Retail Management Platform: Jenis, Fungsi, dan Fiturnya

  • Business
  • Retail Management Platform: Jenis, Fungsi, dan Fiturnya
Retail Management Platform

Retail Management Platform

Sektor retail di Indonesia terbilang relatif menjanjikan dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya karena jumlah penduduk yang besar dan tingginya tingkat konsumerisme masyarakat. Namun, pandemi yang melanda beberapa tahun lalu berdampak besar terhadap kelangsungan hidup pasar retail tersebut.

Banyak usaha retail mengalami penurunan keuntungan terutama karena usaha kecil dan menengah tidak menerapkan manajemen usaha yang terorganisir.

Dari kondisi tersebut, kita belajar bahwa sebuah retail management Platform yang baik sangat diperlukan agar usaha dapat berjalan lancar dan mendatangkan untung lebih. Memiliki pengelolaan yang baik, sumber daya manusia yang terlatih dan lingkungan usaha yang nyaman maka usaha Anda akan berkembang baik.

Mari kita ulik lebih dalam mengenai retail management berikut ini.

Apa Itu Retail Management

Secara singkat arti dari retail management adalah proses merencanakan, mengatur, mengendalikan dan memaksimalkan sumber daya yang ada agar perdagangan retail berjalan dengan baik.

Management yang baik mampu memenangkan hati pelanggan karena usaha Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan tepat, baik kebutuhan berupa barang maupun jasa.

Macam-Macam Retail Management

Contoh Retail Management (ilustrasi web)

Berikut beberapa macam manajemen retail yang perlu Anda ketahui:

  1. Toko Diskon (Discount Stores)
  2. Toko Kelontong (Convenience Store)
  3. Specialty Store
  4. Department Store
  5. Supermarket
  6. Chain Store
  7. Hypermarket

Mengenal Fungsi dan Arti Penting Retail Management

Fungsi Retail Management (ilustrasi web)

Retail management penting karena dapat membantu Anda mengelola usaha dengan baik. Dengan manajemen yang baik maka Anda dapat mencapai target penjualan dan menjaga kepuasan pelanggan.

Selain itu Anda juga dapat mengawasi kegiatan harian dan usaha Anda serta meningkatkan produktivitas karyawan.

Arti penting dan fungsi dari ritel manajemen adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan pengelolaan yang baik maka Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Alhasil, mereka merasa nyaman sehingga berpotensi menjadi pelanggan setia, bahkan merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

2. Meningkatkan Proses Operasi Toko

Manajemen yang baik membuat proses operasi harian yang rumit dapat menjadi mudah dan efektif sehingga berdampak baik terhadap pelanggan dan kelangsungan usaha.

3. Mendukung Perkembangan Usaha Anda

Manajemen yang baik juga berdampak baik terhadap masa depan usaha Anda karena efektifitas yang ada dapat meningkatkan keuntungan. Alhasil, Anda dapat semakin mengembangkan dan melebarkan usaha tersebut.

Management Retail Platform

Fungsi Management Retail Platform (ilustrasi web)

Era digital saat ini menawarkan berbagai kemudahan sehingga para pemilik usaha retail dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha mereka dengan mudah.

Hadirnya management retail platform, seperti GITS.id sangat bermanfaat karena membantu mereka dalam proses penjualan, pembelian barang, pengelolaan stok hingga keuangan usaha. Retail management Platform sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Mengurangi Timbulnya Kesalahan

Usaha retail sangat rentan terhadap berbagai kesalahan manusia seperti salah hitung maupun keterlambatan pengumpulan data. Dengan adanya platform yang mumpuni maka Anda dapat meminimalisir kesalahan tersebut.

2. Kegiatan Transaksi Lebih Cepat

Karena pengerjaan bukan lagi secara manual maka seluruh proses administrasi secara otomatis. Alhasil, proses tersebut membuat transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.

3. Menawarkan Laporan dan Analisis yang Akurat

Platform yang baik akan memberikan laporan data dan analisis secara otomatis sehingga membantu Anda memantau dan mengetahui perkembangan usaha dengan jelas..

4. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya data dan analisis, maka Anda dapat mengambil langkah-langkah terbaik yang berpotensi meningkatkan penjualan usaha Anda.

5. Membantu Pengambilan Keputusan Bisnis

Ritel manajemen platform menyediakan data dan analisis secara akurat sehingga dapat Anda maksimalkan dalam mengambil berbagai strategi, kebijakan serta keputusan dalam usaha Anda.

Mengenal Fitur dari Retail management Platform

Fitur Retail Management (Ilustrasi web)

Fitur yang ada perlu Anda pahami agar dapat menunjang keberhasilan usaha Anda. Berikut fitur yang harus ada dalam sebuah platform manajemen ritel:

1. Menyederhanakan Sistem Pengelolaan

Usaha ritel memiliki banyak pernak pernik seperti pengaturan stok, data entry, distribusi barang hingga memenuhi pesanan dari pelanggan. Retail management software hadir agar seluruh proses pengelolaan tersebut dapat Anda lakukan secara otomatis dan mudah.

2. User Friendly

Fitur ini penting karena akan mempermudah Anda dalam mengelola usaha Anda dengan baik. Anda dapat melakukan pengaturan dengan cepat dan efektif karena fitur-fitur yang ada mudah dipahami.

3. Memaksimalkan Penjualan

Dengan memilih platform dengan sistem otomatis yang minim kesalahan dan menyediakan data dan analisa akurat maka pengelolaan usaha menjadi lebih efektif. Alhasil, Anda memiliki lebih banyak waktu dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha.

GITS Partnership with Distri by Advotics

Salah satu contoh retail management platform terpercaya yang wajib Anda pertimbangkan adalah Distri by Advotics. GITS melakukan kerjasama dengan Distri melalui implementasi ERP terintegrasi dengan fitur yang berbasis cloud. Hal ini mencakup banyak hal mulai dari pengelolaan manajemen penjualan hingga analisis bisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Pastikan Anda memilih layanan lengkap dari GITS.id untuk membangun retail management platform usaha milik Anda sendiri agar dapat mencapai hasil akhir terbaik.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States