Database Modernization Services untuk Kemajuan Perusahaan

  • Business
  • Database Modernization Services untuk Kemajuan Perusahaan
Database Modernization Services untuk Kemajuan Perusahaan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata juga memiliki keterkaitan bagi sebuah bisnis. Setiap perusahaan harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang semakin canggih. Misalnya saja database modernization services.

Memodernisasi database memiliki tujuan agar lebih mudah untuk dikelola dan pastinya aman bagi sebuah perusahaan. Selain tentang database management, Modernisasi database juga dapat membuat experience bagi pengguna menjadi semakin baik.

Inti dari modernisasi data adalah membuat perusahaan menjadi lebih inovatif. Selain itu, menjadikan data sebagai suatu hal yang penting bagi seluruh orang yang ada di dalam perusahaan.

Apa Itu Database Modernization

Seperti namanya yaitu memodernisasi, database modernization adalah sebuah upaya atau proses untuk bisa memindahkan data dari database tradisional menuju database berbasis cloud. Dengan begitu, data perusahaan Anda menjadi lebih aman, scalable, dan mudah dikelola.

Database tradisional dianggap sudah tidak lagi bisa memberikan support yang baik terhadap operasional suatu perusahaan. Karena hal itu, memodernisasi database menjadi solusi karena dapat membantu pekerjaan sebuah perusahaan menjadi lebih baik daripada sistem lama.

Daya tarik modernisasi database adalah arsitekturnya yang modern. Strategi pengolahan data yang tepat akan membuat setiap orang dapat melayani sendiri data yang diperlukan. Selain itu, teknologi ini dapat mengambil keputusan untuk bisnis.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sebuah perusahaan kini menginginkan model analitik yang dapat mengelola data secara otomatis. Monetisasi data bisa menjadi menghasilkan informasi tentang customer, efisiensi kegiatan operasional, dan hal lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Mengapa Database Modernization Sangat Penting?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa teknologi kini semakin canggih. Dan karena hal itu, perusahaan harus terus berupaya untuk bisa survive di dunia yang serba cepat saat ini. Dan salah satu caranya adalah dengan memodernisasi database management perusahaan Anda.

Selain tentang percepatan teknologi dan keharusan beradaptasi, menghadapi tren cloud juga menjadi alasan mengapa database modernization menjadi sangat penting. Pasalnya, sudah banyak perusahaan yang sudah mulai mengimplementasikan sistem cloud pada database mereka.

Kemudian dengan sistem cloud yang ada, perusahaan Anda bisa mempercepat waktu pemasaran, pengoptimalan manajemen, dan pastinya keamanan yang terjamin.

Apa Peran Cloud dalam Modernisasi Data?

Dengan teknologi data berbasis cloud memberikan beberapa hal yang tidak bisa database tradisional berikan kepada Anda. Perusahaan akan bisa mengekstrak lebih banyak nilai dari data yang ada.

Elastisitas merupakan salah satu peran dari modernisasi data dengan cloud. Teknologi ini dapat dengan mudah beradaptasi dengan permintaan dan melakukan penyesuaian untuk bisa menghemat biaya.

Kemudian, biasanya advanced tooling bisa perusahaan Anda gunakan tanpa harus membeli lisensi tambahan. Maka dari itu, modernisasi data akan menjadi efisien dengan kemampuan platform cloud yang optimal.

Manfaat Utama Database Modernization 

Tidak mungkin pengembangan suatu teknologi tidak memiliki suatu benefit atau manfaat. Pasalnya, tujuan utama dibuatnya suatu teknologi untuk bisa membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah.

Maka dari itu, berikut kami paparkan beberapa manfaat yang bisa perusahaan Anda dapatkan dengan modernisasi database.

  1. Processing Data Menjadi Lebih Efisien

Untuk bisa menggunakan data menjadi informasi membutuhkan kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah data tersebut secara efisien. Modernisasi data akan membantu perusahaan untuk menganalisis suatu data tanpa membutuhkan waktu yang panjang.

  1. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Anda

Modernisasi ini akan menggabungkan keahlian yang dimiliki oleh mesin dan juga fungsionalitas Artificial Intelligence atau AI. Dengan begitu, peningkatan efisiensi dan produktivitas sudah pasti akan Anda rasakan pada pengelolaan database Anda.

Selain itu, dengan menggunakan teknologi ini dapat menghindari human error atau kesalahan yang manusia buat ketika mengeksekusi data. Dengan begitu, kualitas data yang Anda miliki sudah pasti semakin baik.

Kemampuan mengolah data dari komputer akan memberikan ruang bagi perusahaan Anda untuk fokus pada hal lain dan mengembangkan perusahaan.

  1. Aksesibilitas

Di era seperti saat ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan work from home atau menerapkan sistem hybrid working atau bekerja dari mana saja. Untuk mengadaptasi sistem ini, perusahaan Anda mengharuskan untuk bisa mengakses data dari manapun karyawan berada.

Modernisasi Data akan meningkatkan aksesibilitas terhadap data sehingga orang-orang mampu mengakses data dari manapun. Selain itu, visibilitas terhadap data sensitif juga bisa dilakukan agar tidak diakses oleh sembarang orang.

  1. Mengurangi Total Cost of Ownership

Total Cost of Ownership atau TCO adalah sebuah perkiraan terhadap semua biaya perusahaan. Baik biaya langsung, biaya operasional, atau tidak langsung berkaitan dengan aset teknologi perusahaan. Manfaat dari TCO adalah untuk bisa menentukan value dari sebuah produk atau sistem perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, TCO juga menjadi sebuah metodologi yang menghitung semua biaya mengenai software, hardware, dan training penggunaan alat-alat tersebut. Dengan begitu dibutuhkan biaya yang cukup besar dalam prosesnya.

Maka dari itu, memodernisasi database bisa menjadi solusi bagi perusahaan Anda. Pasalnya, memigrasikan data ke cloud mampu mengurangi biaya operasional. Kemudian, terdapat fleksibilitas untuk disesuaikan dengan permintaan yang ada.

Karena berkurangnya pengeluaran untuk operasional, biaya tersebut dapat Anda alihkan untuk pengembangan lainnya bagi perusahaan.

  1. Pertumbuhan Bisnis Menjadi Stabil

Karena singkatnya waktu processing data, database yang handal, dan rendahnya TCO, perusahaan Anda akan menjadi lebih stabil. Selain itu, akan tercipta ekosistem data perusahaan yang andal dan wawasan yang luas di dalam perusahaan Anda.

  1. Real Time Availability

Menggunakan database tradisional tentu membutuhkan beberapa waktu dalam memprosesnya. Bahkan terkadang memiliki beberapa error terhadap database seperti downtime pada layanan.

Dengan database modern, Anda bisa mengakses data secara real time dan minim kesalahan. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri dalam memutuskan tindakan seperti mengambil keputusan dan optimalisasi sumber daya.

Selain itu, uptime yang terjamin akan membuat Anda terhindar dari perbaikan downtime yang cukup mahal.

  1. Memiliki Daya Analitik Terhadap Data

Hanya data yang berhasil dikumpulkan dan diolah yang mampu memberikan sebuah informasi. Pengolahan dan tindak analisis yang dilakukan komputer akan menjadi kunci kesuksesan dan membuat unggul perusahaan.

Daya analitik ini juga akan berdampak terhadap pengambilan suatu keputusan. Modernisasi akan memberikan akses yang sesuai dengan demokratisasi data. Dengan begitu, akan tercipta lingkungan yang mampu berkolaborasi, berinovasi, dan sharing knowledge.

Modernisasi data sudah pasti akan membantu berjalannya perusahaan. Apalagi dengan kemampuan dan kualitas data yang diberikan. Anda bisa membangun perusahaan menjadi semakin baik dengan pemangkasan biaya operasional.

Bagaimana Cara Melakukan Database Modernization

Modernisasi basis data mencakup tiga hal. Pertama adalah refactoring aplikasi untuk bisa mengurangi beban yang ada di database. Kedua, rehosting. Tujuannya adalah untuk mengurangi overhead operasional dengan meningkatkan agility.  Lalu yang terakhir adalah re-platform untuk mengurangi biaya lisensi.

Jika perusahaan Anda ingin melakukan database modernization, Anda bisa membicarakannya dengan GITS.id melalui layanan kami yang bernama Data and Design Service. Dengan bantuan kami, data perusaahaan Anda akan dapat lebih mudah diakses dan dipahami.

Selain DDS, kami juga memiliki banyak servis lainnya seperti Google Workspace, Mobile dan Website Development, hingga budgeting software.

Tunggu apalagi?

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States