Flutter Developer Outsource untuk Cross Platform App Development

Cross Platform App Development dengan Flutter Developer Outsource

Membuat aplikasi dengan desain yang menarik di berbagai platform yang ada kini menjadi semakin mudah dilakukan. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan Flutter. Flutter memang banyak digunakan dalam pembuatan mobile app untuk sejumlah perusahaan besar. Development ini pun ditangani oleh para flutter developer.

Flutter merupakan jenis framework tertentu yang dipakai untuk membantu developer dalam membuat aplikasi mobile multiplatform. Maka tak heran jika sudah banyak developer app yang tertarik dalam penggunaan Flutter.

Pengertian Flutter Development

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Flutter adalah sebuah platform yang dipakai oleh para developer dalam membuat aplikasi multiplatform hanya dengan menggunakan satu basis coding saja.

Aplikasi yang dihasilkan pun bisa digunakan di beragam platform seperti Android, web, IOS, dan sebagainya.

Ada dua komponen penting di dalam Flutter yaitu framework user interface dan Software Development Kit atau yang disingkat dengan SDK. Berikut penjelasan dua komponen tersebut selengkapnya:

  • SDK adalah kumpulan tools yang fungsinya adalah untuk membuat sebuah aplikasi yang bisa dijalankan di berbagai platform.
  • Framework UI merupakan sebuah komponen UI misalnya navigasi, teks, tombol, dan sebagainya, yang masih bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Tak hanya itu saja, tapi Flutter juga merupakan sebuah platform gratis dan juga open source. Apabila ingin menggunakan Flutter maka Anda harus mempelajari bahasa pemrograman Dart.

Tidak sama dengan framework front-end secara umum yang biasanya menggunakan JavaScript dalam bahasa pemrogramannya. Flutter sudah dikembangkan sejak tahun 2015 lalu oleh Google tapi popularitasnya mulai meningkat di tahun 2019 dan mulai bermunculanlah Flutter Developer.

Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter

Seiring berkembangnya pemakaian Smartphone saat ini maka semakin meningkat juga kebutuhan masyarakat pada aplikasi. Dalam memenuhi kebutuhan ini maka jasa pengembang aplikasi harus mengetahui dengan tepat teknologi mana yang paling cocok diterapkan di aplikasi mobile tersebut.

Berikut ini sejumlah teknologi pengembangan aplikasi yang populer dan banyak digunakan dengan cross-platform app development yang sesuai:

1. Cross-Platform

Merupakan cara pengembangan suatu aplikasi hanya dengan memakai satu basis kode saja yang akan diimplementasikan pada lebih dari satu platform.

Cross-Platform ini juga akan dikompilasi dengan menggunakan proses rendering dan memakai native engine hingga performa pada aplikasi tersebut berkualitas Native. Teknologi cross-platform yang ada saat ini diantaranya yaitu:

· Flutter

Adalah sebuah teknologi yang telah dikembangkan oleh Google sejak tahun 2015 dan mulai dirilis di tahun 2018. Teknologi ini telah menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Keunggulan dari Flutter terdapat pada fitur hot reloadnya yang juga bisa mempercepat fase pengembangan di dalamnya. Selain itu, Flutter memiliki akses yang fungsional dan juga library di setiap perangkat dan OSnya.

Pada setiap projectnya Flutter juga bisa diintegrasikan dengan menggunakan teknologi Native baik di IOS maupun Android.

Walaupun Flutter ini masih terbilang baru dibanding teknologi cross-platform lainnya, tapi kini sudah mulai dikenal oleh developer di sejumlah komunitas. Selain itu, Flutter juga bisa digunakan untuk pengembangan web aplikasi. Hal ini menjadikan Flutter developer tidak hanya dapat membuat aplikasi untuk mobile app saja namun juga untuk aplikasi dalam web.

· Xamarin

Sebuah perusahaan software yang telah diakuisisi serta dirilis oleh Microsoft di tahun 2011 adalah Xamarin yang telah menggunakan teknologi .Net Framework dan juga Microsoft Audio Visual.

Perusahaan ini juga memiliki lingkungan pengembangan yang komplit dalam membuat aplikasi web, mobile, serta desktop.

Tren popularitas Flutter dan Xamarin ini sedang meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan aplikasi, dengan kualitas yang kurang lebih sama dengan Native.

2. Hybrid

Sama halnya dengan teknologi cross-platform, Hybrid juga merupakan salah satu cara pengembangan aplikasi yang menggunakan satu basis kode saja yang akan diimplementasikan ke lebih dari satu buah platform.

Hybrid app development juga telah menggunakan teknologi web dalam proses renderingnya, sedangkan untuk cara membungkusnya telah menggunakan container native. Bahasa pemrograman yang telah digunakan pada Hybrid adalah JS, HTML5, dan CSS.

Jika dilihat dari segi biayanya, Hybrid memang terbilang unggul dengan tingkat kesulitan yang cenderung rendah. Tapi performa aplikasinya lebih baik dari Native dan telah mempunyai limitasi akses pada library dan juga fungsionalitas perangkatnya.

Cross Platform App Development dengan Flutter Developer Outsource

Keunggulan Framework Flutter

Simak sejumlah kelebihan dan keunggulan Flutter dan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Pengembangan Aplikasinya Mudah dan Cepat

Alasan utama mengapa Anda harus menggunakan Flutter adalah banyaknya fitur yang akan membantu proses pengembangan menjadi lebih cepat dan juga mudah. Flutter juga telah menyediakan user interface widgets yang juga sudah dikembangkan Google.

Pengembangannya pun telah menggunakan kualitas codingnya yang tinggi. Widgets tersebut juga bisa dikustomisasi dengan mudah dan tak harus menulis coding lagi dari awal.

Selain itu Flutter juga telah mempunyai fitur Hot Reloads yang mampu menunjukkan hasil coding dengan sangat cepat. Sehingga Anda bisa melakukan eksperimen dengan memperbaiki bug lebih cepat dan menambahkan fiturnya. Hal ini juga memberikan banyak kemudahan pada developer yang memilih menjadi seorang flutter developer.

2. Memiliki Performa Seperti Aplikasi Native

Meskipun aplikasi yang satu ini sifatnya multi performa, tapi hasil performa aplikasinya tidak kalah dengan kualitas pada aplikasi Native. Flutter juga telah mengkombinasikan mesin render dan kode aplikasi Native yang canggih.

Maka hasilnya pun masih bisa tampil dengan baik di berbagai platform yang ada saat ini. Bukan hanya tampilan desainnya saja yang menarik tapi loading data, performa untuk transisi, hingga scrollingnya tetap optimal di sejumlah platform.

Tak hanya menyediakan aplikasi yang performanya maksimal saja tapi Flutter juga sering sekali membagikan tips dan juga trik supaya developer bisa membuat aplikasi yang lebih ringan.

3. Memiliki Custom User Interface yang Menarik

Flutter juga memudahkan developer ketika membuat suatu aplikasi dan menawarkan tampilan user interfacenya dengan desain yang menarik.

Manfaatkan juga koleksi widget untuk tampilan seperti navigasi, style tema, layout, animasi, sampai pengaturan pada tampilan scrollingnya. Hal menarik lainnya dari widget adalah bisa mengkustomisasi sesuai kebutuhan.

Maka Flutter developer bisa membuat tampilan aplikasi yang mudah tapi juga unik.

Outsourcing Flutter Developer GITS.ID

Apabila perusahaan Anda ingin membuat aplikasi dengan flutter, tapi tidak memiliki sumber daya yang memungkinkan, tidak perlu khawatir karena sekarang telah banyak outsource flutter developer. Salah satu perusahaan jasa pengembangan aplikasi yang juga bergerak dalam bidang teknologi informasi yang dapat dipercaya hingga saat ini adalah GITS.id. Tak hanya menggunakan platform aplikasi yang tepat dengan bahasa pemrograman yang mudah saja.

Tapi perusahaan Anda juga harus memilih perusahaan jasa pengembang yang terbaik. GITS terbukti sudah mengembangkan beragam aplikasi untuk para perusahaan besar dan ternama di Indonesia. Pengembangan aplikasi mobile untuk digital marketing adalah salah satu peran utama GITS.

Sebagai outsourcing app developer terbaik, GITS mampu membantu perusahaan Anda dalam menggunakan teknologi yang akan membantu meningkatkan nilai marketing di dalamnya. GITS juga terus berkembang dengan beragam inovasi baru sambil mengikuti perkembangan teknologi.

Tim di GITS.ID adalah sejumlah individu muda yang memiliki passionate dengan inovasinya yang tinggi dalam industri aplikasi mobile. Mobile application development services dengan cross-ptalform Flutter pun bisa dilakukan oleh perusahaan jasa yang satu ini dengan hasil optimal.

Sebagai digital agency di bidang IT Consulting, GITS.ID juga akan membantu perusahaan Anda dalam memanfaatkan Flutter Development dan flutter developer untuk pengembangan perusahaan secara digital.

Tidak perlu ragu menghubungi tim kami untuk berdiskusi mengenai outsource flutter developer. Terlebih lagi, Anda juga dapat membaca success story client kami seperti JRku yang lahir dari hasil kolaborasi antara GITS.ID dan Jasa Raharja.

Outsource Flutter Developer untuk Proyek Perusahaan Anda Sekarang

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286