Business Cloud ERP sebagai Cloud Services untuk Perusahaan

Cloud ERP sebagai Cloud Services untuk Perusahaan

Salah satu layanan cloud yang bisa digunakan perusahaan Anda adalah cloud ERP. Layanan cloud ini menawarkan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungannya yaitu cloud ini bisa diakses tanpa menggunakan aplikasi dan berisi lengkap kebutuhan terkait Enterprise Resource Planning (ERP). Karyawan juga bisa mengakses melalui web browser sesuai kebutuhan.

Cloud jenis ERP memberikan kemudahan untuk akses ke cloud. Selain itu perusahaan Anda bisa lebih mudah dalam melakukan operasional sehingga bisnis bisa berjalan maksimal. Banyak customer yang beralih menjadi menggunakan SAP Google Cloud. Berikut ini informasi lebih lengkap tentang Cloud ERP.

Pengertian Cloud ERP

Sebelum beranjak lebih jauh mengenai cloud ERP, pertama-tama harus diketahui dahulu mengenai apa itu pengertiannya. ERP Cloud merupakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Sistem ini menerapkan sistem hosting pada sebuah platform cloud sehingga bisa diakses di web browser.

Selain itu, proses instalasi atau pemeliharaan ERP dilakukan oleh vendor atau penyedia layanan cloud. Karena itu, perusahaan Anda selaku pengguna layanan tidak perlu repot mengurus perangkat ini. Jadi, ini akan membuat operasioanl perusahaan lebih praktis.

Benefit dari Cloud ERP

Umumnya, salah satu yang ditargetkan oleh perusahaan adalah keuntungan atau benefit. Hal ini juga termasuk ketika memilih layanan cloud. Salah satu cloud yang menguntungkan adalah ERP. Alasannya karena internet cloud ini memiliki berbagai keuntungan. Supaya tidak penasaran, berikut ini benefit dari ERP cloud.

  • Biaya Lebih Murah

Selama ini cloud dianggap sebagai layanan yang mahal. Padahal, dengan keuntungannya dan cost optimization dari Google Cloud, layanan-layanan cloud justru biayanya murah. Salah satu pemanfaatannya adalah untuk di ERP ini. Salah satu penyebabnya karena perusahaan tidak perlu beli server.

Selain itu perusahaan Anda juga tidak perlu merekrut ahli IT dalam mengoperasikan cloud. Biasanya jika terjadi error atau gangguan, perusahaan Anda tinggal menghubungi penyedia layanan cloud untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan. Jadi ini jadi lebih murah serta praktis dibandingkan solusi lain.

  • Penerapan Cloud Lebih Mudah

Kedua adalah lebih mudah. Berbeda jika dibandingkan dengan on-premise ERP, penggunaan cloud untuk sistem ERP cenderung lebih singkat dan mudah. ERP yang satu ini dapat diterapkan di perangkat seperti desktop ataupun perangkat Android dan iOS, asalkan terkoneksi dengan internet.

Tidak hanya itu, ERP juga bisa diakses tanpa aplikasi. Karyawan cukup menggunakan web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Safari dan lain sebagainya untuk mengakses cloud. Singkatnya karyawan perusahaan Anda bisa mengakses ini tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

  • Dapat Mengurangi Ketergantungan Perusahaan terhadap SDM IT

Salah satu fenomena yang kerap terjadi di perusahaan terletak pada ketergantungan terhadap SDM di bidang IT. Perusahaan terlalu bergantung ke mereka dalam hal operasional teknologi di perusahaan. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya adalah dengan menggunakan cloud data ERP.

Perusahaan Anda tidak perlu repot perihal cloud memory, cloud transfer, share cloud, cloud security dan lain sebagainya. Semua urusan tersebut akan diselesaikan oleh penyedia cloud sehingga ketergantungan terhadap SDM bidang IT bisa dikurangi. Perusahaan pun bisa fokus ke SDM bidang lain. Selain itu, bagian SDM IT perusahaan juga bisa fokus mengembangkan hal lainnya.

  • Cloud Jenis Ini Bisa Diakses Kapan dan di Mana Saja

Keuntungan yang perusahaan peroleh mengenai Cloud ERP yakni ERP Anda bisa diakses kapan dan di mana saja. Melalui cloud, karyawan tidak perlu ke kantor untuk mengakses data. Mengakses cloud bisa dilakukan tanpa batasan tempat dan waktu. Operasional semakin maksimal berkat kemudahan cloud services.

Kemudahan ini perusahaan dapatkan karena ERP memiliki fitur share cloud. Fitur ini dapat memungkinkan pengguna layanan untuk mengakses kapan dan di mana saja. Tidak perlu ke kantor ataupun di jam kerja, karyawan perusahaan dapat mengakses data cloud dengan mudah dan cepat.

  • Cloud ERP Bisa Disesuaikan dengan Bisnis Perusahaan

ERP dalam cloud bisa menyesuaikan skala bisnis perusahaan Anda. Ketika menggunakan ini, perusahaan dapat meningkatkan atau menurunkan skalabilitas cloud untuk kebutuhan operasional. Hal ini sangat menguntungkan untuk bisnis karena tidak perlu membayar biaya untuk yang tidak dipakai.

  • Penyimpanan Data Cloud Lebih Aman

Keamanan data menjadi perhatian serius perusahaan dalam memilih layanan cloud. Oleh karena itu, menggunakan ERP berbasis cloud bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan layanan yang nyaman dan aman. Dari segi kenyamanan, semua data tersimpan otomatis di cloud sehingga data tidak hilang.

Kemudian dari aspek keamanan, cloud providers ataupun cloud engineer telah memberikan perlindungan terbaik untuk data perusahaan Anda. Data akan terenkripsi dengan kuat sehingga tidak bisa dibobol oleh hacker. Data dan rahasia perusahaan pun bisa lebih terjaga dengan baik di cloud.


    Subscribe now and stay updated!


    Kapan Perusahaan Harus Menggunakan Cloud ERP?

    cloud erp enterprise resource planning

    Perkembangan teknologi yang semakin cepat bisa menjadi momentum perusahaan untuk melakukan transformasi digital. Salah satunya dengan menggunakan ERP berbasis cloud agar data bisa tersimpan dengan aman dan bisa diakes dengan mudah.

    Selain momen perkembangan teknologi, ada hal-hal lain yang menjadi indikasi bahwa perusahaan perlu melakukan transformasi digital. Berikut ini indikasi-indikasi yang membuat perusahaan sebaiknya menggunakan cloud.

    • Indikasi pertama, ketika karyawan perusahaan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk pekerajaan-pekerjaan statis. Maksudnya, karyawan selalu menghabiskan waktu untuk bekerja yang seharusnya bisa diganti oleh sistem digital.
    • Kedua, ketika para karyawan perusahaan merasa kesulitan untuk mengakses data perusaahan. Sistem penyimpanan data konvensional sering mengalami gangguan sehingga sulit diakses. Jika perusahaan mengalami hal tersebut, sudah waktunya beralih ke cloud.
    • Sistem aplikasi yang kurang terintegrasi dengan baik. Masalah ini perlu diselesaikan dengan cloud karena kurangnya integrasi aplikasi dikhawatirkan berdampak pada kinerja perusahaan.
    • Perusahaan dituntut untuk dapat terhubung dengan mitra yang tersebar di berbagai wilayah.
    • Perusahaan ingin menyimpan data di tempat yang aman. Tujuannya untuk menghindari terjadinya peretasan data rahasia perusahaan. Terlebih di era digital saat ini bermunculan para hacker berbahaya yang ingin mencuri data dari perusahaan.
    • Kegiatan perusahaan semakin cepat dan dinamis. Untuk mendukung kegiatan perusahaan yang dinamis maka diperlukan teknologi canggih seperti cloud. Melalui cloud, data bisa diakses kapan saja dengan mudah dan cepat, sehingga kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan maksimal.

    Mulai Gunakan Cloud-based Data Backup untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Setelah mengetahui semua informasi seputar cloud, maka salah satu penyedia layanan cloud perusahaan yang bisa Anda pilih adalah GITS.ID. Layanan ini menawarkan Cloud untuk ERP pula, sesuai kebutuhan perusahaan. Di GITS.ID, tersedia paket cloud ataupun free cloud server dengan pilihan-pilihan yang menarik.

    Perkembangan teknologi membuat perusahaan harus melakukan transformasi digital dengan maksimal. Salah satu caranya dengan memilih cloud ERP dari cloud services. Lalu untuk menerapkan cloud berbasis ERP, perusahaan Anda bisa menggunakan jasa GITS.ID.


    Mulai Gunakan Sistem ERP Berbasis Cloud untuk Perusahaan Anda Sekarang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...