Aplikasi Konsultasi Dokter Online Mempermudah Konsultasi Virtual di Masa Pandemi

  • Business
  • Aplikasi Konsultasi Dokter Online Mempermudah Konsultasi Virtual di Masa Pandemi
Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Layanan industri kesehatan termasuk salah satu industri yang berkembang dengan sangat pesat hanya dalam jangka waktu beberapa tahun saja. Kini, layanan kesehatan tak hanya dilakukan secara offline tapi juga melalui jalur daring seperti konsultasi dokter online atau membeli obat melalui sebuah aplikasi kesehatan online.

Perkembangan industri kesehatan ini tidak hanya terjadi di belahan dunia lain, namun sudah dapat dilakukan dan gunakan di Indonesia juga.

Semakin banyaknya bentuk pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia menjadi salah satu pertanda kemajuan kedokteran di tanah air. Berbagai macam layanan kesehatan berusaha memberikan pelayanan terbaik yang mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu pelayanan yang paling sering ditemukan adalah konsultasi dokter atau berobat ke dokter.

Berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang sangat lazim dilakukan oleh masyarakat untuk bertukar pendapat mengenai kesehatan dengan dokter pilihan mereka. Biasanya, konsultasi dengan dokter dilakukan dengan cara pasien berkunjung ke rumah sakit untuk bertemu secara tatap muka dengan dokter pilihan. Namun dengan terjadinya pandemi Covid-19 yang dimulai pada tahun 2020, kegiatan berkunjung ke rumah sakit untuk konsultasi secara tatap muka menjadi sulit dan terbatas.

Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Aplikasi konsultasi dokter online adalah salah satu kunci yang bisa digunakan untuk mempermudah masyarakat Indonesia berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit atau klinik. Lalu, bagaimana cara kerja konsultasi dengan dokter secara online ini sendiri?

Konsultasi ini bekerja dengan sistem yang sama seperti jenis konsultasi lainnya seperti mencari jadwal terlebih dahulu dan kemudian membuat janji dengan dokter yang dipilih. Hanya saja konsultasi secara online tentunya membutuhkan platform tersendiri karena konsultasi tidak dilakukan dengan cara bertemu secara langsung. Adanya platform yang dikhususkan untuk konsultasi dokter ini juga akan membantu komunikasi selama konsultasi lebih lancar dan jelas. Ditambah lagi tanpa adanya keperluan untuk bertemu secara langsung, hal ini menghilangkan kesulitan untuk pergi ke rumah sakit yang dibatasi karena pandemi yang tengah melanda dunia.

Keuntungan Memiliki Aplikasi Konsultasi Dokter Bersifat Online

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya aplikasi konsultasi dokter online ini. Dari sisi pemilik beberapa keuntungan yang bisa didapat seperti peningkatan kemudahan pasien mendapat pelayanan kesehatan, kontribusi waktu yang lebih efisien bagi dokter dan pasien, mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan, dan lain-lain.

Pasien juga bisa mendapat banyak manfaat dari hadirnya aplikasi konsultasi ini. Tidak perlu membuang waktu untuk pergi ke rumah sakit, struk, dan resep yang bisa disimpan secara digital dan bisa dilihat kembali kapan saja, dan berkurangnya resiko terpapar virus lain adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh oleh pasien jika Anda membuat konsultasi dokter online untuk layanan kesehatan sendiri.

Aplikasi Konsultasi Dokter Online Mempermudah Konsultasi Virtual di Masa Pandemi

Cara Penggunaan Aplikasi Konsultasi Dokter

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara konsultasi dokter online sangatlah mudah. Pasien membuka fitur konsultasi dokter pada bagian fitur-fitur yang telah tersedia.

Kemudian pasien bisa memilih spesialisasi yang diinginkan, apakah dokter umum atau dokter spesialis tertentu. Akan muncul daftar dokter yang sesuai pilihan sebelumnya. Setelah memilih dokter, pasien bisa melihat pada tanggal berapa dokter tersebut beroperasi sehingga pasien juga dapat mengosongkan waktunya untuk melakukan konsultasi.

Ketika dokter dan waktu sudah ditentukan, pasien hanya tinggal menunggu gilirannya saja untuk berkonsultasi. Biasanya pasien juga akan diberikan nomor antrian konsultasi layaknya ketika di rumah sakit. Jika sudah gilirannya, pasien akan dapat berkonsultasi dengan dokter secara tatap muka online.

Ada pilihan lain yang bisa diberikan selain konsultasi tatap muka secara online, yaitu konsultasi melalui teks. Konsultasi ini juga bisa dilakukan di aplikasi yang sama, hanya bedanya tanpa melihat wajah dan mendengar suara dokter. Konsultasi dilakukan hanya dengan mengirim pesan satu sama lain antara pasien dan dokter terkait keluhan yang dimiliki oleh pasien.

Fitur Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Fitur-fitur tambahan yang bisa menyertai di dalam aplikasi konsultasi dokter online ini ada beberapa macam seperti fitur info layanan kesehatan, fitur apotek, fitur booking dokter. Untuk fitur info layanan kesehatan akan menampilkan informasi lengkap terkait pelayanan yang tersedia di rumah sakit atau klinik tersebut.

Fitur apotek adalah fitur dimana pasien dapat memesan dan membeli obat secara online setelah selesai berobat ke dokter atau ketika obat yang diresepkan sudah habis. Namun, masyarakat umum dapat juga membeli obat melalui apotek online ini tanpa harus berkunjung ke dokter terlebih dahulu.

Sementara itu fitur booking dokter adalah fitur yang digunakan untuk membuat janji temu dengan dokter pilihan pasien. Pada fitur ini pasien dapat melihat jadwal prakter dokter sehingga mereka bisa menentukan waktu konsultasi sendiri tanpa perlu khawatir tidak bisa hadir.

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan, Anda sebagai pemilik layanan kesehatan juga dapat menambahkan fitur sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Dengan adanya aplikasi konsultasi dokter online ini beserta fitur-fiturnya yang disesuaikan, rumah sakit atau klinik dapat meminimalisir biaya pemeliharaan rumah sakit, kunjungan ke rumah sakit untuk berobat, dan lain-lain.

Harga Aplikasi Konsultasi Dokter

Pembuatan aplikasi ini tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Penambahan fitur dan tampilan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisa mempengaruhi berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan kesehatan milik Anda.

Prospek Masa Depan Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Tidak perlu merasa khawatir untuk berinvestasi dengan memiliki aplikasi konsultasi dokter untuk layanan kesehatan Anda karena tentunya aplikasi ini masih dapat terus digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Bersama GITS.ID

Tertarik memiliki aplikasi konsultasi dokter online untuk layanan kesehatan? Segera konsultasikan dengan kami. GITS.ID adalah solusi terbaik untuk Anda karena kami siap menerima permintaan pembuatan aplikasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Kami akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

Sebelumnya, kami membantu Viva Health mencapai lebih banyak pelanggan lewat digitalisasi mereka di website dan aplikasi mobile. Cerita sukses mereka dapat disimak di sini.

Hubungi kami untuk aplikasi terbaik bagi kebutuhan Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States