Business Menciptakan Organisasi Pembelajaran/Learning Organization, juga bagi Digital Agency Jakarta

Menciptakan Organisasi Pembelajaran/Learning Organization, juga bagi Digital Agency Jakarta

Dalam sebuah perusahaan, juga digital agency Jakarta misalnya, kedinamisan adalah hal yang mutlak. Setiap orang yang ada di dalamnya memiliki perbedaan latar belakang, pola pikir, dan kebiasaan. Penting untuk memahami dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar semua orang terus meningkatkan kemampuannya untuk mencapai kinerja yang diharapkan.

Perusahaan termasuk digital agency Jakarta dapat memfasilitasi anggotanya dengan menerapkan organisasi pembelajaran atau learning organization. Semua aspirasi anggota secara individu dan kelompok diberi kebebasan. Menjadikan perusahaan terus bertransformasi dan beradaptasi pada perubahan zaman.

Setiap anggota belajar dari kesuksesan mereka dan juga dari kegagalan mereka. Pembelajaran berkelanjutan secara sistematis dibangun ke dalam DNA dan infrastruktur organisasi. Nilai dari pembelajaran berkelanjutan didukung, didorong, dan diteladani oleh CEO dan manajemen senior. 

Membangun budaya komunikasi yang dilakukan secara terbuka dan tersebar luas, orang-orang di semua tingkatan diasumsikan setiap orang “perlu tahu” tentang apapun yang terjadi pada perusahaan.

Karakteristik Organisasi Pembelajaran atau Learning Organization, termasuk di Digital Agency Jakarta

Berpikir secara Sistematis (System Thinking)

Organisasi pembelajaran memiliki sistem dalam mengukur kinerja organinasi secara keseluruhan dari berbagai komponen. Hal ini diterapkan agar diketahui apakah ada peningkatan atau penurunan. Perbaikan dapat dilakukan sedini mungkin untuk mencegah kerugian yang mungkin terjadi.

Keunggulan Personal (Personal Mastery)

Ada keunggulan kompetitif bagi organisasi termasuk digital agency Jakarta yang tenaga kerjanya dapat belajar lebih cepat daripada tenaga kerja organisasi lain. Belajar dianggap lebih dari sekadar memperoleh informasi. Tetapi juga mengembangkan kemampuan untuk menjadi lebih produktif. Hal ini lewat belajar bagaimana menerapkan keterampilan kita pada pekerjaan dengan cara yang paling tepat. Keunggulan pribadi muncul juga dalam cara spiritual. Misalnya, klarifikasi fokus, visi pribadi, dan kemampuan untuk melihat dan menafsirkan realitas secara objektif.

Mental Models

Model mental pribadi menggambarkan apa yang orang mampu atau tidak mampu lakukan, dapat dideteksi. Dalam menciptakan lingkungan belajar, penting untuk mengganti sikap konfrontatif dengan budaya terbuka yang mendorong kepercayaan kepada rekan yang lain.

Visi Bersama (Shared Vision)

Pengembangan visi bersama penting dalam memotivasi staf untuk belajar. Karena, menciptakan identitas bersama yang memberikan fokus dan energi untuk belajar.

Pembelajaran Tim (Team Learning)

Organisasi pembelajaran memiliki struktur yang memfasilitasi pembelajaran tim lewat fitur-fitur yang bisa mendorong staf organisasi termasuk digital agency Jakarta untuk melampaui batasan mereka.

Dari pemaparan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran individu dan kelompok dalam organisasi bertujuan agar organisasi atau perusahaan menjadi yang paling unggul di antara pesaingnya. Dalam praktiknya, organisasi pembelajaran ialah bagaimana organisasi memecahkan permasalahannya secara sistematis dan komprehensif, melakukan percobaan pendekatan baru. Juga, belajar dari pengalaman sendiri dan masa lalu, belajar dari keberhasilan orang lain. Serta, melakukan transfer ilmu pengetahuan secara tepat, cepat, hemat ke seluruh jajaran anggota organisasi. Keberhasilan organisasi ialah mampu menjawab berbagai kondisi lingkungan, responsif terhadap lingkungan eksternal dan kuat pada lingkungan internalnya.

Lebih Lanjut tentang Learning Organization atau Organisasi Pembelajaran, Termasuk untuk Digital Agency Jakarta

Lebih lanjut tentang ini dibahas pada GITS Expert Talks: Guide to Building a Learning Organization, bersama bapak Slamet Hendry, IT Director di sebuah perusahaan FMCG global. Webinar yang diselenggarakan oleh GITS.ID ini tayangan ulangnya dapat ditonton di:

Untuk pendaftar GITS Expert Talks, file materi dapat diakses di bawah ini. Sila cek email Anda untuk mendapatkan password-nya.

Protected Area

This content is password-protected. Please verify with a password to unlock the content.


Slamet Hendry adalah IT Director di salah satu perusahaan FMCG global.

Novita adalah tim marketing GITS.ID.


GITS.ID bekerja sama membantu banyak klien perusahaan mewujudkan visi mereka lewat aplikasi mobile, desktop, maupun website. Contoh-contohnya dapat diakses di halaman Portfolio ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Menciptakan Organisasi Pembelajaran/Learning Organization, juga bagi Digital Agency Jakarta

Dalam sebuah perusahaan, juga digital agency Jakarta misalnya, kedinamisan adalah hal yang mutlak. Setiap orang yang ada di dalamnya memiliki perbedaan latar...

Software Developer Indonesia, Ini Cara Pakai Open XML di .NET Core

Bagi software developer Indonesia, saat ini, banyak aplikasi yang menerapkan office tools untuk membantu pengerjaan dokumen, presentasi, maupun spreadsheet. Office tools ini...

Cara Membuat UI/UX Design Portfolio yang Menarik Perhatian Recruiter

Bidang UI/UX design terus berkembangan pesat dan memiliki banyak peluang. Dengan memiliki design portfolio yang kuat dan menarik, kamu punya banyak kesempatan...

GITS Expert Talks: Commercial Budgeting in Uncertainty: Key to Prepare for 2021

Preparing the year 2021 budget will be challenging for most companies given the unprecedented situation of pandemic. We have faced 2020 with...

Implementasi REST API di iOS Development menggunakan Alamofire dan SwiftyJSON

iOS Development – Tentang REST API Bagi seorang developer, mungkin sudah tidak asing lagi...