Pentingnya Customer Data Platform bagi Peritel

customer data platform retailer

Salah satu upaya digitalisasi yang perlu dilakukan oleh bisnis retail adalah mengintegrasikan data pelanggan. Ini sangat penting untuk mengenali lebih dalam tentang perilaku, transaksi, dan demografi pelanggan.

Untuk memudahkan proses tersebut, hadir sistem bernama Customer Data Platform (CDP). Dengan sistem ini, Anda dapat mengelola data secara lebih efisien dan sangat menguntungkan. 

Belum paham dengan apa itu CDP dan manfaatnya untuk usaha ritel? Simak ulasannya berikut ini. 

Tantangan dan Perkembangan Bisnis Retail “Customer-Centric Retailing

Memasuki era digital, pelaku usaha ritel berhadapan dengan tantangan terbesarnya, yaitu beradaptasi dengan konsumen.

Menurut Hubspot, saat ini konsumen memang memiliki power yang lebih kuat daripada penjual. Oleh karena itu, suka atau tidak, para pengusaha ritel harus mengikutinya.

Konsep ritel yang berpusat pada pelanggan (customer-centric retailing) adalah solusi terbaik. Maksudnya, Anda harus mengetahui apa keinginan dan kebutuhan konsumen secara mendalam.

Apalagi, konsumen zaman sekarang maunya serba instan. Mereka menginginkan produk dengan cepat, terpersonalisasi, dan mendapatkan pengalaman terbaik dari semua prosesnya.

Bahkan Anda mungkin pernah mendengar keinginan konsumen yang lebih merepotkan daripada itu. Bagaimanapun, kini solusinya ada di depan mata, yaitu CDP.

Itulah pentingnya pemanfaatan data pelanggan dengan platform CDP bagi usaha ritel.

Definisi dan Manfaat Customer Data Platform

Customer data platform (CDP) adalah sebuah sistem terpadu yang mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber terpercaya. Umumnya mencakup data perilaku, transaksi, dan demografi.

CDP akan menyusun data-data tersebut secara real-time di jaringan awan seperti Google Cloud. Kemudian sistem lain akan dapat mengaksesnya untuk mengambil profil pelanggan dari sumber terpusat. 

Dari mana data tersebut didapatkan?

Sistem GDP akan mencatat jejak pelanggan dari aktivitas mereka di internet. Contohnya ketika mengisi formulir online, media sosial, penelusuran di e-commerce, transaksi, dan sebagainya.

Apa saja manfaat yang didapat dari kumpulan data-data terpadu tersebut?

Manfaat Customer Data Platform untuk Usaha Retail

Kumpulan data terpusat yang dapat diakses oleh sistem lainnya menawarkan keuntungan besar bagi usaha ritel. Beberapa manfaat CDP antara lain sebagai berikut:

1. Dapat Memahami Pelanggan Lebih Dalam

Sistem CDP menangkap aktivitas mikro pelanggan sehingga Anda dapat memberikan rekomendasi yang mendekati akurat.

Informasi ini tercatat secara real-time dari interaksi yang terjadi secara online maupun offline. Katakanlah Anda memiliki toko fisik dan juga online.

Informasi dari sumber-sumber terpercaya tersebut, kemudian akan mengarahkan Anda pada manajemen hubungan pelanggan yang paling tepat.

2. Tidak Perlu Berurusan dengan Data Silo

Data silo bersifat terbatas sehingga seringkali membuat pertumbuhan sebuah bisnis terhambat.

Customer Data Platform memberikan solusi atas hal tersebut. Tidak ada lagi data yang terisolasi, sehingga Anda dapat melakukan personalisasi. 

Langkah pengolahan dan analisa data pelanggan dengan CDP jauh lebih efisien.

3. Membuat Bisnis Jadi Lebih Kompetitif

Seperti dikatakan di awal, konsumen zaman sekarang ingin mendapatkan pengalaman terbaik. Dalam hal ini, CDP dapat mendukung hal tersebut.

Sebuah studi oleh Forbes mengatakan bahwa customer data memang sangat menentukan pengambilan keputusan untuk membuat sebuah kampanye.

Dengan CDP, bisnis retail jadi dapat beradaptasi lebih cepat ketika terjadi perubahan di pasar atau pada preferensi pelanggan.

Kemudahan itulah yang membuat bisnis atau perusahaan menjadi lebih kompetitif.

4. Menghemat Biaya Operasional dan Waktu

Efisiensi pengolahan data adalah fokus utama dari konsep platform data pelanggan ini. Lebih hemat biaya dan yang pasti sangat efisien waktu.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak sumber daya untuk mengumpulkan profil pelanggan dari berbagai titik.

Justru Sebaliknya, CDP memungkinkan Anda dapat mengakses data terpusat dari berbagai sistem dan perangkat berbeda. Cukup melakukan konfigurasi dari pusat data, lalu semuanya akan mengikuti.

Bagaimana Meningkatkan Revenue Bisnis dengan Customer Data Platform

Tim pemasaran harus menganalisis data dari pelanggan untuk bisa melayani mereka dengan lebih baik. Contoh upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan revenue bisnis Anda dengan CDP misalnya:

  • Mencari tahu platform iklan mana yang lebih efektif untuk menghasilkan konversi.
  • Melakukan personalisasi berdasarkan tindakan pelanggan di situs atau aplikasi toko online Anda.
  • Mengakses CDP untuk menjawab pertanyaan spesifik yang ingin diketahui pelanggan melalui live chat.
  • Memberikan reward untuk konsumen di momen tertentu, misalnya pada hari ulang tahunnya.
  • Memberikan voucher khusus untuk pelanggan yang sudah lama tidak aktif.
  • Membuat segmentasi pelanggan berdasarkan demografinya untuk memasarkan produk tertentu.
  • Mengubah data menjadi sebuah konten yang akan disukai oleh pelanggan.

Tentunya masih banyak lagi strategi lainnya sesuai dengan karakter dan kebutuhan usaha Anda. Sekarang, apakah Anda siap menjadi ritel yang customer-centric dengan CDP?

GITS.id Penyedia Jasa Pembuatan Customer Data Platform

Setelah mengetahui alasan mengapa Customer Data Platform diperlukan, saatnya Anda mulai bergerak. Pilih penyedia jasa pembuatan CDP yang terpercaya seperti GITS.id.

GITS.id akan membantu Anda membangun sistem CDP terpadu dengan memanfaatkan teknologi modern Google Cloud. 

Berbekal pengalaman selama 12 tahun di industri dan menjadi partner resmi dari Google Cloud Platform, GITS.id akan memberikan pelayanan terbaik.

Menurut CEO GITS.id, Ray Rizaldy, Google Cloud saat ini merupakan solusi terbaik untuk mengoperasikan bisnis secara lebih efisien. 

Infrastruktur yang modern dalam pengolahan data adalah kunci untuk menciptakan bisnis yang kompetitif.

Untuk mendapatkan layanan pembuatan Customer Data Platform, Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan solusi terbaik membangun sistem yang dapat meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan bisnis ritel Anda.

Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286