Business Tentang Google Workspace Business Starter, Pengertian dan Kegunaannya

Tentang Google Workspace Business Starter, Pengertian dan Kegunaannya

Di era e-commerce dan sosial media saat ini tentu ada sejumlah teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kelancaran  proses internal dan eksternal perusahaan. Salah satunya adalah Google Workspace Business Starter. Teknologi ini diluncurkan dengan harapan mampu mempermudah jalannya perusahaan dalam berbagai sentra industri.

Mulai dari sentra UMKM, perusahaan kecil hingga perusahaan besar bisa menggunakan teknologi ini untuk bisnis mereka. Ke depannya, teknologi ini akan sangat membantu ketika bisnis telah berkembang.

Baca juga tentang Google Workspace Business Standard, Pengertian dan Kegunaannya

Pengertian Google Workspace Business Starter

Google Workspace Business Starter adalah seperangkat alat produktivitas online yang diterbitkan oleh Google. Di dalamnya mencakup Gmail, Drive, Documents, dan lainnya. Semuanya memuat kebutuhan untuk membuat dokumen, berkomunikasi, dan kolaborasi lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan. Dulunya Google Workspace Business Starter ini dikenal dengan nama G Suite Basic.

Berbeda dengan aplikasi gratis Google lainnya, Google Workspace menyediakan layanan bisnis dengan menggunakan alamat email khusus, peningkatan penyimpanan Google Drive dan Gmail, fitur keamanan tambahan, dukungan pelanggan hingga kontrol administratif atas akun tertentu.

Sangat banyak akun telah menggunakan teknologi ini untuk menjalankan bisnis dengan baik. Di samping fiturnya yang sangat mendukung bisnis, teknologi ini juga kaya manfaat. Mulai dari untuk meningkatkan produktivitas ketika karyawan bekerja di jarak jauh (Work From Home atau WFH), hingga pengurangan biaya tertentu.

List Fitur Google Workspace Business Starter

Google Workspace menjadi teknologi canggih yang mampu mengoptimalkan seluruh kebutuhan bisnis perusahaan Anda. Hal tersebut tentu saja karena teknologi ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur mutakhir. Beberapa fitur utama dari Google Workspace, di antaranya:

Gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik dari Google. Anda bisa mengakses layanan ini menggunakan surat web HTTPS, protokol IMAP4 atau POP3. Untuk keperluan bisnis tentu email ini sangat aman. Bagi pengguna Google Workspace dengan tipe Business Starter, maksimal penggunanya adalah untuk 300 orang.  

Google Meet

Fitur ini memungkinkan streaming panggilan dalam bentuk HD dari mana saja. Selain itu, fitur ini kerap disebut sebagai grup video dan audio konferensi. Tentunya layanan Google ini sangat aman dan sudah terenkripsi.

Calendar

Untuk jadwal rapat yang aman dan terorganisir dengan baik, maka Google juga menyediakan fitur Calendar. Fitur ini mempermudah Anda untuk berbagi kalender dengan teman yang berada dalam naungan grup sama secara praktis.

Chat and Rooms

Fitur ini mempermudah komunikasi dengan rekan bisnis. Di samping itu, juga kerap disebut sebagai fitur percakapan tim. Seperti halnya aplikasi chat di luar Google, layanan ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi file. Namun, fitur Chat dari Google Workspace dilengkapi dengan fitur kolaborasi dengan tim lainnya. Sehingga, tentu tools yang terintegrasi ini membuat pekerjaan lebih mudah.

Drive

Drive menjadi layanan untuk penyimpanan cloud. Fitur ini sangat bagus untuk menyimpan sebagian isi dari drive pribadi Anda. Tidak perlu khawatir kemungkinan drive penuh karena dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 30 GB.  

Docs

Docs merupakan fitur Google Workspace lainnya yang dapat dipakai untuk membuat dokumen berbasis web. Anda bisa menggunakan fitur dengan tujuan pengolahan kata yang begitu mirip fungsinya dengan Word. Namun, dengan Docs Anda dapat dan tim dapat berkolaborasi mengakses data secara real time sehingga tidak perlu mengirim file berkali-kali.

Sheets

Jika Google Docs merupakan kembaran Word, maka Sheets adalah kembaran dari Excel. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengolah data angka secara baik dan mudah karena berbasis online web. Data akan tersimpan secara otomatis tanpa perlu menyimpannya secara manual.

Slides

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat presentasi secara mudah, praktis, dan sangat aman. Sama halnya seperti fitur Docs dan Sheets, semua data yang Anda buat di Slides juga akan tersimpan otomatis. Anda juga dapat membagikannya sesuai dengan orang lain secara mudah.

Keep

Agar memudahkan Anda untuk membuat daftar keinginan, maka sebaiknya gunakan fitur Keep. Fitur ini akan membantu Anda dalam menciptakan berbagai macam daftar keinginan seperti belanja dan kebutuhan lainnya.

Sites

Sites memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat bagi Anda. Beberapa fungsi sites diantaranya mengunggah materi pembelajaran, memberikan tugas, menyimpan silabus, memberi pengumuman sampai mengunduh dan melihat semua tugas yang sudah diberikan.

Current

Ini adalah fitur yang sangat canggih untuk Anda. Current akan membantu Anda dalam memberikan informasi tentang apa saja yang tengah tayang di TV. Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan informasi tentang topik hangat apa yang tengah ramai di internet per 30 menit sekali.


    Subscribe now and stay updated!


    Apakah Google Workspace Business Starter Gratis

    gmail calendar drive meet workspace google

    Anda memang dapat mengakses Google Workspace secara gratis. Mulai dari menggunakan Google Meet, Gmail, Docs dan berbagai macam fitur utama lainnya secara cuma-cuma. Namun, terdapat biaya tambahan jika Anda ingin menggunakan aplikasi maupun layanan tambahan lainnya dari teknologi ini.

    Layanan tambahan tersebut sangat menunjang kebutuhan bisnis dan pekerjaan Anda agar lebih optimal lagi. Biaya tambahan juga menyesuaikan dengan pilihan paket yang Anda pilih nantinya. Mulai dari paket bisnis pemula, standar bisnis hingga bisnis plus. Beberapa layanan tambahan tersebut, diantaranya:

    • Grup untuk bisnis, mulai dari email hingga manajemen akses.
    • Cloud search, untuk melakukan pencarian Google Workspace.
    • Vault, untuk retensi data serta eDiscovery.
    • Jamboard, sebagai papan visual kolektif.
    • Suara, untuk sistem telepon virtual.
    • Skrip aplikasi, untuk otomatisasi proses bisnis.
    • Kelas, sebagai sistem manajemen pembelajaran.
    • Domain, sebagai layanan pendaftaran domain khusus Google Workspace.
    • AppSheet, untuk pengembangan aplikasi tanpa kode.

    Harga Google Workspace Business Starter

    Bagi pebisnis pemula sangat disarankan untuk menggunakan Google Workspace paket pemula atau Workspace Business Starter. Jika dibandingkan dengan layanan Google Workspace standar bisnis dan bisnis plus, maka harganya relatif lebih murah.

    Google Workspace Business Starter price untuk pebisnis pemula dimulai dari $6 per pengguna setiap bulannya. Dengan nominal ini, Anda bisa mendapatkan sejumlah akses penting seperti:

    • Email bisnis yang dirancang khusus dan aman.
    • Bebas menggunakan rapat video sampai 100 peserta/ business starter Google Meet.
    • Mampu melakukan penyimpanan cloud mencapai 30 GB per pengguna.
    • Mendapatkan kontrol keamanan manajemen.
    • Dukungan standar bisnis Anda.

    Daftar Google Workspace Business Starter via GITS.ID

    Untuk mendapatkan akses terhadap sejumlah layanan tambahan Google Workspace, maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tanpa terkecuali ketika Anda ingin mendaftar ke versi business starter. Anda dapat mendaftar via GITS.ID, yaitu:

    1. Buka halaman GITS.ID. Tidak jarang terdapat Google Workspace Business Starter promo code. Tanpa promo code pun, untuk waktu tertentu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Promo terkini untuk mendapatkan layanan di GITS.ID adalah $4.20 .
    2. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Business Starter.
    3. Lalu, Anda klik opsi Mulai.
    4. Jika sudah, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya.
    5. Lengkapi isian data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, nama perusahaan, nama email kerja hingga nomor telepon aktif.
    6. Bila perlu Anda bisa mengisi bagian gambaran kebutuhan Google Workspace yang diinginkan.
    7. Jika sudah, Anda bisa klik Dapatkan Promo/Konsultasi.
    8. Lalu, Anda ikuti langkah berikutnya untuk mendapatkan Google Workspace sesuai keinginan.

    Untuk mempermudah kelancaran proses bisnis Anda, maka sebaiknya gunakan Google Workspace Business Starter. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat langsung mengunjungi GITS.ID. Kami adalah penyedia jasa cloud terbaik di Indonesia dari Google dan semua hal yang berkaitan dengannya.


    Dapatkan Harga Promo Google Workspace Business Starter lewat GITS.ID

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    More articles

    Latest article

    Antara Oracle Cloud vs Google Cloud, Mana yang Paling Sesuai untuk Kebutuhan Perusahaan Anda?

    Cloud computing merupakan platform penting yang menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang menggunakannya. Dua platform cloud computing yang bersaing untuk mendapatkan perhatian...

    IBM Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Sesuai untuk Perusahaan Anda?

    Dari antara banyak penyedia layanan cloud computing, IBM Cloud vs Google Cloud adalah dua penyedia yang cukup terkenal. Kedua perusahaan tersebut terus...

    Perbandingan Alibaba Cloud vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

    Layanan cloud computing sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat menonjol saat ini. diantara sekian banyak layanan cloud...

    Membandingkan Azure Cloud vs Google Cloud, Lebih Baik yang Mana?

    Layanan cloud computing atau komputasi awan seperti Azure Cloud vs Google Cloud bukan sekedar memungkinkan para penggunanya untuk...

    Antara AWS vs Google Cloud, Mana yang Lebih Bagus?

    Komputasi awan atau cloud computing selama ini didominasi oleh raksasa-raksasa terkenal, seperti AWS vs Google Cloud. Komputasi awan merupakan metode penyimpanan dan...