Sebagai penjual e-commerce, memperluas jangkauan Anda ke berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, hingga toko offline, merupakan strategi yang cerdas untuk mengembangkan bisnis. Namun, mengelola persediaan dan pesanan di platform-platform yang berbeda ini dapat menjadi hal yang sulit dilakukan. Bisa jadi pelanggan Anda juga menjadi tak nyaman dengan perubahan status pesanan, misalnya tertulis ada stok tapi ternyata habis, dan lain-lain.
Marketplace integration memainkan peran penting di sini. Dengan mengintegrasikan berbagai akun marketplace yang Anda miliki, Anda dapat mengelola persediaan dan pemenuhan pesanan secara terpusat, menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan memastikan pengalaman berbelanja yang mulus bagi pelanggan Anda.
Table of Contents
ToggleTantangan E-commerce Multi-Channel
Berjualan di beberapa marketplace memiliki keuntungan, tetapi juga ada beberapa tantangan yang cukup besar.
- Masalah Sinkronisasi Persediaan: Saat Anda mencantumkan produk di platform yang berbeda, mudah bagi jumlah persediaan untuk tidak sinkron. Seorang pelanggan mungkin membeli barang di satu situs yang sebenarnya sudah Anda jual di tempat lain.
- Manajemen Pesanan yang Tidak Terpadu: Berpindah-pindah antara dashboard penjual untuk memproses dan memenuhi pesanan memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan.
- Kurangnya Visibilitas: Tanpa tampilan terpusat dari bisnis Anda, sulit untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kinerja penjualan, arus kas, dan metrik penting lainnya.
Manfaat Marketplace Integration
Mengintegrasikan berbagai akun marketplace Anda memecahkan masalah-masalah ini dan membuka beberapa manfaat penting.
Persediaan yang Tersinkronisasi
Saat satu item terjual di satu platform, jumlahnya secara otomatis dikurangi dari total persediaan di semua marketplace. Hal ini mencegah kelebihan penjualan dan menjaga akurasi daftar inventory.
Pemrosesan Pesanan Otomatis
Saat pesanan masuk, mereka secara otomatis diteruskan ke gudang Anda untuk pengambilan oleh picker, pengemasan oleh packer, dan pengiriman oleh kurir (milik Anda atau yang sudah bekerja sama). Hal ini mempercepat fulfillment dan memastikan pengiriman tepat waktu.
Insight Bisnis yang Terpusat
Dengan semua data penjualan Anda di satu tempat, Anda dapat menghasilkan laporan yang kuat untuk mengoptimalkan penetapan harga, mengidentifikasi produk terlaris, dan membuat keputusan strategis.
Cara Memilih Solusi Integrasi Marketplace yang Tepat
Tidak semua platform integrasi dibuat sama. Saat mengevaluasi opsi, cari solusi yang menawarkan:
- Dukungan untuk semua marketplace tempat Anda berjualan, termasuk website e-commerce Anda sendiri serta toko-toko offline Anda
- Sinkronisasi stok dan pesanan yang lancar, cepat dan sesuai
- Kemampuan pelaporan dan analitik yang kuat dan cerdas, bisa jadi powered by AI (misal untuk forecasting produk mana yang akan banyak dibeli)
- Kemudahan penggunaan bagi tim gudang Anda. Hal ini karena bagi tim gudang yang kemungkinan belum terlalu paham teknologi, aplikasi yang intuitif sangatlah penting. Agar mereka dapat menggunakannya dengan lancar, cepat, tanpa perlu bertanya, dan tidak keliru.
Carte WMS menawarkan platform integrasi marketplace kelas atas yang memenuhi semua persyaratan ini. Perangkat lunak kami menyediakan pusat terpusat untuk mengelola bisnis e-commerce multi-channel Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pertumbuhan alih-alih terpaku pada operasional sehari-hari.
Kesimpulan
Seiring meningkatnya persaingan e-commerce, memanfaatkan multi-channel penjualan sangat penting. E-commerce marketplace integration adalah salah satu hal penting untuk diperhatikan. Tanpa alat integrasi yang tepat, Anda akan kesulitan memenuhi penjualan multi-platform. Investasikan dalam solusi integrasi marketplace yang kuat, dan buka potensi penuh bisnis online Anda. Pakai Carte WMS sebagai marketplace integration software dan bersama tingkatkan efisiensi operasional bisnis Anda.