Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

alibaba cloud vs google

Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud computing, Alibaba Cloud vs Google Cloud adalah dua pilihan besar yang saling bersaing satu sama lain.

Sangat penting untuk memahami gambaran umum setiap layanan yang disediakan oleh setiap perusahaan besar tersebut dan berbagai detail lainnya sehingga Anda bisa memutuskan layanan dan perusahaan mana yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Perbandingan harga Alibaba Cloud vs Google Cloud

Alibaba dan Google Cloud sama-sama menyediakan berbagai pilihan layanan yang menjanjikan. Sebelum mencari tahu tentang fitur dan keunggulan dari masing-masing perusahaan cloud computing, cari tahu tentang harga yang ditawarkan oleh setiap perusahaan.

Nama LayananHarga Per BulanInti CorePenyimpanan (GB)Ukuran Disk (GB)Data Transfer (GB)
Google g1-smallUSD 13.1311.710100
Alibaba ecs.t5-lc1m.smallUSD 6.5211.04010000
Google e2-smallUSD 16.2322.0400
Alibaba ecs.n4.smallUSD 13.6612.0200
Google n1-standard-1USD 27.6713.75200
Alibaba ecs.t6-c1m2.largeUSD 20.9124.0400
Google t2d-standard-1USD 34.2414.020 
Alibaba ecs.n4.largeUSD 35.4124.0400
Google e2-highcpu-2USD 36.1122.000
Alibaba ecs.c6e.largeUSD 41.3224.0400

Dengan memahami perbedaan harga yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud dan Google Cloud, Anda bisa menilai perusahaan dan layanan mana yang lebih baik dibandingkan dengan layanan lainnya. Perusahaan pun bisa mendapatkan layanan yang lebih optimal dengan harga yang lebih baik.

Google Cloud lebih baik daripada Alibaba Cloud

Selain dalam hal harga, ada berbagai perbedaan antara Google Cloud dengan Alibaba Cloud. Pahami gambaran umumnya terlebih dahulu. Kemudian cari tahu fitur-fitur yang tersedia. Berikut gambaran umum Google Cloud dengan Alibaba Cloud.

  • Google Cloud

Google Cloud merupakan pilihan yang luar biasa sehubungan dengan layanan cloud computing yang bisa Anda gunakan untuk menghosting dan membangun aplikasi web perusahaan. Platform ini menawarkan seperangkat alat cloud computing yang sangat bermanfaat.

Seperangkat alat tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan, aplikasi web, big data, container, database, dan lain sebagainya. Layanan dari Google Cloud ini diawali dengan Google Engine dan berbagai fitur lainnya. Google Cloud hadir dengan Cloud Debugger.

Cloud Debugger memungkinkan para pengguna untuk menilai serta mendebug kode kalau ada masalah yang muncul. Ada aplikasi jejak yang bisa membantu mengidentifikasi masalah performa.

  • Alibaba Cloud

Alibaba Cloud juga menyediakan beberapa layanan cloud computing seperti infrastruktur, hosting awan, penyimpanan data, serta pemrosesan big data. Infrastruktur yang ditawarkan cukup fleksibel dan bisa membantu perusahaan menggunakan dan menyimpan data.

Pilihan perlindungan keamanan datanya memberikan akses pada para penggunanya ke berbagai tingkat keamanan data. Ada juga layanan pencadangan dan pemulihan yang menawarkan pilihan pemulihan hanya dengan satu kali klik saja.

alibaba cloud

Untuk bisa mencari tahu mana yang lebih unggul antara Alibaba Cloud vs Google Cloud, Anda perlu menyelami perbedaan yang dimiliki oleh kedua platform tersebut.

  • Perbedaan dalam hal layanan dan fitur

Google Cloud mendukung lebih banyak layanan dibandingkan dengan Alibaba Cloud. Bahkan sehubungan dengan paket berlangganannya, Google Cloud juga jauh lebih unggul. Google Cloud menawarkan berbagai layanan gratis yang jumlahnya lebih banyak daripada yang ditawarkan Alibaba.

Alibaba Cloud yang juga menawarkan banyak layanan memasang harga yang lebih mahal ke beberapa layanan yang disediakannya. Jika Anda tertarik untuk mencari platform cloud computing yang bisa membantu perusahaan menghemat biaya, Google Cloud adalah pilihan terbaik.

  • Perbandingan pangsa pasar

Google terkenal sebagai rajanya internet. Anda akan melihat bagaimana kinerjanya dalam cloud computing juga melampaui platform yang lainnya. Google memimpin di satu juta situs paling atas di seluruh web. Google akan selalu memenangkan pangsa pasar.

  • Perbedaan dalam hal lokasi geografis yang didukung

Google Cloud juga lebih unggul dalam lokasi geografis. Cakupan Google Cloud lebih luas di banyak negara, termasuk Brasil, Amerika Serikat, Inggris Raya, Indonesia, dan berbagai negara lain. Google sudah aktif di 200 lebih negara di seluruh dunia.

  • Perbandingan kategori web yang didukung

Dalam hal ini Google Cloud juga jauh lebih unggul. Anda akan melihat bahwa Google Cloud bisa bekerja dengan jauh lebih baik di berbagai kategori seperti misalnya Seni dan Hiburan, Orang dan Masyarakat, Bisnis dan Industri, serta Agama dan Spiritualitas.

Alibaba juga sebenarnya sudah menyediakan layanan di berbagai kategori tersebut. Tapi tetap saja platform ini belum bisa menandingi Google Cloud platform.

  • Perbandingan dalam berbagai aspek penting lainnya

Anda juga perlu membandingkan Alibaba Cloud vs Google Cloud dari berbagai segi lainnya. Perhatikan tabel yang ada di bawah untuk melihat manakah yang lebih baik antara Google Cloud dan Alibaba Cloud.

Fitur atau LayananAlibaba CloudGoogle Cloud
Pilihan penagihan per jamYaTidak (penagihan per detik sehingga lebih hemat)
Perlindungan terhadap DDoSYaYa
Panel kendaliCustomBuilt-in
Pengaturan kunci untuk SSHYaYa
Server virtualAlibaba ECSGoogle Compute Engine
Penskalaan otomatisYaYa
Pengembangan dan penyebaran aplikasiTidak didukungYa
Penyimpanan objekPenyimpanan awanLayanan penyimpanan objek
Otomatisasi serverLayanan orkestrasi sumber dayaTidak tersedia
Firewall aplikasi webYa, tersediaCustom
Layanan pengembangan aplikasi selulerTidak tersediaAplikasi seluler cloud

Cermati setiap fitur, layanan, dan keunggulan yang ditawarkan dan dijanjikan oleh setiap perusahaan. Kemudian bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia cloud computing tersebut. Pastikan harga yang ditawarkan masuk akal dan sesuai dengan layanan yang tersedia.

Daftar Google Cloud via GITS.ID

Dibandingkan dengan Alibaba Cloud, banyak perusahaan lebih memilih Google Cloud karena platform cloud computing yang satu ini berasal dari raja internet yang dipercaya banyak orang dan berpengalaman dalam menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para pengguna internet.

Selain itu, dari perbandingan yang ada di atas, bisa dilihat bahwa harga yang ditawarkan oleh Google bisa membantu perusahaan Anda untuk lebih berhemat. Sekarang saatnya untuk membuat akun Google Cloud dengan partner resmi Google Cloud, yaitu GITS.ID. Mengapa GITS.ID?

  • GITS.ID merupakan agensi Google yang bersertifikat, baik itu untuk Android pada tahun 2018, juga sebagai Google Cloud Partner.
  • Sudah berpengalaman selama 13 tahun dalam industri ini sehingga bisa Anda percayakan untuk mengembangkan perusahaan Anda dari segi teknologi.
  • Telah membantu 100 lebih klien yang puas dengan performa yang GITS.ID berikan dan tentunya akan membuat Anda merasa puas dengan layanan apapun yang Anda pilih.

Hasil dari perbandingan antara Alibaba Cloud vs Google Cloud adalah Google Cloud lebih terpercaya untuk perusahaan Anda. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati semua layanan berkualitas yang Anda butuhkan.


Mulai Migrasi ke Google Cloud atau Jadikan Multicloud yang Cost-Effective

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286