Inovasi Teknologi Terkini di Dunia Software House, dari AI hingga IoT

  • Business
  • Inovasi Teknologi Terkini di Dunia Software House, dari AI hingga IoT
ilustrasi gambar teknologi

Saat ini, kehadiran software house sangat penting dalam mendukung transformasi digital dari berbagai industri. Inovasi teknologi terkini melibatkan penemuan dan pengembangan baru yang dapat mencakup berbagai bidang, seperti kecerdasan buatan dan yang lainnya. Inovasi teknologi terkini menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya saing dan memberikan solusi yang lebih efisien. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa inovasi terkini di dunia software house yang membentuk gambaran teknologi masa depan.

Pengembangan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

AI atau Artificial Intelligence merupakan kemampuan mesin atau komputer untuk menirukan beberapa aspek dari kecerdasan manusia yang mencakup kemampuan untuk memahami, dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks. Software house semakin fokus pada pengembangan solusi berbasis kecerdasan buatan. Pengembangan AI tidak terlepas dari kemajuan dalam machine learning dan deep learning.

Machine Learning

Machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan AI yang berfokus pada pengembangan algoritma. Memungkinkan sistem untuk meningkatkan kinerjanya dari pengalaman tanpa harus diprogram. Dalam machine learning, sistem komputer dapat mengidentifikasi pola-pola atau informasi yang tersembunyi dalam data. Kemudian, menggunakan pola-pola tersebut untuk membuat keputusan atau menghasilkan prediksi. Machine learning telah diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk pengenalan wajah, penerjemah bahasa, analisis data, pengenalan suara, dan masih banyak lagi.

Algoritma-algoritma ini memungkinkan sistem AI belajar dan  digunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan analisis data, dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih personal. Algoritma machine learning dapat digunakan untuk menangani masalah-masalah yang sulit atau kompleks dengan cara yang lebih efisien daripada pendekatan konvensional. Berikut ini penerapan teknologi machine learning dalam berbagai bidang.

Platform e-commerce menggunakan algoritma machine learning untuk memberikan rekomendasi produk pada pelanggan berdasarkan riwayat pembelian dan penelusuran sebelumnya. Aplikasi penerjemah otomatis seperti Google Translate memanfaatkan teknologi machine learning untuk meningkatkan akurasi terjemahan dan memahami konteks kalimat. Situs berita atau platform konten online menggunakan machine learning untuk menyajikan berita atau artikel yang sesuai dengan minat dan preferensi pembaca. Aplikasi keamanan cyber menggunakan machine learning untuk mendeteksi ancaman malware, menganalisis perilaku jahat, dan melindungi sistem informasi.

Deep Learning

Deep Learning adalah metode penerapan dari machine learning yang menggunakan jaringan nalar untuk meniru proses kerja otak manusia. Metode ini mampu menganalisis suatu rangkaian data menggunakan arsitektur neural networks yang mendalam untuk mempelajari representasi data yang semakin kompleks. Neural works pada deep learning terdiri dari banyak lapisan yang memungkinkan mereka untuk memahami informasi dengan tingkat yang tinggi. Beberapa karakteristik utama dari deep learning yaitu:

  • Deep Neural Networks: Deep learning menggunakan neural networks yang terdiri dari banyak lapisan (deep layers). Dengan meningkatnya kedalaman ini dapat memahami representasi yang semakin kompleks dari suatu data.
  • Representasi Otomatis: Deep learning memungkinkan sistem untuk secara otomatis mempelajari fitur yang paling relevan dari data, tanpa perlu spesifikasi manual.
  • End-to-End-Learning: Deep learning memungkinkan pendekatan “end-to-end learning,”. Di mana model dapat mempelajari tugas secara langsung dari data mentah ke output yang diinginkan, tanpa perlu tahap ekstraksi fitur manual. 

Berbagai penerapan teknologi deep learning pada software house enterprise yaitu asisten virtual dan chatbot di situs web atau aplikasi perusahaan. Aplikasi tersebut menggunakan deep learning untuk memahami pertanyaan pengguna dan memberikan respon yang lebih kontekstual dan alami. Perusahaan e-commerce menggunakan deep learning untuk pengenalan produk melalui gambar, memungkinkan pencarian visual dan rekomendasi produk berdasarkan penampilan fisik. Industri keamanan menggunakan deep learning untuk mendeteksi dan mengidentifikasi objek atau perilaku mencurigakan dalam rekaman video.

Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana objek atau perangkat di sekitar kita dapat terhubung dan saling berkomunikasi melalui internet. Dengan kata lain, IoT menciptakan ekosistem di mana perangkat elektronik, sensor, dan perangkat lainnya dapat mengumpulkan dan berbagi data secara otomatis, meningkatkan efisiensi, dan interaksi antara manusia dan teknologi. Perangkat dalam Internet of Things terhubung secara nirkabel melalui berbagai teknologi komunikasi yang memungkinkan mereka untuk bertukar informasi tanpa perlu kabel fisik. Beberapa teknologi kunci yang digunakan dalam koneksi nirkabel IoT meliputi: 

  • Wi-Fi: Perangkat IoT dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk mentransfer data dengan cepat dan stabil. Wi-Fi umumnya digunakan di rumah, kantor, dan lingkungan dengan akses internet yang luas.
  • Bluetooth: Teknologi Bluetooth memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dalam jarak yang relatif pendek, ideal untuk perangkat yang dekat satu sama lain, seperti speaker pintar, earphone, atau perangkat wearable.
  • RFID (Radio-Frequency Identification): RFID menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak objek yang dilengkapi dengan tag RFID. Digunakan dalam logistik, manufaktur, dan pengelolaan inventaris.
  • NFC (Near Field Communication): NFC memungkinkan pertukaran data pada jarak yang sangat dekat, sering digunakan dalam pembayaran digital, identifikasi, dan pertukaran informasi antar perangkat pintar.
  • Cellular Networks: Perangkat IoT juga dapat terhubung melalui jaringan seluler seperti 4G atau 5G. Selain jaringan, perangkat IoT juga memiliki kapasitas yang lebih besar. Dengan kapasitas lebih besar, 5G mendukung lebih banyak perangkat terhubung secara bersamaan, memperluas potensi IoT.

Penerapan Internet of Things (IoT) pada software house enterprise yaitu pemantauan peralatan pengembangan perangkat lunak, penggunaan dan kinerja perangkat, memastikan optimalitas proses pengembangan. Penerapan IoT lainnya untuk pemantauan dan pelacakan peralatan dan personil proyek IT menggunakan IoT untuk meningkatkan efisiensi dan memastikan proyek berjalan sesuai jadwal. 

Keamanan Siber dan Privasi

Keamanan siber dan privasi merupakan dua aspek dalam dunia digital yang saling berkaitan. Kedua aspek ini mencakup langkah-langkah dan teknologi yang dirancang untuk melindungi sistem, jaringan, dan data dari berbagai ancaman digital. Seperti serangan peretas, malware, dan serangan siber lainnya. Keamanan siber melibatkan strategi untuk mencegah serangan sebelum terjadi dan mendeteksi serangan secepat mungkin ketika mereka terjadi, meminimalisir dampak kerusakan.

Sedangkan privasi berkaitan dengan hak individu untuk menjaga kerahasiaan dan kontrol atas data pribadi mereka. Ini melibatkan pengendalian informasi pribadi dan memastikan bahwa data tersebut tidak disalahgunakan atau diakses tanpa izin.

Keamanan siber dan privasi merupakan aspek kritis yang harus diterapkan dalam aplikasi software house enterprise untuk melindungi data sensitif perusahaan dan pelanggan. Berikut adalah beberapa praktik dan langkah-langkah yang umumnya diterapkan untuk memastikan keamanan dan privasi.

  1. Enkripsi Data : Menggunakan teknik enkripsi untuk melindungi data selama penyimpanan dan transmisi. Ini termasuk enkripsi end-to-end untuk melindungi data saat bergerak melalui jaringan dan enkripsi pada tingkat penyimpanan untuk melindungi data.
  2. Otentikasi dan Otorisasi : Mengimplementasikan sistem otentikasi yang kuat untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang memiliki akses ke aplikasi. Selain itu, memastikan pengaturan otorisasi yang tepat untuk mengontrol hak akses pengguna sesuai dengan peran dan tanggung jawab.
  3. Pembaruan dan Pemeliharaan Keamanan : Memastikan bahwa seluruh perangkat lunak dan sistem pihak ketiga yang digunakan dalam aplikasi selalu diperbarui dengan pembaruan keamanan terbaru untuk mengatasi kerentanan yang ditemukan.

Penerapan langkah-langkah ini membantu menjaga keamanan dan privasi, mengurangi risiko terhadap serangan siber, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi privasi yang berlaku. Perusahaan juga harus terus memperbarui dan meningkatkan strategi keamanan mereka sejalan dengan perkembangan ancaman siber yang terus berubah.

Teknologi Terkini GITS.ID

GITS.ID merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang menerapkan beberapa aspek inovasi teknologi terkini yaitu, pemanfaatan aplikasi berbasi cloud, kecerdasan buatan (AI), penerapan Internet of Things (IoT), keamanan siber dan privasi dan pengembangan aplikasi mobile dengan tech stack terbaru. Salah satu, teknologi terkini yang digunakan GITS.ID yaitu penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen rantai pasok (supply chain management) sebagai solusi yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan visibilitas dalam rantai pasok dan mengoptimalkan inventaris serta mengurangi biaya penyimpanan.

Dengan mengadopsi dan mengintegrasikan inovasi-inovasi tersebut, GITS.ID dapat memperkuat posisinya dalam menyediakan solusi teknologi yang relevan dan efektif di pasar yang terus berkembang. Kami dapat membantu enterprise Anda berkembang lebih luas lagi dengan teknologi terkini yang bisa kami terapkan untuk platform dan sistem Anda. 

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States