Beragam Fitur Aplikasi Kesehatan Terbaik Untuk Layanan Kesehatan Anda

  • Business
  • Beragam Fitur Aplikasi Kesehatan Terbaik Untuk Layanan Kesehatan Anda
Keuntungan Aplikasi Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia

Sebuah aplikasi kesehatan sangat dibutuhkan saat era pandemi seperti sekarang ini. Pasalnya untuk penyakit yang tidak begitu berat maka Anda disarankan untuk di rumah saja dan menggunakan fitur aplikasi kesehatan untuk pengobatan.

Bukan sembarang pengobatan, Anda tetap bisa melakukan konsultasi dengan dokter di rumah sakit tanpa perlu tatap muka atau secara online. Saat Anda membutuhkan kunjungan ke rumah sakit pun bisa melihat terlebih dahulu situasi melalui aplikasi kesehatan.

Informasi Mengenai Pentingnya Aplikasi Kesehatan

Aplikasi kesehatan yang ada di luar sana pastinya memiliki sebuah manfaat untuk masyarakat luas. Sebuah aplikasi yang bisa membuat proses pengobatan terasa sangat efisien meskipun tanpa bertemu langsung dengan dokter.

Fungsi penting dari aplikasi kesehatan ini yang masih dapat Anda rasakan, yaitu:

  • Sebuah akses edukasi dan informasi mengenai kesehatan untuk meningkatkan pemahaman dan tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan.
  • Dimanfaatkan untuk bisa melakukan diagnosa awal untuk memberikan bantuan pertama ketika mengalami sakit.
  • Booking dokter serta informasi rumah sakit dan tempat pelayanan medis lainnya agar bisa membuat jadwal kunjungan dengan mudah secara online.
  • Support pasien yang bisa digunakan dalam memeriksa kondisi sehingga seperti asisten virtual yang mampu melakukan penjadwalan check up.

Dengan aplikasi kesehatan yang memiliki keunggulan seperti di atas maka Anda bisa merasakan adanya terobosan canggih pada industri kesehatan. Selain itu, aplikasi kesehatan saat ini tidak hanya untuk pengobatan saja namun juga akan membantu dalam hal hidup sehat.

Informasi kesehatan dan edukasi kepedulian masyarakat akan menambah wawasan sehingga dalam hal hidup sehat akan terasa lebih mudah.

Fitur Aplikasi Kesehatan yang Bisa Dimiliki Oleh Layanan Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Para pengguna pasti mencari aplikasi kesehatan yang memiliki fitur-fitur bermanfaat sesuai dengan kebutuhannya. Memang setiap aplikasi telemedicine memiliki fitur tersendiri namun tetap saja harus menghadirkan fitur yang dinanti-nantikan oleh masyarakat.

Anda bisa mendapatkan beberapa fitur unggulan dan umum terdapat pada fitur aplikasi kesehatan, yaitu:

  • Booking Dokter Online

Fitur yang sangat bermanfaat adalah saat Anda bisa melakukan booking dokter secara online. Biasanya hal ini akan memudahkan pengguna tanpa harus melakukan reservasi langsung ke rumah sakit dan menghemat ongkos.

Selain itu, Anda bisa menentukan sendiri kapan jadwal yang akan Anda pilih dengan sesuka hati. Jika fitur ini dilengkapi dengan adanya merubah jadwal booking online akan memudahkan reschedule jadwal saat ada keperluan lainnya.

  • Konsultasi Dokter Online

Konsultasi secara online saat ini sedang marak dilakukan oleh pengguna smartphone melalui fitur aplikasi kesehatan. Fitur ini biasa digunakan untuk keperluan diagnosa awal suatu penyakit apakah memerlukan booking dokter untuk pemeriksaan langsung atau tidak.

Selain mendapatkan jawaban yang cepat, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan cara live chat dengan dokter spesialis yang Anda inginkan. Namun, tetap saja saat melakukan konsultasi Anda harus menyiapkan dana jika sewaktu-waktu harus membayar biaya konsultasi.

  • Beli Obat Online

Untuk obat yang tidak memerlukan sebuah pantauan dokter dapat Anda beli secara online. Pastinya sebelum mengonsumsi obat tersebut Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Fitur ini memang sedikit berbahaya jika digunakan tanpa rekomendasi dokter karena bisa saja pengguna sembarangan minum obat yang bukan untuk penyakitnya. Oleh sebab itu, fitur beli obat online harus tetap dibatasi penggunaannya atas rekomendasi dari dokter.

  • Cek List Dokter

Biasanya ada dokter yang memang menyediakan layanan konsultasi gratis dan ada yang berbayar. Dengan fitur cek list dokter maka Anda bisa memilih mana dokter yang ingin Anda minta pendapatnya mengenai kesehatan Anda.

Akan ada banyak dokter spesialis di dalam aplikasi kesehatan seperti spesialis anak, obgyn, andrologi, penyakit dalam, kulit dan kelamin, urologi, dan masih banyak lagi.

  • Lokasi Rumah Sakit

Bisa saja untuk aplikasi kesehatan ini dimiliki oleh sebuah perusahaan yang memang bergerak di fasilitas kesehatan sehingga memiliki fitur lokasi rumah sakit. Untuk fitur ini bisa dihubungkan dengan navigasi sehingga memudahkan integrasi dengan GPS.

  • Informasi Pelayanan

Pelayanan yang diberikan kepada para pengguna atau pasien bisa diinformasikan terlebih dahulu melalui aplikasi. Bisa dihubungkan langsung dengan rumah sakit atau memberikan informasi mengenai nomor telepon atau layanan online dari masing-masing rumah sakit.

Jika seperti jam buka, jadwal dokter, jadwal operasi, IGD, dan lainnya bisa diberikan langsung di dalam aplikasi sehingga sebelum berangkat ke rumah sakit pengguna sudah memahami terlebih dahulu.

  • Berita Kesehatan Terbaru

Berita kesehatan yang update akan membuat aplikasi kesehatan menjadi sangat lengkap. Selain itu, dalam kondisi seperti ini memang membutuhkan sebuah berita yang terbaru agar mengetahui bagaimana kondisi di luaran yang memang ada virus COVID-19.

  • Blog

Isi dari blog yang ada di dalam aplikasi kesehatan pastinya berisi mengenai artikel kesehatan yang berfungsi sebagai edukasi kepada pengguna. Berbagai macam penyakit dan kesehatan tertentu akan bisa Anda dapatkan sehingga wawasan kesehatan semakin luas.

Untuk tema blog bisa seputar penyakit dan penanganannya, gejala penyakit, penyebab, dan bisa diberikan artikel seputar tips kesehatan untuk hidup sehat.

  • Patient Story

Cerita dari pasien maka bisa membuat para pengguna semakin yakin pada dokter atau layanan kesehatan tertentu. Semakin bagus review dari pasien maka bisa dikatakan bahwa dokter atau layanan tersebut terpercaya.

Selain itu, untuk patient story bisa didapatkan melalui review yang dilakukan pada saat setelah mendapatkan konsultasi dokter secara online. Kemudian dari review tersebut didapatkan sebuah polling atau bintang penilaian untuk dokter dan layanan kesehatan yang digunakan secara online.

  • Fitur Olahraga

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk berolahraga yaitu gym, deteksi jogging, dan masih banyak lainnya seperti aplikasi kesehatan yang dikhususkan untuk berolahraga. Kami membahas mengenai platform tracking kesehatan yang bisa anda simak pada link berikut “Tracking Sport Activity, Pantau Kesehatan Anda dengan Health Management Platform“.

Aplikasi Kesehatan yang Disukai Oleh Masyarakat

Saat perusahaan Anda ingin membuat aplikasi kesehatan yang berguna untuk masyarakat maka bisa memperhatikan beberapa poin aplikasi yang disukai. Bukan sesuatu yang mustahil perusahaan Anda memiliki aplikasi atau layanan berbasis web yang akan viral nantinya.

Poin pentingnya untuk aplikasi yang disukai untuk di download oleh masyarakat yaitu:

  • Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone.
  • User interface sederhana sehingga mudah menggunakannya tidak memerlukan sebuah pengalaman atau keahlian khusus.
  • Tampilan memiliki tema yang sangat sederhana dengan warna yang tidak kontras dan membuatnya nyaman dilihat.
  • Tata letak fitur yang mudah dicari untuk memudahkan pengguna mencari fitur yang diinginkan.
  • Terintegrasi langsung dengan layanan di rumah sakit.
  • Memiliki sebuah layanan yang bisa terhubung dengan BPJS sehingga saat berobat bisa langsung menggunakannya.

Dan masih banyak lagi poin yang bisa dikembangkan agar aplikasi banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini tergantung dengan fitur aplikasi kesehatan yang ingin dibuat oleh masing-masing fasilitas kesehatan.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Kesehatan Bersama GITS.ID

Jika perusahaan Anda membutuhkan sebuah jasa layanan membuat aplikasi maka bisa menggunakan GITS.ID sehingga dapat dengan mudah merasakan aplikasi kesehatan yang berkualitas.

Kami juga bekerja sama dengan Viva Health dalam pengembangan aplikasi kesehatan mereka yaitu Viva Apotek.

Hubungi GITS.ID sekarang juga

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States