Business Apa Saja Layanan Google Cloud Platform (GCP)?

Apa Saja Layanan Google Cloud Platform (GCP)?

Apa saja jenis layanan cloud platform dari layanan Google Cloud Platform, salah satu produk yang disediakan Google atau yang disingkat sebagai GCP?

Jenis Google Cloud Platform service ada banyak. Dan, semuanya merupakan teknologi-teknologi hebat untuk membantu bisnis perusahaan Anda.

layanan google cloud platform gcp icon indonesia
Beberapa product service dari Google Cloud Platform (GCP)

Di antara GCP service tersebut, ada

  • BigQuery – data warehouse untuk business agility dan memberikan insight
  • Cloud Functions – platform komputasi yang event-driven untuk cloud services dan apps
  • Cloud SDK – tools command-line dan libraries terkait Google Cloud
  • Dataflow – streaming analytics untuk stream dan batch processing
  • Operations – monitoring, logging, dan suite untuk performansi aplikasi
  • Cloud CDN – content delivery network untuk deliver web dan video
  • Cloud Run – environment yang di-manage sepenuhnya untuk running containerized apps
  • Cloud SQL – relational database services for MySQL, PostgreSQL, SQL Server
  • Compute Engine – virtual machine yang dijalankan di data center Google
  • Google Kubernetes Engine – manage environment untuk running containerized apps

Layanan Google Cloud Platform: BigQuery

google cloud platform icon bigquery big data

Data warehouse untuk business agility dan memberikan insight

BigQuery memberikan keleluasaan bagi perusahaan Anda untuk menggunakan data warehouse yang besar. Dengan BigQuery sebagai salah satu bagian dari produk Google Cloud, kita bisa menyimpan dan mengolah data dalam jumlah besar. Storage yang akan Anda dapatkan sangat besar, begitu pun query-nya.

Keuntungan memakai BigQuery

Mendapatkan insight secara real-time dan hasil analisis datanya bisa dipakai untuk keperluan prediksi bisnis. Kelebihan lainnya adalah data Anda aman, sesuai pengaturan default atau sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, data dan hasil analisis insight juga bisa diakses dengan mudah dan gampang dipahami lewat tools yang tersedia.

Fitur utama dalam BigQuery, yakni BigQuery ML, BigQuery GIS, BigQuery BI Engine, Connected Sheets. Selain fitur-fitur tersebut, masih banyak fitur lainnya di layanan Google Cloud Platform BigQuery.

Google Cloud Platform Service: Cloud Storage

google cloud platform icon storage

Google Cloud Storage merupakan salah satu layanan Google Cloud Platform. Cloud storage adalah tempat penyimpanan maya yang tersedia dalam segala ukuran, sesuai kebutuhan. Pengaksesannya pun bisa dari seluruh dunia. Lokasi storage-nya juga tersebar di berbagai negara, dan salah satunya adalah di Indonesia. Google menjadi penyedia cloud populer pertama yang punya lokasi di Indonesia.

Cloud Storage dari Google, sebagai salah satu Google Cloud Platform Service, punya berbagai fitur unggulan. Beberapa fitur utamanya, yakni mudah ditransfer ke kelas storage yang lebih murah ketika diinginkan, mudah diatur data untuk disimpan di cloud mana saja bila punya lebih dari satu lokasi cloud, transfer data yang gampang dilakukan ke Cloud Storage, dan tersedia berbagai kelas storage sesuai kebutuhan. Ada kelas Standard Storage, cocok untuk data yang sedang sering diakses, termasuk website, video streaming, dan aplikasi mobile.

Ada kelas Nearline Storage, kelas yang berbiaya rendah, bagus untuk data yang bisa disimpan paling sedikit 30 hari, mencakup data backup dan konten multimedia long-tail. Ada pula Coldline Storage, kelas Google Cloud Storage yang biayanya tergolong sangat rendah, cocok untuk data yang dapat disimpan selama minimal 90 hari, termasuk disaster recovery. Terakhir, ada kelas Archive Storage, dengan biaya paling rendah, sesuai untuk data yang bisa disimpan untuk setidaknya 365 hari, mencakup arsip regulasi.

Google Cloud Service: Cloud Functions

Cloud Functions dari Google merupakan Functions-as-a-Service (FaaS). Dengan ini, Anda dapat menjalankan kode di cloud dan tanpa perlu mengelola server. Penggunaan cloud ini juga skalabel sehingga otomatis menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Penggunaan Cloud Functions akan lebih mudah bagi developer. Karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, developer tinggal membuat kode. Kemudian, Google Cloud yang akan menangani infrastruktur operasional.

Layanan GCP: Dataflow

Dataflow memungkinkan pemrosesan data streaming yang sepenuhnya terkelola. Dilakukan tanpa server, membuat proses lebih cepat, dan juga terhitung lebih hemat biaya. Proses cepat ini juga termasuk ketika melakukan streaming analisis data. Seperti layanan cloud dari Google lain, Dataflow juga memberikan keuntungan skalabilitas yang otomatis.

Layanan Google Cloud Platform: Operations

Operations adalah salah satu bagian yang ditawarkan dari produk Google Cloud Platform. Sebelumnya, Operations dikenal dengan nama Stackdriver. Cloud Operations dipakai untuk memonitor, melakukan troubleshoot, kemudian meningkatkan performansi aplikasi di environment Google Cloud. Operations bisa dipakai untuk mengumpulkan metriks, daftar log, juga histori pemakaian seputar di Google Cloud dan aplikasi Anda. Dari hasil monitor tersebut, Operations juga bisa melakukan query tertentu sesuai kebutuhan dan melakukan analisis. Selain itu, bisa juga menetapkan pemberitahuan terkait hasil monitoring real time.

Layanan Google Cloud: Cloud CDN

Cloud CDN dari Google memungkinkan Anda mengirim konten video dan web secara cepat. Jaringan ini pun menjangkau luas, hingga global. Dengan ini, Anda bisa memberikan pengalaman untuk video maupun web secara memuaskan bagi Anda ataupun pelanggan bisnis Anda. Video dan web ini akan bisa “terkirim” secara konsisten dan bisa diakses dari mana saja. Selain itu, tidak lupa suatu hal yang juga penting, yakni keamanan data serta privasi.

Google Cloud Platform Service: Cloud Run

Dengan Cloud Run, aplikasi bisa di-develop maupun di-deploy secara containerized dan bisa diskalabel. Aplikasi ini pun berada di platform yang sepenuhnya bisa di-managed dan serverless. Development dan deployment dengan Cloud Run menjadi lebih simpel dan cepat.

GCP Service: Cloud SQL

Layanan Cloud SQL adalah salah satu produk dari Google Cloud Platform. Cloud SQL memastikan secara otomatis bahwa database Anda dapat bekerja sepenuhnya. Salah satunya yakni otomatis skalabel mengikuti kebutuhan volum data. Cloud SQL juga secara otomatis membuat cadangan yang diperlukan. Dengan ini, biaya pemeliharaan basis data relasional akan berkurang karena pemeliharaan cloud terjaga dan otomatis. Bisnis Anda juga dapat berjalan seharian dengan baik dan aman. Layanan Cloud SQL juga mudah diintegrasikan dengan produk lainnya, seperti BigQuery dan Compute Engine.

Layanan GCP: Compute Engine

google cloud platform icon compute engine

Virtual machine yang berjalan di Google data center

Compute Engine adalah salah satu layanan GCP atau layanan Google Cloud Platform. Engine yang terkomputasi ini berupa virtual machine atau VM yang berjalan di data center milik Google. Dengan Compute Engine dari Google, Anda bisa menjalankan aplikasi, software, atau bentuk transformasi digital lainnya, secara cepat, dengan virtual machine yang high performing. Mesin virtual ini juga tersedia dalam berbagai pilhan, sesuai kebutuhan.

Ada mesin untuk tujuan umum (E2, N1, N2, N2D), memberikan keseimbangan yang baik antara harga dan performansi. Ada mesin yang teroptimasi untuk komputasi (C2), menawarkan performansi vCPU yang kelas atas, untuk workload komputasi yang intensif. Ada mesin yang memorinya teroptimasi (M2), memberikan memori paling tinggi dan bagus sebagai database in-memory. Ada mesin yang accelerator-nya yang teroptimasi, berbasis A100 GPU, untuk aplikasi yang sangat demanding.

Layanan GCP Compute Engine ini memberikan banyak keuntungan. Kelebihan atau keunggulan, yaitu mudah diintegrasikan dengan Google Cloud service lainnya seperti artificial intelligence (AI) atau machine learning (ML) dan analisis data. Nilai plus lainnya adalah memberikan nilai lebih karena ada harga-harga khusus dari layanan Google Cloud. Selain itu, bisa di-scale secara global, sesuai keperluan.

Layanan Cloud Platform dari GCP Service: Google Kubernetes Engine

Me-manage environment untuk running containerized apps

Google Kubernetes Engine adalah salah satu layanan Google Cloud Platform pula. Gunanya untuk mengatur environment yang dalam hal ini disebut Kubernetes. Environment ini dipakai untuk menjalankan aplikasi yang terkontenerisasi. Lewat Google Kubernetes Engine, development aplikasi menjadi lebih cepat dan tetap aman. Keuntungan lainnya adalah dapat dipakai untuk mengatur infrastrukur, dengan memonitor cluster dan komputasinya, jaringan, juga sumber storage, lewat Google Site Reliability Engineer (SRE). Kelebihan lain dari GCP Service Google Kubernetes Engine adalah bisa dilakukan secara streamline, berdasarkan channel-channel yang dipilih.

layanan google cloud platform gcp indonesia

Jasa Google Cloud Modernization dari Partner Google

Sesuai paparan di atas, layanan Google Cloud Platform dari produk Google begitu banyak dan penuh kegunaan. Untuk mulai migrasi, pemanfaatan sepenuhnya, dan modernisasi terkait Google Cloud, Anda bisa menghubungi partner Google di Indonesia, yakni GITS.ID. Kami menyediakan jasa layanan cloud platform dan hal-hal terkait kebutuhan cloud perusahaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan kami untuk konsultasi Google Cloud di link tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Cloud Solution dan Penyedia Jasa Cloud di Indonesia

Google Cloud memberikan cloud solution atau solusi lewat penggunaan cloud dan bisa dibantu oleh penyedia jasa cloud di Indonesia. Cloud solution ini...

Cloud Storage Terbaik – Google Cloud Storage?

Cloud storage terbaik menjadi pertanyaan banyak orang. Apakah Google cloud storage adalah best cloud storage? Cloud storage menjadi kebutuhan. Sebab, orang-orang menggunakan...

Tentang G Suite: Harga, Manfaat, Fasilitas Google Workspace

Berapa harga G Suite? Serta manfaat dan fasilitasnya? Google Suite atau G Suite adalah “suite” yang pintar, tempat tim bisa menjadi produktif...

Berapa Harga Google Cloud Platform?

Berapa harga Google Cloud Platform atau Google Cloud Pricing? Anda yang sedang mencari cloud untuk perusahaan atau cloud for business mungkin bertanya-tanya...

GITS Webinar: Finance Management for Startup

Finance management yang sehat sangat penting bagi perusahaan, mulai dari startup hingga global company. Oleh karena itu, perencanaan keuangan, cash flow, hingga...