Aplikasi Rumah Sakit Untuk Kemudahan Berobat di Indonesia

  • Business
  • Aplikasi Rumah Sakit Untuk Kemudahan Berobat di Indonesia
aplikasi rumah sakit

Bagi sebuah rumah sakit, pemanfaatan teknologi informasi memiliki peranan penting. Aplikasi rumah sakit merupakan sebuah prosedur untuk pemrosesan data yang didasarkan pada teknologi informasi dan terintegrasi dengan prosedur manual.

Hasil dari pemrosesan ini adalah sebuah informasi yang efektif dan tepat waktu. Adanya informasi ini sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan di tingkat manajemen. Selain itu aplikasi ini juga memiliki banyak manfaat bagi rumah sakit.

Tujuan dari Aplikasi Rumah Sakit

Aplikasi untuk rumah sakit ini, diciptakan untuk memudahkan rumah sakit dalam menjawab beberapa masalah yang dihadapi. Selain itu, aplikasi juga berguna untuk meningkatkan pelayanan yang efektif, efisien, fleksibel, dan akuntabel. Beberapa tujuan yang didapatkan dari aplikasi ini antara lain:

  • Meningkatkan Kecepatan Transfer Informasi

Kecepatan informasi yang disampaikan ke pasien akan sangat membantu dalam penanganan medis lebih lanjut. Misalnya saja data tentang hasil pemeriksaan yang dibutuhkan untuk melakukan diagnosa penyakit yang diderita.

Adanya aplikasi rumah sakit ini mampu mengirimkan hasil pemeriksaan melalui sistem dengan cepat. Hal-hal lainnya yang berhubungan dengan administrasi rumah sakit juga bisa diproses dengan lebih cepat. Tentu saja hal ini akan lebih meningkatkan mutu pelayanan.

  • Integrasi Sistem Secara Tepat dan Cepat

Adanya teknologi aplikasi secara digital yang tersambung pada perangkat rumah sakit akan menggantikan sistem manual ke digitalisasi. Hasilnya adalah sistem baru akan terbentuk dan dapat dimonitoring serta dijalankan secara terpusat.

  • Peningkatan Akurasi Data

Proses akurasi dengan bantuan aplikasi di rumah sakit berpengaruh pada aktivitas pemeriksaan data transaksi. Data-data tersebut akan lebih terkontrol, sistematis, dan terpusat melalui aplikasi yang sedang dikembangkan.

Dari data-data tersebut, tentunya dapat membantu para dokter maupun tenaga medis lain dalam membuat laporan antar unit dengan baik. Selain itu, data yang diolah menggunakan aplikasi juga mampu mencegah terjadinya duplikasi data.

  • Proses Pelayanan Tidak Terbatas Tempat dan Waktu

Aplikasi sebuah rumah sakit memungkinkan segala akses informasi dan pelayanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Pasien juga bisa mendapatkan penanganan dan perawatan lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi.

Dengan cara ini, maka pasien juga tidak membutuhkan waktu tunggu yang lebih lama saat menyelesaikan administrasi di rumah sakit. Hal ini berlaku baik untuk pelayanan rawat jalan maupun rawat inap.

  • Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kerja

Penggunaan aplikasi dalam pekerjaan sehari-hari akan sangat meningkatkan kinerja dokter dan pegawai lainnya menjadi lebih efektif dan efisien. Pelaksanaan tata kelola administrasi menjadi lebih baik, terpusat, dan terarah.

Adanya aplikasi juga dapat menghindari double akses akan permintaan dan pemeriksaan laboratorium jika dibandingkan ketika masih menggunakan kertas. Hasil dari semua pemeriksaan juga lebih cepat terdistribusi dan bersifat paperless.

  • Memudahkan Proses Pelaporan Data

Aplikasi yang berbasis teknologi komputerisasi ini mampu memangkas durasi waktu pengerjaan sebuah laporan menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan begitu, para dokter dan tenaga medis lainnya dapat menggunakannya untuk menangani pasien lebih profesional.

Mengapa Penting Memiliki Aplikasi Rumah Sakit

Operasional sebuah rumah sakit tentu harus dijalankan dengan baik. Bukan hanya dari sisi pelayanan namun juga administrasinya. Penggunaan kertas atau administrasi secara manual lebih banyak menimbulkan waktu tunggu yang relatif lebih lama.

Solusi dari permasalahan administrasi manual tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi rumah sakit. Dalam aplikasi tersebut terdapat banyak menu atau fitur yang dapat digunakan untuk membantu proses administrasi baik medis maupun non medis secara cepat dan lengkap.

Penggunaan aplikasi juga memungkinkan semua data terekam dengan baik. Tidak ada lagi data yang hilang atau tidak dapat ditemukan. Anda tinggal mencari pada aplikasi dan bisa dibuka kembali sewaktu-waktu. Beberapa alasan penting kenapa rumah sakit membutuhkan aplikasi ini antara lain:

  • Membantu dalam mengatur sistem rumah sakit yang terintegrasi dengan baik.
  • Sebagai basis data serta acuan pengambilan keputusan di sebuah rumah sakit.
  • Menentukan kualitas dan kelancaran proses kinerja agar lebih transparan.
aplikasi rumah sakit

Keuntungan yang Diperoleh Dari Aplikasi Rumah Sakit

Sebuah sistem dikembangkan untuk membantu proses kinerja rumah sakit menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kualitas pelayanan juga dapat diukur dari tepat dan cepatnya pelayanan. Hampir semua rumah sakit menggunakan aplikasi dalam operasionalnya. Keuntungan dari penggunaan aplikasi ini adalah:

  • Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas

Dengan adanya aplikasi ini, tugas-tugas dapat ditangani dengan lebih cepat tanpa memerlukan banyak waktu dan tenaga. Pelayanan kepada pasien juga secara otomatis akan lebih efektif, sebab rumah sakit lebih mudah dalam mencari data dan riwayat pemeriksaan pasien.

Semua data pasien akan tersimpan dalam database rumah sakit, sehingga ketika diperlukan dapat dibuka kembali dengan cepat. Data-data tersebut tetap akan tersimpan hingga waktu yang lama, jadi tidak perlu khawatir apabila data akan hilang.

  • Terintegrasi Semua Bagian Secara Otomatis

Bagian-bagian dari rumah sakit yang terintegrasi secara otomatis misalnya, bagian klinis, administrasi, teknis, dan keuangan. Bagian-bagian ini adalah bagian yang membantu dalam pengelolaan dan pemantauan data aktivitas rumah sakit.

  • Memudahkan Proses Anggaran

Sistem yang telah terintegrasi tersebut, akan memudahkan pihak rumah sakit untuk melakukan analisa dan pengambilan kebijakan. Salah satunya adalah tentang budgeting rumah sakit. Penganggaran dapat direncanakan dengan lebih mudah, akurat, dan cepat.

  • Memudahkan Penyusunan Laporan Kinerja

Penyusunan laporan kinerja baik untuk medis maupun non medis, dapat langsung diambil dari aplikasi tersebut. Sistem ini mampu untuk melihat data dan juga informasi aktivitas rumah sakit secara realtime.

  • Memudahkan Perhitungan Stok Obat

Untuk bagian gudang atau apotek, aplikasi ini akan membantu untuk memudahkan dalam menghitung persediaan obat dan alat kesehatan lainnya. Anda tidak perlu menghitung secara manual, namun stok akan terlihat otomatis pada sistem.

Tipe Aplikasi Rumah Sakit

Apabila Anda amati, dalam pelaksanaannya aplikasi untuk rumah sakit dapat terdiri dari dua tipe. Pertama adalah tipe desktop yang terpasang di komputer masing-masing bagian, serta tipe android atau ios yang bisa di akses di smartphone.

Untuk tipe aplikasi rumah sakit gratis berbasis android dan ios memang tidak menunjukkan keseluruhan fitur rumah sakit. Hanya fitur untuk pengunjung atau pasien saja yang ditunjukkan. Misalnya saja jadwal dokter, pendaftaran online, antrian, tindakan, dan lainnya.

Fitur yang Terdapat Di Dalam Aplikasi Rumah Sakit

Pada dasarnya fitur-fitur yang terdapat dalam masing-masing aplikasi di rumah sakit akan berbeda-beda. Apabila dilihat secara umum, fitur utama yang ditampilkan dalam sebuah aplikasi rumah sakit online antara lain:

  • Modul Pelayanan
  • Farmasi
  • Modul Gizi
  • Modul Fisioterapi
  • Modul Radiologi
  • Modul Billing dan Tindakan
  • Modul Kasir
  • Modul Pelaporan
  • Master Data

Kisaran Harga Aplikasi Rumah Sakit

Mengembangkan sebuah aplikasi apalagi untuk database rumah sakit membutuhkan dana yang cukup besar. Alasannya adalah tingkat kerumitan dan banyaknya fitur yang ditampilkan, serta desain yang digunakan akan berpengaruh pada harga.

Kelebihannya adalah aplikasi ini masih dapat dikembangkan terus ke depannya nanti. Jadi ketika Anda ingin menambahkan fitur atau modul dalam aplikasi tersebut, maka bisa dilakukan tanpa membuat aplikasi baru.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Bersama GITS.ID

Anda bisa mengembangkan aplikasi rumah sakit ini dengan menggunakan jasa dari GITS.ID. Sebuah perusahaan aplikasi rumah sakit developer yang terpercaya dan memiliki kualitas aplikasi terbaik. Diskusikan rencana aplikasi yang diinginkan dengan tim developer yang ada.

GITS.ID juga bekerja sama dengan Viva untuk mengembangkan aplikasi kesehatan milik mereka, Viva Apotek.

Hubungi GITS.ID sekarang untuk aplikasi rumah sakit Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States