Business Penting, Simak Manfaat Aplikasi Enterprise untuk SDM Perusahaan

Penting, Simak Manfaat Aplikasi Enterprise untuk SDM Perusahaan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat antara lain ditandai dengan kian vitalnya teknologi digital dalam berbagai segmen bisnis hingga kehidupan sehari-hari. Ini termasuk dalam penggunaan berbagai aplikasi atau software pendukung, sebagai contoh aplikasi Enterprise. 

Aplikasi Enterprise sering dikenal sebagai perangkat lunak aplikasi Enterprise (EAS). Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan suatu organisasi atau perusahaan. Termasuk yang berhubungan dengan sumber daya manusia. 

Dalam banyak segmen, aplikasi semacam ini digunakan untuk banyak sektor seperti sekolah, organisasi sosial, perusahaan/bisnis, komunitas, lembaga amal hingga kantor pemerintahan. Tak seperti puluhan tahun sebelumnya, peranan teknologi digital kini nyaris menjadi tulang punggung berkembangnya sebuah perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi Enterprise, maka keseluruhan informasi akan menjadi bagian integral dari sistem informasi pada perusahaan atau organisasi tersebut. Hal ini disebut pula dengan ERP System

Pengertian ERP

Dalam pengertian secara umum, ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah suatu terobosan dalam dunia teknologi digital. Ini merupakan sebuah sistem berupa perangkat lunak modular. 

Perangkat ini dibuat untuk memudahkan integrasi fungsi utama dari proses bisnis atau usaha,  dalam suatu sistem yang lebih terpadu dan kompleks.

Sederhananya, dengan menggunakan ERP System maka secara otomatis mampu menyederhanakan dan menguraikan berbagai proses dan tahapan dalam perusahaan, bisnis atau organisasi lain. Contohnya masalah keuangan, sumber daya manusia, pengadaan aset atau barang, distribusi dan lain sebagainya.  

Dengan demikian, semua bidang atau departemen tersebut bisa dijalankan, ditangani atau dipantau dalam sebuah perangkat sederhana. Alhasil, semuanya bisa dioperasikan dan dikelola dengan mudah lewat sistem yang terintegrasi dan terpadu. Kemudahan ini merupakan contoh aplikasi ERP di perusahaan.

Keunggulan Menggunakan  ERP System

Dalam bisnis atau menjalankan suatu perusahaan, aplikasi Enterprise dan sistem ERP punya beberapa keuntungan. Berikut diantaranya. 

  1. Memudahkan Proses Kolaborasi. 

Adalah sebuah hal yang menggembirakan jika sebuah perusahaan, bisnis atau organisasi mampu berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini akan sangat menguntungkan baik dari sisi waktu maupun cost yang akan dikeluarkan. 

Dengan penerapan ERP, maka proses-proses yang menyangkut kolaborasi, hubungan antar departemen hingga interaksi dengan klien atau konsumen akan lebih mudah terpantau. Perbaikan, revisi hingga inovasi baru pun akan lebih mudah terlaksana dan perusahaan lebih cepat berkembang. 

  1. Meningkatkan Bisnis

Jika sudah terkelola dengan baik, maka perusahaan Anda dalam trek yang benar untuk menuju ke arah perkembangan yang pesat. Manajemen yang rapi, didukung teknologi informasi dan performa digital yang mumpuni, maka klien pun akan dengan senang hati dan tertarik berinteraksi dengan perusahaan Anda.

  1. Menunjang Perencanaan Bisnis

Perencanaan dalam bisnis dan menjalankan perusahaan adalah salah satu hal yang paling dasar. Dengan perencanaan akurat dan prediksi yang tepat maka strategi bisnis yang disusun akan lebih efektif dan tepat sasaran. 

Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang mampu memberikan data-data pendukung spesifik dan benar. Data-data inilah yang akan jadi dasar pemikiran untuk membuat prediksi dan merancang strategi bisnis selanjutnya. 

Dengan dukungan data akurat, sinkron dan mudah dianalisis, juga berarti memberikan kemudahan untuk merancang suatu perencanaan bisnis yang tepat. Contoh aplikasi perusahaan seperti Enterprise yang dieksekusi dengan baik. 

Aplikasi Enterprise Bagi Human Resource 

Seperti kita ketahui, karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah perusahaan. Kemajuan dan perkembangan perusahaan tidak lepas dari performa dari sumber daya manusianya, alias karyawan-karyawannya. 

Juga menjadi hal yang vital bagi perusahaan untuk membangun sebuah sistem yang menjamin semua karyawan mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Dengan aplikasi untuk ERP System, maka perusahaan akan mampu menjalankan sistem yang terstruktur dengan standar operasional terintegrasi.

Lewat aplikasi ini juga, Anda bisa menggunakannya sebagai Appraisal Management Software atau grading system terpadu. Ini tentu akan memudahkan tim manajemen dalam mengetahui kinerja karyawan.

Dengan sistem yang baik, secara otomatis performa perusahaan akan terus meningkat dan sangat ‘menjual’ di mata konsumen. Selain memotivasi karyawan, juga mengurangi terjadinya kesalahan dan kecurangan yang berpotensi terjadi di sektor human resource. Ini keuntungan sistem ERP dan fungsinya secara umum. 

Selain itu seperti dijelaskan sebelumnya, sistem ERP memudahkan kolaborasi antar divisi. Selain itu sistem canggih ini menyediakan akses cepat akan data yang diperlukan bagi user, vendor, serta partner perusahaan Anda. Dengan keberadaan sistem ini diupayakan terjadi peningkatan respon positif dari pelanggan.

Ada beberapa hal yang bisa jadi hal penting bagi pengembangan human resource dalam sebuah perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi Enterprise dan sistem ERP. 

  1. Data Karyawan

Pertama adalah untuk basis data bagi karyawan. Data-data yang disimpan meliputi keterampilan, pengalaman, latar belakang , hingga daftar pelatihan yang pernah diikuti. 

Dengan memiliki base data yang lengkap, detail, dan akurat, maka departemen SDM dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan untuk menilai kapabilitas karyawan bersangkutan. 

Proses perpindahan dan pengisian pos-pos yang kosong pun dapat dengan efektif dilakukan. Karena pos yang kosong bisa segera diisi oleh karyawan dengan spesifikasi dan kemampuan yang tercatat memiliki kesamaan dengan karyawan yang keluar. 

  1. Performa Harian Karyawan

Selain data kompetensi dan pengalaman masing-masing karyawan, dengan sistem ERP juga mampu memberikan gambaran performa harian dari karyawan di suatu perusahaan. Data yang ditampilkan juga bisa dirangkum dan dianalisis untuk berbagai kebutuhan, contohnya peningkatan jenjang karir. 

Departemen SDM juga dengan mudah bisa memeriksa karyawan yang mengerjakan pekerjaan pada waktu tertentu secara real time. Juga bisa memantau dan memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mendapat jatah pekerjaan. Data yang sama kemudian dapat dimasukkan dalam perencanaan kerja.

Selain itu, data yang terintegrasi dengan data pribadi karyawan juga memungkinkan untuk departemen SDM mendapatkan notifikasi hari-hari spesial bagi karyawan. Contohnya untuk perayaan ulang tahun.  

  1. Reward dan Sanksi 

Pemberian penghargaan akan menjadi semacam motivasi tambahan bagi karyawan dalam menjaga performa kerjanya. Karyawan dengan performa baik, kehadiran harian tinggi dan lainnya akan mudah terpantau dalam sistem ERP. 

Selain itu, pemberlakuan punishment juga diperlukan untuk memberikan efek jera.  Sanksi juga diperlukan demi mempertimbangkan rasa keadilan bagi karyawan lain jika terjadi kesalahan atau kecurangan. 

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa aplikasi Enterprise dan sistem ERP merupakan sebuah sistem aplikasi yang dirancang untuk memudahkan proses-proses bisnis perusahaan. Serta mampu membangun sebuah sistem yang terintegrasi.

Dengan aplikasi penunjang sistem ERP, proses bisnis dalam perusahaan dapat dapat meminimalisir biaya serta penggunaan sumber daya yang mubazir. Selain itu, segenap bidang di perusahaan bisa berjalan secara tepat, efektif dan efisien.

Sistem ERP pun dapat digunakan untuk berbagai bidang dan departemen di perusahaan Anda seperti manajemen, administrasi, keuangan, dan bidang SDM atau human resource. Selain menggunakan aplikasi ERP gratis, juga bisa memanfaatkan aplikasi yang dirancang dengan khusus dengan menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Bisnis atau perusahaan yang mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia usaha saat ini adalah yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi. Tidak hanya itu, melainkan juga selalu berupaya mengejar terobosan-terobosan terbaru. 

Penerapan sistem informasi dan digitalisasi akan sangat menunjang perkembangan usaha Anda di masa kini.

Aplikasi Enterprise untuk Perusahaan Anda

Nah, jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang ERP System dan aplikasi Enterprise, Anda dapat menghubungi GITS.id. Kami bergerak dalam bidang digital agency terutama yang berkaitan dengan IT Consulting.

Layanan kami di GITS.id antara lain pembuatan aplikasi seluler, website, audit aplikasi, serta termasuk dalam penyediaan aplikasi Enterprise dan sebagainya. Anda juga sangat mungkin untuk membuat sebuah corporate super app atau software budgeting yang diperuntukan khusus untuk internal perusahaan Anda.

Kemitraan bersama kami akan membantu perusahaan atau bisnis Anda semakin berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

GITS Tech Talks “Empowering The Future Indonesia Through Cloud Technology: Machine Learning in Business & Strategic Planning

Get a limited offer for free Migration to Google Cloud! and Claim Free $500 GCP Voucher

Penting, Simak Manfaat Aplikasi Enterprise untuk SDM Perusahaan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat antara lain ditandai dengan kian vitalnya teknologi digital dalam berbagai segmen bisnis hingga kehidupan sehari-hari. Ini termasuk...

Software Budgeting Mofin dan Peran Pentingnya dalam Monitoring di ERP

Bagi sebagian orang atau yang baru terjun dalam dunia bisnis, software budgeting mungkin tidak terlalu dipikirkan. Tetapi menurut sebagian besar pakar keuangan,...

GITS Tech Talks: Empowering The Future Indonesia Through Cloud Technology: Level up your system and optimize productivity with GCP

Get a limited offer for free Migration to Google Cloud! Cloud technology is considered one of the innovative technologies...

Aplikasi Enterprise: Sistem Rekrutmen App untuk Perusahaan

Enterprise application (EA) atau aplikasi enterprise adalah sistem perangkat lunak bisnis yang mengatur operasi tertentu. Ada banyak jenis aplikasi...