Dapatkan Update Terkini Soal Virus Corona lewat Aplikasi Mobile KawalCOVID19


Wabah COVID-19 kini menjadi perhatian dunia. Virus Corona di manusia yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina, sekarang telah menyebar ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Pada 1 Maret 2020, sehari sebelum pengumuman adanya kasus positif COVID-19 di Indonesia, sekelompok relawan menginisiasi KawalCOVID19.

KawalCOVID19 ini didasari kekhawatiran akan kesimpangsiuran informasi bagi masyarakat. Beberapa praktisi teknologi informasi dan relawan lainnya berinisiatif membuat KawalCOVID19 dalam berbagai bentuk, salah satunya berupa aplikasi KawalCOVID19 yang bisa diunduh gratis di http://kcov.id/app.

 

Relawan Pengembang Aplikasi Mobile KawalCOVID19

Aplikasi ini dikembangkan oleh relawan yang sebagian besar dari GITS Indonesia, perusahaan IT consultant di kota Bandung dan Jakarta. Tim ini terdiri atas salah satu founder GITS Indonesia, Chief Technology Officer, hingga developer-nya.

Teknologi yang dipilih untuk mengembangkan aplikasi ini adalah Flutter. Flutter memungkinkan satu aplikasi yang dihasilkan bisa digunakan di ponsel berbasis Android maupun iOS sekaligus.

 

Konten Esensial dari Aplikasi Mobile KawalCOVID19

Beberapa Contoh Halaman di Aplikasi Mobile KawalCOVID19

Di aplikasi KawalCOVID19 terdapat fitur-fitur penting yang sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi terkini dan terpercaya terkait pandemi COVID-19. Fitur tersebut berisi hal esensial yang dibawa oleh relawan KawalCOVID19, yakni:

1.Informasi

Hasil kurasi dan analisis informasi yang beredar. Yang ditampilkan di sini adalah fakta dan bukan sekadar asumsi atau opini.

2. Verifikasi

Di antara masyarakat, tak hanya berita benar yang beredar. Ada pula hoaks atau berita salah. Hal yang hoaks bisa menimbulkan kepanikan atau bahkan membahayakan. KawalCOVID19 melakukan klarifikasi terhadapnya serta penjelasan yang lugas.

3. Edukasi

Lewat konten-konten artikel maupun infografik, ada tips-tips untuk masyarakat. Seperti do and don’t dalam social distancing, panduan membersihkan rumah, juga bagaimana anak belajar dan bermain di rumah saat sekolah diliburkan.

 

Tempat Mengakses Informasi Terkini tentang COVID-19

Selain di aplikasi mobile, kita juga bisa mendapatkan informasi terpercaya yang update mengenai penyebaran virus Corona di website serta akun-akun sosial media KawalCOVID19.

Facebook: fb.me/KawalCOVID19

Twitter: @KawalCOVID19

 

Mari, jaga diri kita dari orang lain dan jaga orang lain dari diri kita. Semoga virus Corona tidak semakin menyebar dan pandemi COVID-19 segera berakhir.


admin1
GITS Indonesia menyediakan solusi IT bagi perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Implementasi REST API di iOS Development menggunakan Alamofire dan SwiftyJSON

iOS Development – Tentang REST API Bagi seorang developer, mungkin sudah tidak asing lagi...

GITS Expert Talks: How to Build a Learning Organization

In 1995, Peter Senge coined the term of a Learning Organization. He defines it as a company that facilitates learning of its...

GITS Webinar: How to Build UI UX Portfolio that Stand Out

Apa saja yang harus disiapkan UI/UX designer dalam membuat portfolio? Setelah kamu membuat UI design, lalu bagaimana cara mendokumentasikan...

12 Pelajaran dalam GITS 12 Tahun

GITS genap berumur 12 tahun pada 13 September ini. Ini juga tandanya saya sudah 2 tahun lebih 1...

Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer loyalty program atau program loyalitas kepada pelanggan adalah tentang bagaimana menghargai pelanggan. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan yang...