Jenis Aplikasi Kesehatan Beserta Fiturnya

Jenis Aplikasi Kesehatan

Smartphone saat ini sangat canggih dan selalu memiliki update untuk fitur-fiturnya. Tak mau kalah, aplikasi yang bisa digunakan untuk khalayak umum juga selalu memiliki update fitur. Ada beberapa aplikasi yang saat ini sangat cocok digunakan yaitu aplikasi kesehatan yang juga memuat fitur aplikasi rumah sakit.

Di era pandemi saat ini menjangkau fasilitas kesehatan bukanlah hal yang mudah dan harus ekstra hati-hati. Bisa saja virus mengintai Anda di luar sana sehingga untuk penyakit yang tergolong ringan bisa didiskusikan melalui online dengan dokter melalui aplikasi ini.

Pentingnya Aplikasi Kesehatan Masa Kini

Aplikasi ini juga sering disebut aplikasi telemedicine yang digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan secara online agar tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan. Pasalnya, kondisi pandemi COVID-19 masih belum usai dan harus banyak mengurangi mobilitas di luar rumah.

Terlebih lagi jika Anda sedang tidak enak badan atau sakit maka imunitas tubuh akan berkurang dan virus jadi mudah masuk ke dalam tubuh.

Sangat penting memiliki aplikasi yang memberikan layanan medis secara online untuk penyakit yang tidak membutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter. Meskipun Anda tidak sakit, namun jika ingin hidup secara sehat maka juga bisa menggunakannya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi di sini.

Biasanya untuk aplikasi semacam ini dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan seperti klinik, rumah sakit, perusahaan obat, dan lain sebagainya, Sehingga sudah bisa dikatakan bahwa aplikasi yang banyak beredar di masyarakat saat ini sudah kredibel.

Jenis Aplikasi Kesehatan untuk Masyarakat

Anda bisa mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis aplikasi kesehatan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

  • Konsultasi Online

Jenis yang pertama adalah aplikasi yang dikhususkan untuk konsultasi online sehingga fitur yang disediakan bisa seperti live chat atau FAQs. Untuk hasil dari FAQs tersebut akan diupload pada website tertentu sehingga siapa saja bisa melihatnya namun dengan menyamarkan nama pasien.

Saat ini, aplikasi ini sangat banyak diminati karena selain sederhana tapi tepat sasaran kepada dokter yang kredibel dan terpercaya.

  • Artikel Kesehatan

Sebuah aplikasi yang memang khusus memuat mengenai artikel kesehatan untuk penyakit tertentu, gaya hidup sehat, atau self diagnosis. Fitur-fiturnya banyak memuat mengenai jenis-jenis artikel kesehatan apa yang akan ada di dalamnya untuk masyarakat luas.

  • Aplikasi Obat-Obatan

Untuk bisa mengetahui deskripsi obat maka Anda bisa mengetahuinya melalui aplikasi yang terfokus pada deskripsi obat-obatan itu sendiri. Beberapa keterangan obat seperti dosis, kandungan, efek samping, dan lainnya akan bisa diketahui hanya melalui aplikasi medicine ini.

Jenis Aplikasi Rumah Sakit

Selain itu, terdapat juga untuk aplikasi yang dikhususkan untuk rumah sakit sehingga Anda bisa berfokus pada satu rumah sakit saja untuk pemeriksaan baik online maupun online. Lebih lanjut lagi, aplikasi rumah sakit ini biasanya memuat fitur yang lebih lengkap namun terbatas pada satu rumah sakit saja.

Jenis aplikasi rumah sakit sendiri ada beberapa seperti rumah sakit umum, rumah sakit spesialis mata, rumah sakit spesialis jantung, dan lain-lain.

Untuk fitur-fiturnya juga bisa dibilang lengkap karena Anda bisa melihat daftar dokter beserta jadwalnya, reservasi online, melihat poli apa saja di dalam RS, booking dokter, fitur navigasi, dan masih banyak lagi.

Namun, saat Anda ingin menggunakan aplikasi ini disarankan untuk memiliki koneksi internet di luar rumat seperti data seluler. Dikhawatirkan saat Anda menggunakannya untuk kepentingan booking atau reservasi online maka Anda harus memperlihatkan buktinya.

Jika tidak memiliki internet di luar rumah maka bisa mempersulit Anda ketika harus memperlihatkan sesuatu dalam aplikasi.

Jenis Aplikasi Kesehatan

Fitur-Fitur yang Terdapat Di Dalam Masing-Masing Jenis Aplikasi Kesehatan

Jangan pernah meremehkan setiap fitur aplikasi telemedicine yang ada di luaran sana karena fitur-fitur yang diberikan adalah fitur unggulan yang memiliki fungsi tersendiri, seperti:

  • Konsultasi Online

Yang paling dinanti pada aplikasi medis adalah melakukan diskusi online seperti konsultasi kesehatan dengan dokter terpercaya. Biasanya untuk dokter spesialis juga memberikan sebuah layanan konsultasi online ini. Memang biayanya cukup mahal namun akan sebanding dengan yang didapatkan.

Anda tidak perlu lagi datang ke faskes atau rumah sakit terlebih dahulu untuk melakukan diagnosis awal penyakit. Cukup untuk mengutarakan keluhan dan diskusikan dengan fitur konsultasi dokter online.

  • Komunitas Medis

Komunitas di dalam aplikasi medis ini ternyata berguna untuk Anda yang ingin memiliki aktivitas sehari-hari untuk berdiskusi dengan teman yang lainnya mengenai masalah kesehatan. Biasanya pada komunitas ini akan membahas seputar gaya hidup sehat.

Dengan begitu, Anda akan termotivasi dan mendapatkan banyak masukan untuk selalu hidup sehat dan terbebas dari penyakit.

  • Deskripsi Obat

Tak jarang orang yang tidak suka mengonsumsi obat karena takut akan kandungan obat yang memberikan efek samping. Akan tetapi jika Anda menggunakan aplikasi semacam ini maka Anda bisa mengidentifikasi obat tersebut terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsinya.

Untuk deskripsi dari obat yang Anda dapatkan seperti kandungan obat, dosis obat, efek samping, cara penggunaan, dan masih banyak lagi.

  • Booking Dokter

Jadwal dokter biasanya sudah tertera pada aplikasi sehingga Anda tinggal menentukan secara online yang disesuaikan dengan jadwal Anda. Maka tidak perlu lagi datang untuk sekedar reservasi secara offline, Sangat simpel bukan dengan aplikasi medis maka Anda bisa membooking dokter langsung.

Untuk fitur booking dokter juga bisa menentukan urutan Anda berobat ke dokter tersebut. Bisa saja dengan reservasi online maka Anda mendapatkan antrian awal sehingga tidak perlu lama menunggu antrian panjang.

  • Rekam Medis

Memang beberapa pengguna sangat ingin menggunakan aplikasi untuk rekam medis yang sudah dilakukan untuk melihat riwayat penyakit dan pengobatannya. Selain itu, rekam medis bisa digunakan untuk memberikan perawatan yang tepat saat sudah datang ke rumah sakit dengan sakit berbeda.

Cara Menggunakan Aplikasi Telemedicine

Menggunakan aplikasi telemedicine memang tergolong sangat mudah dan cepat karena user interfacenya dirancang sangat sederhana. Akan tetapi, ternyata ada beberapa tips yang berguna untuk cara menggunakan aplikasi medis ini, yaitu:

  • Saat Anda merasakan sakit maka bisa melakukan self diagnosis terlebih dahulu dengan melihat artikel kesehatan yang ada di dalamnya.
  • Kemudian, bisa berkonsultasi secara online jika Anda ingin yakin dengan self diagnosis Anda.
  • Setelah itu baru bisa mengkonsumsi obat yang disarankan dokter dan mencari informasi pada fitur deskripsi obat.
  • Namun, jika harus dilakukan pemeriksaan langsung perlu untuk booking dokter pada rumah sakit.
  • Setelah Anda bertemu dokter dan mendapatkan pemeriksaan dan perawatan bisa dicatat pada rekam medis agar tersimpan dan Anda tidak kehilangan riwayat pemeriksaan Anda.

Dengan runtut menggunakan fitur-fitur aplikasi medis ini, Anda akan mendapatkan keuntungannya dalam masalah kesehatan. Sangat menyenangkan memang dengan aplikasi yang memberikan sejuta manfaat.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Kesehatan Dengan GITS.ID

Berbagai jenis aplikasi kesehatan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari layanan kesehatan. Bagi perusahaan yang ingin memberikan keuntungan medis bagi para penggunanya maka bisa menggunakan jasa IT GITS.ID untuk membuat sebuah aplikasi kesehatan. Dijamin untuk aplikasi tersebut akan memberikan nilai tambah bagi citra perusahaan di mata masyarakat.

Kami juga bekerja sama dengan Viva Health untuk mengembangkan aplikasi kesehatan mereka, Viva Apotek.

Hubungi GITS.ID sekarang juga.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286