Business IT Cost Assessment Untuk Enterprise

IT Cost Assessment Untuk Enterprise

Dalam sebuah bisnis atau enterprise, banyak hal menyangkut biaya atau pengeluaran yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu hal penting dalam pengelolaan cost di bisnis enterprise adalah cost estimate atau bisa diartikan sebagai tafsiran biaya. Pengelolaan tafsiran biaya juga saat ini bisa diolah dengan sistem IT cost.

Saat ini memang sudah banyak bisnis yang mengandalkan sistem IT untuk membantu meningkatkan produktivitas dan juga keuntungan. Salah satu metode yang bisa menggunakan jasa IT adalah penafsiran biaya pada sebuah bisnis enterprise. Kemajuan teknologi memang berdampak pada dunia bisnis atau industri.

Apa Saja Enterprise Cost

Dalam sebuah bisnis atau enterprise tentunya tidak pernah luput dari pengeluaran biaya. Jelas bisnis tidak hanya konsep mendapatkan untung saja namun juga harus mengeluarkan biaya untuk berbagai hal menyangkut bisnis tersebut. Pengeluaran atau cost yang ada di dalam sebuah bisnis bisa dari segmen apa saja namun biasanya paling banyak ada di biaya produksi.

Enterprise cost memang jika dilihat dari nominalnya tentu sangat besar karena pengeluaran sebuah perusahaan menyangkut banyak hal. Banyaknya segmen yang harus diurus membuat pengeluaran enterprise selalu besar namun dibalik itu ada keuntungan yang besar juga jika dikelola dengan benar.

Lalu apa saja biaya enterprise itu? Berikut ini enterprise cost yang paling umum.

  • Cost Produksi

Pengeluaran pertama dan biasanya yang paling besar adalah pengeluaran dalam produksi. Produksi di sini bukan hanya soal membuat produk namun semua hal yang hubungannya dengan memproduksi apapun tergantung bisnis yang dijalankan.

Biaya Produksi bisa sangat besar karena banyaknya hal yang masuk ke dalamnya. Misal alat produksi, bahan-bahan produksi, perbaikan alat produksi, dan masih banyak lagi. Itulah yang membuat biaya produksi dalam enterprise cukup besar.

  • Cost Pemasaran

Biaya enterprise selanjutnya adalah soal pemasaran di mana ini adalah sebuah pengeluaran yang cukup umum. Dalam sebuah bisnis enterprise terutama dalam bidang penjualan produk biaya pemasaran adalah salah satu yang harus diperhatikan dan sebisa mungkin ditaksir dengan baik.

Jika biaya di segmen ini tidak diperhatikan dengan baik maka bisa jadi biaya bisa membengkak. Jika sudah membengkak maka akan timbul kerugian dan harus dilakukan pemangkasan biaya pemasaran. Tentu akan membuat rumit maka dari itu melakukan penafsiran biaya atau cost assessment adalah hal tepat.

  • Coat Promosi

Biaya dalam hal promosi atau periklanan adalah salah satu pengeluaran umum dalam bisnis enterprise. Dalam sebuah bisnis, periklanan memang sangat penting untuk mengenalkan produk atau hasil karya sebuah bisnis. Selain itu untuk mengembangkan bisnis juga memerlukan promosi periklanan.

Bisa dibilang promosi juga pengeluaran atau biaya yang besar untuk enterprise. Jika tidak dikelola dengan baik maka tentu saja biayanya bisa membengkak dan terlalu merugikan.

  • Cost Pegawai

Tentu dalam sebuah bisnis pegawai atau pekerja adalah poin yang sangat penting. Namun pengeluaran enterprise terbanyak juga bisa berasal dari biaya pegawai. Pengeluaran untuk pegawai bisa berupa gaji pokok, tunjangan, asuransi, dan lain-lain.

Sebagai segmen yang penting sudah wajar jika pengeluaran untuk pegawai sangat besar. Tanpa karyawan tentu bisnis juga tidak akan berjalan. Meski wajar jika jumlah pengeluaran besar namun tetap harus di tafsir sejak awal.


    Subscribe now and stay updated!


    Apa Saja yang Termasuk IT Cost di Enterprise

    it cost assessment cloud google

    Dalam enterprise tentu banyak hal yang mengeluarkan biaya besar. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa biaya dalam enterpirse bisa datang dari segmen mana saja dan bisa jadi biayanya sangat besar. Belum lagi ada IT cost yang juga masuk dalam daftar biaya pengeluaran enterprise.

    IT cost sendiri merupakan biaya atau pengeluaran dalam enterprise yang berhubungan dengan IT atau hal-hal terkait dunia digital. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis saat ini tidak akan lepas dari IT atau dunia digital. Maka dari itu akan ada biaya lain yang muncul dari bisnis yaitu biaya untuk bidang teknologi.

    • Biaya Alat

    Cost for IT pertama ada biaya alat yang tentunya dalam enterprise sudah menggunakan alat-alat canggih. Misal komputer yang canggih dan alat-alat lainnya yang terkait IT dan digital. Semua biaya itu tentu tidak murah dan masuk dalam pengeluaran dalam enterprise.

    • Biaya Maintenance Alat

    Biaya maintenance alat atau perawatan alat adalah salah satu biaya yang diperlukan dalam sebuah enterprise. Jika komputer server atau komputer induk di sebuah perusahaan rusak maka kerja IT tidak akan maksimal dan tersendat maka dari itu seluruh alat IT dan digital harus selalu mendapatkan perawatan.

    • Biaya Server

    Terakhir ada biaya server yang juga perlu diperhatikan dalam sebuah bisnis. Server sendiri fungsinya sangat banyak dan dapat menguntungkan bisnis. Jika ingin menggunakan server yang hemat maka bisa dengan server Google Cloud. Selain murah ada banyak penawaran menarik terkait bisnis di sana.

    Apa Itu Cost Assessment

    Pengeluaran dalam enterpise kadang tidak terkontrol dengan baik dan hasilnya biaya membengkak di mana-mana. Maka dari itu perlu adanya cost assessment atau bisa dibilang adalah penafsiran biaya. Dengan memperkirakan biaya di awal maka pengeluaran dalam sebuah bisnis enterprise bisa dikendalikan dan tidak membengkak.

    Perkiraan biaya sendiri dapat menyangkut biaya produksi, pemasaran, dan biaya lainnya. Intinya di sini adalah bahwa perkiraan biaya diambil dari nilai total biaya sebelumnya kemudian di gabungkan dengan keadaan dan kebutuhan saat itu. Hasil tersebut bisa menekan biaya pengeluaran dalam semua segmen di enterprise.

    Bagaimana Melakukan IT Cost Assessment

    Cara menerapkan IT cost assessment terbilang cukup mudah. Di sini hanya cara menafsirkan biaya dalam IT di enterprise jadi tidak penafsiran biaya secara keseluruhan. Melakukan penafsiran biaya IT sangat mudah yaitu cukup dengan menganalisa biaya IT tiap hari.

    Analisa ini dilakukan dalam waktu panjang agar data yang terkumpul untuk biaya IT harian bisa terkumpul. Dengan menyimpulkan keseluruhan biaya IT harian maka nantinya biaya selanjutnya bisa di tafsir dan bisa dipangkas jika biaya IT terlalu besar.

    IT Cost Assessment dari Google Cloud

    Penafsiran biaya IT dalam enterprise tidak hanya bisa dilakukan secara manual namun bisa menggunakan layanan server. Salah satu layanan tersebut adalah Google Cloud yang mampu membantu segala hal mengenai bisnis enterprise.

    • Tentang IT Cost Assessment dengan Google Cloud

    Google Cloud menyediakan akses untuk enterprise dalam melakukan IT cost assessment. Aksesnya pun sangat mudah hanya dengan mengunjungi situs resmi dari Google Cloud maka akan ada banyak pilihan layanan bisnis di sana. Selain mudah, akses server Google Cloud juga sangat hemat dan cocok bisnis.

    • Langkah yang Dilakukan Google Cloud untuk IT Cost Assessment

    Dalam menafsirkan IT cost tentunya Google Cloud akan memberikan berbagai layanan terkait masalah tersebut. Pihak enterprise bisa memilih layanan mana yang sekiranya mampu membantu dalam menafsirkan biaya IT dan juga memangkas biaya bisnis yang tidak diperlukan.

    Mulai IT Cost Assessment Perusahaan Anda dengan Google Cloud Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Melalui penafsiran IT cost tentu akan sangat menguntungkan bagi enterprise. Maka dari itu jika ingin membuat enterprise dan biaya pengeluaran bisnis terkendali gunakan jasa GITS.ID. Sebagai partner resmi Google Cloud, GITS.ID memberikan banyak penawaran menarik untuk membantu permasalahan bisnis.


    Mulai IT Cost Assessment untuk Reduce Company Cost

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech Talks: Deployment Manager on Google Cloud Platform

    Automate the creation and management of Google Cloud Platform resources using Deployment Manager. Write flexible template and configuration files and use them...

    IT Cost Assessment Untuk Enterprise

    Dalam sebuah bisnis atau enterprise, banyak hal menyangkut biaya atau pengeluaran yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu hal penting dalam pengelolaan cost...

    Strategi IT Cost Reduction untuk Bisnis

    Dalam sebuah bisnis biaya yang membengkak dapat menyebabkan bisnis menjadi terhambat. Biaya yang membengkak bisa dari mana saja dan jika tidak dilakukan...

    Machine Learning untuk Retail Demand Forecast

    Dalam dunia bisnis saat ini teknologi sangat memegang peran penting dalam jalannya sebuah usaha. Di jaman yang serba teknologi ini tentunya industri...

    Become a Customer-centric dan Data-driven Retailer

    Dalam industri retail, konsumen adalah segalanya. Artinya konsumen merupakan poin penting dalam menjalankan bisnis retail. Pada masa sekarang di mana teknologi sudah...