Keuntungan Aplikasi Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia

Keuntungan Aplikasi Kesehatan

Teknologi informasi yang sekarang sedang berkembang pesat di masyarakat memberikan sebuah kemudahan untuk beraktivitas. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berguna seperti di dunia pendidikan, medis, sosial, dan lainnya. Yang sangat ini tengah ramai diperbincangkan adalah aplikasi kesehatan dan keuntungan aplikasi kesehatan itu sendiri.

Bagi pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut karena sudah sangat banyak bermunculan di Google Play Store maupun Apps Store. Namun, Anda tidak bisa langsung menggunakannya begitu saja sebelum mengetahuinya lebih dalam.

Apa Itu Aplikasi Kesehatan?

Yang dimaksud dengan aplikasi kesehatan atau aplikasi telemedicine ini adalah software yang berguna untuk mencari layanan medis online sehingga pengguna bisa mendapatkan penanganan yang cepat.

Biasanya aplikasi ini dimiliki oleh rumah sakit atau pusat kesehatan agar bisa memberikan pelayanan medis secara online seperti konsultasi masalah kesehatan.

Terlebih di era pandemi ini sangat banyak orang melakukan aktivitas secara online. Oleh sebab itu, saat ini lebih dikembangkan dengan fitur-fitur lengkap serta penggunaan yang mudah dengan user interface sederhana.

Penggunaan dari aplikasi kesehatan online pastinya tak lepas dari smartphone dan jaringan internet. Untuk layanannya sendiri ada yang gratis dan berbayar tergantung kebutuhan dari pengguna aplikasi sehingga perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Biasanya jika hanya untuk mencari informasi terkait dengan masalah kesehatan seluruhnya sudah tersedia secara gratis dalam bentuk artikel atau bacaan. Sedangkan, versi berbayarnya biasanya untuk fitur seperti konsultasi langsung dengan dokter terkait gangguan kesehatan yang sedang dialami.

Kenapa Penting Memiliki Aplikasi Kesehatan?

Telemedicine software sudah banyak digunakan oleh pengguna smartphone salah satunya sebagai aplikasi konsultasi dokter. Saat ini, dunia tengah berada dalam kondisi pandemi dimana Anda tidak bisa dengan bebas keluar masuk fasilitas kesehatan karena sangat rawan sekali dengan virus.

Oleh sebab itu, penting sekali memiliki aplikasi medis pada smartphone karena juga bisa digunakan untuk self diagnosis atau jika ingin lebih jelas lagi penjelasan tentang keluhan kesehatan pengguna bisa berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus mengunjungi pusat kesehatan.

Aplikasi medis ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi obat-obatan karena di dalamnya terdapat fitur mengenai informasi obat. Dengan aplikasi yang terinstal di smartphone bisa untuk mendapatkan keuntungan aplikasi konsultasi dokter dan lainnya dalam kesehatan.

Keuntungan yang Bisa Didapat dengan Developing Aplikasi Kesehatan Dari Sisi Pemilik

Pemilik dari aplikasi kesehatan ini biasanya adalah sebuah pusat kesehatan seperti rumah sakit atau klinik. Atau juga bisa perusahaan yang ingin memiliki aplikasi yang berguna untuk masyarakat luas dengan memiliki fitur-fitur kesehatan di dalamnya.

Ketahui juga untuk keuntungan aplikasi kesehatan yang akan didapatkan dari pemiliknya, yaitu:

  • Mempermudah untuk pelayanan medis terutama untuk masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan
  • Dapat mempercepat sistem rujukan jika diperlukan cepat dan bisa melihat jadwal secara transparan
  • Mengurangi kepadatan pasien berobat di pusat layanan kesehatan Anda sehingga bisa memaksimalkan untuk pasien yang membutuhkan pertolongan segera.
  • Dapat digunakan untuk alat komunikasi antar fasilitas kesehatan sehingga mudah mengirimkan data pasien.

Keuntungan yang Bisa Didapat dengan Developing Aplikasi Kesehatan Dari Sisi Pasien

Sedangkan, jika dilihat dari sisi pasien atau orang yang menggunakan maka keuntungan aplikasi kesehatan ini akan terasa di beberapa hal seperti:

  • Sarana edukasi dan awareness mengenai kesehatan dan bisa melakukan self diagnosis sendiri saat tidak memiliki sakit yang berisiko.
  • Bisa mendapatkan sarana diagnostik atau perawatan jarak jauh dari rumah sakit yang menyediakan aplikasi kesehatan ini.
  • Dapat mengirimkan data dengan cepat sehingga mendapatkan diagnosis secara cepat seperti radiologi dan pemeriksaan jantung.
  • Bisa merasakan keuntungan aplikasi booking dokter yang diinginkan karena sudah merasa cocok dengan dokter tersebut.

Tipe-Tipe Aplikasi Kesehatan yang Bisa Dikembangkan di Indonesia

Dari banyaknya keuntungan aplikasi kesehatan yang ada di masyarakat, maka perusahaan bisa mengetahui biasanya tipe-tipe apa saja yang dicari oleh para pengguna. Seperti di bawah ini aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna Android:

  • Tampilan Sederhana

Tidak suka yang bertele-tele dan banyak warna serta tombol. Pengguna suka aplikasi yang memiliki tampilan sederhana dan ringkas. Biasanya, untuk tampilan ini juga terdiri dari tema, background, atau ikon-ikon pada fitur yang bisa digunakan.

Jangan menampilkan warna yang kontras agar pengguna betah berlama-lama di dalam aplikasi. Selain itu, pemilihan gaya font dan ukurannya harus disesuaikan secara standard yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

  • Fitur-Fitur Mudah Digunakan

Fitur-fitur yang ada bisa digunakan dengan sekali klik saja dan menampilkan banyak informasi. Maka pengguna bisa mudah melihat apa saja yang ada di dalamnya dan menggunakan dengan mudah.

Terlalu banyak klik pada fitur akan membuat pengguna lebih bingung maka cukup beberapa klik saja maka keinginan pengguna bisa dilakukan.

  • Aplikasi Tidak Berat

Yang tidak kalah penting adalah ukuran dari aplikasi tersebut yang tidak terlalu berat. Hal ini untuk mendukung proses konsultasi kesehatan berjalan dengan lancar. Biasanya untuk melakukan konsultasi akan mudah jika penggunaan dari aplikasi ini cepat.

Selain dari kinerja aplikasinya, performa dari smartphone sendiri harus diperhatikan karena aplikasi yang berat membuat handphone lag dan lemot.

  • Terdapat Jadwal Dokter

Tak kalah penting aplikasi yang dikeluarkan dari rumah sakit ini bisa digunakan untuk mengetahui jadwal dokter. Pastikan di dalam aplikasi sudah jelas nama dokter, poli dokter, spesialis, gelar, jadwal konsultasi, dan lainnya. Untuk booking dokter juga harus diberikan fitur yang canggih dan informatif.

  • Fitur Deteksi Obat (Medicine)

Untuk mendukung self diagnosis maka membutuhkan deteksi obat yang akurat. Selain konsultasi kepada dokter secara langsung ada baiknya aplikasi telemedicine memberikan ruang untuk deteksi obat yang memang aman digunakan dan bukan obat keras yang penggunaannya harus pengawasan dokter.

  • Fitur Rekam Medis

Bisa jadi pengguna adalah pasien tetap dari perusahaan Anda sehingga harus diperhatikan mengenai rekam medis yang sudah dilakukan agar proses pengobatan berjalan dengan lancar. Fitur rekam medis ini tidak hanya berguna untuk pasien saja namun juga dokter yang mengawasi rawat jalan.

Perusahaan akan memiliki banyak informasi mengenai pasien tentang apa saja perawatan yang sudah dilakukan. Dengan begitu diagnosa penyakit akan lebih mudah dan pasien mendapat penanganan yang tepat.

  • Terhubung Dengan Layanan BPJS

Yang tidak kalah penting yaitu aplikasi terhubung dengan layanan BPJS yang digunakan untuk proses administrasi dan pembayaran pengobatan. Maka, saat sudah terhubung dengan BPJS para pasien tidak akan bingung lagi untuk pengobatan karena sudah ditanggung sepenuhnya.

Bahkan untuk pengobatan yang tidak ditanggung juga bisa diinformasikan sehingga para pengguna akan menyiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Fitur-Fitur yang Bisa Diberikan Untuk Aplikasi Kesehatan

Melalui fitur-fitur yang diberikan pada aplikasi maka Anda bisa merasa keuntungan aplikasi kesehatan dengan nyata. Fitur yang harus ada seperti booking dokter, detail jadwal dokter, artikel masalah penyakit dan kesehatan, info obat-obatan, informasi istilah penyakit, dan masih banyak lagi.

Para pengguna aplikasi pastinya akan sangat terbantu dengan aplikasi perusahaan Anda yang sudah dikembangkan dengan baik berdasarkan keuntungan aplikasi telemedicine.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Bersama GITS.ID

Jika Anda ingin membuat aplikasi rumah sakit yang simple, memuat fitur-fitur yang penggunaannya sangat mudah, dan memiliki user interface sederhana maka bisa menggunakan layanan GITS.ID. Tidak perlu khawatir mengembangkan aplikasi kesehatan karena keuntungan aplikasi kesehatan berjangka waktu lama.

Segera konsultasikan dengan kami. GITS.ID adalah solusi terbaik untuk Anda karena kami siap menerima permintaan pembuatan aplikasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Kami akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

Kami juga bekerja sama dengan Viva Health untuk mengembangkan aplikasi kesehatan mereka. Aplikasi kesehatan ini bernama Viva Apotek dan mendigitalisasikan bisnis mereka.

Hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut untuk aplikasi terbaik Anda.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286