Business Solusi Cloud Data Backup Terbaik untuk Bisnis

Solusi Cloud Data Backup Terbaik untuk Bisnis

Teknologi komputasi awan atau cloud data, semakin dibutuhkan di era digital seperti ini. Teknologi cloud menjadi solusi dalam membantu perusahaan untuk menyimpan data dan melakukan operasional perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan Anda perlu memilih cloud data backup terbaik untuk bisnis.

Memilih cloud data terbaik merupakan investasi yang bagus bagi perusahaan. Hal ini karena cloud yang bagus akan sangat membantu karyawan semakin produktif. Selain itu terdapat keuntungan-keuntungan lain yang perusahaan bisa dapatkan jika memilih best cloud backup for business, untuk kepentingan bisnis Anda.

Ragam Solusi Cloud Data Backup untuk Bisnis Perusahaan

Cloud data backup merupakan solusi untuk pengembangan bisnis perusahaan Anda. Alasannya karena penggunaan teknologi awan ini, memiliki menawarkan keuntungan bagi perusahaan, mulai dari memberikan keamanan data hingga biaya operasional yang murah. Berikut informasi selengkapnya.

Keuntungan Cloud Backup untuk Server Cloud Backup Aman

Menggunakan solusi cloud backup untuk server cloud sangat menguntungkan perusahaan Anda. Pasalnya perkembangan teknologi terkadang memunculkan fenomena baru yang bernama kejahatan siber. Bentuknya bermacam-macam mulai dari serangan malware, phishing, peretasan, dan lainnya.

Semua bentuk kejahatan siber tersebut bisa teratasi, jika perusahaan Anda menerapkan cloud backup di server cloud. Dengan menggunakan cloud backup, perusahaan Anda akan dapat berbagai keuntungan yang sangat berdampak pada perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut keuntungannya.

Melakukan Backup Data ke Cloud Lebih Aman

Keuntungan pertama yakni data lebih aman. Layanan cloud didukung oleh sistem keamanan yang berlapis-lapis. Mulai dari adanya enkripsi end-to-end, teknologi VPN, hingga anti virus agar sulit diakses oleh pihak asing. Data-data penting jadi lebih aman jika menerapkan cloud based server backup solutions.

Perlu diingat bahwa keamanan data menjadi hal penting untuk perusahaan. Bayangkan jika data-data rahasia perusahaan tidak dijaga dengan baik. Bisa-bisa data perusahaan Anda dibobol oleh hacker dan dijual di situs dark web. Pastinya ini sangat berbahaya dan mengancam reputasi perusahaan Anda.

Bisa Diakses Kapan dan di Mana Saja

Kedua, data lebih mudah diakses. Dengan melakukan cloud data backup, karyawan perusahaan Anda tidak perlu ke kantor untuk mengakses data. Mereka bisa melakukannya dari rumah asalkan terkoneksi dengan internet. Produktivitas karyawan pun semakin baik dan koordinasi menjadi semakin cepat.

Khusus di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, sebagian besar operasional di kantor berhenti. Karyawan harus bekerja dari rumah demi mengurangi penyebaran virus. Namun, lewat cloud, operasional tetap berjalan maksimal. Hal ini karena karyawan bisa mengakses data perusahaan dari teknologi cloud.

Biaya Perawatan Lebih Murah

Ada anggapan bahwa melakukan investasi di bidang teknologi akan memakan biaya yang besar. Padahal anggapan tersebut tidak tepat. Biaya operasional untuk penggunakan teknologi khususnya cloud tidak terlalu mahal. Alasannya karena cloud menggunakan data center yang sudah dikelola dengan baik.

Sudah ada tim sendiri yang mengelola cloud mulai dari keamanan hingga pemeliharaan. Jadi, perusahaan Anda tidak perlu repot melakukan perawatan untuk cloud. Dengan melakukan cloud data backup, perusahaan Anda sudah bisa mengakses cloud dengan aman, mudah, dan efisien.

Dapat Menyimpan Data yang Besar

Bagi perusahaan Anda yang memiliki data yang besar, menggunakan cloud adalah solusi yang tepat. Lewat cloud, data-data perusahaan yang ukurannya hingga beratus-ratus terabyte bisa disimpan dengan aman di cloud. Apalagi karyawan perusahaan juga dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat.

Keuntungan ini pastinya sangat berpengaruh kepada kinerja perusahaan. Hal ini karena sudah menjadi rahasia umum jika salah satu masalah perusahaan adalah kesulitan untuk menyimpan data. Alhasil sering data-data lama justru dihapus. Padahal, data tersebut mungkin dibutuhkan pada kemudian hari.

Bagian dari Disaster Recovery Plan atau Business Continuity Plan

Cloud data backup juga berguna sebagai bagian dari disaster recovery plan enterprise, khususnya bagian IT DRP. Dengan rencana jelas aman dari bencana dan keberjalanannya kembali, ini menjadi bagian yang ikut menjamin business continuity. Tidak dibutuhkan waktu lama bagi bisnis untuk kembali beroperasi bila terjadi bencana atau hal lain yang tidak diinginkan.


    Subscribe now and stay updated!


    Cloud Backup Terbaik untuk Bisnis Anda

    solusi cloud data backup perusahaan disaster recovery plan business continuation

    Banyak sekali layanan cloud backup yang ditawarkan, tetapi layanan terbaik adalah Google Cloud. Layanan ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh layanan cloud sejenis. Berbagai keunggulan Google cloud backup atau g cloud backup bisa perusahaan Anda dapatkan.

    Keamanan Data Google Cloud Tinggi

    Layanan Cloud dari Google memiliki keamanan yang tinggi. Sebagai perusahaan teknologi yang besar, Google Cloud mengutamakan keamanan pada layanannya. Misalnya dengan menyimpan data di Google Cloud, data akan terkunci dan tidak bisa diakses siapa pun kecuali kepada yang memiliki akses ke data.

    Selain itu, terdapat beberapa fitur keamanan seperti snapshot Persistent Disk lalu backup Cloud SQL, backup Filestore, dan Cloud Storage geo-redundant. Semua fitur-fitur tersebut sengaja dirancang agar data-data yang ada di Google Cloud menjadi aman dan bebas dari serangan malware atau ransomware.

    Kapasitas Penyimpanan Google Cloud Tinggi

    Ketika ingin melakukan cloud data backup, salah satu pertimbangannya adalah kapasitas penyimpanan. Beruntung jika perusahaan Anda menggunakan Google Cloud yang memiliki kapasitas besar. Google Cloud memang sudah didesain untuk menyimpan data-data besar, untuk perusahaan.

    Tujuannya agar perusahaan bisa menyimpan data-data penting, di dalam satu layanan cloud. Kapasitas yang besar di Google Cloud memang sangat diperlukan untuk perusahaan. Hal ini karena seiring dengan pertumbuhan bisnis, maka perusahaan akan membutuhkan kapasitas cloud yang besar untuk kebutuhan. Selain itu, kapasitas penyimpanan ini juga akan otomatis menyesuaikan sebagaimana kebutuhan perusahaan pada waktu tersebut. Jadi, akan membuat biaya lebih jadi lebih hemat atau reduce IT cost.

    Akses Google Cloud Lebih Fleksibel

    Mengakses layanan Google Cloud memang lebih fleksibel dibandingkan layanan cloud lainnya. Terlebih lagi, Google merupakan perusahaan teknologi dengan ekosistem yang kuat. Servernya pun kini sudah tersedia di Indonesia sehingga dekat bagi Anda yang punya perusahaan ataupun konsumen Indonesia. Google Cloud bisa diakses karyawan Anda dan pelanggan dengan mudah. Akses fleksibel ini tentu sangat menguntungkan.

    Perusahaan bisa kapan dan di mana saja mengakses data-data di cloud untuk keperluan perusahaan. Walaupun dapat mengakses dengan mudah, bukan berarti keamanan data jadi lemah. Google Cloud tetap secure cloud backup sehingga jangan khawatir terhadap keamanan data perusahaan.

    Mulai Gunakan Cloud-based Data Backup untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID

    Setelah mengetahui mengenai kelebihan Google Cloud, sekarang perusahaan Anda bisa langsung menghubungi penyedia jasa cloud terbaik yakni GITS.ID yang merupakan Google Cloud Partner Indonesia. Dengan menggunakan GITS.ID, perusahaan Anda bisa menggunakan banyak jenis layanan atau produk cloud.

    Terdapat beberapa jenis cloud yang bisa perusahaan Anda gunakan di cloud backup Indonesia ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftarnya:

    • BigQuery yang merupakan data warehouse untuk business agility dan mampu memberikan insight
    • Berikutnya adalah Cloud Functions, yang merupakan cloud yang sifatnya event-driven untuk cloud services dan apps
    • Lalu ada Cloud SDK yakni cloud tools command-line dan libraries terkait Google Cloud
    • Ada juga Dataflow, yang menawarkan cloud dengan dukungan streaming analytics untuk stream dan batch processing
    • Operations, yakni sejenis layanan cloud yang mampu melakukan monitoring, logging, dan suite untuk performansi aplikasi
    • Cloud CDN yaitu content delivery network untuk deliver web dan video
    • Cloud Run yang merupakan environment yang diatur sepenuhnya untuk keperluan running containerized apps
    • Cloud SQL yang merupakan relational database services untuk MySQL, PostgreSQL, dan SQL Server.

    Dengan berbagai keunggulan mengenai Google Cloud, dan tuntutan perkembangan industri dan teknologi masa sekarang, sepertinya sudah saatnya perusahaan Anda mengunakan cloud managed backup dari GITS.ID. Hal ini penting dilakukan agar keamanan data jadi lebih aman dan berbagai keuntungan lainnya. Melakukan cloud data backup menjadi investasi yang tepat.


    Mulai Migrasi dan Lindungi Data Perusahaan Anda Sekarang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...