Apa Itu Amazon Web Services Indonesia dan Bagaimana Cara Kerjanya?

amazon web services cara kerja aws indonesia

Amazon Web Services yang biasa disingkat AWS merupakan suatu platform berbasis awan yang ditawarkan oleh AMZN atau Amazon.com Inc. Tapi apa sebenarnya AWS itu?

Pengertian Amazon Web Services Indonesia

AWS adalah platform cloud yang sudah menyediakan 175 lebih layanan global pusat data. Ada banyak perusahaan besar dan startup yang menggunakan layanan ini dengan tujuan meningkatkan inovasi, memotong anggaran pengeluaran, dan menjalankan industri dengan lebih tangkas.

Banyak perusahaan memilih AWS karena platform ini menghadirkan layanan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan platform lainnya. Variasi layanan yang disediakan oleh AWS antara lain penyimpanan database dan data hingga internet of things dan artificial intelligence.

Keunggulan lain layanan AWS adalah fungsionalitasnya yang sangat bagus, seperti misalnya variasi database yang dibuat berdasarkan tujuan aplikasi yang berbeda.

Solusi AWS by Industri

Salah satu layanan AWS adalah solusi oleh industri yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis khusus, seperti misalnya keamanan, ketertiban, dan operasi yang terstruktur. Ada serangkaian solusi dan layanan untuk menjalankan aplikasi canggih.

Menggunakan aplikasi dengan AWS Cloud bisa membantu perusahaan Anda untuk bergerak dengan lebih cepat, menghemat biaya yang besar, dan beroperasi dengan lebih aman. Bisnis pun akan mencapai hasil yang lebih baik berkat kinerja cloud yang baik.

Beberapa layanan yang termasuk solusi cloud by industri adalah otomotif, iklan dan pemasaran, pendidikan, layanan finansial, energi, pemerintah, gaming, manufaktur, serta media dan hiburan.

Solusi by Teknologi

Solusi lain yang juga AWS sediakan adalah solusi by teknologi yang tujuannya adalah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan umum serta membangun dengan lebih cepat dengan menggunakan platform AWS. Seluruh solusi ini diuji oleh tim arsitek AWS.

Selain itu, semua solusi ini juga dirancang agar bisa berfungsi secara efektif dalam hal penghematan biaya, keamanan, dan operasional. Solusi AWS mempunyai panduan penerapan, arsitektur yang terperinci, serta instruksi untuk penerapan manual dan otomatis.

Beberapa contoh solusi ini antara lain blockchain, komputasi, komunikasi, integrasi aplikasi, infrastruktur, layanan media, internet of things, seluler, penyimpanan, dan sebagainya.


    Subscribe now and stay updated!


    Produk Amazon Web Services Indonesia

    Produk atau layanan yang disediakan oleh AWS terbagi dalam 5 kelompok berbeda. Setiap kelompoknya terbagi lagi menjadi beberapa produk. Setiap layanannya mempunyai tujuan yang berbeda dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kelima layanan tersebut adalah:

    Layanan Komputasi

    Layanan yang pertama ini dirancang untuk menyediakan infrastruktur bagi para pengguna yang akan memakai Amazon untuk melaksanakan berbagai keperluan komputasi seperti clustered server atau server.

    Beberapa produk yang termasuk dalam jenis layanan ini adalah Amazon Elastic Compute Cloud, Amazon Elastic Mapreduce, dan Elastic Load Balancing,

    Layanan Penyimpanan

    Kemudian ada layanan penyimpanan yang menyediakan infrastruktur bagi perusahaan yang membutuhkan penyimpanan. Perusahaan Anda bisa menggunakan layanan ini sebagai content delivery network atau sebagai media backup.

    Beberapa produk yang merupakan bagian dari layanan ini adalah Amazon Simple Storage Service, Amazon Elastic Book Store, Amazon CloudFront, dan AWS Storage Gateway.

    Layanan Basis Data

    Berikutnya ada layanan yang dirancang khusus untuk keperluan basis data yang disimpan di cloud sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan aman dan lebih cepat dari mana saja. Layanan ini mencakup beberapa produk.

    Amazon Relational Database Service, Amazon DynamoDB, Amazon SimpleDB, dan Amazon ElastiCache adalah beberapa produk yang termasuk dalam layanan ini.

    Layanan Jaringan

    Layanan yang satu ini disediakan khusus oleh AWS untuk membantu mengatur jaringan antar berbagai layanan baik yang berada di luar cloud maupun yang ada di dalam cloud. Layanan jaringan meliputi Amazon Route 53 dan Amazon Virtual Private Cloud.

    Layanan Aplikasi

    Dan yang terakhir adalah layanan aplikasi yang tersedia untuk melengkapi berbagai layanan yang lain. Layanan aplikasi bisa berupa aplikasi notifikasi, aplikasi pencarian, aplikasi workflow, dan aplikasi email server.

    List Fitur Amazon Web Services Indonesia

    fitur amazon web services

    AWS menyediakan berbagai fitur. Ada beberapa pilihan SaaS untuk produktivitas bisnis yang meliputi beberapa fitur berikut ini:

    1. Amazon Chime yang memungkinkan perusahaan untuk mengadakan rapat online dengan menggunakan video, obrolan berbasis chat, dan panggilan suara di berbagai jenis perangkat.
    2. Amazon WorkDocs yang adalah suatu layanan khusus untuk menyimpan file dan membagikannya dengan orang lain.
    3. Amazon WorkMail yang merupakan suatu layanan email khusus untuk bisnis lengkap dengan fitur kalender.

    AWS bukan satu-satunya platform cloud yang bisa Anda gunakan. Platform cloud lain yang lebih dulu dikenal oleh berbagai perusahaan adalah Google Cloud. Pastikan untuk membandingkan keduanya agar Anda bisa memutuskan platform mana yang lebih baik.

    Harga Amazon Web Services Indonesia

    Harga yang ditawarkan oleh AWS bervariasi, tergantung pada jenis layanan yang Anda pilih. AWS juga menawarkan layanan yang bisa digunakan secara gratis, bergantung pada produk yang Anda pilih. Ada uji coba gratis yang bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lebih pendek.

    Google Cloud Lebih Baik Daripada Amazon Web Services Indonesia

    Meskipun AWS terdengar sangat menjanjikan, banyak perusahaan yang masih lebih memilih untuk menggunakan Google Cloud daripada AWS. Google Cloud menawarkan berbagai solusi yang tepat untuk perusahaan Anda. Harganya pun cost-effective atau lebih hemat. Beberapa alasan lainnya adalah:

    1. Google Cloud mempunyai fitur Google Compute Engine yang bisa dipindahkan ke alamat yang baru dengan penyimpanan mencapai 1,5 TB. Tidak diperlukan proses reboot untuk memperbarui perangkat, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan terjadinya downtime.
    2. Google Cloud juga mempermudah perusahaan Anda untuk memilih virtual CPU dan memori yang paling cocok dengan bisnis Anda sendiri. Dengan begitu, perusahaan pun bisa memangkas dana dan biaya, tergantung penggunaannya.
    3. Proses booting yang lebih cepat, Compute Engine hanya memerlukan waktu antara 40 hingga 50 detik untuk melakukan booting. Waktu booting ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan berbagai platform cloud yang lainnya.
    4. Google mempunyai jaringan yang tersebar di 33 lebih negara di seluruh dunia. Hal ini menjamin seluruh penggunanya bisa menerima kecepatan dan respon yang sama, tidak soal lokasi perusahaan tersebut.

    Pertimbangkan baik-baik sebelum Anda memilih salah satu platform cloud untuk perusahaan Anda. Bandingkan fitur, layanan, dan produk yang disediakan oleh AWS dengan yang ditawarkan oleh Google Cloud. Pastikan untuk memilih yang terbaik bagi perusahaan Anda.

    Daftar Google Cloud Via GITS.ID

    Setelah mantap memutuskan untuk menggunakan Google Cloud, Anda bisa melakukan pendaftaran di GITS.ID. Google Cloud adalah platform yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis apapun yang sedang Anda jalankan dengan bantuan teknologi informasi.

    GITS.ID merupakan Google Partner resmi untuk Google Cloud sehingga Anda bisa mempercayakan pendaftaran Google Cloud pada GITS.ID.


    Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

    Share Article
    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp
    Related Article

    Contact us

    You have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

    Head Office

    Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286