Business Pentingnya Customer Data Platform untuk Industri Retail

Pentingnya Customer Data Platform untuk Industri Retail

Dalam sebuah industri, data merupakan salah satu hal yang penting tak terkecuali untuk usaha retail. Dalam sebuah bisnis retail, data penting untuk mengetahui tingkatan setiap produk bagi konsumen. Maka dari itu untuk data dari pelanggan harus dikelompokkan dalam sebuah sistem agar nantinya bisnis retail mampu mengetahui pasar lebih dalam.

Maka itu, bisnis atau usaha retail perlu menggunakan sistem Customer Data Platform atau sering disebut CDP. Dengan menggunakan platform ini, data bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk hal yang sangat menguntungkan. Data ini juga nantinya bisa diakses melalui Google Cloud agar kapasitasnya luas dan dapat dihubungkan dengan sistem analisis yang mumpuni.

Pengertian Customer Data Platform

Customer Data Platform adalah sebuah platform yang bisa membuat dan mengumpulkan data pelanggan terbaik yang nantinya data ini bisa diakses oleh sistem yang lain, juga terhubung salah satunya adalah dengan Google Cloud. Intinya CDP mampu mengumpulkan semua data pelanggan yang di sini pelanggan dari usaha retail dari berbagai sumber terpercaya.

Nantinya data yang sudah terkumpul bisa diakses atau dilihat oleh sistem yang lainnya. Dengan begini CDP bisa dibilang wadah data pelanggan sebelum nantinya data tersebut bisa diakses dan diambil oleh sistem lainnya. Dengan begini Customer Data Platform for retail atau CDP untuk industri retail sangat bermanfaat.

Pengertian Customer Data

Customer data singkatnya adalah data dari setiap pelanggan. Data tersebut merupakan aset untuk mengembangkan bisnis retail. Data pelanggan yang dimaksud bukan data pribadi, melainkan data dari setiap produk yang dibeli oleh pelanggan serta hal lain berkaitan dengan ini. Untuk industri retail, tentu hal ini sangat menguntungkan.

Data dari pelanggan bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti promosi, diskon, dan hal-hal lain yang membuat industri semakin berjalan lancar. Nantinya, dengan CDP, data ini akan diolah lebih dalam. Apalagi CDP Google sudah bisa diakses tanpa membutuhkan vendor yang belum diketahui.

CDP vs DMP vs CRM

Dalam industri retail, CDP, DMP, CRM merupakan tool atau sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data dari pelanggan agar bisnis retail bisa menjadi lebih maju. Ketiganya merupakan sistem pengumpulan data platform yang jika dilihat dari fungsi dan tujuannya, baik CDP, DMP (Data Management Platform), maupun CRM (Customer Relationship Platform) sama-sama berguna untuk industri maupun pelanggan.

Dalam berbagai hal, retail Customer Data Platform atau CDP memberikan banyak manfaat. Hal itu karena data yang dikumpulkan bisa dari sumber yang banyak dan terpercaya. 

Ketiganya merupakan tool yang mampu mengembangkan marketing dalam bisnis atau industri retail. Jika digunakan secara optimal, ketiganya juga mampu memberikan keuntungan bagi industri retail jadi untuk CDP vs DMP vs CRM bisa dikatakan imbang.

SAP Customer Data Platform

SAP merupakan perangkat lunak yang fungsinya mengoperasikan sebuah aktivitas manajemen dalam sebuah bisnis. Di sini berarti aktivitas bisnis yang dijalankan adalah bisnis retail. Dengan sistem ini, seluruh kegiatan dalam industri retail bisa lebih optimal dan nantinya akan menguntungkan.

Saat ini SAP Customer Data Platform data sudah berbasis Google Cloud. Artinya, bisa diakses dengan Cloud atau sering disebut SAP Customer Data Cloud. Dengan begini maka seluruh kegiatan dapat dioptimalkan dengan sistem yang berjalan.


    Subscribe now and stay updated!


    Retail Customer Data Plaform dan Manfaatnya

    schema customer data platform retail

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi CDP adalah mengumpulkan data pelanggan dari sumber terpercaya. Data kemudian bisa digunakan untuk banyak hal sesuai dengan kebutuhan pengelola industri atau bisnis tersebut. Dalam usaha retail, pengumpulan data pelanggan ini jelas sangat menguntungkan.

    Berkembangnya teknologi dan sistem marketing online membuat industri atau sebuah usaha bisa lebih maju tak terkecuali industri retail. Manfaat dari Customer Data Platform untuk usaha retail tentu cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat CDP bagi industri retail.

    • Mengembangkan Bisnis Lebih Besar

    CDP merupakan tool untuk mengumpulkan data pelanggan dari sumber-sumber yang ada. Itu artinya, pengelola retail bisa menggunakan data yang terkumpul untuk melihat produk apa yang paling diminati dan data lainnya. Dengan begini, usaha retail bisa membuat langkah-langkah yang semakin mendekatkan dengan pelanggan. Juga memenuhi kepuasan dan kebutuhan pelanggan.

    • Bisnis Retail Berjalan Lebih Efisien

    Dengan menggunakan CDP yang cukup optimal dalam mengumpulkan data, membuat proses menganalisis data pelanggan lebih efisien. Data yang diambil dari sumber terpercaya juga mampu membuat pengolahan data menjadi kredibel. Mengetahui kemauan pelanggan menjadi sangat mudah dengan CDP.

    • Meningkatkan Service Pelanggan

    Keuntungan lain dari menggunakan CDP untuk retail adalah meningkatkan service untuk setiap pelanggan. Dengan data yang sudah terkumpul maka sistem atau program akan tahu bahwa setiap pelanggan memiliki kemauan berbeda dan perilaku yang berbeda.

    Kemudian, dari sistem CDP akan mengeluarkan data lain yang bisa membantu menemukan langkah untuk memuaskan setiap pelanggan. Dengan meningkatkan service sesuai dengan kemauan pelanggan, bisnis retail akan makin ramai karena pelanggan terpuaskan dengan produk dan service yang diberikan.

    Customer Data Platform Magic Quadrant dari Gartner

    Singkatnya Magic Gartner Quadrant adalah sebuah quadran yang akan menunjukkan aktivitas tren pasar dalam bidang IT. Customer Data Platform Magic Quadrant bisa diartikan sebagai pengumpulan data dari pasar IT. Quadran ini juga menilai vendor di bidang IT melalui rating.

    Untuk ratingnya sendiri dibagi menjadi 4 kategori yaitu Leaders, Visionaries, Niche Player, dan Challangers. Google Cloud dinobatkan menjadi Leader dalam Database Management.

    Customer Data Platform Vendors

    Customer Data Plaform Vendors merupakan vendor-vendor yang menawarkan akses CDP. Terdapat banyak vendor di luar sana yang menawarkan akses CDP tentunya dengan iming-iming berbagai hal. Namun, sebenarnya tidak perlu mencari vendor yang terlalu asing bagi banyak orang karena dengan CDP sudah berbasis Google Cloud.

    Tidak usah susah mencari vendor terbaik dalam mengakses CDP karena dengan Google Cloud semuanya beres. Bagi industri retail tentu CDP berbasis Google Cloud cukup memudahkan kegiatan pengumpulan data pelanggan. Berbagai macam nama vendor yang terkenal sekarang belum tentu familiar untuk banyak orang.

    Mulai Miliki Customer Data Platform Berbasis Google Cloud untuk Perusahaan Anda, bersama GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

    Jika sudah mengetahui sistem kerja dan fungsi dari Customer Data Platform, para pengelola bisnis retail biasanya mulai tertarik untuk memiliki CDP berbasis Google Cloud. Maka dari itu GiTS.ID bisa menjadi pilihan untuk mendapatkannya.

    GiTS.ID adalah Google Partner Indonesia yang termasuk juga bisa membantu dalam CDP dan jasa penggunaan Cloud lainnya. Untuk pengusaha retail, tentu penggunaan CDP berbasis Google Cloud sangat bermanfaat. Selain akses mudah karena tidak memerlukan vendor lain, CDP berbasis Google Cloud bisa memajukan bisnis retail.


    Kembangkan Customer Data Platform Anda di Cloud Sekarang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    GITS Tech Talks: Deployment Manager on Google Cloud Platform

    Automate the creation and management of Google Cloud Platform resources using Deployment Manager. Write flexible template and configuration files and use them...

    IT Cost Assessment Untuk Enterprise

    Dalam sebuah bisnis atau enterprise, banyak hal menyangkut biaya atau pengeluaran yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu hal penting dalam pengelolaan cost...

    Strategi IT Cost Reduction untuk Bisnis

    Dalam sebuah bisnis biaya yang membengkak dapat menyebabkan bisnis menjadi terhambat. Biaya yang membengkak bisa dari mana saja dan jika tidak dilakukan...

    Machine Learning untuk Retail Demand Forecast

    Dalam dunia bisnis saat ini teknologi sangat memegang peran penting dalam jalannya sebuah usaha. Di jaman yang serba teknologi ini tentunya industri...

    Become a Customer-centric dan Data-driven Retailer

    Dalam industri retail, konsumen adalah segalanya. Artinya konsumen merupakan poin penting dalam menjalankan bisnis retail. Pada masa sekarang di mana teknologi sudah...