Business Fitur Google Workspace (Recording Gmeet, Peserta Gmail dan Lain-Lain)

Fitur Google Workspace (Recording Gmeet, Peserta Gmail dan Lain-Lain)

Fitur Google Workspace sangat memungkinkan produktivitas Anda dalam dunia kerja. Kehadiran mode pembaharuan dari G Suite ini memang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan dan bisnis orang-orang yang berada di dalamnya.

Produk Google ini dapat digunakan oleh tiap-tiap individu maupun tim dalam menjalankan suatu pekerjaan, khususnya dalam mencukupi kebutuhan harian. Dengan Google Workspace, maka tim bisa jauh lebih terkoneksi dan melakukan kolaborasi dengan jauh lebih baik lagi.

Pengertian Google Workspace

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa Google Workspace merupakan evolusi atau bentuk lanjutan dari G Suite. Umumnya mereka merasa penasaran mengingat produk ini mampu memberikan penawaran fitur yang luar biasa canggih.

Pada mulanya produk Google ini bernama Google Apps for Your Domain. Lalu, namanya diganti menjadi Google Apps. Lalu, pada tahun 2016 berganti nama menjadi G Suite. Sampai pada akhirnya Google ingin kembali mengganti nama tersebut karena memiliki konsep ruang kerja yang mengalami pembaharuan.

Google Workspace merupakan nama baru dari G Suite. Produk Google ini bisa dipakai untuk kepentingan bisnis agar lebih optimal lagi. Karena dapat dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka tim kerja akan lebih maksimal dalam melakukan kolaborasi.

Kompaknya tim tentu akan membuat pekerjaan semakin optimal. Ini akan sangat berpengaruh pada produktivitas tim nantinya. Tujuan bisnis tidak mustahil akan tercapai dengan mudah dan cepat. Ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Fitur Google Workspace

Persis seperti G Suite, Google Workspace juga memberikan sejumlah fitur mutakhir yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas kerja tim dengan baik. Hampir semua tools atau fitur yang tersedia pada Google Workspace dapat digunakan secara gratis.

1. Gmail

Gmail merupakan layanan surat elektronik yang dimiliki oleh Google. Dengan Gmail maka orang-orang dapat berkirim surat elektronik menggunakan jaringan internet. Ini adalah layanan Google yang mampu memberikan kapasitas penyimpanan mencapai 1 GB untuk setiap pengguna.

2. Google Meet

Pengertian Google Meet adalah solusi untuk terbaik bagi Anda yang ingin melakukan video konferensi tingkat perusahaan secara mudah dan cepat. Satu akun Google bisa membuat rapat online dengan jumlah peserta Google Meet mencapai 100 orang dengan durasi rapat mencapai 60 menit. Untuk plan tertentu, meeting Anda juga dapat direkam (video recording meet) untuk kemudian dibagikan dengan internal tim atau pihak lain yang dirasa perlu.

3. Calendar

Setelah mengetahui App Google Meet, maka Anda juga perlu tahu fitur Calendar. Agar jalannya rapat dapat berjalan dengan baik dan tidak terlambat, maka Anda perlu menjadwalkannya dengan baik dengan Google Calendar. Pemanfaatan fitur ini dengan baik mampu menunjang kinerja tim lebih optimal lagi.

4. Chat and Rooms

Fitur G Suite (kini Google Workspace) ini memungkinkan Anda untuk dapat mengobrol bersama kolega atau rekan kerja dengan baik dan tentunya sangat aman. Di samping itu, fitur ini juga bisa dipakai untuk saling berkirim file, memberikan reminder Calendar dan sebagainya.

5. Drive

Drive atau Google Storage dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam file dalam ukuran besar. Anda juga dapat mengundang pengguna lain untuk berbagi file dalam Drive dengan praktis. Bahkan Anda diperkenankan untuk memberikan izin kepada pengguna lain untuk mengedit file tersebut.

6. Docs

Docs merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat dokumen atau data berupa kata. Fungsinya tidak jauh berbeda dari Word. Hanya saja lewat Docs, Anda bisa berbagi file tersebut dengan mudah dan mengizinkan pengguna lain untuk ikut mengeditnya.

7. Sheets

Jika Docs merupakan fitur pengolah kata, maka Sheets adalah fitur yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Sama halnya seperti Docs, Anda juga dapat mengizinkan pengguna lain untuk mengeditnya dengan praktis.

8. Slides

Slides sangat memungkinkan Anda untuk membuat presentasi yang bagus dengan pilihan tema beragam. Selain itu, dengan mode penyimpanan otomatis, maka Anda tidak perlu khawatir lagi file tidak akan tersimpan ketika lupa. Semuanya termasuk ke dalam Google Security.

9. Forms

Untuk membuat survei maupun membuat formulir pendaftaran kerja, maka Forms sangat berguna. Bahkan belakangan ini fitur Forms jauh lebih banyak digunakan untuk urusan pendidikan di berbagai instansi.

10.  Keep

Google Keep dapat dipakai untuk membuat daftar kegiatan, mulai dari keperluan belanja sampai kebutuhan lainnya. Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengubah foto menjadi tulisan atau catatan lainnya dengan mudah.

11.  Currents

Currents menjadi fitur diskusi yang diluncurkan oleh Google. Fitur ini akan memberikan pembaharuan informasi apa yang tengah trending saat ini setiap tiga puluh menit sekali. Tentu saja akan membuat Anda tidak ketinggalan update.

Google Workspace Apps Lainnya

Bukan hanya fitur utama saja, Akan tetapi Google Workspace juga menyediakan penawaran tools atau fitur tambahan lainnya. Fitur-fitur tambahan tersebut tentu mampu menyempurnakan fitur utama Google Workspace. Apalagi setelah Anda mengetahui cara recording Google Meet untuk hasil terbaik.

1. Jamboard

Jamboard adalah papan tulis virtual yang begitu mudah dihapus menggunakan tangan serta mampu menjadi media untuk bertukar ide tertentu dengan orang lain. Anda hanya bisa menggunakan Jamboard ketika tampilan Google Meet sedang berlangsung melalui komputer.

2. Groups and Groups for Business

Ini merupakan fitur canggih yang memudahkan komunikasi Anda dengan rekan sesama bisnis. Fitur ini mencakup daftar email serta akses manajemen yang praktis. Fitur tambahan ini akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Ini juga dikenal sebagai Google Mail Business.

3. Cloud Search/Cloud Google Drive

Fitur Cloud Search sangat memungkinkan Anda untuk dapat melakukan penelusuran seluruh data perusahaan dengan cepat. Misalnya, Docs, Sheets, Slides, foto, video, Google Meet lisensi maupun data-data lainnya yang memang dibutuhkan.

4. Vault

Vault merupakan alat eDiscovery atau tata kelola informasi dari pihak Google Workspace. Lewat Vault, kamu bisa menyimpan, membekukan, melakukan penelusuran maupun eksplor data Google Workspace kepada pengguna.

5. Voice

Fitur Voice merupakan sistem telepon virtual yang dapat digunakan pengguna Google Workspace. Menariknya, Voice juga bisa melakukan penyimpanan, memproses serta mempertahankan riwayat panggilan yang dibuat.

6. Apps Script

Google Workspace Apps Script mampu mendukung pengguna agar lebih berfokus kepada hal-hal penting untuk pengoptimalan Google Workspace. Selain itu, fitur ini juga bisa menciptakan integrasi yang sangat bagus demi kelancaran penggunaan Google Workspace.

7. Classroom

Google Classroom belakangan ini memang banyak digunakan berbagai instansi pendidikan. Fitur ini akan mempermudah guru dan murid untuk mengadakan kelas secara online. Terutama di masa seperti ini, fitur ini begitu sangat bermanfaat.

Dapatkan Manfaat Fitur Google Workspace untuk Tim Mudah dengan GITS.ID

Untuk mendapatkan berbagai macam fitur terbaik dari Google Workspace, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa cloud terbaik di Indonesia masa kini. Pilihlah penyedia jasa yang sudah dikenal sebagai mitra Google. Sebagai rekomendasi adalah GITS.ID.

GITS.ID merupakan penyedia jasa cloud Indonesia yang juga menjadi partner langsung Google. GITS Indonesia akan membantu Anda mencukupi semua kebutuhan terkait layanan cloud dari Google dan sega hal yang berkaitan dengan Google Workspace.

Jika Anda ingin segera mendapatkan fitur Google Workspace secara optimal, maka bisa langsung menghubungi GITS.ID. Kami pastikan Anda akan memperoleh layanan prima, terutama yang berkaitan dengan Google Workspace.


Dapatkan Harga Terbaik Google Workspace untuk Perusahaan Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian...

IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus...

Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud...

Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk...

Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan...