Customer Engagement Management Platform untuk Bisnis

  • Business
  • Customer Engagement Management Platform untuk Bisnis
Customer Engagement Management Platform untuk Bisnis

Konsumen adalah sebuah aspek yang harus jadi prioritas oleh sebuah perusahaan. Terkait dengan hal ini, customer engagement tentunya penting dalam hal membangun hubungan yang menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Sehingga, customer engagement management platform juga jadi hal yang utama.

Dalam era digital yang semakin maju, customer engagement harus semakin diperhatikan sebab pelanggan memiliki akses yang lebih mudah untuk mencari informasi tentang produk dan layanan serta membandingkan merek yang berbeda. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu terlibat secara aktif dengan pelanggan untuk membangun kepercayaan, loyalitas, dan hubungan jangka panjang yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Mari kita bahas lebih jauh soal customer engagement management platform pada pembahasan berikut.

Pengertian Customer Engagement

Sebelum membahas lebih jauh mengenai customer engagement management platform, ada baiknya untuk Anda pahami apa sebenarnya customer engagement. Tentunya pemahaman terkait definisi customer engagement ini menjadi sebuah dasar yang sangat penting dalam mengambil langkah selanjutnya.

Bisa kita katakan, customer engagement adalah suatu proses interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Yang mana hal ini bertujuan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dan terjalin kuat antara kedua belah pihak tersebut.

Customer engagement melibatkan berbagai tindakan untuk mempertahankan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, termasuk mengumpulkan umpan balik, memberikan pelayanan yang memuaskan, memberikan informasi tentang produk dan layanan, mempromosikan merek, dan lain sebagainya.

Perusahaan perlu menggunakan customer engagement management platform untuk memudahkan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, sehingga pelanggan pun akan semakin loyal.

Anda juga bisa menganalisa data pelanggan dan mengetahui cara kerja tools-tools pendukung pada halaman berikut ini Customer Data Analysis: Pengertian, Tipe, dan Cara Kerja.

Fungsi Customer Engagement Bagi Bisnis Perusahaan

Untuk menghubungkan fungsi customer engagement dengan perangkat lunak digital, maka kita dapat memanfaatkan customer engagement management platform. Yang mana, fungsi pada tools ini adalah mempermudah perusahaan agar dapat memantau berbagai hal yang berkaitan dengan kepuasan, ketidakpuasan, dan berbagai informasi terkait produk.

Sebagaimana bersumber dari Zendesk, customer engagement management platform ini adalah sebuah perangkat lunak yang membantu perusahaan melakukan pengelolaan, membuat analisis, serta melakukan optimalisasi customer journey

Untuk operasionalnya sendiri bisa perusahaan lakukan secara otomatis. Seperti dengan mengirim pesan yang terpersonalisasi kepada pelanggan pada berbagai platform atau perangkat.

Alat keterlibatan pelanggan dapat membuat merek menghubungkan semua data pelanggan mereka di satu tempat dan memberikan pengalaman yang sangat personal bagi pelanggan.

Lebih jauh, customer engagement management platform memiliki tujuan utama untuk membangun kepercayaan, loyalitas, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Tentunya, dengan pelibatan konsumen yang dilakukan secara aktif dengan pelanggan, perusahaan bisa melakukan identifikasi terkait dengan apa saja kebutuhan mereka serta memberikan solusi yang sekiranya bisa memuaskan dan sesuai.

Dalam jangka panjang, tentunya hal tersebut bisa membuat citra dari suatu brand atau merek bisa semakin konsumen percaya seiring dengan kepuasan pelanggan yang juga senantiasa meningkat.

Pentingnya Customer Engagement Management Platform

Tentunya, ada berbagai hal yang mendasari terkait dengan seberapa pentingnya customer engagement management platform ini. Beberapa dari hal tersebut sudah artikel ini singgung, namun masih ada lagi berbagai hal yang jadi landasan terkait dengan penggunaan platform ini.

Berikut adalah beberapa poin terkait dengan seberapa pentingnnya customer engagement management platform yang memberikan berbagai dampak positif untuk perusahaan : 

1. Terjalinnya Hubungan dengan Konsumen Menjadi Lebih Baik

Jangan menganggap kalau hubungan konsumen bukanlah hal yang penting. Sebab, karena merekalah yang menjadi tulang punggung dari keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan. Memang, teknologi digital bisa membuat Anda mendapatkan konsumen lebih luas, tetapi mempertahankannya tentu jadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, lakukanlah sebuah komunikasi yang terjalin dengan rutin kepada pelanggan. Hal ini perlu diterapkan di berbagai platform sebagai keterlibatan mereka dalam rangka hubungan baik. Pikirkan pula terkait dengan bagaimana membangun strategi keterlibatan yang baik dengan konsumen tersebut.

2. Membuat Pelanggan Semakin Loyal

Dengan Anda membuat sebuah hubungan yang baik, maka secara perlahan Anda juga menciptakan sebuah loyalitas dari konsumen. Mereka akan senang bila Anda bisa memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan senantiasa mendengarkan berbagai masukan dari konsumen. 

Pelanggan yang merasa puas dengan pengalaman yang diberikan oleh perusahaan akan lebih cenderung untuk tetap menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Membuat Penjualan Semakin Meningkat

Berbagai komunikasi dan hal yang bersifat umpan balik antara konsumen dan perusahaan juga dapat memberikan pengaruh terhadap penjualan produk. 

Sebagaimana mengutip dari outreach.io, dengan Anda yang memiliki basis pelanggan setia, Anda dapat dengan mudah mempromosikan dan menjual produk dengan fitur tambahan. Secara umum, penjualan barang atau produk baru kepada pelanggan yang sudah ada dan loyal lebih mudah daripada mencari pelanggan baru. 

Faktanya, kemungkinan menjual ke prospek baru hanya 5-20%, tetapi kemungkinan menjual ke pelanggan yang sudah ada adalah 60-70%. Sangat menguntungkan bukan?

4. Membuka Peluang untuk Pelanggan Baru

Masih berkaitan dengan penjualan, pelanggan baru yang potensial akan bisa hadir dengan Anda yang memanfaatkan customer engagement management platform dengan baik.

Pelanggan yang puas dengan pengalaman yang diberikan oleh perusahaan dapat membantu untuk memperoleh pelanggan baru. Mereka akan bisa mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada orang lain. Sehingga membantu perusahaan untuk memperluas pangsa pasarnya.

Fitur Customer Engagement Management Platform

Berikut adalah beberapa fitur dari customer engagement management platform

  • Interaksi Pelanggan: Perusahaan bisa berinteraksi dengan berbagai saluran seperti email, pesan teks, obrolan langsung, atau media sosial.
  • Analisis Data Pelanggan: Platform bisa membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Jadi, hal ini dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan sesuai.
  • Otomasi Pemasaran: Perusahaan bisa terbantu dengan otomasi beberapa tugas pemasaran, seperti pengiriman email, penjadwalan konten media sosial, dan lainnya.
  • Manajemen Hubungan Pelanggan: Terdapat tools untuk melacak interaksi dan riwayat pelanggan. Sehingga perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.
  • Personalisasi Konten: Perusahaan dapat mempersonalisasi konten pemasaran dan pengalaman pelanggan untuk setiap pelanggan secara individual.
  • Analisis Kinerja: Berbagai analisis juga bisa dilakukan. Misalnya menganalisis kinerja kampanye pemasaran, mengidentifikasi peluang untuk perbaikan, dan meningkatkan ROI pemasaran.

Solusi untuk Membuat Customer Engagement Management Platform

Sebagai solusi untuk segala hal tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan GITS.id untuk membangun relasi dengan audiens secara lebih luas dan optimal.

Kami telah menangani lebih dari 100 klien, baik itu dari pemerintah, perusahaan, perusahaan luar negeri dan multinasional.

Dalam hal ini, kami juga sudah bekerjasama dengan TapTalk, sebuah perusahaan teknologi yang memberikan layanan komunikasi untuk berbagai bisnis. Yang mana, platform ini merupakan omnichannel business messaging.

Komunikasi yang baik dengan platform yang mendukung tentunya akan membuat relasi dengan konsumen tetap terjaga. Solusi yang kami tawarkan adalah sebuah pilihan untuk membantu perusahaan atau bisnis Anda semakin berkembang. 

Dengan berbagai manfaat yang akan perusahaan dapatkan, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan customer engagement management platform sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Raih keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang dan capai dengan lebih cepat. Dapatkan platformnya sekarang juga! GITS.id akan membantu Anda menentukan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States