Internal Company Social Media – Fungsi dan Manfaatnya

Internal Company Social Media - Fungi dan Manfaatnya

Salah satu kelebihan terbesar dari social media adalah kemudahan dalam berbagi informasi. Apabila sebuah perusahaan memiliki internal company social media sendiri yang dikhususkan bagi karyawan perusahaan tersebut, tentunya hal ini akan memudahkan pembagian informasi kepada seluruh lapisan karyawan.

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dari social media ini? Dan apa pengaruhnya bagi kinerja kerja perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Internal Company Social Media

Yang dimaksud dengan internal company social media adalah sebuah aplikasi social media yang dirakit khusus untuk digunakan oleh kalangan tertentu saja, seperti karyawan dari sebuah perusahaan. Aplikasi ini hanya bisa digunakan ketika pengguna menjadi karyawan dari sebuah perusahaan.

Dewasa ini, sudah banyak ditekankan pemaksimalan keterlibatan karyawan dalam organisasi serta pemberdayaan budaya inklusif dimana karyawan didorong untuk mengutarakan sudut pandang dan opini mereka. Dengan bantuan platform media sosial, perusahaan juga dapat membuat komunitas online bagi para karyawannya sehingga mereka dapat dengan mudah bersosialisasi dengan sesama. Maka dari itu, social media yang diperuntukkan bagi karyawan internal perusahaan pun dibuat.

Platform social media ini juga memungkinkan komunikasi secara vertikal menjadi lebih mudah. Grup dan ruang diskusi dapat dengan mudah dibuat di platform ini yang memungkinkan karyawan antar departemen dan divisi tertentu berbagi cerita dan berita yang relevan bagi mereka.

Fungsi Platform Social Media Perusahaaan

Ada beberapa fungsi dari platform media sosial ini seperti:

Meningkatkan Koneksi dan Komunikasi

Memiliki koneksi bisnis secara internal bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan komunikasi serta membantu karyawan dalam mengembangkan jangkauan koneksinya. Hal ini biasanya dibutuhkan oleh karyawan baru atau yang lebih muda agar lebih terbiasa membuat hubungan baru melalui internal company social media ini.

Sharing Data dan Dokumen

Sering kali ketika membagikan data atau dokumen dilakukan dengan mengirimkannya via email. Walau hal ini tidak akan berubah dalam waktu dekat, penggunaan platform media sosial bisa menjadi salah satu alternatif dalam berbagi data atau dokumen yang bisa diakses oleh banyak karyawan sekaligus. Hal ini juga memudahkan untuk mendiskusikan file secara langsung seperti di kolom komentar.

Sharing Berita dan Informasi

Seperti media sosial pada umumnya, internal company social media ini juga bisa digunakan sebagai platform berbagi berita dan informasi terbaru seputar perusahaan. Informasi yang dibagikan pun bisa beragam tipenya seperti ulang tahun karyawan, anniversary kerja karyawan, informasi seputar dunia kerja, bahkan hingga berita baik seperti project terbaru yang sukses dilaksanakan.

Manfaat Sosial Media Internal Perusahaan

Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan aplikasi internal company social media ini? Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Kemudahan melakukan komunikasi dan berbagi dokumen kerja antar karyawan tanpa melalui email. Hal ini memudahkan karyawan untuk berbagi info kerja yang menarik satu sama lain, dan menyebarkannya ke seluruh perusahaan dengan lebih sedikit usaha.
  • Kemudahan membuat sub-grup atau ruang obrolan sehingga tim dapat memiliki tempat untuk berbagi informasi dan dokumen satu sama lain dengan cepat. Hal ini tidak terbatas untuk 1 tim saja namun juga bisa dilakukan untuk lintas tim hingga departemen dan divisi.
  • Berbagi informasi dan berita dengan cepat yang dapat dengan segera diakses oleh seluruh karyawan.
Internal Company Social Media - Fungi dan Manfaatnya

Strategi Internal Company Social Media

Meskipun aplikasi social media internal ini hanya diperuntukkan bagi karyawan sebuah perusahaan, kebijakan maupun aturan harus tetap dibuat agar tidak terjadi kebocoran data. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Jelaskan fungsi utama dan manfaat dari aplikasi internal social media secara detail untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Rutin melacak siapa dan perangkat apa saja yang memiliki akses.
  • Tekankan kultur kerja yang positif untuk menghindari perselisihan di platform social media internal

Develop Your Internal Company Social Media

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk memiliki aplikasi social media yang khusus untuk perusahaan Anda?

Apabila Anda berminat, jangan ragu untuk menghubungi kami karena dengan senang hati kami akan mendampingi Anda dalam mewujudkannya!

GITS Indonesia telah bekerja sama dengan puluhan perusahaan dalam menciptakan berbagai macam aplikasi sukses yang tersebar dalam berbagai bidang seperti IT, finance, health, dan lain-lain.

Kami juga menawarkan berbagai servis lainnya seperti Google Cloud Platform, Google Workspace for Business, hingga software untuk budgeting.

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi GITS Indonesia dan miliki social mediamu sendiri sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286