Apa Itu Sales Management Platform: Aspek, Fungsi, dan Fitur

  • Business
  • Apa Itu Sales Management Platform: Aspek, Fungsi, dan Fitur
sales management platform

sales management platform

Sales management merupakan salah satu strategi penjualan utama dalam sebuah usaha karena dapat membuat proses penjualan produk lebih tertata rapi. Alhasil, proses penjualan dapat berjalan lebih baik sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan. 

Dengan menerapkan sales management platform terbaik maka Anda dapat mencapai hasil maksimal dalam usaha Anda.

Penerapan ilmu sales management sendiri tidak hanya harus dilakukan oleh pengusaha besar saja, namun juga pengusaha kecil dan menengah. Dengan demikian maka usaha Anda dapat bersaing secara lebih baik walaupun harus menghadapi perusahaan besar dan ternama.

Pengertian Sales Management

Sales Management (Ilustrasi Web)

Sales management atau manajemen penjualan adalah proses dalam mengembangkan tim penjualan, mengkoordinasi penerapan strategi penjualan sekaligus menerapkan teknik penjualan dalam sebuah bisnis.

Proses tersebut antara lain meliputi merencanakan dan mengendalikan penjualan, merekrut, melatih, memberi tugas, mengawasi serta memberi motivasi kepada tim penjualan.

Dengan mengetahui apa itu sales management system dengan baik maka Anda dapat mencapai target usaha Anda bahkan melebihi target yang sudah Anda terapkan.

Penerapan manajemen penjualan yang baik dapat menciptakan kerjasama dari mereka yang tergabung dalam tim penjualan sehingga hasil yang dicapai dapat maksimal. Namun, Anda juga perlu untuk memperhatikan aspek utama dari sales management berikut ini

Aspek Utama Sales Management

Aspek Sales Management (Ilustrasi Web)

Sales management memiliki 3 aspek penting sebagai berikut:

1. Sales Strategy (Strategi Penjualan)

Strategi penjualan merupakan aspek penting karena tanpa strategi yang baik maka usaha Anda tidak akan dapat mencapai target secara maksimal. Untuk hasil terbaik maka tim Anda perlu untuk menetapkan sebuah proses penjualan dan merencanakan sejumlah kegiatan di masing-masing level sales funnel Anda.

Sales funnel memberi gambaran yang jelas mengenai target yang ingin dicapai, profil pelanggan, metodologi penjualan, hingga sales management software yang Anda butuhkan.

Sales funnel ini penting bagi tim penjualan sebagai pedoman dalam mengendalikan dan mengawasi performa penjualan.

2. Sales Operation (Operasi Penjualan)

Operasi penjualan atau sales operation merupakan aspek penting dari sales management karena operasi yang baik dan tertata akan memberikan hasil maksimal. Peran seorang manajer sangat penting karena ia harus dapat membangun tim yang solid untuk mencapai tujuan.

Ia juga harus mengenal kemampuan dan kapasitas timnya sehingga dapat memberi mereka tugas yang paling sesuai. Cara yang dapat dilakukan untuk mencapai hal ini antara lain dengan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan tim.

3. Sales Analysis (Analisa Penjualan)

Aspek penting lain dari sales management adalah analisa penjualan karena analisis diperlukan untuk mengetahui berhasil tidaknya penerapan strategi penjualan Anda. Dengan analisis yang baik maka Anda dan tim dapat mengetahui efektifitas kinerja yang sudah ada.

Seorang manajer harus memiliki data yang akurat agar dapat menjadikannya sebagai acuan dalam menilai keberhasilan tim dan memproyeksikan strategi ke depan.

Proses Sales Management

Proses Sales Management (Ilustrasi Web)

Sales management yang baik merupakan integrasi dari strategi dan tanggung jawab tiap-tiap anggotanya. Seorang manager umumnya menangani beberapa komponen penting penjualan karena merupakan tahap kerja dari proses sales management yang dapat memperlancar usaha.

Berikut komponen penting tersebut:

1. Merekrut Sumber Daya Manusia Unggulan

Agar tim penjualan Anda handal maka Anda wajib untuk memilih seorang manajer yang kompeten. Ia bertanggung jawab dalam memilih anggotanya agar terbentuk tim penjualan yang solid.

2. Pengembangan Strategi Penjualan

Proses kedua adalah menetapkan target, visi serta strategi penjualan yang akan diterapkan agar mencapai hasil maksimal. Seorang manajer yang kompeten akan membuat anggotanya bekerja sama dan melakukan tugas masing-masing dengan maksimal.

Alhasil, ia dapat menemukan berbagai kekurangan atau celah yang harus diperbaiki bersama.

3. Kegiatan Penjualan

Proses ini memantau kegiatan harian penjualan mulai dari proses memprospek calon pelanggan hingga mencapai target penjualan. Perlu adanya seorang manajer handal agar dapat memantau kegiatan dengan seksama serta mampu mengambil keputusan terbaik dan menyelesaikan masalah yang muncul.

4. Laporan Penjualan

Proses terakhir adalah memberikan laporan serta analisis dari kegiatan penjualan yang ada. Pastikan manager Anda kompeten agar dapat memberikan sistem laporan yang sistematis bagi timnya sehingga dapat mengetahui kinerja mereka dan hal-hal yang perlu mereka tingkatkan.

Aspek seperti rerata tingkat kemenangan, siklus penjualan serta tingkat konversi wajib ada agar dapat menjadi acuan dalam memprediksi keuntungan masa depan.

Sarana Pendukung Sales Management

Sarana Pendukung Sales Management (Ilustrasi Web)

Hidup di era digital sangat menguntungkan karena menawarkan banyak kemudahan seperti adanya teknologi atau sarana pendukung sales management system. Alhasil, tim penjualan dapat melakukan tugasnya secara lebih efisien, terorganisir dan mudah dalam mencapai target.

Berikut beberapa sarana pendukung sales management:

1. Aplikasi Customer Relation Management (CRM)

Aplikasi CRM kini banyak digunakan karena terbukti mampu mempermudah pengelolaan usaha. Dengan aplikasi ini membuat manajer dapat memantau kegiatan secara real time sementara anggotanya memberi laporan terbaru mereka.

Aplikasi ini merupakan sarana yang handal karena dapat membantu mempersingkat pengelolaan penjualan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Email Marketing

Sarana lain yang dapat Anda pilih adalah email marketing karena cara ini memungkinkan Anda untuk melakukan penawaran profesional secara online.

Mengenal Sales Platform Untuk Penjualan

Sales Platform Untuk Penjualan (Ilustrasi Web)

Pengertian dari sales platform adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk membantu dalam mengelola penjualan berbagai usaha. Seluruh informasi terkait dengan penjualan usaha Anda, kondisi maupun harga pasar terkini dapat dipantai secara real-time.

Berikut beberapa fungsi sales management platform:

1. Membuat Pengelolaan Penjualan Lebih Praktis

Karena merupakan sistem yang terintegrasi dengan baik maka pekerjaan Anda menjadi lebih praktis, mudah dan efektif.

2. Memungkinkan Untuk Melakukan Penjualan Online

Dengan platform terpercaya seperti yang ada di GITS.id, maka Anda dapat menawarkan produk secara online. Alhasil, omset pun berpotensi meningkat karena berbagai kemudahan yang ada baik bagi penjual maupun pembeli.

3. Laporan Penjualan Lebih Akurat

Dengan memilih sales management platform yang baik maka Anda akan memperoleh data dan laporan yang akurat. Hal ini penting karena dapat menjadi acuan dalam menyikapi berbagai masalah yang timbul serta memutuskan strategi penjualan terbaik di masa datang.

4. Menampilkan Detail Riwayat Pelanggan

Data ini penting karena dapat membantu dalam meningkatkan kegiatan penjualan tim.

Fitur Platform

Kenali beberapa fitur platform manajemen penjualan untuk hasil terbaik berikut ini:

  • Data Analytics
    Fitur ini penting karena membantu Anda dalam mengenal prospek serta mengidentifikasi kemungkinan munculnya peluang baru.
  • Security (Keamanan)
    Keamanan merupakan fitur penting karena Anda harus memastikan keamanan data pelanggan yang Anda miliki.
  • Sales Activity Report
    Fitur laporan penjualan harus memberi kemudahan akses agar dapat melacak penjualan yang sudah ada.
  • Lead Validator
    Fitur ini sangat membantu tim penjualan karena sistem otomatis platform yang membuat tim hanya mem-follow up prospek yang benar-benar tertarik untuk melakukan pembelian.

Anda perlu untuk memilih platform terpercaya agar semua tujuan Anda dapat tercapai. GITS.id menyediakan layanan lengkap yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Pilih layanan lengkap dari GITS.id untuk membangun sales management platform bagi perusahaan Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States