Digital Economy untuk Mendukung Tujuan Development yang Berkelanjutan

  • Business
  • Digital Economy untuk Mendukung Tujuan Development yang Berkelanjutan
Digital Economy untuk Mendukung Tujuan Development yang Berkelanjutan

Perkembangan teknologi digital di Indonesia saat ini sangat pesat. Dimana masyarakat sudah beralih ke ruang digital setelah adanya pandemi covid-19. Pemerintah pun memanfaatkan teknologi digital untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Meskipun masyarakat sudah beralih ke ruang digital secara perlahan. Namun tetap saja kesenjangan digital tetap ada. Salah satu alasannya bisa dilihat dari belum meratanya konektivitas jaringan. Sehingga pemerintah akan melakukan kolaborasi antara G20 dengan PBB.

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Kemajuan teknologi digital saat ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berbagai studi pun menyatakan bahwa peluang ekonomi digital di Indonesia masih terbuka lebar.

Hal ini didukung dengan sejumlah faktor, seperti Indonesia memiliki total penduduk terbesar ke-4 di dunia, jumlah penduduk usia produktif lebih dari 191 juta (70,7%), ditambah dengan adanya generasi Z sebesar 75,49 juta orang (27,94%), dan generasi milenial mencapai 69,90 juta orang (25,27%).

Semua faktor tersebut sangat mendukung terciptanya ekonomi digital untuk masa depan Indonesia maju di tahun 2045. Nilai transaksi digital economy di Indonesia pun diprediksi mencapai USD 124 miliar (Rp1.700 triliun) pada tahun 2025.

Jumlah pengguna ponsel di Indonesia saat ini sangatlah besar hingga mencapai 345,3 juta orang (125,6%) dengan penetrasi internet sebesar 73,7% dan trafik internet yang mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 15-20% pada tahun 2020.

Salah satu sektor yang berpotensi dalam ekonomi digital yaitu sektor keuangan atau industri perbankan yang mengandalkan TIK sebagai pelayanan kepada nasabahnya. Layanan tersebut seperti sms banking, mobile banking (m-banking), dan internet banking (i-banking).

Bahkan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut mendukung perkembangan ekonomi digital yang dimulai dari dengan membangun infrastruktur hingga memberikan akses pendanaan. Pemerintah juga menyarankan agar pihak BUMN bisa membangun digital platform di berbagai bagian dan produk layanan.

Contoh Sustainable Development Goals Untuk Bangsa

Apakah Anda pernah mendengar istilah Sustainable Development Goals?

Atau mungkin lebih mengenal istilah pendahulunya yaitu Millenium Development Sustainable. Kedua istilah ini berfokus untuk mengatasi permasalahan di dunia.

Istilah SDGs ini diartikan sebagai suatu rencana aksi global yang telah disepakati oleh pemimpin di dunia dengan berfokus untuk mengakhiri permasalahan di dunia seperti kemiskinan, kelaparan, mengurangi kesenjangan sosial ekonomi maupun melindungi lingkungan.

Sustainable Development Goals atau SDGs berupaya penting untuk mengakhiri kemiskinan agar bisa dilakukan bersama dengan upaya strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menerapkan langkah kebijakan sosial melalui kebutuhan sosial dan menerapkan langkah kebijakan untuk mengatasi perubahan iklim dan keamanan lingkungan.

Dalam upayanya mensukseskan berbagai program SDGs yang telah ada, pemerintah tetap membutuhkan peran anak muda agar program tersebut dapat direalisasikan untuk bangsa Indonesia. Beberapa contoh dan program SDGs di Indonesia diantaranya:

·        Tanpa kemiskinan

·        Tanpa kelaparan

·        Kehidupan sehat dan sejahtera

·        Pendidikan berkualitas

·        Kesetaraan gender

·        Air bersih dan sanitasi layak

·        Energi bersih dan terjangkau

·        Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi

·        Industri, inovasi dan infrastruktur

·        Berkurangnya kesenjangan

·        Kota dan komunitas berkelanjutan

·        Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

·        Penanganan perubahan iklim

·        Ekosistem laut

·        Ekosistem daratan

·        Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh

·        Kemitraan untuk mencapai tujuan

Berbagai program SDGs di atas diharapkan dapat berjalan dengan baik di Indonesia. Apabila pemerintah bisa merealisasikan semua program SDGs tersebut, hal ini dapat berdampak baik pada ekonomi di Indonesia.

Ekonomi Digital yang Mampu Menuju Development yang Sustained

Ekonomi digital adalah suatu aktivitas ekonomi yang memanfaatkan jaringan internet setiap harinya. Dengan adanya ekonomi digital dapat selaras dengan tujuan Indonesia yang akan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Dimana Indonesia akan memanfaatkan para pelaku lokal dan produk lokal untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar yang ada di dunia.

Apalagi jika Anda ketahui bahwa indonesia saat ini menjadi negara incaran dan tujuan investasi digital paling populer di Asia Tenggara. Indonesia mewakili 40% digitalisasi di Asia Tenggara dengan nilai sebesar 300 triliun.

Hal ini tentu menjadi awal yang baik untuk mengembangan ekonomi digital dalam membangun SDGs. Dalam perkembangannya pun, terdapat beberapa sektor ekonomi digital di Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat yakni:

On Demand Service

Suatu layanan yang diberikan sesuai dengan permintaan dari pelanggan misalnya layanan transportasi online, pemesanan makanan online, jasa akomodasi, jasa kurir dan logistik. Berbagai on demand service yang telah berkembang pesat di Indonesia yaitu:

·        Go-Jek

·        Grab

·        OYO

·        Go-Food

·        Traveloka

·        Ruang Guru

·        Halodoc

Financial Technology

Sebuah teknologi keuangan yang menggabungkan antara teknologi dengan sistem keuangan. financial technology di Indonesia yang berkembang saat ini seperti payment, P2P lending, crowdfounding, dan insurtech.

Adapun beberapa financial technology yang sudah dikenal luas di Indonesia yaitu:

·        LinkAja

·        OVO

·        Modalku

·        Kitabisa.com

E-commerce

Merupakan suatu proses untuk menjual dan membeli produk apapun oleh konsumen dari perusahaan ke perusahaan dengan melalui perantara komputer yakni, memanfaatkan jaringan internet. Adapun e-commerce yang sudah berkembang pesat di Indonesia yaitu:

·        Shopee

·        Blibli

·        Tokopedia

·        Bukalapak

·        Lazada

Dengan adanya e-commerce akan memberikan peluang yang besar kepada para pelaku UMKM untuk memperlebar sayapnya dalam menjual produk-produk lokal. Sehingga produk Indonesia bisa bersaing dengan produk luar.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui adanya pengembangan UMKM pada e-commerce. Sehingga ekonomi digital di Indonesia dapat berkembang pesat dan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Peran Pemerintah dalam Mewujudkan Digital Economy yang Mensupport Sustainable Development Goals

Untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), pemerintah mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia melalui inisiatif transformasi digital.

Sehingga, disini pemerintah sangat berperan penting dalam mewujudkan SDGs dengan memanfaatkan teknologi digital. Meskipun masyarakat telah beralih ke ruang digital secara drastis di masa pandemi, namun kesenjangan masih tetap ada.

Hal ini disebabkan karena belum meratanya koneksi atau jaringan, kurangnya literasi, dan kompetensi yang baik dalam memanfaatkan teknologi secara produktif, serta belum tercapainya konsensus global pada regulasi data. Indonesia pun mendorong untuk berkolaborasi secara global

Chair Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia menyatakan bahwa Indonesia menggaris bawahi akan pentingnya penguatan upaya kolaboratif antara G20 dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain itu, pada masa pandemi pemerintah telah menetapkan akan terus mendorong pembangunan berkelanjutan salah satunya pada UU Cipta Kerja dimana pemerintah akan mendorong kemudahan berusaha dengan tetap mengedepankan aspek keberlanjutan atau kelestarian lingkungan.

Apalagi bagi perusahaan BUMN yang sudah berhasil membangun ekosistem digital dalam usahanya tentu dapat mewujudkan Sustainable Development Goals.

Adanya teknologi digital seperti aplikasi, website, dan lainnya bisa menjadi tools bagi perusahaan Anda untuk maju dan memperluas pemasaran ke pasar internasional. Bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai BUMN tentu peran teknologi digital sangat dibutuhkan.

Apabila website milik perusahaan Anda ingin dikembangkan lebih maju, jangan ragu untuk menghubungi GITS.id karena kami siap melayani kebutuhan Anda.

Kami menawarkan berbagai macam layanan seperti digital consultancy, application modernization, cloud managed service, data and machine learning, serta digital workspace. Tidak ketinggalan, kami juga memiliki servis berupa software untuk budgeting bernama Mofin dimana Anda dapat melakukan request demo terlebih dahulu.

Tunggu apalagi, Hubungi GITS sekarang juga melalui form di bawah ini!

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0812-4589-1200

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States