Business Enterprise Cloud Data Management sebagai Solusi Perusahaan

Enterprise Cloud Data Management sebagai Solusi Perusahaan

Saat ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan cloud untuk menyimpan data perusahaan. Hal ini tentu ada kaitannya dengan berbagai kelebihan yang dimiliki cloud. Namun, apa saja alasan yang mendasari penggunaan enterprise cloud data management sebagai solusi perusahaan?

Berbagai perusahaan, dalam proses operasional dan pengembangan perusahaannya, memerlukan suatu kapasitas penyimpanan data yang cukup besar. Untuk itu, manajemen data perusahaan berbasis cloud menjadi pilihan tepat sebagai solusi.

Pengertian Enterprise Cloud Data Management

Pada dasarnya, enterprise cloud data management sebenarnya merupakan suatu metode untuk membantu menyimpan dan mengolah data yang ada di seluruh platform cloud.

Metode ini menyediakan strategi pencadangan otomatis dan kemudahan untuk mengakses dari lokasi manapun. Kapasitas data yang disimpan juga cukup besar, sehingga data penting apapun mengenai perusahaan Anda bisa tersimpan dengan aman melalui manajemen penyimpanan ini.

Fungsi utamanya, cloud data management memiliki kegunaan sebagai tempat penyimpanan data untuk pemulihan bencana, pencadangan, dan pengarsipan dalam jangka panjang.

Keuntungan dari Enterprise Cloud Data Management

Secara umum, jika menyimpan data menggunakan penyimpanan cloud, Anda akan bisa lebih mudah mengaksesnya kapan saja. Namun tidak hanya sebatas itu, Anda juga akan  merasakan beberapa keuntungan yang lain. Adapun keuntungan yang dimaksud seperti:

Tanpa Perlu Pemeliharaan

Anda tidak perlu khawatir dengan urusan pemeliharaan seperti penggantian hard-disk yang gagal, atau penyegaran pada perangkat keras. Pemeliharaan seperti ini tak lagi dibutuhkan karena pihak cloud sudah menangani semua tugas ini.

Scalability

Cloud memiliki jumlah penyimpanan yang hampir tak terbatas dan dapat dijangkau kapan saja. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot untuk membeli atau menggunakan perangkat keras tambahan untuk penyimpanan. Dengan manajemen cloud, sejumlah data perusahaan Anda dapat diakses dengan mudah oleh anggota perusahaan yang bekepentingan.

Sistem Berkelanjutan

Dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, data perusahaan yang Anda simpan akan selalu terekam. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melakukan pengembangan perusahaan dengan data yang bersih, konsisten, dan terbaru.

Back Up Otomatis

Beberapa penyedia Cloud dapat otomatis mencadangkan data. Bahkan ada yang menyediakan pencadangan data yang tidak dapat diubah. Sehingga Anda tak perlu risau, karena data perusahaan Anda akan tetap aman.

Akses di Mana Saja

Ini merupakan keuntungan yang utama. Karena selain bisa diakses kapan saja, cloud data management juga dapat Anda akses di mana saja dengan memperhatikan koneksi jaringan internet.

Bayar Sesuai Harga

Untuk pembayaran, Anda tidak ditarik untuk membayar tiap bulan atau per giga-nya. Anda hanya akan menanggung biaya dari penyimpanan yang Anda gunakan.

Lebih Aman

Keuntungan terakhir adalah yang paling penting. Keamanan yang diberikan oleh cloud sangat tinggi. Data Anda akan disimpan dan dijaga keamanannya, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data.


    Subscribe now and stay updated!


    Penerapan Cloud Data Management sebagai Solusi Bisnis Perusahaan

    Sebagai solusi bisnis perusahaan Anda, penerapan penyimpanan cloud sangat diperlukan. Dengan berbagai keuntungan yang disebutkan di atas, sangat menarik bukan untuk diterapkan di perusahaan Anda? Berikut adalah contoh penerapan cloud data management sebagai solusi bisnis.

    Cloud Content Management

    Cloud content management merupakan aspek dari manajemen IT. Ini digunakan dalam pekerjaan di perusahaan yang berkaitan dengan pengaturan, pengumpulan, pengiriman, pengambilan, dan pengelolaan berbasis Cloud.

    Sistem ini menyediakan layanan penyimpanan data dan proses otomatis seperti misalnya pemantauan teks, gambar, audio, video, atau lainnya yang berhubungan dengan IT.

    Hal ini mencakup segala proses mulai dari pembuatan, pengaturan, penyimpanan, pengeditan, penerbitan, pengarsipan, hingga penghapusan. Biasanya, cloud content management akan terhubung dengan tampilan luar dalam bentuk dashboard, website, ataupun aplikasi mobile. Baik itu untuk pihak internal perusahaan ataupun kepentingan customer.

    Cloud Visitor Management System

    Sistem yang dibentuk atas basis cloud yang kedua adalah cloud visitor management System. Sistem ini dapat  bekerja dan dioperasikan oleh siapa saja asalkan berada di wilayah yang memiliki koneksi internet.

    Penerapannya yaitu dengan membantu proses manajemen digital pada sistem pengunjung yang sebelumnya dilakukan secara tradisional atau manual.

    Sistem yang dikerjakan secara manual atau tradisional sering tidak efisien. Jadi dengan sistem ini, diharapkan perusahaan Anda bisa lebih efisien dalam hal operasional.

    Penerapan Cloud Data Management sebagai Solusi Operasional Perusahaan

    Penerapan penyimpanan cloud sebagai solusi operasional perusahaan akan dapat membantu proses pengoperasian data suatu perusahaan sehingga menjadi lebih efektif. Jadi, sejumlah data yang dikelola akan bisa  lebih tertata dengan mudah dan cepat. Contoh penerapannya sebagai solusi operasional adalah berikut ini.

    Cloud Based Project Management

    Nah, yang pertama ada cloud based project management yang merupakan perangkat lunak untuk mengoordinasikan perencanaan, kolaborasi, pengiriman proyek, dan pemantauan.

    Proses ini memungkinkan Anda beserta tim perusahaan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan jaringan alat yang tersedia di perangkat lunak.

    Selain itu, perusahaan Anda juga akan lebih mudah melakukan pelaporan otomatis mengenai status, data informasi, proses pengembangan, ataupun pengujian.

    Cloud Supply Chain Management

    Sebagaimana namanya, cloud supply chain management merupakan proses pengelolaan alur produksi di perusahaan barang atau jasa, mulai dari tahap perencanaan, pengawasan, hingga eksekusinya di tiap tahapan.

    Untuk menjalankannya, Anda bisa membuat alur produksi yang diperlukan. Contoh dari ini misalnya adalah alur dari supplier ke pabrik pengolah, pihak distribusi, hingga sampai ke tangan pelanggan.

    Penerapan Cloud Data Management sebagai Solusi IT Perusahaan

    Untuk solusi IT perusahaan, Anda juga bisa menggunakan penyimpanan Cloud karena metode ini dapat membantu Anda mengatur pengelolaan data perusahaan, khususnya perusahaan yang berhubungan dengan teknologi informasi.

    Sebagai solusi IT, contoh penerapan penyimpanan dengan cloud data management adalah berikut ini.

    Cloud Based IT Asset Management

    Cloud based IT asset management adalah aset layanan manajemen cloud yang berfokus secara eksklusif pada pengelolaan berbasis cloud, seperti produk atau layanan yang digunakan.

    Dalam penerapannya, perusahaan Anda lebih mudah dalam melakukan pengelolaan, pemeliharaan, peningkatan, dan penghapusan aset dengan bantuan sistem berbasis cloud.

    Cloud Based IT Service Management

    Cakupan cloud yang kedua adalah membantu semua aktivitas layanan dan aplikasi yang dilakukan oleh perusahaan. Proses ini membantu akses informasi dan prosesnya hingga mencapai tujuan bisnis dan memberikan nilai atau hasil.

    Adapun yang bisa dilakukan dengan cloud based IT service management adalah mulai dari merencanakan, merancang, menyampaikan, mengoperasikan, sampai mengontrol IT pada layanan Cloud yang akan ditawarkan ke pelanggan.

    Mulai Manfaatkan Solusi Cloud untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Enterprise cloud data management sebagai solusi perusahaan sudah tidak perlu diragukan lagi. Sekarang Anda bisa dengan yakin menyimpan dan mengelola data perusahaan menggunakan cloud data management.

    GITS.ID sebagai Cloud partner Indonesia akan membantu Anda menemukan dan membuat solusi dengan layanan berbasis Cloud sesuai kebutuhan perusahaan. Mulai sekarang, manfaatkan solusi Cloud untuk perusahaan Anda bersama GITS.ID.


    Mulai Dapatkan Manfaat dari Cloud Data Management untuk Perusahaan Anda

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...