Apa Itu Deep Link?

Deep Link adalah sebuah tautan yang dapat mengarahkan pengguna melewati beranda situs web atau aplikasi ke konten di dalamnya. Contoh: Melalui URL linkedin://linkedin.app/jobs, akan membuka aplikasi LinkedIn dengan membuka langsung halaman jobs.

Ada dua metode untuk implementasi Deep Link di iOS, yaitu URL Schemes dan Universal Links. Meskipun URL Schemes lebih umum digunakan, Universal Links menjadi metode terbaru Apple untuk menghubungkan web ke aplikasi.

URL Schemes

URL Schemes merupakan bentuk dasar dari Deep Link dalam aplikasi mobile. Metode ini membuat semacam “jaringan lokal” untuk aplikasi dengan tautan yang berbentuk seperti custom_scheme://app_name/path. Karena beberapa aplikasi di iOS tidak membaca URL Schemes sebagai link aktif, dibutuhkan pengalihan dari tautan web standar (contoh: https://….) untuk membuka browser kemudian mengalihkan ke URL Schemes yang ditentukan.

Kelebihan dan kekurangan dari URL Schemes

Fungsi fallback tersebut berguna untuk memuat URL web di browser bila aplikasi belum terpasang.

Universal Links

Apple memperkenalkan Universal Links di iOS 9 sebagai solusi atas kurangnya fungsi fallback dalam tautan berbentuk URL Schemes.

Universal Links adalah tautan web standar yang sebagian mengarah ke laman web dan sebagian lainnya ke konten di dalam aplikasi. Maksudnya adalah ketika Universal Links dibuka, iOS memeriksa apakah aplikasi yang dipasang sudah terdaftar untuk domain tersebut. Jika demikian, aplikasi mobile dibuka tanpa memuat halaman web. Jika tidak, URL web (yang dapat berupa pengalihan ke App Store) dimuat di browser.

Kelebihan dan kekurangan dari Universal Links

Ketika membuka Universal Links di safari, halaman web menampilkan smart banner bila aplikasi sudah terpasang.

Tampilan smart banner di halaman web

Itu penjelasan Deep Link, baik URL Schemes dan Universal Links. Di Part II, akan dibahas implementasi URL Schemes. Ingin tahu lebih lanjut? Tunggu, ya!