Business Berapa Harga Google Cloud Platform?

Berapa Harga Google Cloud Platform?

Berapa harga Google Cloud Platform atau Google Cloud Pricing? Anda yang sedang mencari cloud untuk perusahaan atau cloud for business mungkin bertanya-tanya berapa biaya cloud server atau biaya pakai cloud.

Tentunya, manfaat cloud sangat banyak. Kelebihan Google Cloud juga dibandingkan cloud server atau provider cloud lain, unggul dalam banyak sisi. Salah satunya, unggul dari segi harga cloud server yang lebih murah dan hemat. Kemudian, seperti apa gambaran biaya atau harga penggunaan Google Cloud?

Keuntungan Pricing Menggunakan Cloud dari Google

Dari segi harga dan skema pembayaran alias pricing, Google Cloud Platform atau GCP memberikan banyak keuntungan. Salah satunya, harga terjangkau. Anda pun hanya perlu membayar apa yang Anda gunakan, sesuai kebutuhan. Google Cloud juga punya inovasi harga. Jadi, bila bisnis perusahaan Anda menggunakannya untuk jangka waktu panjang atau berkesinambungan, tersedia diskon atau potongan harga. Tentu, ini menjadikan biaya layanan lebih murah. Sebagai mitra Google atau Google Partner Indonesia, GITS Indonesia atau GITS.ID juga akan membantu Anda menyesuaikan perusahaan dengan layanan Google Cloud. Misalnya, kami akan memberikan rekomendasi kapasitas yang diperlukan, sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Di segi harga dari performansinya pun, cloud dari Google ini unggul. Untuk harganya, bisa bersaing dengan layanan cloud service dari pihak lain. Untuk jasa Compute Engine rata-rata lebih murah 8% dari harga AWS. Cloud dari Google juga menawarkan infrastruktur yang lebih baik. Performansi dengan Google Cloud pun lebih cepat. Serta, lebih cerdas, sebab Google terus mengoptimalkan sistemnya menggunakan machine learning.

Pricing dari Google Cloud menawarkan banyak keuntungan. Misalnya saja, banyak jenis layanan yang lebih murah dibandingkan dari penyedia cloud lainnya. Selain itu, Google Cloud juga lebih hemat untuk pemakaian berjangka.


    Subscribe now and stay updated!


    Estimasi Harga dengan Google Cloud Pricing Calculator

    Kelebihan lain dari Google Cloud service adalah Anda dibantu Google Partner bisa memperkirakan biaya yang diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Perkiraan ini dilakukan lewat Google Cloud Pricing Calculator.

    Di kalkulator tersebut, bisa digunakan untuk memperkirakan biaya sesuai kebutuhan Anda. Di sana dibagi menjadi beberapa bagian dari produk Google Cloud Platform. Ada untuk mengestimasi harga Compute Engine, App Engine, Kubernetes Engine, Cloud Run, VMware Engine, Cloud Storage, BigQuery, dan lain-lain.

    Bagaimana Cara Menghitung Harga Cloud Server?

    Mengetahui harga cloud server di awal tentu akan membantu perusahaan Anda dalam membuat rencana penggunaan cloud. Untuk cloud server Indonesia, bagaimana garis besar cara menghitung biayanya?

    Berikut adalah cara menghitung harga cloud server atau beberapa hal yang perlu Anda masukkan dalam pertimbangan:

    1. Jumlah mesin
    2. Jenis sistem operasi
    3. Tipe mesin
    4. Lokasi datacenter
    5. Durasi server menyala per hari

    1. Cara Hitung Harga Cloud Server: Mempertimbangkan Jumlah Mesin

    Jumlah mesin yang akan Anda pakai di server mempengaruhi berapa yang perlu dibayarkan. Jumlah mesin ini pun ada kiat dalam memilihnya. Barangkali Anda membutuhkan sejumlah mesin dan di lain sisi Anda bisa menghemat sejumlah mesin.

    2. Biaya Cloud: Pemilihan Jenis Sistem Operasi

    Pemilihan jenis sistem operasi atau OS juga akan ditanyakan ketika menggunakan alat hitung service cloud. Ini karena beda sistem operasi juga akan beda dalam penerapannya.

    3. Sewa Cloud: Bergantung pada Tipe Mesin

    Sewa cloud yang perlu dibayar juga bergantung pada tipe mesin yang dipilih untuk dipakai. Tipe mesin yang satu bisa berbeda karakteristiknya dengan tipe mesin lain.

    4. Biaya Sewa Cloud dan Pengaruh Lokasi Datacenter

    Lokasi datacenter yang lebih dekat dengan penggunanya akan memberikan pengalaman memakai cloud yang lebih seamless. Untuk layanan dari Google sendiri, data center yang tersedia ada di berbagai bagian negara. Sehingga, dapat dipilih sesuai cakupan area pengguna Anda.

    5. Perhitungan dengan Durasi Server Menyala Per Hari

    Kebutuhan perusahaan Anda dengan perusahaan lain bisa saja berbeda. Dan, dengan cloud dari Google, Anda tidak harus menhidupkan server sepanjang waktu. Bila ada waktu-waktu saat server tidak dibutuhkan, dapat dimatikan secara terjadwal. Hal ini sebagai salah satu cara harganya bisa lebih hemat.

    Demikian tentang cara menentukan harga sewa cloud. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda tanyakan ke Partner dari layanan cloud, yakni GITS.ID Google Cloud Partner Indonesia.

    Perbandingan Harga Cloud Server – Harga Google Cloud dan Harga AWS dari Amazon

    skenario produk harga google cloud platform gcp indonesia compute engine harga cloud server harga aws

    Sebagai contoh skenario, sebuah perusahaan A memerlukan aplikasi mobile dengan sisi backend di cloud. Salah satu fitur utama aplikasi ini adalah menjadi wadah berbagi gambar bagi penggunanya. Tiap bulan, ada sekitar 5 juta orang user aktif.

    Dalam contoh ini, ada 4 komponen yang dibutuhkan.

    • Pertama, API frontend yang akan menerima rikues dari device terkait aksi atau gambar yang diperlukan. Instance di API frontend bisa merespons sekitar 80 rikues dalam setiap detik. Dalam skenario ini, kita perkirakan ada 350 rikues setiap detiknya. Maka, kita perlu menyiapkan empat regular instance untuk API frontend.
    • Ada pula kebutuhan frontend web sebagai media promosi. Untuk ini, kita perlu dua instance.
    • Ketiga, sebuah layer aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan gambar ketika ada yang mengunggah serta memprosesnya saat diakses. Diperlukan empat instance untuk memproses gambar dan mengontrol storage.
    • Selanjutnya, ada komponen di backend, yakni Cassandra cluster sebagai penyimpan metadata operasional. Dibutuhkan lima instance dengan memori tinggi sebagai pemroses.

    Dengan kebutuhan tersebut (API frontend 4 instance, web frontend 2 instance, layer aplikasi 4 instance, Cassandra cluster 5 instance), berikut adalah estimasi biaya per bulan dari Google Cloud dan Amazon Web Services.

    Menggunakan Google Cloud Platform: USD 1,978.49.

    Menggunakan Amazon Web Services: USD 3,992.41.

    Itu adalah harga cloud server, baik dengan Google maupun harga AWS. Dari estimasi harga tersebut, terlihat bila memakai Google Cloud Platform atau GCP, lebih murah 50%. Hal ini karena seperti yang disebutkan, Google Cloud memberikan diskon untuk pemakaian sustainable. Diskon akan berlaku bila layanan instance ini dipakai untuk jangka panjang.

    Sementara itu, terlihat dari skenario tersebut, harga cloud server dari Amazon atau harga AWS ini cenderung tidak lebih murah.

    Harga VPS atau Virtual Private Server Hosting

    harga cloud server vps aws

    Barangkali perusahaan Anda juga memiliki kebutuhan untuk hosting server secara VPS alias virtual private server. VPS ini salah satu bagian dari cloud server Indonesia yang bisa digunakan, bisa juga tidak. Ini tergantung kebutuhan Anda.

    VPS secara virtual environment-nya seperti dedicated server di dalam server bersama. VPS ini bagian dari cloud server Indonesia yang aman, reliable, dan performansinya bagus.

    Harga VPS dari layanan Google pun cendering lebih murah. Ini bila dibandingkan harga cloud server lainnya.

    Skenario dan Kelebihan Google Cloud

    Penghitungan estimasi untuk scenario ini juga dilakukan untuk membandingkan: bila instance digunakan jangka panjang dan dibayar di depan seperti harga AWS dibandingkan sustainable diskon dari GCP. Harga dari GCP lebih efisien karena tergantung permintaan.

    Ada pula penghitungan estimasi untuk kasus ketika ingin mengubah desain infrastruktur. Biaya penggantian sistem di Amazon cukup besar.

    Selain itu, ketika tidak ingin kapasitas yang statis, ini juga di-provide dengan baik oleh Google Cloud. Bisa dilakukan auto scaling dengan efisien dari segi harga dan kemudahan. Dengan demikian, harga Google Cloud Platform demikian hemat karena sesuai kebutuhan dan ada sustainable diskon.

    Sebagai catatan, harga yang diestimasi oleh Google Cloud Pricing Calculator dapat digunakan sebagai acuan kisaran harga saja. Harga-harga tersebut tidak mengikat Anda, pihak Google, dan kami sebagai Google Cloud Partner Indonesia.

    Kami dapat membantu Anda menentukan produk Google mana saja yang bisnis atau perusahaan Anda butuhkan. Kami membuka jasa migrasi server ke Google Cloud yang juga dapat membantu Anda dalam memodernisasikan infrastruktur atau melakukan digital transformasi dengan layanan Google Cloud.


    Mulai Transformasi Digital Perusahaan Anda lewat Mobile App, Website, dan Cloud Sekarang

    google cloud partner indonesia platform gcp jasa pembuatan aplikasi android ios mobile application website web certified

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech Talks: Transform Your Business and Growth with Google Cloud Platform

    In the uncertain situation, business leaders are under pressure to prioritize investments and optimize costs to support changing business goals in the...

    Strategi Omnichannel di B2B, B2C, juga D2C dan Strategi Marketing

    Di dunia bisnis banyak sekali istilah yang perlu Anda kenali. Salah satunya adalah bagaimana melakukan strategi Omnichannel di...

    Contoh Aplikasi Loyalty Program atau Loyalty App Indonesia

    Ketika menjalankan sebuah bisnis, sangat penting bagi perusahaan Anda untuk memiliki relasi yang baik dengan para pelanggan. Demi kelangsungan bisnis itu sendiri,...

    9 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang Efektif dalam Meningkatkan Pendapatan

    Dalam bidang usaha, ada beberapa hal yang penting untuk dioptimalkan. Salah satunya adalah loyalitas pelanggan sehingga Anda yang memiliki usaha atau bisnis...

    Ketahui Harga Pembuatan Website E-Commerce dan Aplikasi E-Commerce

    Banyaknya orang yang melakukan belanja daring membuat bisnis ini berkembang cukup baik, terutama jika Anda hendak terjun ke bidang tersebut. Namun, ada...