Business Server Migration to Google Cloud

Server Migration to Google Cloud

Bagaimana melakukan server migration to Google Cloud dengan cloud migration service? Termasuk VM migration di dalamnya? Mungkin itu yang berada dalam benak Anda setelah tahu banyak keuntungan memiliki infrastruktur di cloud dan lewat Google Cloud. Juga, dibantu Google Cloud Partner di Indonesia, GITS.ID. Lantas, bagaimana melakukan migrasi ke Google Cloud termasuk VM migration?

Untuk melakukan cloud migration atau server migration to Google Cloud, perusahaan Anda dapat dibantu oleh kami. Namun sebelumnya, berikut adalah informasi terkait cloud migration.

Infrastructure Modernization untuk Enterprise

Cloud migration service untuk mewujudkan infrastructure modernization terdiri atas beberapa layanan. Anda dapat memilih cloud migration service yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa layanan untuk melakukan infrastructure modernization.

VM Migration

VM migration adalah proses melakukan migrasi tempat running aplikasi menjadi di VMs (virtual machines) agar dapat digunakan secara cepat di Google Cloud

Dengan migrasi virtual machine atau vm migration, bisnis atau perusahaan Anda dapat mendapatkan berbagai keuntungan. Di antaranya adalah mampu melakukan lebih banyak dan membayar lebih sedikit. Ini karena VM dari Google Cloud pembayarannya dihitung berdasarkan tiap detik penggunaan. Tidak ada biaya di depan ataupun biaya penghentian. Keuntungan lainnya, yaitu cepat, fleksibel dan penyimpanan yang aman. Data selalu terenkripsi dan dapat diakses dalam milidetik.

Keuntungan selanjutnya dari VM migration, salah satu bentuk cloud migration service, adalah meningkatkan performansi. Ini lewat kapasitas ukuran yang otomatis menyesuaikan, juga tipe mesin yang dapat dikustom.

Keuntungan-keuntungan lainnya, yakni:

  • Business agility dan membuat IT service semakin cepat
  • Semakin berinovasi, termasuk bisnis resource yang semakin strategic.
  • Berada di cloud membuat ROI semakin optimize lewat elasticity dan scalling.
  • Semakin cepat dalam men-deliver performansi terbaik dari berbagai tempat di dunia.
  • Lewat berbagai layanan yang ditawarkan dari sistem serverless dan fully managed, membuka banyak potensi.
  • Semakin siap untuk masa mendatang lewat kemampuan artificial intelligence dan machine learning.
  • Mengurangi biaya untuk maintenance infrastruktur
  • Arsitektur yang dipakai fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Keamanan semakin terjaga

SAP di Google Cloud

SAP di Google Cloud – SAP adalah System, Applications, and Products (ERP software). Dengan Google Cloud, bisnis aplikasi yang sangat penting pun akan dijalankan di infrastruktur global yang didesain sedemikian rupa agar semua aman. Selain itu, terjamin pula performansi yang bagus, agile dan bernilai ekonomi lewat infrastruktur yang berbasis VM, serta penuh inovasi dengan machine learning.

Apa saja keuntungan lebih lanjut dari mengoptimasi aplikasi bisnis SAP Anda menggunakan Google Cloud?

Anda bisa fokus terhadap bisnis dan tidak perlu banyak memikirkan lagi mengenai infrastruktur. Dalam cloud migration pun tidak perlu ada waktu down karena maintenance, sebab cloud migration atau server migration to Google Cloud ini dapat dilakukan secara langsung alias live migration. Keuntungan lainnya adalah bisnis Anda bisa semakin cepat dan agile. Ini karena proses deploy akan semakin cepat lewat template yang terotomasi. Juga, bisnis Anda bisa segera mendapatkan insight. Ini dimungkinkan lewat BigQuery dan smart analytics, teknologi Google yang juga tersedia untuk Google Cloud.


    Subscribe now and stay updated!


    High Performance Computing

    infrastructure modernization cloud migration compute engine google indonesia

    Proses computing yang performansinya tinggi – Tantangan computing yang kompleks dapat diselesaikan dengan biaya yang efektif dan infrastruktur yang skalabel.

    Proses computing yang performansinya tinggi disebut juga High Performance Computing (HPC). Ini mengacu pada penggunaan Google Cloud yang fleksibel kapasitasnya dan cepat. Ini berpengaruh pada infrastructure modernization yang akan semakin baik.

    Benefit atau manfaat dari high performance computing ada banyak. Di antaranya adalah dapat diakses secara cepat karena tiap tim bisa melakukannya sendiri, tanpa waktu tunggu. Selain itu, dari high performance ini, perusahaan Anda bisa terus berinovasi. Bisa membangun supercomputer dengan prosesor dan GPU terbaru, misalnya. Keuntungan lainnya, seperti layanan dari Google Cloud lain, migrasi ke Google Cloud untuk infrastructure modernization dengan high performance computing juga billing-nya sesuai yang Anda gunakan. Tidak ada biaya untuk hal yang tidak Anda perlukan.

    Data Center Migration

    Migrasi pusat data – Anda dapat memilih penggunaan cloud sesuai kebutuhan. Lift and shift, application change, atau hybrid.

    Dengan migrasi pusat data atau data center migration, perusahaan Anda dapat membuat rancangan migrasi sesuai kebutuhan. Untuk melakukan navigasi migrasi data center ke Google Cloud pun bisa dilakukan secara cepat dan simpel.

    Rehost: lift and shift

    Migrasi aplikasi ke Google Cloud dilakukan tanpa membuat perubahan terhadap platform maupun aplikasi. Akan banyak bantuan bagi Anda untuk mempertahankan tools yang ada dan kemudahan melakukan manajemennya.

    Replatform: lift and optimize

    Migrasi aplikasi dan workload tanpa mengubahnya. Cukup menjalankannya pada platform cloud-native baru. Terdapat layanan produk Google Cloud yang membantu memaksimalkan performansi, kapasitas ruang, dan mengefisiensikan biaya.

    Refactor: move and improve

    Aplikasi dan workload yang ada dikonversi untuk dapat berjalan di bentuk yang lebih modern, tanpa mengubah kodenya. Produk dari Google Cloud bisa membantu workload mencapai performansi maksimum.

    Continue to modernize

    Semakin bisnis Anda bertumbuh, infrastructure modernization yang perusahaan Anda lakukan juga sebaiknya terus bertumbuh. Google Cloud punya cloud service yang membantu mengelola arsitektur yang sesuai untuk Anda, melakukan migrasi mainframe application, menulis ulang existing app ataupun membuat app baru menggunakan teknologi serverless.

    Migrasi Server

    Server yang berjalan baik memang akan memberikan manfaat sangat besar bagi perusahaan. Namun, untuk melakukan migrasi server, adalah sebuah tantangan pula bagi bisnis perusahaan. Hal ini karena banyak proyek migrasi yang orang lain lakukan, terbukti tidak mudah atau bahkan gagal.

    Selain itu, ada pula masalah budget. Migrasi server yang orang lain lakukan, banyak yang melebihi budget.

    Oleh sebab itu, melakukan migrasi server atau cloud migration perlu secara saksama dan oleh ahli. Ini agar migrasi server berlangsung sukses dan biayanya efektif.


    Ketahui lebih lanjut tentang migrasi VMware dengan cepat ke cloud!

    Silakan isi form di bawah ini untuk mendapatkan free e-book tentang Google VMware Engine:


      Cara Pindah Server

      cloud migration service migrasi server google partner indonesia

      Melakukan migrasi server memang tidak mudah. Perusahaan Anda sebaiknya mencari bantuan ahli, seperti dari Google Cloud Partner Indonesia.

      Mereka akan tahu cara pindah server yang baik dan mulus sehingga prosesnya cepat dan tanpa risiko. Bila cara pindah servernya tidak benar, bisa jadi akan menimbulkan risiko terhadap data yang sudah perusahaan Anda punya.

      Tahapan atau Cara Migrasi Server

      Dalam service yang ditawarkan dari produk Google Cloud dan bisa dibantu kerjakan oleh Google Partner (termasuk GITS.ID). Di antaranya adalah RAMP atau Rapid Assessment & Migration Program. Lewat program ini, kami akan meng-assess yang perusahaan Anda lakukan secara teknikal.

      Berikut adalah langkah atau cara migrasi server secara garis besar:

      1. Meng-assess dan mengevaluasi IT landscape dan workload. — Langkah pertama adalah melakukan assessment terhadap infrastruktur IT yang saat ini ada. Kemudian, dievaluasi baik itu landscape-nya hingga workload yang berlangsung.
      2. Membuat rencana apa saja yang bisa dimigrasi, mana yang sebaiknya dimigrasi, dan seperti apa urutan melakukannya. — Setelah assessment dan evaluasi, melakukan planning terkait migration ini. Perencanaan ini menyeluruh dan detail. Mencakup bagian mana saja yang memungkinkan dimigrasi serta apa yang sebaiknya dimigrasi. Selain itu, direncanakan pula urutan ketika pindah server ini. Baik itu baru ke cloud atau antara cloud satu dan lainnya.
      3. Melakukan migrasi dengan memilih path dan memulainya. — Migrasi dimulai dari satu titik atau path. Ini perlu dipilih terlebih dahulu mana yang sesuai. Kemudian, dijalankan.
      4. Mengoptimasi operasi dan menghemat biaya. — Perlu diperhatikan, proses tersebut bisa dioptimasi hingga hasil dan prosesnya optimum serta dengan biaya rendah.

      Penyedia Jasa Cloud di Indonesia

      penyedia jasa cloud indonesia google partner

      Untuk membantu perusahaan Anda agar semakin mudah dalam server migration atau menggunakan cloud data migration tools, Anda dapat menghubungi penyedia jasa cloud di Indonesia. Penyedia jasa cloud di Indonesia untuk layanan Google adalah Google Cloud Partner Indonesia. GITS.ID adalah Google Cloud Partner Indonesia yang dapat membantu Anda di cloud migration service ataupun produk dan layanan Google Cloud lainnya. Kami menyediakan jasa cloud modernization, license Chromebook, layanan G Suite atau Google Workspace, serta lainnya. Anda dapat menghubungi kami untuk berkonsultasi, di tautan berikut: Konsultasi dengan Google Cloud Partner Indonesia.


      Ketahui pedoman dari Google Cloud tentang langkah melakukan migrasi yang sukses di sini. Setelahnya, Anda bisa menghubungi GITS.ID untuk mulai membantu proses tersebut.


      Mulai Migrasi Server Perusahaan Anda ke Google Cloud Sekarang–cepat dan bebas risiko

      google cloud partner indonesia platform gcp jasa pembuatan aplikasi android ios mobile application website web certified

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      More articles

      Latest article

      GITS Tech Talks: Deployment Manager on Google Cloud Platform

      Automate the creation and management of Google Cloud Platform resources using Deployment Manager. Write flexible template and configuration files and use them...

      IT Cost Assessment Untuk Enterprise

      Dalam sebuah bisnis atau enterprise, banyak hal menyangkut biaya atau pengeluaran yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu hal penting dalam pengelolaan cost...

      Strategi IT Cost Reduction untuk Bisnis

      Dalam sebuah bisnis biaya yang membengkak dapat menyebabkan bisnis menjadi terhambat. Biaya yang membengkak bisa dari mana saja dan jika tidak dilakukan...

      Machine Learning untuk Retail Demand Forecast

      Dalam dunia bisnis saat ini teknologi sangat memegang peran penting dalam jalannya sebuah usaha. Di jaman yang serba teknologi ini tentunya industri...

      Become a Customer-centric dan Data-driven Retailer

      Dalam industri retail, konsumen adalah segalanya. Artinya konsumen merupakan poin penting dalam menjalankan bisnis retail. Pada masa sekarang di mana teknologi sudah...