G Suite Business vs Google Workspace Business Standard

G Suite Business ke Google Workspace Business Standard

Google selalu mengadakan perubahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi penggunanya. Salah satu perubahan itu tertuang dalam G Suite Business dan Google Workspace Business. Bila masih bingung terkait G Suite Business vs Google Workspace Business Standard, mari simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian G Suite Business dan Google Workspace Business Standard

Google Workspace Business merupakan nama baru dari G Suite Business. Popularitas dan basis pengguna tools Google ini memang sudah tidak perlu diragukan. Keduanya sama-sama menjadi milik perusahaan Google dan berisi alat produktivitas untuk mendukung bisnis di seluruh dunia.

Bila dilihat kembali, pertama kali Google membantu para pebisnis pemula lewat Google Apps for Your Domain yang diluncurkan tahun 2006 silam. Lalu, namanya diganti menjadi G Suite sepuluh tahun kemudian.

G Suite merupakan seperangkat alat online yang dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan komunikasi antar tim. Aplikasi ini tersedia di Google Cloud dan bisa diakses kapanpun menggunakan konektivitas internet.

Platform berbasis cloud ini merupakan cara untuk produktif paling baik dibanding tools lainnya. Tools atau fitur ini adalah Gmail, Google Meet, Chat, dan lain-lain,yang memungkinkan komunikasi dua arah.

Bila dibahas, G Suite Business vs Google Workspace Business Standard memang tak jauh berbeda. Sederhananya, Google Workspace merupakan hasil modifikasi dari G Suite Business. Nama ini diganti pada tanggal 6 Oktober 2020 lalu.

Sama seperti G Suite, Google Workspace Business merupakan seperangkat alat inline untuk mendukung produktivitas sekaligus kolaborasi berbasis cloud untuk para pebisnis, lembaga, maupun organisasi nonprofit.

Google Workspace memiliki semua tools yang ada di G Suite. Hanya saja, lebih modern dan terintegrasi dengan baik. Produk berbasis web ini bisa didapatkan lewat paket berlangganan bulanan.

Perbedaan dari Segi Solusi Antara G Suite Business dan Google Workspace Business Standard

Meskipun hanya berganti nama, tentu saja Google Workspace menawarkan solusi yang lebih baik daripada G Suite Business. Perubahan nama ini bisa dimaknai lebih dalam dengan tujuan untuk mengubah masa depan pebisnis maupun enterprise lewat produk online yang terintegrasi erat.

Dalam artikel berjudul G Suite Business vs Google Workspace Business Standard ini, perbedaan antara keduanya akan sangat terlihat jelas. Bersama Workspace Business, Google mengenalkan tiga perubahan paling besar, yakni:

Pengalaman Terpadu

Salah satu solusi penting disediakan Google Workspace adalah pengalaman terpadu. Semua alat yang perusahaan Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, email, panggilan suara, obrolan, panggilan video, maupun manajemen konten bisa didapatkan di satu tempat.

Dengan fitur akses tamu yang sudah terintegrasi dalam drive dan obrolan, perusahaan Anda bisa terhubung secara efektif dengan mitra bisnis atau klien. Fitur ini juga memungkinkan perusahaan Anda untuk berbagi, membuat, dan mengerjakan dokumen bersama-sama, sehingga kolaborasi dan kerja sama tim terbangun lebih baik.

Bahkan, Google Workspace memungkinkan perusahaan Anda untuk mengadakan meeting secara online melalui Google Meet. Cara ini bisa memperkuat hubungan manusia sekaligus menjadi alternatif bagi perusahaan yang menetapkan Work From Home atau WFH.

Tentu saja hal ini akan membuat pengalaman bisnis Anda menjadi lebih terstruktur dan efisien. Keberadaan Google Workspace bisa mengurangi waktu untuk beralih aplikasi yang berbeda.

Identitas Baru

Bila G Suite Business vs Google Workspace Business Standard dibahas, sudah terlihat perbedaan jelasnya adalah dari namanya. Bukan sekadar mengganti nama, perubahan ini menunjukkan bahwa Google menawarkan identitas baru dengan integrasi mendalam di antara produknya.

Jika dilihat, ikon empat warna baru yang akan tampil di Gmail, Calendar, Drive, Meet, dan alat lainnya juga berubah. Hal ini mewakili komitmen perusahaan untuk membangun pengalaman kolaborasi sekaligus komunikasi yang terintegrasi untuk semua orang.

Cocok untuk Berbagai Pengguna

Solusi berikutnya yang ditawarkan oleh Google Workspace adalah cocok untuk berbagai pengguna. Google memahami bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan dan tantangan tersendiri, sehingga memerlukan solusi khusus.

Keberadaan Google Workspace bertujuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tanpa terkecuali lewat tools unik yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Edisi Google Workspace memang dirancang untuk memberikan banyak pilihan kepada perusahaan Anda dan melayani semua kebutuhan dari berbagai ukuran.

Cost Optimization yang akan Dirasakan Bila Upgrade G Suite Business ke Google Workspace

Setelah membaca perbandingan solusi antara G Suite Business vs Google Workspace Business Standard, kini saatnya mengetahui perbandingan harga dari keduanya.

Bila dilihat dari segi optimasi biaya, tentu saja Google Workspace lebih menguntungkan. Produk online ini bisa perusahaan Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, di dalamnya ada banyak tools yang membantu mengembangkan bisnis secara terintegrasi.

Google Workspace Business Standard sendiri dibanderol mulai harga $12 USD per user setiap bulannya. Produk ini sudah mencakup kustomisasi dan keamanan akun business email, 150 partisipan Google Meet, 2 TB penyimpanan cloud, manajemen kontrol, dan support standar. Dan melalui GITS.ID, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi, yakni mulai dari $9.60.

Selain Google Workspace Business Standard, masih ada edisi lain yang bisa Anda pilih, seperti:

Business Starter: $6 USD -> $4.20 harga terbaik lewat GITS.ID

  • 100 partisipan video meeting
  • 30 GB penyimpanan cloud
  • Support standar
  • Kontrol keamanan dan manajemen
  • Kustomisasi email bisnis.

Business Plus: $18USD

  • Sistem pelacakan kehadiran saat Meet
  • Google Meet mampu menampung 250 peserta
  • Ruang penyimpanan sebesar 5 TB di Gmail, Google Photos, dan Drive
  • Tata kelola informasi dengan Vault untuk menyimpan, menelusuri, serta mengekspor data organisasi agar kebutuhan eDiscovery bisa terpenuhi
  • Memiliki kontrol yang besar atas data perusahaan Anda
  • Bisa menghapus perangkat dari jarak jauh.

Enterprise: hubungi pihak GITS.ID untuk mengetahui harganya

  • 250 peserta Google Meet dengan sistem perekaman dan pelacakan kehadiran, meminimalisir suara bising, dan streaming langsung dalam domain
  • Email bisnis khusus dan aman ditambah retensi, eDiscovery, enkripsi, S/MIME
  • Menyediakan ruang penyimpanan tak terbatas untuk perusahaan Anda
  • Pengelolaan, kontrol, dan keamanan tingkat lanjut termasuk DLP, Vault, region data, dan manajemen perusahaan
  • Support Google yang sudah ditingkatkan.

Berbagai paket ini bisa dibeli perusahaan Anda untuk maksimum 300 pengguna. Untuk jumlah yang lebih banyak, Anda juga bisa menghubungi kami. Tersedia banyak promo menarik yang bisa Anda gunakan untuk menghemat biaya.

Upgrade G Suite Anda ke Google Workspace, Dibantu GITS.ID (Google Cloud Partner Indonesia)

Kini, pembahasan terkait G Suite Business vs Google Workspace Business Standard sudah selesai. Lantas, bagaimana cara meng-upgrade G Suite Business ke Workspace Business Standard?

Bila perusahaan Anda masih berlangganan G Suite Business dalam jangka waktu lama atau tahunan, Anda tidak perlu khawatir karena data tetap tersimpan dengan baik. Setelah periode berakhir, segera alihkan G Suite ke Workspace.

Memindahkan file dari G Suite Business ke Workspace memang terbilang cukup rumit. Maka dari itu, perusahaan Anda bisa menghubungi tim GITS.ID. Sejak bergabung dengan Google Cloud Partner Indonesia pada 2020, GITS.ID memberikan akses bagi pengguna lama maupun baru untuk membeli cloud agar transformasi digital perusahaan bisa berjalan lancar.

Sebagai partner Google, GITS.ID menyediakan berbagai produk Google Cloud, mulai dari Computer Engine, BigQuery, hingga Google Workspace. GITS.ID adalah agensi konsultan IT terbaik yang bisa membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan bisnis secara digital.


Dapatkan Harga Terbaik Google Workspace untuk Perusahaan Anda

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286