Business Perancangan dan Implementasi Data Warehouse Perusahaan

Perancangan dan Implementasi Data Warehouse Perusahaan

Implementasi Data Warehouse – Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan data secara khusus yang perlu dikelola dengan sistem dan pengaturan secara khusus pula. Data tersebut sangat penting bagi sebuah perusahaan sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik dan terstruktur.

Salah satu pengaturan yang bisa digunakan ialah dengan penggunaan data warehouse. Bagi beberapa jenis perusahaan pengelolaan dengan menggunakan istilah tersebut sangat penting agar hasilnya bisa maksimal. Jika Anda ingin mengelola sebuah perusahaan maka sebaiknya Anda juga bisa memulai untuk mempelajari hal ini.

Meskipun perusahaan yang dikelola tidak begitu besar atau produknya tidak terlalu banyak namun dengan pengelolaan yang baik terutama dalam segi data maka perusahaan Anda bisa mendatangkan income yang baik. Implementasi data warehouse di perusahaan harus benar-benar dilakukan.

Apa Itu Data Warehouse dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Data warehouse ialah konsep dan kombinasi yang menggunakan teknologi untuk memberikan fasilitas pada suatu organisasi dalam mengelola dan memelihara data historis yang diperoleh dari sistem atau aplikasi operasional. Penggunaan teknologi memang sangat berpengaruh terhadap pengelolaan data tersebut.

Teknologi sangat dibutuhkan oleh sebagian besar organisasi atau perusahaan. Dengan adanya implementasi data warehouse maka memungkinkan bagi perusahaan untuk melakukan integrasi berbagai macam data yang berasal dari sistem dan aplikasi. Sebisa mungkin data tersebut harus diimplementasikan secara maksimal.

Menurut Malik, Shadan (2005), data warehouse ialah tempat penyimpanan data yang bersifat historikal yang perlu diorganisasikan mengacu pada subjek dalam rangka pengambilan keputusan pada organisasi. Sistem tersebut memiliki acuan secara khusus untuk mendapatkan hasil dan keputusan yang sesuai.

Data Warehouse akan memfasilitasi setiap kegiatan seperti adanya data mining dan pendukung pengambilan keputusan. Beberapa ahli juga mengemukakan bahwa data Warehouse Memiliki proses penyesuaian, implementasi query hingga analisis data. Hal-hal tersebut akan mendukung satu sama lain.

Berdasarkan implementasi data warehouse dan pengertiannya maka sudah terbukti bahwa data tersebut memiliki banyak manfaat. Pertama, data warehouse bisa membantu dalam pengambilan keputusan melalui sebuah sistem khusus terhadap pengkajian sebuah kasus atau masalah di perusahaan.

Berikutnya, manfaat data warehouse ini untuk melakukan proses pembersihan terhadap data yang tersedia pada sistem. Selain itu, hal tersebut juga lebih memudahkan dalam penyesuaian dengan struktur perusahaan. Terlebih sebuah perusahaan membutuhkan pengelolaan data yang sangat baik karena struktur perusahaan sangat dipengaruhi oleh data.

Manfaat data warehouse lainnya ini untuk memudahkan proses penempatan data sesuai kebutuhan dan strukturnya. Implementasi data warehouse akan lebih mudah dan terarah sehingga maksud dari pengelolaan data perusahaan bisa memenuhi kebutuhan.

Perancangan Data Warehouse

Tahap perancangan data warehouse umumnya berfokus pada pembuatan rancangan arsitektur dari data warehouse ini. Di sini akan ditentukan pula komponen apa saja yang dibutuhkan. Agar nanti ketika dipakai, setiap bagian dan datanya dapat terintegrasi dan digunakan dengan baik.

Biasanya ini terdiri atas sistem operasional, penyimpan data, tools pengolah data, warehouse manager, dan lain-lain.

Bagaimana Implementasi Data Warehouse di Perusahaan?

Implementasi atau penerapan dari data warehouse secara umum bersifat cukup luas dan sudah cukup dikenal di tengah masyarakat. Banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang yang menggunakan data warehouse untuk pengelolaannya. Pertama terdapat perusahaan telekomunikasi yang menggunakannya untuk mengamati jumlah transaksi yang ada.

Kedua, terdapat perusahaan keuangan yang menggunakan data Warehouse untuk mendeteksi transaksi keuangan. Ketiga, perusahaan asuransi yang menggunakan alat tersebut untuk mengidentifikasi layanan kesehatan. Untuk perusahaan asuransi nantinya bisa membedakan mana yang harus dan tidak untuk diberikan asuransi.

Implementasi data warehouse berikutnya ialah di bidang olahraga yaitu untuk analisa statistik permainan. Selanjutnya implementasi data tersebut juga digunakan pada perusahaan telekomunikasi untuk mengamati jumlah transaksi yang terjadi. Dengan begitu hasilnya bisa melalui proses yang memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.

Bagaimana Data Warehouse Membantu Dalam Decision Making?

Sistem komputer sering digunakan di setiap perusahaan untuk menghasilkan data yang sesuai. hal ini juga berlaku pada penampilan berbagai keputusan penting dalam sebuah perusahaan. Pengambilan keputusan atau decision making akan bergantung pada data yang terkumpul.

Biasanya data yang harus diselesaikan dengan proses decision-making akan berukuran besar dan tersebar dimana-mana. hal ini cukup sulit untuk diolah dan dianalisis secara langsung. untuk itu Anda membutuhkan data Warehouse yang merupakan gudang data yang mengacu langsung pada data transaksi.

Implementasi data warehouse pada perusahaan Anda bisa berlangsung khususnya untuk pengambilan keputusan bagi beberapa jenis hal. Pengambilan keputusan tersebut akan menggunakan data transaksidan informasi yang terkumpul pada satu sumber dan skema yang terstruktur dalam data warehouse.

Keberadaan data warehouse sangat tepat untuk membantu dalam mengambil keputusan dari sebuah manajemen perusahaan maupun organisasi. Data Warehouse memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk lebih mudah dan cepat dalam mengambil keputusan secara strategis.

Selain itu, akan di lakukan analisis secara menyeluruh dengan menggunakan set data yang besar. Semakin besar set tersebut maka akan semakin akurat proses pendukung lainnya untuk pengambilan keputusan baik secara strategis maupun secara taktis. Secara umum implementasi data warehouse memang lebih merujuk pada pengambilan keputusan atau decision making.

Contoh Penerapan Data Warehouse untuk Sekolah

Data warehouse seringkali diimplementasikan untuk jenjang pendidikan atau sekolah. Semakin banyaknya jumlah siswa wa dari sebuah sekolah maka penyelenggara pendidikan harus meningkatkan mutu dan pengelolaan data. Pengelolaan data sekolah yang baik bisa dibantu dengan penggunaan teknologi informasi tak terkecuali dengan penggunaan warehouse.

Nantinya sekolah bisa memiliki pusat data yang terintegrasi secara baik. Warga sekolah bahkan masyarakat di sekitarnya pun bisa mendapatkan informasi yang valid yang merujuk pada data yang ada. Implementasi data warehouse cukup tepat digunakan di di sekolah contohnya bagi sekolah menengah atas.

Contohnya saja sekolah bisa menerapkan data mining dan sistem rekomendasi sehingga dapat menggali berbagai data dan informasi strategis. Hasilnya bisa digunakan untuk menentukan pilihan sekolah yang cocok bagi para siswa sekolah menengah atas. Contoh implementasi ini terbukti efektif jika diberlakukan dan digunakan di sekolah.


    Subscribe now and stay updated!


    Contoh Data Warehouse pada Perusahaan

    Data warehouse sangat bermanfaat bagi perusahaan di bidang apapun. Salah satu contoh data warehouse pada perusahaan ialah perusahaan bidang industri yang bisa membantu mengecek alur transaksi yang berjalan. Berbagai data yang masuk maupun keluar akan disimpan dalam satu gudang atau pusat sistem yang terstruktur.

    Implementasi data warehouse di perusahaan juga sering bermanfaat untuk mengambil keputusan terhadap suatu hal. Dalam sebuah perusahaan tentunya terdapat berbagai hal yang akan terjadi sehingga membutuhkan proses diskusi yang matang untuk memperoleh keputusan yang valid dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

    Contoh Penerapan Data Warehouse di Industri Kesehatan

    Data warehouse juga dapat digunakan pada sektor kesehatan yang bisa digunakan di rumah sakit. Seperti kita ketahui bahwa rumah sakit membutuhkan data baik data bagi pasien maupun data dari petugas atau karyawan di tempat tersebut. Untuk membuat sistem data yang akurat maka data warehouse bisa digunakan.

    Selain itu beberapa sistem penarikan keputusan juga seringkali dibutuhkan di rumah sakit sebagai bagian terbesar dalam sektor kesehatan. Seperti pada ulasan sebelumnya bahwa penarikan keputusan bisa diperoleh gunakan sistem data warehouse. Berbagai data bisa diperoleh untuk dianalisis agar menghasilkan sebuah keputusan.

    Data Warehouse dengan SQL Server

    Implementasi data warehouse juga bisa menggunakan SQL server yang meliputi konsep data warehouse dari berbagai sumber data yang terdistribusi. Proses distribusi ini akan melalui teknik EPL serta proses validation dan cleansing data. Biasanya data tersebut disajikan dengan konsep dan teori yang maksimal.

    Data tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi khusus yang merupakan software yang perlu dikembangkan menggunakan data secara terstruktur. Data tersebut sangat dibutuhkan agar penggunaan software tersebut bisa lebih maksimal. Dengan begitu kebutuhannya bisa terpenuhi dan fungsinya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

    Data Warehouse Modernization

    Data warehouse yang ada perlu dimodernisasi sesuai kebutuhan, saat secara berkala. Hal ini agar environment-nya terus terjaga, kapasitas mumpuni, dan teknologi yang dapat digunakan semakin canggih.

    Data Warehouse dengan Google Cloud

    Google Cloud pada dasarnya merupakan sistem computing yang memiliki beberapa layanan secara khusus. Layanan tersebut juga bisa digunakan untuk data warehouse yang sangat berguna untuk bussines agility dan memberikan insight. Pada implementasi data warehouse ini dibutuhkan BigQuery yang bisa memberikan keleluasaan bagi perusahaan Anda.

    Dengan menggunakan BigQuery Anda bisa menyimpan dan mengolah data dalam jumlah yang besar. Warehouse yang bisa Anda peroleh akan cukup besar termasuk query-nya. Bagi Anda yang ingin menggunakan data tersebut maka Anda bisa memilih data yang menggunakan google cloud agar lebih mudah dalam menggunakannya.

    Data Warehouse Tools

    Untuk bisa menggunakan data warehouse maka dibutuhkan terus atau perlengkapan khusus. Tools tersebut akan membantu proses pembacaan dan analisis data menjadi lebih efisien. Abaikan banyak Data yang tak perlu di back end agar tidak menghambat. Anda hanya perlu mempedulikan berbagai data yang dibutuhkan pada front end atau tool akses.

    Beberapa jenis tools bisa menjadi bagian implementasi data warehouse yang sangat membantu proses yang menjadi lebih mudah. Tulis yang bisa dipilih di antaranya query dan reporting, data mining, tools untuk OLAP, serta pengembangan aplikasi sendiri. Hal ini bisa membantu implementasi tersebut untuk bisa mempermudah prosesnya.

    Untuk penggunaan data warehouse dan berbagai teknologi terkait hal tersebut, Anda bisa berkonsultasi dan dibantu development-nya melalui layanan service dari GITS.ID. GITS.ID adalah Google Cloud Partner dan siap memberikan pelayanan mengenai pembuatan software dan aplikasi berbasis data termasuk penggunaan data warehouse tadi.

    Tak hanya pelayanan yang berhubungan dengan data maupun website, Anda juga bisa mendapatkan informasi berupa penjelasan hingga bantuan development mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan data, aplikasi, website, dan cloud. Pelayanannya dilayani langsung oleh tenaga ahli yang terpercaya dan sudah berpengalaman di bidangnya.

    Anda tak perlu khawatir karena informasinya sangat jelas dan berasal dari sumber yang terpercaya. Seperti contoh informasi di atas mengenai data warehouse yang sangat berkaitan erat dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan sangat membutuhkan pengelolaan data yang baik sehingga penggunaan warehouse akan sangat dibutuhkan.

    Implementasinya sangat bermanfaat bagi berlangsungnya perusahaan terutama jika perusahaan tersebut bergerak dalam bidang teknologi secara online. Penggunaan website dan aplikasi hingga saat ini sudah sangat marak sehingga adanya warehouse akan sangat membantu operasional dari perusahaan tersebut.

    Anda bisa melakukan implementasi data warehouse serta menerapkan teknologi terkait lainnya lewat GITS.ID agar perusahaan Anda miliki bisa memiliki data dan pengelolaannya yang lebih baik.


    Partner kami, Google Cloud, mendapatkan penghargaan sebagai Leader in Database Management Systems. Selengkapnya,

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...