Business Tentang Layanan Cloud Computing: Jenis, Manfaat, dan Penyedia Jasa

Tentang Layanan Cloud Computing: Jenis, Manfaat, dan Penyedia Jasa

Apa itu layanan cloud computing? Apa saja jenis atau model dari cloud computing? Kemudian, manfaat apa yang bisa didapatkan dengan adanya cloud computing? Juga, apakah ada penyedia jasa untuk layanan cloud computing?

Pertanyaan-pertanyaan seputar layanan cloud computing tersebut mungkin berada di benak Anda. Mari, kita bahas satu per satu.

Pengertian Layanan Cloud Computing

jenis layanan cloud computing model iaas paas saas
Sumber gambar: plesk.com

Apa itu layanan cloud computing, yang juga bagian dari layanan cloud platform? Cloud computing adalah penyediaan IT resource di internet yang bisa didapatkan sesuai kebutuhan. Pembayarannya pun sesuai kebutuhan kita. Jadi, kita tidak perlu membeli atau memiliki dan melakukan maintenance pada data center dan server fisik. Kita bisa mengakses layanan-layanan teknologi komputasi lewat penyedia layanan cloud computing juga layanan cloud lainnya.

Dengan adanya cloud computing, developer maupun bagian lain dari IT perusahaan bisa fokus pada hal-hal penting saja.Tidak perlu masih memikirkan procurement, maintenance, maupun merencanakan kapasitas. Seiring berjalannya waktu, cloud computing semakin popular dan terdapat berbagai jenis layanan cloud computing. Selain terdapat pilihan jenis atau model layanan cloud computing, terdapat pula pilihan strategi deployment yang digunakan.

Model atau Jenis Layanan Cloud Computing

layanan cloud computing penyedia jasa jenis manfaat google partner indonesia model saas
Sumber gambar: plesk.com

Jenis layanan cloud computing atau model ini ada beberapa pilihan. Yang utama ada tiga, yakni dikenal sebagai IaaS, PaaS, dan SaaS.

Jenis Layanan Cloud Computing: Infrastructure as a Service (IaaS)

Jenis layanan cloud computing Infrastructure as a Service atau IaaS terdiri atas blok-blok dasar untuk cloud IT. Umumnya, IaaS menyediakan akses ke fitur-fitur jaringan, komputer virtual maupun hardware khusus, dan ruang penyimpanan data. Dengan IaaS, Anda bisa secara fleksibel mengontrol resource IT. IaaS ini resource IT-nya paling mirip dengan yang biasa ditemui oleh para developer dan orang lain di departemen IT.

Model Layanan Cloud Computing: Platform as a Service (PaaS)

Dengan model layanan cloud computing Platform as a Service atau PaaS, Anda dapat fokus pada deployment dan manajemen aplikasi. Tidak perlu me-manage infrastruktur seperti hardware dan sistem operasi. Lewat model layanan cloud computing ini, Anda bisa lebih efisien lagi karena tidak perlu mengkhawatirkan pengadaan resource, perencanaan kapasitas, juga software maintenance.

Jenis Layanan Cloud Computing: Software as a Service (SaaS)

Jenis layanan cloud computing yang ketiga adalah SaaS atau Software as a Service. SaaS adalah bentuk layanan cloud computing yang lengkap, dijalankan dan diatur oleh service provider.Lewat SaaS, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana service dikelola, atau bagaimana infrastruktur diatur. Anda hanya perlu mengetahui cara menggunakan software tersebut.

Manfaat Cloud Computing

Apa saja manfaat cloud computing? Manfaat cloud computing ada banyak. Di antaranya, yakni

Manfaat Cloud Computing: Memberi Kemampuan Agile

Adanya cloud membuat Anda bisa menggunakannya bersama teknologi-teknologi pintar lain. Hal tersebut akan membuat bisnis perusahaan Anda dapat berinovasi lebih cepat. Anda dapat memanfaatkan berbagai resource teknologi yang ada dan menghubungkannya dengan layanan lain. Misalnya, memanfaatkan service infrastruktur, komputasi, storage, database, machine learning, analisis, dan lain-lain.

Deployment yang dilakukan pun bisa selesai dengan cepat. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk merancang dan melakukan langkah selanjutnya. Anda bebas bereksperimen, menguji ide baru dan melihat pengaruhnya terhadap customer experience, serta mentransformasi bisnis Anda.

Manfaat Cloud Computing: Fleksibel Menyesuaikan

Anda tidak perlu merencanakan kebutuhan terkait cloud untuk meng-handle aktivitas bisnis pada masa mendatang. Sebab, kapasitas cloud akan secara fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Manfaat Cloud Computing: Hemat Biaya

Anda tidak akan diminta membayar teknologi cloud yang tidak perusahaan Anda pakai. Namun, hanya perlu membayar yang dipakai. Ini tentu akan menghindarkan dari biaya-biaya yang tidak perlu. Sehingga, perusahaan Anda akan lebih hemat biaya.

Manfaat Cloud Computing: Bisa Di-deploy dengan Cepat secara Global

Penyedia layanan cloud computing ada yang Infrastrukturnya tersebar di berbagai belahan dunia. Dengan hal tersebut, perusahaan Anda jadi bisa secara cepat melakukan deploy aplikasi untuk negara-negara berbeda, secara bersamaan. Server penting untuk berada di dekat pengguna agar user experience semakin baik karena kinerja aplikasi pun makin cepat.

Penyedia Layanan Cloud Computing

Untuk menggunakan layanan cloud computing maupun layanan cloud platform lain dari Google Cloud, perusahaan Anda dapat dibantu oleh GITS.ID. GITS.ID adalah Google Cloud Partner Indonesia. Kami menyediakan berbagai jasa terkait penggunaan Google Cloud, termasuk jasa cloud modernization. Selain sebagai penyedia jasa cloud di Indonesia, kami juga membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS, serta jasa pembuatan website. Untuk pertanyaan atau penjadwalan konsultasi gratis, silakan hubungi kami di tautan berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Browser Extensions Bermanfaat untuk Front-end Developers

Para front-end developer, ketika melakukan website development personal atau untuk jasa pembuatan website, rupanya juga terbantu oleh browser extension! Apa saja browser...

GITS Expert Talks: How Retailers Can Adapt to New Consumer Demands

Adapting to New Customer Demands:Why retailer have to learn short and long-term implication of COVID-19 and how can you best adapting your...

Perlukah Membuat Resolusi Tahun Baru? (plus tips!)

New year, new me!  Pernyataan itu umum didengar ya. Nah, lalu pertanyaannya, perlukah kita membuat resolusi pada setiap tahun...

Scaling Your Impact through Technology – GITS.id Year in Review

Dear clients, colleagues, and partners, Thank you for your continuous support and commitment in GITS.id....

GITS Expert Talks: Product Development: Bagaimana Menyatukan Inovasi, User Needs & Visi

Dalam suatu proses product development, ada beberapa aspek utama, antara lain product management, design, engineering, manufacturing, testing & QA, distribution, marketing, sales,...