Business SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan cloud publik dan private. Solusi dari masalah tersebut yaitu SAP hybrid cloud.

Hybrid cloud menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin menggunakan cloud. Solusi teknologi yang satu ini menawarkan manajemen cloud yang terintegrasi sehingga bisa lebih mudah diakses oleh perusahaan. Selain itu hybrid cloud dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Apa Itu Hybrid Cloud

Hybrid cloud merupakan solusi teknologi yang bisa dipakai perusahaan. Hybrid cloud adalah sistem manajemen antara cloud publik dan private cloud. Layanan cloud ini dapat membantu perusahaan dalam mengatasi kemungkinan terjadi redundansi proses, yang ada di dalam cloud.

Hybrid cloud didukung oleh infrastruktur publik sebagai layanan (IaaS), layanan private cloud, atau pusat data dan akses jaringan yang aman. Selain itu hybrid cloud juga menawarkan model dengan dukungan jaringan area lokal atau LAN, serta jaringan area luas atau WAN.

Manfaat Hybrid Cloud

Terdapat beberapa manfaat yang dirasakan oleh perusahaan ketika menggunakan hybrid cloud. Manfaat ini sifatnya sangat menguntungkan perusahaan. Untuk itu berikut informasi lengkap mengenai manfaat atau advantages of hybrid cloud.

  • Memberikan kontrol penuh untuk perusahaan

Manfaat yang pertama yakni dapat memberikan kesempatan pemimpin IT, untuk mengendalikan kontrol penuh atas data mereka. Selain itu model hybrid menyediakan bisnis dengan beberapa pilihan, sehingga perusahaan dapat memilih jenis hybrid yang diinginkan dan dibutuhkan.

Manfaat ini sangat menguntungkan perusahaan. Pasalnya dengan kuasa penuh dalam mengendalikan cloud, maka perusahaan bisa mengatur berbagai jenis layanan cloud sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  • Lebih Hemat Biaya

Manfaat kedua adalah lebih hemat biaya. Salah satu permasalahan dalam mengelola data adalah masalah biaya. Perusahaan harus mengelontorkan biaya yang cukup besar untuk merekrut Sumber Daya Manusia (SDM), di bidang IT. Kini masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.

Pasalnya perusahaan bisa menghemat biaya karena model hibrida membutuhkan lebih sedikit ruang dibandingkan cloud lainnya. Model ini dapat menguntungkan perusahaan startup karena  hybrid cloud cost lebih murah. Jadi investasi di cloud dilakukan efisiensi semaksimal mungkin.

  • Hybrid Cloud Lebih Aman

Privasi data sangat penting dan terkadang model SAP Cloud Hybrid bisa menjadi solusi dalam masalah privasi data.  Model cloud hybrid adalah solusi ideal karena memungkinkan perusahaan menyimpan data di server pribadi yang aman karena didukung teknologi model IaaS publik.

Manfaat ini cocok bagi perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan seperti rumah sakit dan hotel. Perusahaan Anda bisa tidak perlu khawatir dalam menyimpan data pengunjung dan juga data pasien yang sifatnya sensitif. Dengan cloud hybrid pasti data aman tersimpan di cloud.

Arsitektur Hybrid Cloud

Ternyata ada banyak tipe-tipe yang ada di hybrid cloud. Tipe-tipe ini bisa dipilih sesuai dengan hybrid cloud approach perusahaan. Berikut ini tipe-tipe dari hybrid cloud yang perlu perusahaan Anda ketahui.

  • Arsitektur tradisional

Tipe tradisional berfokus pada stabilitas konektivitas untuk layanan private dan public cloud. Tipe ini dapat menciptakan ekosistem cloud yang mampu mampu memindahkan bebakerja dari satu ekosistem dalam cloud ke ekosistem cloud lainnya dengan mudah.

  • Arsitektur Modern

Arsitektur ini merupakan kelanjutan dari perkembangan arsitektur tradisional. Arsitektur ini lebih berfokus ke konektivitas antar lingkungan cloud atau cloud environment. Selain itu jenis arsitektur ini juga berfokus pada portabilitas suatu hybrid cloud workloads.


    Subscribe now and stay updated!


    Bagaimana Hybrid Cloud Di-manage

    hybrid cloud private public managed strategy

    Mengadopsi hybrid cloud tidak boleh sembarangan. Harus ada hybrid cloud strategy agar penerapan cloud bisa jadi maksimal. Jangan sampai perusahaan Anda hanya menjadi pasif dan menerima apa adanya yang disarankan oleh penyedia layanan cloud.

    • Pilih Mitra Hyrbrid Cloud

    Layanan cloud berbeda dengan layanan pihak ketiga lainnya. perusahaan Anda harus memilih dengan cermat penyedia jasa layanan cloud. Caranya bisa dengan melihat portfolio klien yang ditangani, jenis layanan yang ditawarkan serta harga layanan yang dipatok oleh penyedia jasa.

    Usai memilih, perusahaan Anda harus rajin berkonsultasi secara intensif dengan mitra cloud. Tujuannya untuk mencari titik temu mengenai kebutuhan perusahaan dari layanan hybrid cloud. Selain itu agar perusahaan dapat menemukan kapasitas cloud yang cocok.

    • Mengikuti Pelatihan Mengenai Cloud

    Strategi kedua adalah rajin mengikuti pelatihan seputar cloud. Perusahaan Anda harus memiliki ilmu pengetahuan seputar cloud. Pasalnya banyak sekali jenis layanan cloud dan istilah-istilah yang ada di hybrid cloud connectivity. Untuk itu pelatihan mengenai cloud sangat dibutuhkan.

    Karyawan perusahaan Anda perlu mengikuti pelatihan bersertifikasi seputar cloud. Bisa mengikuti pelatihan secara online ataupun offline. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan tersebut, perusahaan mengelola dan memanfaatkan hybrid cloud file server dengan baik.

    • Perusahaan Harus Siap Mengikuti Perubahan

    Strategi selanjutnya, perusahaan harus siap mengikuti perubahan zaman. Perlu diketahui bahwa cloud terus berkembang pesat, sehingga mau tidak mau perusahaan harus mengikuti perkembangan tersebut..

    • Melakukan Strategi Jangka Panjang

    Pikirkan secara matang strategi bisnis perusahaan. Kalau bisa siapkan strategi jangka panjang termasuk dalam mengelola SAP Hybrid Cloud..  Perusahaan Anda harus memikirkan mengenai jangka panjang 5 tahun sampai dengan 10 tahun ke depan.

    Tujuannya agar bisa menyusun langkah-langkah strategis dalam pemanfaatan teknologi cloud. Mulai dari biaya, hybrid cloud growth, arsitektur dan lain sebagainya.

    Hybrid Cloud AWS vs Azure vs Google

    Di industri SAP Hybrid Cloud, terdapat persaingan ketat antara 3 layanan dari 3 perusahaan besar. Pertama adalah AWS dari Amazon, Azure dari Microsoft dan Hybrid Connectivity dari Google. Berikut ini profil dari ketiga layanan tersebut.

    Cloud AWS

    Cloud Amazon Web Service (AWS), memiliki keunggulan berupa perangkat yang luas. Kemudian keunggulan lainnya adalah memiliki kemampuan yang tinggi. Hingga kini banyak perusahaan yang memakai cloud tersebut.

    Microsoft Azure

    Mengusung nama besar Microsoft, Azure menjadi menawarkan hybrid cloud dengan data center yang kuat dan aman. Selain itu Azure terus mengembangkan layanannya agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

    Hybrid Connectivity

    Google juga memiliki hybrid connectivity. Produk menawarkan keunggulan Artificial Intelligence (AI), Machine Learning dan Data Analytic sehingga proses konektivitas cloud bisa berjalan maksimal.

    Produk Hybrid Connectivity dari Google

    Produk SAP Hybrid Cloud dari Google bernama Hybrid Connectivity. Produk ini menawarkan berbagai keuntungan atau keunggulan dari hybrid connectivity sebagai berikut.

    • Koneksi cloud disesuaikan dengan beban kerja.
    • Tersedia layanan konektivitas pribadi yang berguna uuntuk memperluas lingkungan jaringan lokal ke GCP dengan mudah.
    • Interkoneksi Khusus menawarkan beberapa SLA terbaik di industri, dengan jaminan waktu aktif 99,99%. Hal ini membuat layanan bisa digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.
    • Perusahaan akan mendapatkan akses akses “on-net” ke lebih banyak layanan cloud Google. Alhasil jangkauan bisnis semakin luas sehingga bisnis semakin berkembang.
    • Proses hybrid menjadi semakin mudah. Pasalnya Google memiliki Interconnect Cloud yang bagus sehingga memberikan beban kerja yang fleksibel dan proses cloud hybrid deployment bisa semakin cepat.
    • Konektivitas secara global, karena Interconnected Cloud, mampu memberikan koneksi yang luas bagi perusahaan.

    Mulai Gunakan Hybrid Cloud untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Persaingan bisnis semakin ketat. Salah satu cara untuk bersaing adalah dengan menerapkan adopsi digital khususnya SAP Hybrid Cloud. Silakan perusahaan Anda menggunakan hybrid cloud bersama GITS.ID agar dapat menerapkan hybrid cloud dengan maksimal.


    Mulai Migrasi menjadi Hybrid Cloud dengan Google

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech and Impact Festival – Webinar Series about Tech Impact in Health, Social, and Education

    GITS Tech and Impact Festival is a series of webinars in order to provide an integrated view of the upcoming and major...

    GITS Course: Google Cloud Platform Fundamental – Core Infrastructure

    Join our online course about Google Cloud Platform Fundamental: Core Infrastructure! At September 16th-17th 2021 After...

    Perbandingan Private dan Public Cloud

    Layanan cloud beranekaragam. Ada yang bernama private cloud, ada juga yang bernama public cloud. Sayangnya inovasi cloud seringkali menimbulkan kebingungan. Perusahaan sering...

    SAP Hybrid Cloud, Solusi untuk Perusahaan

    Pemakaian layanan cloud terbagi dalam bentuk publik dan privat. Kedua layanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perusahaan seringkali bingung untuk mengoperasikan...

    Cloud-based Networking di Perusahaan

    Membangun cloud networking sudah tren di kalangan perusahaan. Dengan jaringan cloud yang kuat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien dan...