Konsultasi Dokter dan Beli Obat Dengan Mudah dengan Menggunakan Aplikasi Telemedicine

aplikasi telemedicine

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital semakin banyak kemudahan dalam beberapa hal. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan adalah aplikasi telemedicine. Aplikasi ini digunakan untuk membantu para pasien agar mudah mendapatkan pelayanan kesehatan jarak jauh.

Inovasi ini sangat berperan penting dalam memanfaatkan waktu agar lebih efisien. Anda tidak perlu datang langsung ke rumah sakit ketika ingin melakukan konsultasi dokter. Dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa dokter spesialis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kegunaan Aplikasi Telemedicine dan Penjelasan Tentang Konsultasi Dokter Online

Telemedicine menjadi salah satu bentuk pengembangan teknologi terutama dalam bidang kesehatan. Kegunaannya adalah untuk memudahkan pasien dalam berkonsultasi dengan dokter, tanpa harus melakukan tatap muka dengan dokter secara langsung.

Meskipun dilakukan secara daring, namun diagnosa dan pemberian obat tetap bisa dilakukan. Dengan adanya aplikasi ini pasien akan terbantu dengan diagnosa awal yang disampaikan oleh dokter yang bersangkutan. Selain itu, pasien juga bisa mendapatkan penanganan dan perawatan pertama dengan lebih cepat.

Aplikasi online ini telah banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penggunaannya semakin meningkat ketika Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi. Masyarakat cenderung membatasi diri untuk bepergian ke tempat umum termasuk ke rumah sakit.

Penggunaan telemedicine ini bukan hanya sebagai sebuah kemajuan teknologi saja, lebih dari itu aplikasi ini mendapatkan rekomendasi dari WHO. Sistem kesehatan digital memang terus dikembangkan agar lebih baik. Hal yang mendasari tentang penggunaan telemedicine ini antara lain:

  • Sebagai media atau alat untuk mendukung perawatan kesehatan kepada pasien secara klinis.
  • Inovasi tepat dengan memanfaatkan teknologi baru.
  • Mampu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas hidup masyarakat.
  • Mengatasi hambatan terkait pemerataan akses kesehatan masyarakat.

Penjelasan Konsultasi Dokter Online Bisa Dilakukan di Aplikasi Telemedicine

Telemedicine bukan hanya mencakup tentang konsultasi dokter secara online, namun juga memiliki lebih banyak fitur yang tersedia. Banyak orang yang memahami bahwa peran dari telemedicine hanyalah sebatas tentang konsultasi dokter saja.

Layanan konsultasi dokter yang dilakukan di telemedicine bisa membantu pasien dalam menangani keluhan kesehatan yang terjadi. Dalam aplikasi telemedicine juga disertai dengan pemberian resep hingga pembelian obat secara online.

Secara umum, konsultasi online adalah pelayanan konsultasi secara jarak jauh untuk menegakkan diagnosis. Apabila belum bisa melakukan diagnosa, maka dokter akan memberikan pertimbangan atau saran akan tatalaksana atas keluhan yang dideritanya.

Apabila diambil kesimpulan, konsultasi dokter online juga merupakan bagian dari telemedicine. Cakupan konsultasi dokter secara online lebih sempit dibandingkan dengan cakupan telemedicine. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan dari cakupan tersebut;

a. Cakupan Konsultasi Dokter Online

  • Komunikasi tentang keluhan yang disampaikan oleh pasien kepada dokter.
  • Pemberian diagnosis oleh dokter.
  • Pemberian saran tentang tata laksana dari keluhan tersebut. Contohnya adalah tindakan medis dan pengobatan.

b. Cakupan Telemedicine

  • Radiologi
  • Konsultasi klinis
  • Ultrasonografi obstetric
  • Elektrokardiografi

Cara Konsultasi Dokter Online

Menggunakan aplikasi untuk konsultasi dokter secara online sangatlah mudah. Pada umumnya aplikasi dapat diunduh secara gratis melalui perangkat smartphone. Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, klik unduh dan tunggu hingga aplikasi terpasang.

Aplikasi dikembangkan dengan tampilan yang memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Beberapa aplikasi dengan jenis yang sama mungkin akan memiliki tampilan antarmuka yang berbeda. Akan tetapi secara umum, cara konsultasi dokter online adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi yang dipilih
  • Pilih menu “Buat Janji”
  • Pilih dokter serta jadwal telekonsultasinya.
  • Lengkapi identitas diri dengan benar.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk.
  • Setelah selesai akan ada rincian jadwal telekonsultasi yang dikirimkan melalui email atau media komunikasi lainnya.
  • Pada saat tiba jadwal untuk konsultasi, buka aplikasi kembali dan klik simbol chat.
  • Konsultasi online dapat dimulai.
  • Untuk telekonsultasi melalui video, pasien bisa klik simbol video atau klik link yang diberikan oleh petugas.
Aplikasi Telemedicine

Fitur Lain Yang Dapat Dimasukkan Untuk Menyertai Konsultasi Dokter

Selain menyediakan layanan konsultasi dokter, masih ada beberapa fitur yang disematkan sebagai penyertanya. Fitur-fitur tersebut akan membantu pasien agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif. Berikut adalah fitur-fitur tambahan yang mungkin bisa dimasukkan:

  • Booking medical check up yaitu fitur untuk membuat janji temu secara online melalui aplikasi.
  • Melakukan pemesanan obat-obatan yang bisa diakses secara online. Pada saat dokter telah melakukan diagnosa dan memberikan resep obat, Anda bisa membelinya melalui aplikasi tersebut.
  • Melakukan registrasi vaksin dan tes Covid-19 secara online. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan Covid-19. Setelah selesai melakukan pembayaran, tinggal datang sesuai dengan jadwal yang dipilih.
  • Fitur medical assistance yaitu sebuah fitur untuk asisten berobat. Layanan ini membantu Anda untuk mendapatkan rekomendasi rumah sakit dan dokter, booking janji temu dengan dokter, hingga perhitungan estimasi biaya pengobatan.

Kelebihan dan Kekurangan Telemedicine

Telemedicine merupakan aplikasi yang dibutuhkan dalam menjangkau pelayanan kesehatan dimanapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang ada didalamnya memudahkan pengguna untuk mendapatkan layanan konsultasi dokter hingga pembelian obat. Adapun kelebihan dan kekurangan dari telemedicine adalah:

1. Kelebihan

a. Memudahkan Pengguna Mengakses Pelayanan Kesehatan

Munculnya teknologi ini membuat akses pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah dijangkau. Pasien dapat memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak terikat oleh tempat meskipun jauh.

b. Praktis

Aplikasi telemedicine juga lebih praktis dan mudah digunakan. Tidak hanya terbatas pada layanan konsultasi dokter saja namun hingga pembelian obat secara online tanpa harus datang ke apotek dan menebus obat secara langsung.

c. Hemat

Menggunakan layanan telemedicine jelas lebih menghemat baik waktu, tenaga, dan biaya. Anda bisa melakukan konsultasi dokter dimanapun tanpa harus datang ke rumah sakit. Selain itu juga tidak perlu antri untuk mendaftar. Harga yang diterapkan juga lebih murah.

d. Catatan Tersimpan Rapi

Setiap konsultasi yang dilakukan akan disimpan dalam arsip masing-masing pasien. Data tersebut bisa dibuka kembali ketika dibutuhkan. Selain data konsultasi dokter, juga tersimpan data pengobatan dan tindakan medis yang dilakukan.

2. Kekurangan

a. Keterbatasan Ruang dan Waktu

Konsultasi yang dilakukan secara online, tentu berbeda dengan konsultasi yang dilakukan secara langsung. Pada saat Anda berkonsultasi, dokter hanya bisa melakukan diagnosis atas apa yang Anda sampaikan.

Terkadang dokter juga akan kesulitan dalam menegakkan diagnosa karena tidak bisa memeriksa fisik secara langsung. Meskipun tidak signifikan, namun keterbatasan ini bisa menunda penegakan diagnosis dengan tepat.

b. Kesalahan Teknis

Hambatan yang mungkin terjadi pada layanan telemedicine adalah berkaitan dengan hal teknis. Contohnya saja kecepatan internet lambat, aplikasi sering eror, dan berbagai kesalahan teknis lainnya.

Hal-hal tersebut dapat menyebabkan informasi yang akan disampaikan kepada pasien dari dokter menjadi tidak maksimal. Apabila tingkat kesalahan teknis tidak segera tertangani maka bisa menimbulkan risiko kesalahan informasi.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Bersama GITS.ID

Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi telemedicine yang berkualitas dan anti lemot? Silahkan hubungi tim dari GITS.ID yang telah terbukti profesional dan terpercaya dalam hal pengembangan aplikasi. Anda bisa berdiskusi dengan tim ahli untuk menentukan fitur, desain, hingga harganya.

GITS.ID juga bekerja sama dengan Viva dalam mengembangkan aplikasi kesehatan mereka, Viva Apotek.

Hubungi GITS.ID sekarang.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286