Penjadwalan Produksi Kunci Kesuksesan Perusahaan (Production Scheduling)

  • Business
  • Penjadwalan Produksi Kunci Kesuksesan Perusahaan (Production Scheduling)
ilustrasi company meeting

Perkembangan teknologi saat ini menjadi penunjang utama dalam membantu pekerjaan di berbagai aspek kehidupan. Untuk menjalankan kegiatan yang akan dilakukan sehari hari dibutuhkan mengatur schedule yang tepat agar terarah, dengan bantuan teknologi “Penjadwalan Produksi”.

Menurut  Krajewski dan Ritzman, penjadwalan adalah pengalokasian sumber daya dari waktu ke waktu untuk menunjang pelaksanaan dan penyelesaian suatu aktivitas pengerjaan spesifik. Jadi, Penjadwalan Produksi dapat didefinisikan sebagai proses mengatur, mengendalikan dan mengoptimalkan kerja dan beban kerja dalam proses produksi. 

Dengan penjadwalan produksi, manajemen dapat mengidentifikasi sumber daya yang akan dikonsumsi pada tahap produksi tertentu berdasarkan perkiraan jadwal yang dibuat agar perusahaan tidak kekurangan sumber daya pada saat produksi berlangsung.

Dua Teknik dalam Penjadwalan Produksi

Dalam penjadwalan produksi, terdapat berbagai teknik yang digunakan untuk mengatur dan mengoptimalkan alur produksi. Dua teknik yang umum digunakan adalah:

Just In Time (JIT):

JIT adalah sebuah pendekatan yang bertujuan untuk mengurangi stok persediaan. Hal ini dilakukan dengan cara memproduksi barang hanya ketika dibutuhkan dengan jumlah yang sesuai dengan permintaan. Dengan JIT, perusahaan berusaha untuk menghindari pemborosan dalam bentuk stok berlebih, biaya penyimpanan, dan risiko penyusutan barang. Teknik ini memerlukan koordinasi yang baik antara berbagai departemen dalam perusahaan, serta kemitraan yang kuat dengan pemasok.

Enterprise Resource Planning (ERP):

ERP adalah sebuah sistem manajemen yang mengintegrasikan berbagai fungsi perusahaan. Seperti manufaktur, keuangan, sumber daya manusia, dan rantai pasokan menjadi satu sistem terpadu. Dengan menggunakan ERP, perusahaan dapat memantau dan mengelola proses produksi secara menyeluruh, dari permintaan pelanggan hingga pengiriman produk jadi. ERP membantu meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan visibilitas terhadap seluruh rantai pasokan.

Kedua teknik ini memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi pemborosan dalam proses produksi. Namun, pendekatan dan implementasinya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan karakteristik perusahaan.

Dalam hal ini, production scheduling menjadi bagian dari sistem ERP. Alias keseluruhan sistem planning di enterprise tersebut.

Jasa Pembuatan Aplikasi Rekomendasi bagi Anda

Membahas penjadwalan produksi dalam konteks jasa pembuatan aplikasi sangat relevan dan bermanfaat bagi perusahaan Anda dan klien Anda. Inilah alasannya.

  1. Alokasi Sumber Daya yang Efisien

Penjadwalan produksi memungkinkan Anda mengalokasikan sumber daya secara efektif, termasuk tenaga kerja, waktu, dan peralatan. Dengan merencanakan proses pengembangan terlebih dahulu, Anda dapat memastikan bahwa sumber daya dimanfaatkan secara optimal. Sehingga menghasilkan penghematan biaya dan peningkatan produktivitas.

  1. Batas Waktu Rapat

Penjadwalan produksi membantu Anda menetapkan jadwal yang realistis untuk penyelesaian dan pengiriman proyek. Dengan memecah proses pengembangan menjadi tugas-tugas yang dapat dikelola dan menetapkan tenggat waktu untuk masing-masing tugas, Anda dapat memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu dan memenuhi harapan klien.

  1. Komunikasi dan Transparansi Klien

Memberikan jadwal produksi kepada klien akan meningkatkan komunikasi dan transparansi sepanjang siklus hidup proyek. Klien menghargai mengetahui garis waktu untuk setiap fase pengembangan, termasuk pencapaian dan hasil. Hal ini membantu mengelola ekspektasi klien dan membangun kepercayaan terhadap kemampuan perusahaan Anda dalam memberikan hasil.

  1. Mengidentifikasi Kemacetan dan Risiko

Melalui penjadwalan produksi, Anda dapat mengidentifikasi potensi kemacetan dan risiko di awal proses pengembangan. Dengan menganalisis alur kerja dan mengidentifikasi jalur penting, Anda dapat secara proaktif mengatasi masalah yang mungkin timbul sehingga meminimalkan penundaan dan gangguan proyek.

  1. Jaminan Kualitas

Jadwal produksi yang terencana mencakup waktu untuk pengujian menyeluruh dan proses jaminan kualitas. Dengan mengalokasikan waktu yang cukup untuk pengujian dan debugging, Anda dapat memastikan bahwa produk akhir memenuhi standar kualitas tinggi dan bebas dari kesalahan atau cacat kritis.

6. Perbaikan Berkelanjutan

Meninjau dan menyempurnakan proses penjadwalan produksi Anda secara teratur memungkinkan dilakukannya perbaikan berkelanjutan. Dengan menganalisis proyek-proyek sebelumnya, mengidentifikasi area untuk pengoptimalan Anda dapat menyederhanakan proses pengembangan dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara keseluruhan.

AI Membantu dalam Penjadwalan Produksi, Apa Keunggulannya?

Penjadwalan produksi dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) memiliki beberapa keunggulan yang signifikan, di antaranya:

Optimisasi Otomatis

Sistem penjadwalan produksi berbasis AI dapat melakukan optimisasi secara otomatis dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Seperti kapasitas mesin, ketersediaan bahan baku, waktu pengerjaan, dan permintaan pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai tingkat efisiensi yang lebih tinggi dalam penggunaan sumber daya dan waktu.

Prediksi Permintaan

AI dapat menganalisis data historis tentang permintaan pelanggan dan faktor-faktor lain yang memengaruhi penjualan untuk membuat prediksi yang lebih akurat tentang kebutuhan produksi di masa depan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengatur produksi mereka secara lebih tepat dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok.

Penyesuaian Real-Time

Sistem penjadwalan produksi berbasis AI dapat merespons secara cepat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Seperti perubahan dalam permintaan pelanggan, ketersediaan bahan baku, atau gangguan dalam proses produksi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian real-time dalam jadwal produksi mereka untuk mengoptimalkan efisiensi.

Pengurangan Biaya

Dengan memanfaatkan AI untuk penjadwalan produksi, perusahaan dapat mengurangi biaya produksi dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan menghindari pemborosan dalam bentuk stok berlebih atau waktu produksi yang tidak efisien.

Peningkatan Produktivitas

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengatur penjadwalan produksi, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan dengan memaksimalkan penggunaan kapasitas mesin dan sumber daya lainnya.

Kesesuaian dengan Perubahan Lingkungan

AI memiliki kemampuan untuk belajar dari data baru dan mengadaptasi modelnya sesuai dengan perubahan-perubahan dalam lingkungan produksi. Ini memungkinkan perusahaan untuk tetap kompetitif dan responsif terhadap perubahan pasar dan kondisi eksternal lainnya.

Secara keseluruhan, penjadwalan produksi dengan menggunakan AI dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, dapat meningkatkan fleksibilitas dalam menghadapi tantangan lingkungan bisnis yang dinamis.

GITS.ID –  Solusi Pembuatan Aplikasi Penjadwalan Produksi

GITS.ID merupakan software house dan jasa pembuatan aplikasi enterprise yang berfokus pada penyediaan solusi dan layanan di bidang teknologi informasi dan pengembangan perangkat lunak yang terpercaya selama lebih dari 15 tahun. Pengembangan aplikasi ini didukung berbasis cloud, kecerdasan buatan (AI), penerapan Internet of Things (IoT), keamanan siber dan privasi, serta menggunakan tech stack terbaru dalam pengerjaannya.

GITS.ID dapat memfasilitasi penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen rantai pasok (supply chain management). Hal tersebut dilakukan agar dapat mengoptimalkan sumber daya, pengiriman proyek tepat waktu, meningkatkan komunikasi klien, serta mengurangi biaya penyimpanan. Hal ini juga termasuk fitur yang dibutuhkan dalam scheduling seperti calendar integration, to-do lists, time blocking, task management, dan alerts.

Hubungi GITS.ID sekarang untuk meningkatkan sistem production scheduling di manufaktur atau enterprise Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States