Aplikasi Enterprise: Sistem Rekrutmen App untuk Perusahaan

Aplikasi Enterprise : Sistem Rekrutmen Berupa App Untuk Perusahaan

Enterprise application (EA) atau aplikasi enterprise adalah sistem perangkat lunak bisnis yang mengatur operasi tertentu.

Ada banyak jenis aplikasi Enterprise yang berbeda, masing-masing berisi seperangkat alat dan fungsi unik untuk melakukan tugas.

Aplikasi enterprise saat ini sangatlah dibutuhkan bagi perusahaan kecil hingga besar demi mengoptimalkan waktu, sumber daya, dan manajemen karyawan melalui otomatisasi.

Sekilas Tentang Aplikasi Enterprise

Teknologi dalam sistem ini, seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin yaitu membuat otomatisasi jauh lebih layak.

Oleh karena itu, Anda harus menemukan secara tepat apa yang dibutuhkan dari aplikasi Enterprise dan bagaimana aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan layanan dan proses bisnis Anda.

Menggabungkan beberapa jenis aplikasi Enterprise dapat menciptakan jaringan solusi dan meningkatkan kemajuan perusahaan.

Selain kinerja aktivitas, aplikasi Enterprise ini juga meningkatkan kualitas dan integritas data dengan merampingkan pertukaran informasi.

Dengan aplikasi Enterprise perusahaan tidak lagi harus menggunakan praktik berbagi data manual, seperti dokumen fisik.

Sebagai gantinya, tim dapat memperbarui anggota dengan informasi waktu nyata (real time) melalui perangkat lunak yang menghemat waktu, energi, dan kertas.

Aplikasi Enterprise untuk Rekrutmen Perusahaan

Selain itu, salah satu bentuk dari aplikasi Enterprise adalah sistem rekrutmen berupa app untuk perusahaan Anda.

Proses perekrutan yang sukses bergantung pada keterampilan, strategi, dan efisiensi teknologi perekrut.

Tanpa ketiga elemen ini, akan sulit untuk mengidentifikasi kandidat yang paling cocok dan mampu berkomunikasi dengan lancar.

Tetapi banyak perusahaan masih mengandalkan cara-cara konvensional dan mengabaikan pentingnya teknologi canggih.

Namun, teknologi dapat membantu Anda memudahkan proses rekrutmen, menjadi lebih akurat dan berdasarkan data.

Selain itu, 68 persen profesional perekrutan mengatakan ada cara terbaik untuk meningkatkan kinerja perekrutan selama lima tahun ke depan. Metode dimaksud adalah dengan berinvestasi dalam sistem rekrutmen berupa app untuk perusahaan.

Aplikasi rekrutmen mencakup semua tahap proses perekrutan dan membantu pemberi kerja dan pencari kerja terhubung pada platform yang mudah dinavigasi.

Alat SDM ini terbilang efisien dalam merampingkan aktivitas dan proses serta menghasilkan peningkatan kualitas.

Orang-orang menggunakannya untuk memposting lowongan pekerjaan, menemukan kandidat yang cocok, dan mencari pekerjaan.

Selain itu, perusahaan dapat menggunakannya untuk semua langkah perekrutan, termasuk melakukan wawancara dan orientasi karyawan.

Aplikasi rekrutmen juga sangat baik untuk era pasca pandemi dan pekerjaan jarak jauh. Pasalnya aplikasi ini memungkinkan profesional SDM menjangkau kandidat di seluruh dunia, bekerja dari mana saja, dan mempercepat kolaborasi.

Dengan demikian, perusahaan Anda dapat meningkatkan pemrosesan data dan membuatnya lebih mudah untuk mengatur file dan menjaganya tetap aman.

Secara umum, sistem rekrutmen berupa app untuk perusahaan memungkinkan Anda untuk membagikan posting pekerjaan di berbagai papan pekerjaan (dasbor). Selanjutnya sistem ini juga mampu mengakses semua lamaran pekerjaan dalam satu dasbor terpusat.

Mengapa Milenial dan Gen-Z Menyukai Aplikasi Rekrutmen

Generasi Milenial (lahir antara 1982 dan 1996) dan Generasi Z (lahir antara 1997 dan 2012) adalah kelompok generasi termuda di tempat kerja. Dengan begitu perusahaan perlu berusaha keras untuk memahami apa yang mereka sukai.

Perekrut juga ingin mengidentifikasi cara menarik pencari kerja muda dan berkomunikasi dengan mereka.

Generasi ini lahir setelah munculnya world wide web atau tumbuh dewasa ketika jaringan media sosial menjadi sangat populer. Jadi bisa dibilang bahwa mereka adalah penduduk asli era digital.

Gen-Z dan Milenial termuda hampir tidak ingat dunia tanpa internet dan memiliki akses ke teknologi tinggi 24/7.

Oleh karena itu, keduanya berhubungan erat dengan peralatan digital dan mungkin sulit membayangkan bekerja di tempat yang tidak menganut teknologi canggih.

Tidak mengherankan jika Milenial dan Gen-Z  menyukai aplikasi rekrutmen.

Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa 46 persen angkatan kerja melamar pekerjaan di perangkat seluler.

Di sisi lain, 85 persen Milenial menggunakan ponsel mereka saat mencari pekerjaan.

Dengan demikian, menarik bagi mereka ketika sebuah perusahaan menggunakan teknologi yang selaras dengan budaya dan nilai-nilainya.

Gen-Z dan Milenial juga memperhatikan perangkat yang digunakan perekrut dan seberapa dalam penguasaan perusahaan akan dunia digital.

Karena itu, mereka lebih tertarik ketika para profesional SDM menggunakan alat rekrutmen modern.

Keunggulan Aplikasi Enterprise untuk Rekrutmen

Bagaimana sistem rekrutmen berupa apps untuk perusahaan meningkatkan proses rekrutmen

Inilah berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang keuntungan dari aplikasi rekrutmen:

1. Jangkau Kandidat dengan Lebih Mudah

Aplikasi rekrutmen memberi Anda akses mudah, di mana pun Anda berada. Oleh karena itu, Anda dapat menganalisis dan menggunakan data kandidat Anda dan berkomunikasi dengan tim kapan saja. Ini tentu saja dengan catatan selama Anda dapat terhubung dengan internet.

Perangkat ini memudahkan Anda dalam menjangkau pelamar kerja di seluruh kota, negara, atau benua.

Dasbor biasanya mudah digunakan dan memungkinkan Anda melakukan berbagai tindakan dalam satu aplikasi terpusat. Dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan banyak program.

2. Pikat Pemirsa Target Anda

Berbasis data adalah salah satu manfaat utama dari sistem rekrutmen berupa apps untuk perusahaan. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk memahami audiens target dengan lebih baik.

Lagipula sebagian besar perusahaan ingin menarik pencari kerja termuda, yaitu Milenial dan Generasi Z.

Kedua kelompok ini menghargai perusahaan yang menggunakan perangkat modern dan memahami kebutuhan mereka.

3. Meningkatkan Produktivitas

Proses rekrutmen tradisional membutuhkan berbagai tugas membosankan yang menghasilkan aktivitas manual.

Namun, aplikasi rekrutmen memungkinkan mereka untuk mempercepat proses perekrutan, mengurangi jumlah tugas yang menuntut, dan menginvestasikan waktu mereka ke dalam aktivitas yang menambah nilai bisnis.

Itu karena alat ini memungkinkan perusahaan untuk merekrut karyawan, menjangkau pemangku kepentingan, atau meningkatkan keterlibatan.

4. Notifikasi Cerdas Membuat Segalanya Lebih Nyaman

Tak dapat dipungkiri banyak profesional HR berpendapat bahwa aplikasi rekrutmen sama dengan banyaknya notifikasi yang mengganggu. Tapi aplikasi ini bisa sangat membantu mereka memastikan perekrut tidak melupakan tugas, rapat, atau acara penting.

5. Aplikasi Rekrutmen Hemat Biaya

Terlepas dari stereotip bahwa aplikasi rekrutmen mahal, alat ini biasanya terjangkau dan memberikan nilai investasi finansial.

Selain itu, banyak vendor menyediakan uji coba atau demo gratis. Fasilitas ini memungkinkan pembeli memahami apakah aplikasi mereka berfungsi untuk mereka.

Develop Aplikasi Enterprise Perusahaan Anda

Salah satu vendor yang memberikan jasa sistem rekrutmen berupa apps untuk perusahaan adalah GITS.ID. Digital agency ini telah sangat berpengalaman dalam bidang IT Consulting dan telah bermitra dengan berbagai korporasi terkemuka.

Layanan GITS.ID meliputi pengembangan aplikasi perusahaan, aplikasi seluler, pengembangan situs web, audit aplikasi, penemuan & pembuatan bersama, dan banyak lagi.

Mengapa memilih kami? Karena GITS.ID membantu perusahaan atau bisnis Anda semakin berkembang dengan bantuan teknologi terkini. Maka tunggu apa lagi? segera konsultasikan kebutuhan Anda dalam mengembangkan aplikasi enterprise terutama untuk sistem rekrutmen berupa aplikasi untuk perusahaan.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286