Tentang Alibaba Cloud Indonesia dan Cara Kerjanya

alibaba cloud indonesia

Sejak berdiri pada tanggal 10 September 2009, Alibaba Cloud terus menyediakan layanan cloud komputasi yang canggih lengkap dengan platform untuk berbagi data secara online. Alibaba mempunyai komitmen untuk melakukan inovasi teknologi terutama di bidang e-commerce dan internet.

Pengertian Alibaba Cloud Indonesia

Alibaba Cloud adalah suatu perusahaan yang menyediakan komputasi awan dan berbagai layanan yang dirancang untuk berbagai bisnis online serta ekosistem perdagangan elektronik. Operasi internasional Alibaba terdaftar di Singapura. Markas besarnya juga ada di negara tersebut.

Pada 2018, Alibaba meluncurkan sebuah data center yang pertama di Indonesia. Peluncuran ini dilanjutkan dengan yang kedua pada tahun 2019 dan yang ketiga di awal tahun 2021. Tujuan dari data scrubbing center adalah untuk melindungi para pelanggan di Indonesia.

Data scrubbing center ini bisa melindungi sektor game dan keuangan dari cyber attack dengan cara mendeteksi, menganalisis, serta menghapus volume traffic yang berbahaya.

Solusi Industri dari Alibaba Cloud

Platform Alibaba terutama sangat berperan dalam perkembangan industri keuangan atau financial. Industri keuangan menggunakan data intelligence Alibaba untuk mengeksplorasi serta menyusun lagi data analytics roadmaps agar bisnis keuangan bisa berkembang dengan lebih baik dan lebih aman.

Salah satu produk yang sangat bermanfaat untuk industri perbankan adalah cloud native database yang bernama PolarDB-X. Produk ini ditingkatkan dengan pemrosesan analitik serta indeks sekunder global sehingga mampu menghasilkan data yang terdistribusi.

Solusi dari Teknologi Alibaba Cloud

Teknologi yang digunakan oleh Alibaba untuk mengembangkan platform cloud ini memungkinkan terjadinya permintaan transaksi secara online dan dalam jumlah besar dalam waktu bersamaan. Bisnis online pun bisa lebih cepat dalam melakukan analisis kompleks.

Arsitektur pemisahan komputasi dan penyimpanan yang bernama ADB atau Analytic DB memungkinkan gudang data cloud native jadi lebih fleksibel dan otomatis sehingga mampu melakukan integrasi operasi analitik secara online.

Produk Alibaba Cloud Indonesia

Alibaba menyediakan banyak produk untuk berbagai jenis bisnis dan perusahaan di seluruh Indonesia. Untuk mempermudah perusahaan memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, Alibaba membagi produk-produk yang tersedia ke dalam beberapa kategori.

Pastikan untuk memahami setiap kategori produk dan produk apa saja yang tercakup dalam kategori tersebut. Dengan begitu Anda bisa menentukan layanan mana saja yang paling dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Beberapa kategori produk yang ditawarkan oleh Alibaba adalah:

  • Internet of Things

Kategori produk yang pertama terbagi dalam dua pilihan yang berbeda, yaitu platform IoT dan Link IoT Edge. Platform IoT bisa digunakan di berbagai jenis perangkat di seluruh dunia. Produk yang satu ini akan memastikan koneksi berjalan lancar di ratusan juta perangkat.

Dengan begitu, para pemilik perangkat yang tersambung ke internet bisa berkomunikasi dengan platform IoT pada waktu yang sama.

  • Penyimpanan

Kategori produk berikutnya yang disediakan oleh Alibaba adalah penyimpanan. Kategori ini terbagi menjadi beberapa produk, yaitu penyimpanan Hybrid Cloud, Data Transport, dan Storage Data Service. Dibandingkan dengan transmisi data dengan teknik tradisional, data transport jauh lebih efektif.

Solusi yang satu ini bisa meningkatkan efisiensi hingga 20 kali dan memangkas biaya hingga 60%. Enkripsi perangkat memastikan bahwa keamanan data sangat kuat bahkan selama proses transfer data berlangsung.

  • Database

Kategori produk database terdiri dari berbagai produk. Misalnya ada NoSQL Database, Data Warehouse, serta tools dan utility. Setiap produknya sendiri terbagi lagi menjadi beberapa produk. Data Warehouse misalnya, mencakup Analytic DB untuk MySQL dan PostgreSQL.

Selain ketiga kategori produk di atas, masih ada beberapa kategori lain yang Alibaba sediakan untuk berbagai perusahaan, seperti networking dan CDN, analytics, media services, artificial intelligence, elastic computing, dan lain-lain.


    Subscribe now and stay updated!


    Fitur-fitur Alibaba Cloud Indonesia

    alibaba cloud indonesia feature

    Alibaba ingin memperlihatkan komitmennya dalam menyediakan platform cloud yang berkualitas bagi perusahaan di Indonesia dengan cara meluncurkan berbagai fitur baru untuk para pebisnis yang membutuhkan strategi all in cloud. Berbagai fitur berikut ini sudah bisa diakses di Indonesia.

    • Polar DB

    Fitur yang satu ini adalah database relasional yang kompatibel dan sengaja dirancang untuk cloud computing yang menggabungkan ketersediaan dan performa enterprise basis data tradisional dengan menggunakan biaya yang lebih sedikit.

    Teknologi ini menjanjikan skalabilitas. Solusi yang disediakan oleh Alibaba ini bisa diupgrade sampai 100 TB dalam hal penyimpanan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah mengatur pertumbuhan data besar.

    • Alibaba Log Service

    Fitur ini juga dikenal dengan sebutan SLS, suatu fitur yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan log secara otomatis dari seluruh aplikasi serta layanan, baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar cloud.

    SLS memungkinkan proses penandaan log data dari context derived. Fitur ini juga bisa memungkinkan pengambilan keputusan dilakukan secara real time dan digunakan untuk menganalisis tren, membuat peringatan, serta visualisasi.

    Harga Alibaba Cloud Indonesia

    Alibaba menawarkan kemudahan dalam proses pembayaran untuk perusahaan yang ingin menggunakan Alibaba Cloud console. Seperti halnya berbagai layanan cloud yang lainnya, Alibaba juga menetapkan biaya yang berbeda untuk setiap layanan yang disediakannya.

    Tapi jika Anda memilih untuk menggunakan paket Basic Plan, Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Untuk paket Developer Plan, harga yang harus dibayarkan adalah USD 19.99. Ada juga paket Business Plan dengan harga mulai dari USD 100 dan paket Enterprise Plan seharga USD 8,000.

    Google Cloud Lebih Baik Daripada Alibaba Cloud Indonesia

    Meskipun popularitas Alibaba sudah semakin meningkat, khususnya di Indonesia, Google Cloud masih merupakan pilihan layanan cloud yang terbaik. Layanan cloud yang satu ini lebih unggul dalam beberapa hal, dibandingkan dengan layanan cloud dari perusahaan lainnya.

    Skalabilitas Google Cloud cukup tinggi. Kapasitas penyimpanan data bisa disesuaikan sehingga mampu memenuhi skala kebutuhan perusahaan Anda. Google Cloud juga menyediakan akses yang lebih fleksibel. Akses internet memungkinkan Anda untuk mengakses apapun yang Anda butuhkan.

    Contohnya, dimanapun Anda berada, Anda bisa melakukan pemantauan terhadap absensi pegawai perusahaan dan melakukan berbagai kegiatan lainnya dengan mudah berkat penggunaan platform Google Cloud. Selain itu, ada banyak contoh bagaimana Google Cloud dapat membantu memudahkan dan memberikan hasil cepat serta baik dari komputasi atau pengolahan yang rumit.

    Daftar Google Cloud Via GITS.ID

    Google Cloud memang tidak perlu diragukan lagi karena layanan ini berasal dari perusahaan teknologi paling terkenal di dunia. Untuk menggunakan layanan yang sangat terpercaya ini, pastikan Anda memilih partner resmi Google Cloud untuk melakukan pendaftaran dan menggunakan Google Cloud.

    GITS.ID merupakan partner resmi Google Cloud yang sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak perusahaan. Anda juga bisa mempercayakan pendaftaran Google Cloud pada GITS.ID dan mulai menggunakan semua produk terbaik yang Google sediakan untuk perusahaan Anda.


    Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

    Share Article
    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp
    Related Article

    Contact us

    You have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

    Head Office

    Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286