Google Workspace Business Starter vs Standard

Google Workspace Business Starter dan Standard

Bagi bisnis owner ataupun tim perusahaan, Google Workspace mungkin sudah tidak asing lagi. Kini, Google Workspace tersedia dalam banyak edisi, mulai dari Starter, Standard, Business Plus, hingga Enterprise. Pada kesempatan kali ini, mari ketahui lebih lanjut terkait Google Workspace Business Starter vs Standard.

Pengertian Google Workspace Business Starter dan Standard

Google Workspace Business merupakan hasil pembaruan dari G Suite Business yang sudah dilengkapi dengan fitur terbaik guna mendukung perkembangan perusahaan Anda. Produk ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk berkolaborasi, berkreasi, dan berkomunikasi baik antartim maupun dengan mitra bisnis atau klien.

Google Workspace Business edisi Starter sendiri merupakan serangkaian alat produktivitas yang mendukung bisnis berbasis Cloud. Tools ini memungkinkan perusahaan Anda untuk mengakses Gmail, Kalender, WP, Slide, Spreadsheet, Gmeet, GForm, dan membantu proses penyimpanan serta pembagian hasil kerja.

Dengan adanya seperangkat alat ini, masalah kolaborasi akan terpecahkan dengan mudah. Sehingga, perusahaan Anda bisa bekerja sama dalam tim lewat platform online.

Sementara itu, Google Workspace Business Standard merupakan tools yang menjadi solusi bagi Anda dengan tim yang lebih besar. Bila dibandingkan Google Workspace Business Starter vs Standard, edisi Standard memiliki keunggulan.

Keamanan dan keberagaman alat yang ditawarkan Google Workspace Business Standard kapasitasnya lebih besar. Dengan begitu, kolaborasi di tim perusahaan dapat semakin terpenuhi.

Perbedaan dari Segi Solusi antara Google Workspace Business Starter dan Standard

Meskipun sama-sama diluncurkan oleh Google dan masuk dalam Google Workspace, keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari segi fitur dan solusi yang ditawarkan. Google Workspace Standard memiliki sejumlah solusi yang tidak ditawarkan edisi Starter.

Penasaran apa saja perbandingan Google Workspace Business Starter vs Standard? Berikut daftarnya.

Layanan Inti dan Tambahan

Edisi Business Starter menawarkan layanan inti berupa Gmail dan Kalender, ruang chat, konferensi video lewat Google Meet, grup khusus bisnis, penyimpanan drive, tasks, sites, pengelolaan direktori, dan layanan Google tambahan.

Meskipun dirasa sudah cukup lengkap, tapi Google Workspace Business Standard menawarkan layanan ini yang lebih baik. Pada edisi ini, perusahaan Anda akan mendapatkan Gmail dan Kalender, ruang chat, konferensi video lewat Google Meet, tasks, sites, grup khusus bisnis, penyimpanan drive, pengelolaan direktori, ruang akses tamu, layanan Google tambahan, dan Google Cloud Search untuk bantuan penelusuran internal.

Penggunaan dan Dukungan

Google Workspace Business Starter bisa digunakan oleh 1 sampai 300 orang dalam perusahaan Anda. Pihak Google memberikan ruang penyimpanan sebesar 30 GB per pengguna. Selain itu, perusahaan Anda juga akan mendapat jaminan waktu beroperasi 99,9% dan dukungan telepon 24/7.

Dalam hal penggunaan dan dukungan, Google Workspace Business Standard menawarkan hal yang sama. Hanya saja, ruang penyimpanannya jauh lebih besar, yakni 2 TB per pengguna.

Keamanan dan Perlindungan Data

Perbandingan Google Workspace Business Starter vs Standard juga bisa dilihat dari segi keamanan dan perlindungan datanya. Sebagai solusi bisnis, tentu saja masalah keamanan Google Workspace perlu menjadi bahan pertimbangan agar data klien maupun perusahaan tidak bocor ke pihak manapun.

Untuk edisi Starter, perusahaan Anda akan mendapatkan 5 tools, yakni verifikasi dua langkah, pusat notifikasi tentang masalah keamanan, penerapan sambungan SSL, kunci keamanan untuk verifikasi, serta pemantauan sandi dan kontrol kekuatan.

Sementara itu, Google Workspace Business Standard menawarkan hal yang sama dengan edisi Starter. Namun, ditambah lagi dengan fitur kolaborasi dengan domain eksternal, laporan analisis perlindungan data, dan bisa memilih lokasi untuk data.

Produk Migrasi

Solusi yang ditawarkan Google Workspace Business Standard memang jauh lebih banyak daripada versi Starter. Dalam hal produk migrasi, Business Starter menawarkan beberapa fasilitas, seperti memigrasikan kalender, kontak, email, dan file dengan maksimal 100 pengguna. Selain itu, perusahaan Anda juga bisa melakukan migrasi dari Gmail atau Outlook ke web lain.

Untuk edisi Business Standard, perusahaan Anda mendapat fasilitas yang sama seperti Business Starter. Hanya saja, ada penambahan berupa migrasi dari Exchange, OneDrive, Box, dan SharePoint.

Laporan dan Log Audit

Di Google Workspace Business Starter, Anda bisa melihat tren penggunaan aplikasi dan log audit aktivitas admin atau pengguna. Sedangkan di Business Standard, Anda bisa mendapatkan itu semua dengan tambahan laporan Drive atau audit lanjutan.

Integrasi Aplikasi Pihak Ketiga

Masalah integrasi aplikasi pihak ketiga memang perlu diperhatikan bisnis owner. Baik edisi Business Starter maupun Standard, keduanya menawarkan Single Sign-On menggunakan Google atau IdP dan katalog aplikasi yang berisi lebih dari 200 aplikasi SAML hasil konfigurasi.

Dalam hal ini, yang membedakan Google Workspace Business Starter vs Standard adalah jumlah maksimum penyediaan otomatis aplikasi SAML. Edisi Business Starter hanya menyediakan 3 SAML. Sementara, Business Standard tidak terbatas.

Drive dan Editor Dokumen

Kedua paket ini sama-sama menawarkan edit drive dan dokumen. Namun, di edisi Business Starter, perusahaan Anda hanya bisa menonaktifkan atau mengaktifkan pembuatan dari dokumen.

Sedangkan, edisi Business Standard memungkinkan perusahaan Anda untuk bekerja sama dalam tim lewat drive, mendapat audit lanjutan, izin berbagi drive lanjutan, mengelola metadata drive, persetujuan dokumen, dan branding organisasi.

Google Meet

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kedua edisi ini menawarkan paket akses Google Meet. Hanya saja, fitur Google Meet di edisi Business Standard jauh lebih lengkap.

Pada edisi Starter, Anda hanya bisa mengadakan rapat bersama 100 peserta. Selain itu, fiturnya juga cukup terbatas, yakni peserta eksternal, presentasi layar, bergabung lewat telepon, papan tulis digital, dan keamanan rapat.

Sementara itu, Anda bisa mengadakan rapat bersama 150 peserta bila menggunakan edisi Business Standard. Tidak hanya berbagai fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, perusahaan Anda juga akan mendapat fasilitas peredam bising, ruang kerja kelompok, fitur angkat tangan, polling, tanya jawab, serta merekam dan menyimpan rapat ke drive.

Perbandingan Harga Google Workspace Business Starter dan Standard

Selain dari segi solusi, perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya dapat dilihat dari segi harga. Google Workspace Business Starter dibanderol mulai harga $6USD per bulan. Sementara itu, Business Standard bisa didapatkan dari harga $12USD per bulan.

Meskipun harganya lebih mahal dua kali lipat, tapi Business Standard menawarkan berbagai tools yang lebih terintegrasi, sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat. Tak perlu khawatir, Google juga menawarkan promo menarik bagi pengguna baru.

Konsultasikan Plan yang Tepat untuk Tim Anda, Dibantu GITS.ID

Setelah melihat perbandingan antara Google Workspace Business Starter vs Standard, apakah perusahaan Anda tertarik untuk membelinya? Bingung mau beli dimana? GITS.ID adalah solusinya. Sebagai partner Google Cloud, GITS.ID mampu menawarkan seperangkat alat untuk mengembangkan perusahaan Anda secara online.

GITS.ID merupakan perusahaan IT yang sudah sejak lama bergelut di dunia bisnis digital. Jadi, bisnis owner tidak perlu khawatir lagi soal masalah Google Workspace. Silahkan hubungi tim GITS.ID dengan mengunjungi situs websitenya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian.


Dapatkan Harga Terbaik Google Workspace untuk Perusahaan Anda

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286