Quality Assurance, Cybersecurity, dan Dukungannya terhadap Mobile App Development yang Bagus

  • Mobile App Development
  • Quality Assurance, Cybersecurity, dan Dukungannya terhadap Mobile App Development yang Bagus
mobile application, website design, webdesign, web developers, web programmers, development android, digital agency jakarta, cloud indonesia, ecommerce indonesia, design thinking, design spirit, application development, mobile app design, transformasi digital, app design, developer mobile app, digital agency indonesia, b2b ecommerce, digital transformation, quality assurance, cybersecurity, sdlc

Melakukan Development Aplikasi Mobile yang Berkualitas Tinggi

Untuk memastikan aplikasi yang dibuat kualitasnya bagus alias lewat quality assurance, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, cintai produk kita karena bila mencintai sesuatu, kita akan melakukan hal yang maksimal. Dalam hal ini, kita akan melakukan hal maksimal untuk produk tersebut. Ini dapat dimulai dari pengumpulan requirement aplikasi tersebut, kemudian dari sana membuat daftar acceptance criteria atau kriteria apa saja yang membuat aplikasi itu nantinya bisa diterima.

Selanjutnya, bangun ekosistem yang juga berkualitas tinggi. Salah satu cara yang digunakan GITS Indonesia dalam hal ini adalah melakukan daily stand up di mana anggota tim berkumpul dan melakukan bahasan. Yang dibahas di antaranya adalah mem-follow up acceptance criteria yang telah dibuat, bersama developer yang bersangkutan. Tim Quality Assurance juga terus memastikan dengan Product Owner bagaimana progress kriteria-kriteria penerimaan ini.

Yang ketiga untuk melakukan mobile app development yang berkualitas tinggi adalah maksimalkan testing dan reporting. Pada pengujian, ada berbagai macam testing, seperti API testing; functional testing; automation testing; performance testing; serta vulnerability testing. Sementara itu, dari segi report-nya pun harus bagus. Ini untuk mempermudah pengembangan aplikasi ke depannya dan klien juga bisa melihat sekaligus memahami apakah aplikasi yang dibuat sudah sesuai keinginan klien atau belum.

Yang terakhir, teruslah belajar agar terus semakin baik dan bisa menjamin kualitas aplikasi dengan lebih bagus lagi.

Quality Assurance Mobile App Development Berhubungan dengan Ketahanan Cyber

Software security assurance memastikan aplikasi dikembangkan dengan risiko yang diminimalisir. Risiko ini dapat bertipe integrity, saat data bisa dimanipulasi pengguna. Risiko lainnya, yakni confidentiality; informasi sensitif yang terpublikasi. Ada pula availability; aplikasinya ditiadakan oleh penyerang.

Quality assurance ambil bagian dalam memastikan risiko-risiko tersebut terhindarkan. Dalam proses development perangkat lunak atau aplikasi, ada yang dikenal sebagai “SDLC”. Namun, kita perlu perhatikan lifecycle ini dengan bubuhan “secure” di depannya.

Apa itu Secure SDLC? Pada secure development lifecycle, kita men-state nilai-nilai kontrol keamanan dan melakukannya pada setiap tahapan development lifecycle. Tahapan development ini ada design, build, test, dan production. Nah, kita tambahkan aksi-aksi sesuai yang mendukung jaminan keamanan atau ketahanan dari software tersebut pada setiap tahapan tadi.

Selain melakukan quality assurance pada produk yang tim kita buat, pengujian keamanan juga tidak menutup kemungkinan dilakukan pada produk-produk milik orang lain. Tetapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya kita telah memiliki izin untuk melakukan tes seperti penetration testing (mencoba menyerang dengan ancaman sesungguhnya).

Pada webinar GITS Expert Talk #4 bersama bapak Pringgo Digdo (CEO Cyber Army Indonesia) dan Pedro Pradita (tim Quality Assurance GITS Indonesia), dibahas lebih banyak lagi tentang hal-hal tadi. Sila tonton tayangan ulangnya di

Untuk pendaftar GITS Expert Talk #4, file materi dapat diakses di bawah ini.

[passster password=”get4empat-gits”]

File materi:

Untuk Anda yang ingin berkonsultasi atau mengobrol tentang transformasi digital atau bisnis terkait, silakan email GITS Indonesia di: [email protected] (mohon sertakan informasi bahwa Anda peserta webinar).

[/passster]


Girindro Pringgo Digdo adalah CEO di Cyber Army Indonesia.

Pedro Pradita adalah bagian dari tim Quality Assurance GITS Indonesia.

Jacqueline adalah bagian dari Marketing GITS Indonesia.


GITS Indonesia menyediakan solusi IT untuk perusahaan Anda. Klien kami di antaranya, yakni Danone; Toyota; dan Jasa Raharja. Contoh proyek kami dapat dilihat di halaman Portfolio ini.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States