Tentang Layanan Cloud Computing: Jenis, Manfaat, dan Penyedia Jasa

  • Business
  • Tentang Layanan Cloud Computing: Jenis, Manfaat, dan Penyedia Jasa
layanan cloud computing penyedia jasa jenis manfaat google partner indonesia model

Apa itu layanan cloud computing? Apa saja jenis atau model dari cloud computing? Kemudian, manfaat apa yang bisa didapatkan dengan adanya cloud computing? Serta apa jenis layanan cloud computing? Juga, apakah ada penyedia jasa untuk layanan cloud computing?

Pertanyaan-pertanyaan seputar layanan cloud computing tersebut mungkin berada di benak Anda. Mari, kita bahas satu per satu.

Pengertian Layanan Cloud Computing

jenis layanan cloud computing model iaas paas saas
Sumber gambar: plesk.com

Apa itu layanan cloud computing, yang juga bagian dari layanan cloud platform? Cloud computing adalah penyediaan IT resource di internet yang bisa didapatkan sesuai kebutuhan. Pembayarannya pun sesuai kebutuhan kita. Jadi, kita tidak perlu membeli atau memiliki dan melakukan maintenance pada data center yang aman dan server fisik. Kita bisa mengakses layanan-layanan teknologi komputasi lewat penyedia layanan cloud computing juga layanan cloud lainnya.

Dengan adanya cloud computing, developer maupun bagian lain dari IT perusahaan bisa fokus pada hal-hal penting saja.Tidak perlu masih memikirkan procurement, maintenance, maupun merencanakan kapasitas. Seiring berjalannya waktu, cloud computing semakin popular dan terdapat berbagai jenis layanan cloud computing. Selain terdapat pilihan jenis-jenis cloud computing atau model layanan cloud computing, terdapat pula pilihan strategi deployment yang digunakan.

Terdapat beberapa jenis layanan cloud computing yang umum. Perusahaan Anda bisa jadi membutuhkan penyedia layanan cloud computing untuk membuat pekerjaan semakin seamless. Di Indonesia, ada penyedia layanan cloud computing yang juga adalah Google Cloud Partner, yakni GITS.ID

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang jenis layanan cloud computing IAAS, PAAS, dan SAAS.

Model atau Jenis Layanan Cloud Computing

Jenis layanan cloud computing atau model ini ada beberapa pilihan. Yang utama ada tiga, yakni dikenal sebagai IaaS, PaaS, dan SaaS.

1. Jenis Layanan Cloud Computing: Infrastructure as a Service (IaaS)

Jenis layanan cloud computing Infrastructure as a Service atau IaaS terdiri atas blok-blok dasar untuk cloud IT. Umumnya, IaaS menyediakan akses ke fitur-fitur jaringan, komputer virtual maupun hardware khusus, dan ruang penyimpanan data. Dengan IaaS dari cloud provider Indonesia, Anda bisa secara fleksibel mengontrol resource IT. IaaS ini resource IT-nya paling mirip dengan yang biasa ditemui oleh para developer dan orang lain di departemen IT.

2. Model Layanan Cloud Computing: Platform as a Service (PaaS)

Dengan model layanan cloud computing Platform as a Service atau PaaS, Anda dapat fokus pada deployment dan manajemen aplikasi. Tidak perlu me-manage infrastruktur seperti hardware dan sistem operasi. Lewat model layanan cloud computing ini, Anda bisa lebih efisien lagi karena tidak perlu mengkhawatirkan pengadaan resource, perencanaan kapasitas, juga software maintenance.

3. Jenis Layanan Cloud Computing: Software as a Service (SaaS)

Jenis layanan cloud computing yang ketiga adalah SaaS atau Software as a Service. SaaS adalah bentuk layanan cloud computing yang lengkap, dijalankan dan diatur oleh service provider.Lewat SaaS, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana service dikelola, atau bagaimana infrastruktur diatur. Anda hanya perlu mengetahui cara menggunakan software tersebut.


    Subscribe now and stay updated!


    Manfaat Cloud Computing

    Apa saja manfaat cloud computing? Manfaat cloud computing ada banyak alias memberikan cloud service beragam. Ini akan menawarkan banyak kemudahan bagi perusahaan, baik untuk operasional maupun bisnis. Di antaranya, yakni

    Manfaat Cloud Computing: Memberi Kemampuan Agile

    Adanya cloud membuat Anda bisa menggunakannya bersama teknologi-teknologi pintar lain. Hal tersebut akan membuat bisnis perusahaan Anda dapat berinovasi lebih cepat. Anda dapat memanfaatkan berbagai resource teknologi yang ada dan menghubungkannya dengan layanan lain. Misalnya, memanfaatkan service infrastruktur, komputasi, cloud storage terbaik, database, machine learning, analisis, dan lain-lain.

    Deployment yang dilakukan pun bisa selesai dengan cepat. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk merancang dan melakukan langkah selanjutnya. Anda bebas bereksperimen, menguji ide baru dan melihat pengaruhnya terhadap customer experience, serta mentransformasi bisnis Anda.

    Manfaat Cloud Computing: Fleksibel Menyesuaikan

    Anda tidak perlu merencanakan kebutuhan terkait cloud untuk meng-handle aktivitas bisnis pada masa mendatang. Sebab, kapasitas cloud akan secara fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

    Manfaat Cloud Computing: Hemat Biaya

    Misalnya bila memakai Google Cloud Platform Console. Anda tidak akan diminta membayar teknologi cloud yang tidak perusahaan Anda pakai. Namun, hanya perlu membayar yang dipakai. Ini tentu akan menghindarkan dari biaya-biaya cloud server yang tidak perlu. Sehingga, perusahaan Anda akan lebih hemat biaya.

    Manfaat Cloud Computing: Bisa Di-deploy dengan Cepat secara Global

    Penyedia layanan cloud computing ada yang Infrastrukturnya tersebar di berbagai belahan dunia. Dengan hal tersebut, perusahaan Anda jadi bisa secara cepat melakukan deploy aplikasi untuk negara-negara berbeda, secara bersamaan. Server penting untuk berada di dekat pengguna agar user experience semakin baik karena kinerja aplikasi pun makin cepat.

    Lebih lanjut lagi, di cloud ada pula service untuk kolaborasi. Misalnya G Suite atau Google Workspace. Harga G Suite juga tergolong murah.

    Cloud Provider Indonesia

    Untuk server cloud dari Google, kini telah hadir lebih dekat. Sekarang sudah ada untuk daerah Indonesia, yakni region Jakarta. Adanya server di sini membuat akses ke cloud jadi lebih cepat lagi. Serta, penggunaannya pun lebih mudah. Sebab, sudah ada cloud provider Indonesia atau partner yang dapat membantu konsultasi produk, penggunaan layanan, dan pembayaran.

    Penyedia Layanan Cloud Computing atau Penyedia Jasa Cloud di Indonesia

    Untuk menggunakan layanan cloud computing maupun layanan cloud platform lain dari Google Cloud, perusahaan Anda dapat dibantu oleh GITS.ID. GITS.ID adalah Google Cloud Partner Indonesia. Kami sebagai penyedia jasa cloud di Indonesia. GITS.ID menyediakan berbagai jasa terkait penggunaan Google Cloud, termasuk jasa cloud modernization. Selain sebagai penyedia jasa cloud di Indonesia, kami juga membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS, serta jasa pembuatan website. Untuk pertanyaan atau penjadwalan konsultasi gratis, silakan hubungi kami di tautan berikut.


    Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

    google cloud computing partner indonesia platform gcp jasa pembuatan aplikasi android ios mobile application website web certified

    CONTACT US

    Do you have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

    Indonesia

    Head Office

    Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

    Whatsapp (chat only)

    0811-1309-991

    North America

    Branch Office

    166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States