Aplikasi Rumah Sakit Sesuai dengan Layanan Kesehatan Anda

  • Business
  • Aplikasi Rumah Sakit Sesuai dengan Layanan Kesehatan Anda
aplikasi rumah sakit

Aplikasi rumah sakit sering kali digunakan untuk menunjang keberhasilan proses dalam layanan kesehatan untuk masyarakat. Hal tersebut akan menjadikan aplikasi ini sebagai solusi yang ideal dalam permasalahan pada administrasi rumah sakit Anda.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan juga bisa berpatokan pada kebutuhan para pasien seperti pendaftaran online, rekam medis online, booking dokter online, dan lain sebagainya. Akan tetapi, masih banyak kegunaan lain dari aplikasi ini.

Informasi Tentang Aplikasi Rumah Sakit

Aplikasi yang dikhususkan untuk rumah sakit ini sebenarnya bisa juga dikatakan sebagai aplikasi telemedicine. Kegunaannya pastinya untuk membantu permasalahan pengobatan masyarakat di rumah sakit agar menjadi lebih mudah dan teratur.

Ketika menggunakan aplikasi yang lebih canggih maka prosesnya akan lebih cepat dan penanganan dalam hal medis maupun non-medis akan terasa sangat efisien. Dengan menggunakan aplikasi pun Anda tidak perlu takut akan permasalahan yang mungkin terjadi di rumah sakit.

Contohnya saja seperti administrasi manual yang memakan banyak waktu, berkas rekam medis yang tercecer kemana-mana, verifikasi klaim BPJS masih lama, penghitungan obat secara manual, pembuatan laporan yang cenderung ribet dan tidak otomatis, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi. Jadi, aplikasi rumah sakit ini bukan hanya satu aplikasi untuk satu kebutuhan namun bisa digunakan untuk keseluruhan karena sistem manual seperti itu akan membutuhkan waktu yang relatif lama.

Pentingnya Memiliki Aplikasi Rumah Sakit

Aplikasi dalam rumah sakit ini masih penting digunakan untuk berbagai kalangan karena perbedaan penggunaannya sendiri-sendiri, yaitu:

  • Bagi Pegawai

Jika Anda memiliki pegawai medis dalam perusahaan Anda maka pekerjaan yang dilakukan haruslah sangat cepat dan akurat. Karena dalam dunia medis tidak boleh ada kesalahan dan error yang harus terjadi hanyalah 0,1%.

Oleh sebab itu, dalam menggunakan aplikasi maka harus dibarengi dengan SDM yang mumpuni. Maka, aplikasi yang digunakan harus memiliki user interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Pastikan setiap proses pekerjaan memiliki aplikasi tersendiri namun masih terintegrasi dengan bagian yang lainnya seperti pendaftaran, kasir, accounting, manajemen, dan lainnya.

Hal tersebut selain untuk menghubungkan satu pihak dengan pihak lainnya namun juga bisa untuk membatasi sebuah privasi yang harus diketahui oleh pihak-pihak tertentu saja.

  • Bagi Pasien

Sedangkan, untuk pasien sendiri bisa digunakan secara mandiri untuk urusan seperti reservasi online, konsultasi online dengan dokter, booking dokter online, dan masih banyak lagi.

Namun, biasanya jika untuk pasien lebih ke arah aplikasi kesehatan yang memuat banyak fitur-fitur untuk diagnosa awal pada penyakit tertentu. Pastinya, tidak hanya berputar pada penyakit saja namun juga ada edukasi mengenai cara hidup sehat dengan fitur olahraga.

Fitur navigasi ternyata juga dibutuhkan untuk pasien atau pengunjung rumah sakit untuk memudahkan dalam mobilisasi di rumah sakit. Manfaat yang didapatkan adalah cepatnya mengakses sebuah ruangan maupun tempat yang ingin dituju di rumah sakit.

Macam-Macam Aplikasi Rumah Sakit

Sudah diberitahukan sebelumnya bahwa aplikasi yang digunakan di rumah sakit bukanlah satu aplikasi namun digunakan oleh banyak pihak. Karena itu akan membuat sistem menjadi berat dan bisa terjadi lambat aplikasi.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengenal aplikasi apa saja yang ada di rumah sakit maka bisa melihat pada ringkasan di bawah ini:

  • General

Aplikasi yang pertama adalah secara general yang bisa dibilang sebagai aplikasi kesehatan yang umum berada di masyarakat. Yang bisa mengakses aplikasi ini adalah pegawai maupun pengguna luaran rumah sakit.

Biasanya Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store karena penggunaannya secara general.

Untuk aplikasi yang bisa digunakan pada jenis general ini seperti aplikasi kehamilan, aplikasi rawat jalan, atau aplikasi olahraga yang banyak digunakan oleh para pasien.

  • Aplikasi Administrasi Rumah Sakit

Selanjutnya adalah aplikasi yang digunakan untuk administrasi rumah sakit sehingga yang menggunakan adalah bagian administrasi dan kasir. Dengan menggunakan aplikasi di bagian administrasi maka bisa mengurangi antrian pada pendaftaran.

Saat ini sudah diberlakukan di rumah sakit mana saja bahwa pendaftaran dan kasir dibedakan tempatnya. Namun, akan lebih baik jika aplikasi yang digunakan masih terintegrasi sehingga mengefisiensi daftar pasien menjadi lebih ringkas.

  • Layanan Spesialis

Kemudian, bagi rumah sakit spesialis disarankan untuk membuat aplikasi medis tersendiri. Layanan spesialis tidak dikunjungi oleh masyarakat luas yang secara general. Oleh sebab itu dalam menggunakan aplikasi harus disusun sedemikian rupa agar lebih sederhana dan tidak rumit.

Para pasien bisa menggunakan aplikasi spesialis ini untuk urusan masalah penyakit tertentu. Akan lebih baik fitur yang ditambahkan di dalamnya adalah fitur grup bagi para pasien yang memiliki riwayat penyakit sama sehingga bisa sharing terkait keluhan atau pengobatannya.

  • Rekam Medis

Pada aplikasi, biasanya untuk rekam medis ini akan diberikan sebuah catatan dokumen mengenai identitas, pemeriksaan, pengobatan, pelayanan, serta tindakan medis. Namun, jika dilakukan secara manual akan terlalu banyak kertas yang ada terlebih bagi pasien yang memiliki pengobatan panjang.

Rekam medis ini bisa diberikan pada fitur aplikasi rawat jalan. Akan tetapi, juga bisa dibuatkan untuk aplikasi tersendiri sehingga lebih ringkas untuk riwayat pasien. Yang menggunakan aplikasi rekam medis bisa oleh pelayanan kesehatan dan pasien itu sendiri.

  • Non Klinis (Akuntansi dan Keuangan)

Selanjutnya, ada aplikasi non-medis seperti untuk urusan keuangan dan akuntansi rumah sakit. Dengan begitu, maka pegawai tidak perlu menggunakan catatan manual dan bisa lebih cepat dalam menghasilkan laporan.

Tak hanya cepat saja, namun format yang diberikan juga akan tetap sama dan hasil yang diberikan bisa akurat karena menghindari human error pada saat membuat laporan.

Aplikasi Rumah Sakit Sesuai dengan Layanan Kesehatan Anda

Manfaat yang Bisa Diperoleh Dengan Aplikasi Rumah Sakit

Dalam penggunaannya sendiri, sebenarnya Anda akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang didesain khusus untuk rumah sakit ini. Bahkan efisiensi dan efektivitas dalam pengobatan klinis maupun urusan non klinis sangat bisa dijangkau.

Untuk manfaatnya sendiri yang bisa Anda dan pasien terima yaitu:

  • Terintegrasi dengan banyak aplikasi seperti BPJS, Jasa Raharja, dan masih banyak lagi yang memudahkan bagi administrasi rumah sakit dan pasien.
  • Bisa memanajemen informasi dari rumah sakit cabang ke rumah sakit pusat dengan cepat.
  • Menghemat banyak biaya penanganan untuk penggunaan kertas dalam administrasi dan rekam medis.
  • Keamanan terjaga karena server yang digunakan bisa dipusatkan pada rumah sakit utama.
  • Otomatis memberikan sebuah laporan keuangan dan akuntansi.
  • Bisa digunakan dalam dua perangkat yaitu komputer/PC dan smartphone.
  • Memudahkan para pasien untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat.

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Bersama GITS.ID

Setelah mengetahui manfaatnya pastinya setiap macam aplikasi akan memiliki manfaat yang berbeda dan sesuai dengan kegunaannya. Anda tinggal menyesuaikan manakah macam aplikasi rumah sakit yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Apabila sudah menentukan untuk jenis aplikasi apa yang ingin digunakan untuk pasien dan pegawai maka tinggal berkonsultasi pada GITS.ID dalam pembuatannya. Pastinya Anda akan mendapatkan aplikasi yang sesuai kebutuhan Anda namun tetap terasa seperti aplikasi profesional tanpa hambatan.

GITS.ID juga bekerja sama dengan Viva Health dalam mengembangkan aplikasi kesehatan mereka, Viva Apotek.

Tertarik membuat aplikasi rumah sakit milik Anda sendiri? Hubungi GITS.ID sekarang juga.

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States