Business Apakah Data Anda Aman di Cloud? -- Tentang Cyber Security dan Protection...

Apakah Data Anda Aman di Cloud? — Tentang Cyber Security dan Protection Backup

Apakah Cyber Security Terjaga ketika Data Anda di Cloud dan tentang Protection Backup – saat ini merupakan era atau zaman digital di mana banyak hal yang bergantung pada operasional secara digital dan virtual. Salah satu contohnya ialah pembinaan keamanan dan perlindungan khusus dalam bentuk digital. Hal ini dibutuhkan baik untuk perorangan maupun perusahaan.

Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan keamanan dan perlindungan secara khusus baik dalam bentuk asuransi, aplikasi, maupun perlakuan khusus. Dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa data dan aktivitas yang perlu dilindungi tak terkecuali para personal yang terlibat di dalamnya.

Untuk hal ini, terdapat istilah cyber security yang dapat melindungi sistem, jaringan, data, maupun program yang ada pada perusahaan. Istilah tersebut cukup sering digunakan oleh perusahaan besar maupun skala mikro, terutama yang di dalamnya memiliki data dan program secara khusus untuk operasional.

Hal-hal seperti data, penting untuk mendapatkan perlindungan secara khusus agar bisa tetap terjaga isinya dan tidak mengalami kerusakan. Selain itu, juga menjaga dari diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Keamanan data menjaga agar tidak terdapat data atau program yang rusak maupun hilang sehingga nantinya mengganggu operasional yang sedang berjalan pada perusahaan Anda.

Mengenal Cyber Security sebagai Anti Malware dan Anti Ransomware serta Gangguannya

Secara umum, istilah tersebut dapat diartikan sebagai proses perlindungan terhadap sistem, jaringan, data, serta program, dari adanya ancaman atau serangan digital. Serangan atau ancaman ini dalam dunia digital salah satunya dari black hat hacker yang merupakan gangguan dari luar yang berasal dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Untuk sebuah perusahaan yang menggunakan sistem secara virtual atau digital, hal tersebut akan sangat merugikan jika sampai terjadi. Biasanya gangguan tersebut dilakukan untuk merugikan perusahaan Anda dengan cara mengakses sistem yang berjalan tanpa sepengetahuan pemilik perusahaan dan operatornya.

Mereka akan mengakses informasi sensitif hingga mengubah dan menghancurkan data penting di dalamnya. Untuk melindungi keberadaan data, maka cyber security harus diterapkan. Hal tersebut juga sering disamakan dengan information security atau yang biasa disebut dengan InfoSec.

Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan di mana InfoSec termasuk elemen penting dari perlindungan cyber. InfoSec merupakan bagian yang ada di dalamnya, tetapi bukan berarti memiliki definisi yang sama. Perlindungan siber menjadi payung atau sumber utama dari InfoSec dan elemen lainnya.

Manfaat utama dari cyber security ialah melindungi sistem dan segala sesuatu di dalam sistem tersebut yang bersifat digital, dari cyber attacks. Bagi Anda yang memiliki perusahaan bisnis, maka penggunaannya akan sangat bermanfaat untuk melindungi informasi pribadi, meningkatkan produktivitas pekerjaan, menjaga kepercayaan pelanggan, serta elemen yang ada pada perangkat tersebut.

Elemen dari perangkat perlindungan tersebut terdiri dari application security, Information security, Network security, Disaster recovery/business continuity planning, Operational security danEnd-user education. Keenam elemen tersebut dapat melindungi setiap informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan operasional di perusahaan Anda dari beberapa macam gangguan. Gangguan atau ancaman dalam cyber security cukup banyak atau memiliki beberapa jenis.

Pertama, terdapat Malware yang merupakan ancaman berbentuk software berbahaya yang bisa membahayakan pengguna komputer. Terdapat virus yang dapat menyerang berupa virus komputer, worm, spyware, dan lainnya. Untuk bisa melindungi dari Malware, maka Anda dapat menggunakan perangkat anti malware. Ini akan menjadi tindak pencegahan terhinggapi malware yang bisa diunduh secara khusus.

Kedua, terdapat ancaman yang disebut ransomware yang juga berbentuk sebuah software yang berbahaya. Ancaman ini lebih berbahaya dibandingkan jenis sebelumnya. Terkadang, ada hacker yang bahkan memblokir akses terhadap komputer atau dokumen penting. Ada yang meminta uang tebusan untuk membuka blokir akses. Untuk mengantisipasi hal tersebut, terdapat perangkat khusus bernama anti-ransomware yang bisa digunakan.

Ancaman cyber security yang lainnya yaitu social engineering yang merupakan sebuah serangan yang didasarkan oleh interaksi manusia. Ancaman cybersecurity yang lainnya adalah phishing. Phishing merupakan bentuk penipuan yang biasanya hadir melalui email.

Anti malware, anti-ransomware dan sejenisnya akan bekerja dengan cara mendeteksi beberapa gangguan atau ancaman tersebut. Kemudian, setiap keluhan yang terjadi akan dibantu untuk bisa dinormalkan kembali.

Cyber Protection Insurance, Safety, dan Privacy di Cloud

Ancaman keamanan yang tadi telah disebutkan, serta perangkat untuk mengantisipasinya, sebetulnya juga diterapkan pada cloud atau penyimpanan dan komputasi awan. Misalnya, dengan Google Cloud, cyber security atau keamanan data perusahaan Anda akan terjamin secara baik. Tidak akan mendapat serangan siber serta tidak akan dapat diakses oleh yang tidak berwenang.

Secara general, dalam cyber security terdapat sebuah asuransi khusus yang sering disebut dengan protection insurance. Asuransi atau polis seperti ini dirancang untuk bisa membantu sebuah perusahaan dalam menangani dan mengurangi risiko akibat ancaman.

Cyber insurance protection akan mencakup biaya yang terkait dengan pihak pertama serta klaim oleh pihak ketiga. Umumnya pihak ini akan melakukan penanganan untuk investigasi, kerugian bisnis investasi dan pemberitahuan, serta untuk tuntutan hukum dan pemerasan yang terjadi akibat gangguan dan ancaman cyber security.

Sistem operasional yang menggunakan penyimpanan dalam bentuk Cloud seperti Google dan lain sebagainya menyediakan cybersecurity yang baikuntuk menangani dan melindungi setiap sistem di dalamnya. Prinsipnya ialah safety dan privacy yang berarti memberikan keamanan terhadap sistem yang digunakan di perusahaan Anda serta menjaga sistem privasinya.

Selain menjaga data Anda tetap aman dari ancaman maupun serangan siber, dengan meletakkan data Anda di awan atau cloud dari Google, data tersebut juga tetap terjaga dalam hal privacy. Dengan menyimpan data di Google Cloud Storage, misalnya, bukan berarti data Anda jadi bisa diakses oleh Google. Google menerapkan kebijakan-kebijakan yang menjaga privacy Anda. Data Anda hanya akan dapat diakses oleh yang berkepentingan, dan itu bisa Anda beri kontrol sendiri aksesnya.


    Subscribe now and stay updated!


    Cyber Security Services: Disaster Recovery

    Salah satu bentuk servis atau pelayanan dari perlindungan cyber ini ialah disaster recovery. Disaster Recovery diperuntukkan bila terjadi bencana atau hal yang tidak diinginkan, data tetap terjaga keutuhannya.

    Disaster Recovery dalam Cyber Security banyak dilakukan dengan cara replikasi pada aplikasi yang ada di antara data primer dan data sekunder. Ketika pusat data sedang mengalami gangguan sehingga mempengaruhi kelangsungan bisnis di perusahaan Anda, maka data center sekunder tersebut akan mengambil alih data center primer.

    Aktivitas aplikasi yang telah direplikasi juga akan dipantau secara intens. Dengan adanya proses virtualisasi, maka perusahaan akan melakukan replikasi pada level virtual machine. Keuntungan dari skema tersebut adalah pusat data sekunder bisa bersifat pasif tetapi perusahaan masih bisa mendapatkan Recovery Time Objective atau RTO yang memadai.

    Layanan disaster recovery sangat diminati oleh perusahaan penyedia layanan. Mereka tidak perlu menyediakan sumber daya 1 banding 1 kecuali jika harus mengikuti persyaratan tertentu dari pelanggan. Perusahaan bisa mendapatkan biaya yang lebih efisien karena penyedia layanan bisa menerapkan metode sharing resource.

    Cyber Protection Services: Secure Backup dan Cloud Backup Terbaik

    Bentuk servis lain dari cyber securityialah adanya secure backup dan Cloud backup. Kedua hal ini akan dibantu oleh penyimpanan pada Google sebagai sistem cloud yang terbaik. Untuk hal ini akan dilakukan proses backup data yaitu proses duplikasi atau salinan data terhadap sistem yang dimiliki. Hal tersebut akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik perusahaan.

    Salinan data tersebut memang perlu dilakukan untuk mengamankan sebuah sistem pada perusahaan Anda. Dalam hal ini, Google akan diandalkan karena bisa melakukan proses backup yang terstruktur dan aman. Proses back up ini akan dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap data dari serangan yang berasal dari luar.

    Secure backup ini menjaga proses backup yang penting agar tetap aman. Artinya, tidak ada serangan dalam prosesnya serta tidak ada kebocoran pula untuk data yang telah di-backup. Selan itu, secure backup juga berarti data tidak ada yang hilang dan semua yang diperlukan ter-backup dengan baik.

    Backup yang dilakukan akan sangat berpengaruh terhadap privasi dan keamanan data yang tersimpan di perusahaan Anda. Nantinya, operasional bisa lebih terlindungi sebab terdapat salinan data yang sudah dibuat sebelumnya. Jika sampai terjadi beberapa Malware atau sejenisnya maka Anda sudah melakukan antisipasi.

    Cyber Protection untuk Bisnis Perusahaan

    Beberapa layanan cyber protection tadi sangat penting untuk bisnis dan perusahaan Anda guna melindungi bahkan menangani setiap gangguan yang ada. Cyber protection untuk bisnis perusahaan itu di antaranya adalah safety cyber protection, disaster recovery, dan secure backup.

    Hal tersebut penting sebab beberapa jenis gangguan dan ancaman tersebut bisa membuat Anda mengalami kerugian secara materi. Ataupun, kehilangan data penting atau data sensitif perusahaan berpindah ke tangan orang lain.

    Layanan tersebut bisa membantu memberikan perlindungan secara khusus untuk setiap operasional yang ada di perusahaan. Jika layanan pada cyber security tersebut tidak dipilih dan digunakan, banyak risiko yang bisa terjadi dan hal tersebut perlu ditangani. Ini akan memakan cukup banyak waktu dan tenaga.

    Layanan cyber protection tersebut akan melindungi perusahaan Anda agar terhindar dari masalah yang Anda penyerangan data dan kehilangan data. Kerugian yang terjadi bisa dipulihkan seperti sediakala serta memberikan antisipasi untuk berikutnya. Dengan meminimalisir dan mengantisipasi berbagai jenis gangguan seperti ini hasilnya perusahaan Anda bisa lebih efektif dan menguntungkan.


    Your data is secure in Google Cloud.

    Also, a leader in Database Management Systems. Get the award result of it, by filling this form!


      Cyber Security Software dan dengan Google Cloud Platform

      Untuk perlindungan seperti ini Anda bisa memilih beberapa jenis software yang tersedia. Anda bisa mengunduh kemudian memasangnya pada perangkat yang digunakan pada operasional bisnis Anda. Software tersebut juga bisa dipilih berdasarkan dengan kriteria atau kondisi yang ada di perusahaan Anda.

      Untuk lebih baiknya, Anda dapat mengandalkan Google Cloud Platform yang memiliki layanan dan penjaminan untuk cyber protection. Di dalamnya terdapat sistem yang sudah terukur dan tertata dengan sangat rapi sehingga memungkinkan untuk melakukan proses perlindungan dengan aman dan nyaman. Selain menyediakan tempat penyimpanan bagi data Anda serta berbagai teknologi komputasi mutakhir untuk perusahaan (seperti machine learning dan BigQuery), Google Cloud Platform juga menjamin data Anda tersimpan aman.

      Perlindungan cyber ini memang lebih mudah jika dengan menggunakan Google Cloud Platform atau GCP. GCP ini terbukti efektif dalam menjalankan cyber protection untuk keamanan data di perusahaan Anda. Dibandingkan jenis penyimpanan lainnya, Google Cloud memang lebih direkomendasikan karena menjamin keamanan data dan kemudahan dalam cyber security.

      Apakah Data Perusahaan Anda akan Aman ketika Berada di Google Cloud?

      Pertanyaan ini sering kali ada dan diajukan saat pertama kali Anda ingin menggunakan Google Cloud. Dengan Google Cloud, Anda bisa menyimpan data pada penyimpanan yang sangat aman. Proteksi dari Google akan melindungi data perusahaan Anda dari ancaman yang mungkin ada bila menggunakan layanan selain Google Cloud. Selain itu, Anda juga terlindungi dari kehilangan data dari proses migrasi, misalnya. Juga, data Anda juga aman dari pihak Google karena Anda-lah yang punya hak aksesnya.

      Jika terjadi sebuah kehilangan atau kerusakan akibat beberapa ancaman dan gangguan pada cyber security tadi, maka Anda tetap bisa mengakses data perusahaan karena sudah tersimpan pada Google Cloud. Upaya pemasangan perlindungan cyber tersebut juga akan lebih efektif dan efisien karena perangkat tersebut sudah dirancang untuk penyimpanan yang aman.

      Jadi jika Anda bertanya apakah data perusahaan akan aman disimpan pada Google Cloud maka jawabannya tentu saja ya. Untuk data dalam jumlah kecil maupun besar sekalipun Anda tetap bisa mengandalkan penyimpanannya pada perangkat tersebut. Hal ini juga sudah terbukti dan dirasakan oleh banyak perusahaan.

      Untuk mendapatkan layanan cyber protection dan Google Cloud, Anda bisa menggunakan GITS.ID. Tim GITS.ID bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai cyber security dan berbagai layanan cloud untuk membantu perusahaan Anda. GITS.ID merupakan Google Cloud Partner yang akan membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan produk Cloud dari Google. Dengan ini, perusahaan Anda bisa lebih aman dan terlindungi, sambil menggunakan berbagai manfaat dari teknologi Google Cloud.


      Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

      aplikasi website cloud fast secure data

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

      GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

      GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

      Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

      Perbandingan Private dan Public Cloud

      Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

      SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

      Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

      Cloud-based Networking di Perusahaan

      Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...