloud Platform. Sekilas, mungkin layanan ini akan mengingatkan Anda pada media penyimpanan secara cloud. Namun, apa sebenarnya manfaat dari Google Cloud Platform console?

Bisnis perusahaan bisa berjalan dengan lebih efektif dengan adanya berbagai teknologi layanan terkini. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan pemanfaatan teknologi digital yang bisa memberikan banyak keuntungan.

Apa Itu Google Cloud Platform Console?

Apa itu Google Platform Console
Google Cloud Platform Console (Ilustrasi)

Mungkin bagi orang awam mendengar istilah “Google Cloud” akan mengingatkannya pada salah satu layanan cloud computing. Padahal, layanan dari Google ini tidak hanya seputar menyimpan data saja.

Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pengelolaan bisnis. Layanan ini banyak dipilih agar operasional perusahaan memberikan hasil kerja yang lebih maksimal. Platform ini memiliki produk dan layanan yang bervariasi.

Bisa dibilang, Anda bisa merasakan transformasi digital yang memukau, infrastruktur pengelolaan website modern, dan lain sebagainya. Di antara layanan Google Cloud Platform (GCP) yang banyak digunakan adalah BigQuery, Artificial Intelligence, Kubernetes Engine, dan lain-lain.

Manfaat Menggunakan Google Cloud Platform Console

Sebagai salah satu produk Google yang menarik perhatian, Anda perlu mengenali manfaatnya terlebih dahulu. Dengan demikian, sebuah bisnis yang dijalankan bisa menggunakan layanan GCP yang tepat.

Google Cloud Platform console memiliki kemampuan yang sangat mumpuni untuk membangun bisnis, misalnya networking, analisis data, machine learning, tools untuk developer, dan sistem keamanan yang baik. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat penggunaan GCP berikut ini:

Menggunakan Sistem Keamanan Kelas Dunia

Sebagai salah satu produk dari raksasa teknologi, keamanan Google Cloud memang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini karena infrastruktur yang dibangun menggunakan sistem monitoring yang canggih.

Membuat Kinerja Cepat dan Produktivitas Tinggi

Menariknya, layanan cloud dari Google ini memungkinkan Anda menghubungkannya dengan penyedia layanan cloud lainnya. Dengan demikian, hal ini akan mendukung kinerja yang cepat dan produktivitas tinggi.

Dengan demikian, developer Android Indonesia memiliki batas ruang yang lebih leluasa. Termasuk untuk developer lainnya, yaitu di bidang desktop software, website, dan mobile.

Analisis Data dan Munculnya Inovasi dari AI (Artificial Intelligence)

Seperti yang telah diketahui, teknologi AI semakin menjadi perhatian. Tak heran penggunaannya juga bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis. Adanya fitur canggih ini juga memungkinkan penggunanya melakukan analisis data secara mendalam.

Bahkan dalam jumlah besar, manfaat ini semakin populer dan menjadi insight-insight business intelligence.


    Subscribe now and stay updated!


    Layanan Google Cloud Platform Console

    Memiliki kantor di Indonesia, layanan GCP mulai banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Produk Google satu ini dikenal membuat kegiatan operasional berbasis online lebih mudah digunakan. Perusahaan Anda akan mendapat banyak keuntungan asal dapat memanfaatkannya dengan baik.

    Lalu, apa saja layanan yang sering digunakan pada Google Cloud web development maupun mobile?

    Big Query

    Layanan ini memungkinkan Anda mendapatkan insight yang akurat secara real-time. Analisis data ini prediksi bisnis dan keputusan apa yang nantinya diambil. Tidak hanya itu, penggunanya juga tidak perlu khawatir akan keamanan data yang diolah.

    Untuk menyesuaikan tampilan data yang dianalisis, Anda bisa melakukan kustomisasi Google cloud platform app development  dengan leluasa. Hasil insight juga mudah diakses dan dipahami melalui tools yang disediakan.

    Google Cloud Storage

    Layanan storage ini menjadi salah satu yang sering digunakan oleh pengguna Google Cloud Platform console atau GCP console. Tempat penyimpanan berbasis cloud ini tersedia dalam berbagai kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    Penggunanya juga bisa mengakses dengan leluasa di seluruh dunia. Hal ini karena lokasi storage yang tersebar di hampir setiap negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Google telah membangun kantor penyimpanan  cloud yang semakin memudahkan Anda memanfaatkan layanan ini.

    Cloud Functions

    Layanan ini memungkinkan Anda menjalankan kode cloud tanpa harus mengotak-atik server. Metode yang digunakan berupa skalabel sehingga lebih mudah dikustomisasi. Penggunaan layanan ini akan lebih mudah bagi programmer.

    Hal ini karena langkah yang dilakukan tinggal membuat kode.  Tidak hanya itu, Google Cloud Platform console (GCP console) juga memiliki kemampuan menangani infrastruktur operasional perusahaan dengan mumpuni.

    Dataflow

    Google Cloud Platform Indonesia juga menyediakan pemrosesan data streaming terkelola sepenuhnya. Layanan ini dikenal sebagai dataflow yang bisa dilakukan tanpa server, lebih hemat biaya, dan pemrosesan lebih cepat.

    Misalnya ketika Anda membutuhkan streaming analisis data, proses ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan dataflow.

    Operations

    Salah satu layanan dari Google Cloud Platform console ini termasuk populer. Beberapa kalangan mengenalnya dengan nama stackdriver. Layanan ini digunakan untuk melakukan troubleshoot, monitoring, dan meningkatkan performa aplikasi di environment GCP itu sendiri.

    Layanan ini juga digunakan untuk mengumpulkan daftar log, histori penggunaan Google Cloud, dan mengumpulkan matriks. Dari hasil monitoring yang dilakukan, operations juga memungkinkan Anda menikmati layanan query sesuai dengan kebutuhan.

    Cloud CDN

    cloud cdn google cloud platform console indonesia jakarta

    Bagi Anda yang ingin mengirimkan konten video dan web dengan cepat, layanan ini bisa dijadikan pilihan. Pemrosesan lebih cepat dilakukan karena jaringannya luas dan bersifat global. Dengan demikian, pengunjung web bisa menikmati tontonan video dengan leluasa.

    Video dan web ini akan diproses secara otomatis dan bisa ditonton kapan saja. Menariknya, layanan ini juga memiliki keunggulan dalam hal keamanan data dan privasi penggunanya. Layanan ini memungkinkan kegiatan Google Cloud Platform custom software development yang lebih mudah.

    Cloud Run

    cloud run gcp console

    Cloud Run memungkinkan sebuah aplikasi bisa dikembangkan dengan mudah. Tidak hanya itu, platform ini bisa di manage sesuai keinginan penggunanya.

    Anda juga tidak memerlukan server untuk menikmati fitur ini. Tak heran jika kegiatan development dengan Cloud Run dikenal lebih menghemat waktu.

    Cloud SQL

    cloud sql gcp console

    Layanan GCP yang satu ini juga termasuk yang banyak digunakan. Cloud SQL memungkinkan database bekerja dengan baik secara otomatis. Salah satunya dengan metode skalabel yang bisa dikustomisasi penggunanya. Tidak hanya itu, layanan ini juga melakukan pencadangan secara otomatis.

    Compute Engine

    Layanan dari Google Cloud Platform berikutnya adalah Compute Engine. Layanan ini merupakan teknik komputasi berupa virtual machine yang prosesnya berlangsung di Google Data Center.

    Dengan layanan ini, Anda bisa mengoperasikan aplikasi secara cepat. Termasuk ketika menggunakan bentuk transformasi digital. Fitur yang digunakan bersifat high performing sehingga sangat mumpuni. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

    Google Cloud Console

    Bagi pengguna GCP, pengaturannya bisa dilakukan lewat console Google. Setting, penggunaan, dan pengembangannya dapat dibantu oleh Partner alias GITS.ID. Dengan Google Console, kendali cloud jadi mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

    Transformasi Digital via Google Cloud Platform bersama GITS.ID

    Sebagai salah satu cloud consultant Indonesia terbaik yang juga merupakan Google Cloud Partner, GITS.ID mengambil bagian sebagai partner Google Cloud Platform dari Indonesia. Kami telah bekerja sama dengan banyak klien perusahaan melalui pembuatan aplikasi berbasis mobile, website, dan software desktop.

    Banyak manfaat yang akan diperoleh perusahaan dengan melakukan transformasi digital yang mengikuti zaman. Aplikasi yang dibuat digunakan di skala internal perusahaan, sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

    Tidak hanya itu, ada pula software yang diperuntukkan bagi customer setia atau masyarakat secara umum. Hal ini dikenal efektif karena bisa memangkas biaya yang dikeluarkan dan meningkatkan pendapatan. GITS.ID menggunakan Google Cloud platform console sebagai salah satu tools populer dengan nilai fungsional berkualitas.

    Lebih lanjut mengenai jasa Google Cloud modernization bersama GITS.ID maupun jasa cloud lainnya, silakan dilihat di halaman jasa Google Cloud bersama Google Cloud Partner.


    Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

    google cloud computing partner indonesia platform gcp jasa pembuatan aplikasi android ios mobile application website web certified

    CONTACT US

    Do you have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

    Indonesia

    Head Office

    Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

    Whatsapp (chat only)

    0811-1309-991

    North America

    Branch Office

    166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States