Mengelola Data Lebih Mudah dengan Smart Analytic Solution

Mengelola Data Lebih Mudah dengan Smart Analytic Solution

Saat ini, pengelolaan data kegiatan bisnis suatu perusahaan sudah tumbuh semakin tinggi. Penggunaan data pun semakin besar. Namun, dengan hadirnya smart analytic solutions, proses pengelolaan data pun menjadi lebih mudah diproses.

Kini bahkan telah hadir sebuah smart analytic platform yang bisa membantu pengelolaan data perusahaan agar lebih mudah saat Anda proses. 

Bagi yang bingung apa fungsi dan keunggulannya, silahkan Anda simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Smart Analytic Solutions dan Platform yang Digunakan?

Pertama-tama, kami akan menjelaskan dari yang paling mendasar. Karena penjelasan seputar smart analytic ini sangat penting sebelum kami lanjutkan ke pembahasan yang lebih jauh.

Di dalam dunia akademisi, smart analytic atau analitik cerdas merupakan proses pengumpulan dan analisis data. Fungsinya yaitu untuk membantu pengambilan keputusan terkait produk maupun layanan pada bisnis yang sedang berjalan atau akan dijalankan.

Proses pengumpulan data maupun analisisnya bisa Anda proses dengan menggunakan bantuan analytic platforms. Salah satu yang bisa Anda gunakan yaitu seperti Google Smart Analytic Solution.

Dengan menggunakan platform data driven software development, kini Anda bisa mengelola informasi data yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelolanya dalam sebuah format yang tepat sehingga mempermudah membuat keputusan bisnis.

Bagaimana Smart Analytic Bisa Membantu Bisnis Anda?

Saat ini, pengelolaan data suatu perusahaan di dunia sudah tumbuh semakin pesat. Konten yang berbasis teks tidak terstruktur, data sensor, data sosial, dan masih banyak lainnya akan selalu menumpuk setiap tahunnya.

Penumpukan data pada kegiatan usaha harus Anda kelola dengan baik dan terstruktur. Oleh karena itu, smart analytic berbasis AI Solutions, bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk mengelolanya.

Para analis memperkirakan bahwa setiap dua tahun, jumlah informasi suatu perusahaan bisa berlipat ganda. Ukuran data suatu perusahaan akan meningkat setiap tahunnya.

Internet saat ini bisa memberikan harapan untuk setiap perusahaan dalam pengelolaan data yang lebih mudah untuk dilakukan dan dikontrol.

Selain itu, smart analytic juga memiliki peran yang unik sekaligus membantu dalam pengelolaan data. Platform seperti machine learning solutions ini, mampu memvisualisasikan data perusahaan.

Kini, Anda bisa beralih dari data yang bersifat terabyte menjadi data ke dashboard yang lebih menarik secara visual. Anda sendiri akan lebih nyaman pada saat menjelajahi data yang Anda miliki tersebut.

Mengenal Platform Google Smart Analytic Solution

Untuk yang sedang mencari platform smart analytic, kini Google juga telah menyediakannya. Layanannya bernama Google Cloud Smart Analytics Platform. 

Layanan dari Google ini bisa Anda gunakan untuk menganalisis data secara fleksibel, aman dan terbuka.

Platform Ini akan membantu Anda untuk menyediakan jalur termudah saat mengorganisasi data yang Anda miliki. Platform dari Google ini menyediakan jalur termudah yang bisa membangun pengelolaan data dengan kecerdasan buatan atau AI.

Smart analytic dari Google merupakan platform yang memiliki inovasi canggih yang mendukung layanan Google Cloud. Dukungan cloud data yang tersedia mampu mendorong transformasi berbasis data perusahaan.

Tipe-Tipe Smart Analytic dan Manfaatnya

Ada beberapa tipe smart analytic yang bisa Anda manfaatkan. Sebelum menggunakan tipe yang mana, sebaiknya simak terlebih dahulu fungsi dan juga manfaatnya berikut ini.

  1. Analisis Deskriptif (Descriptive Analytics)

Tipe pertama ini sangat populer dan paling mendasar. Analisis Deskriptif biasanya digunakan oleh pebisnis untuk membuat organisasi data, melacak kinerja hingga tren operasional.

Descriptive Analytics biasanya mencakup persentase kenaikan penjualan dari tahun ke tahun, waktu rata-rata yang konsumen gunakan untuk membayar tagihan, hingga pendapatan per pelanggan.

Tipe yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk meneliti ratusan transaksi bisnis Anda pada kuartal terakhir. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa banyak konsumen yang belanja pada kuartal sebelumnya.

Dengan Descriptive Analytics, Anda juga bisa memahami data-data yang tidak terstruktur dengan menggunakan teknik matematika dasar. Semuanya bisa Anda proses dengan sistem AI secara otomatis.

  1. Analisis Prediktif (Predictive Analytics)

Tipe selanjutnya ini, merupakan sebuah platform yang menggunakan data historis, pemodelan statistik, pembelajaran mesin, hingga teknik penambangan data. 

Semua fitur-fiturnya bisa Anda gunakan untuk membuat prediksi tentang peristiwa dimasa mendatang.

Anda juga bisa menggunakan tipe Analisis Prediktif untuk mengidentifikasi bahaya dan adanya peluang tertentu. Caranya yaitu dengan mencari tren di dalam data.

Big data dan juga ilmu tentang data umumnya berhubungan dengan Analitik Prediktif. Selain itu, data juga akan membanjiri bisnis Anda setiap hari. 

Anda bisa menggunakan platform ini untuk menemukan database transaksional, gambar, file log peralatan, dan sumber lainnya.

Predictive Analytics memiliki algoritma pembelajaran yang lebih mendalam. Pembelajaran mesin nantinya akan digunakan oleh platform untuk mendeteksi pola di dalam data. Selain itu, platform ini juga bisa menghasilkan prediksi tertentu.

Secara teknis, Analisis Prediktif ini memiliki sistem dengan mesin vektor pendukung, neural network, hingga decision trees

Pembelajaran analitik prediktif ini bisa Anda gunakan juga untuk mendorong tindakan berdasarkan hasil yang sudah Anda prediksi.

  1. Analisis Preskriptif (Prescriptive Analytics)

Tipe yang ketiga ini adalah tipe terakhir yang tidak kalah fungsional dari yang lainnya. Analisis Preskriptif merupakan strategi statistik yang bisa menentukan tindakan terbaik yang Anda perlukan di saat-saat tertentu.

Tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan dengan Analisis Preskriptif ini, adalah tindakan yang berdasarkan data. Beberapa data yang bisa Anda gunakan di antaranya seperti data deskriptif hingga data prediktif.

Fokus dari Analisis Preskriptif yang sebenarnya yaitu terletak pada wawasan yang bisa Anda dapatkan. Kemudian wawasan yang Anda dapatkan tersebut bisa Anda manfaatkan berdasarkan data tersebut.

Prescriptive Analytics juga bisa Anda manfaatkan untuk meramalkan kejadian di masa yang akan datang. Anda bisa menggunakan perspektif tertentu, kemudian digunakan untuk menentukan tindakan yang terbaik berdasarkan data.

Tujuan utama dari penggunaan data ini diharapkan bisa memberikan saran dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan berdasarkan komputasi algoritma. 

Anda juga bisa menggunakan Analitik Preskriptif ini untuk menentukan bagaimana harus melanjutkan bisnis.

Contoh kasus penggunaan tipe ini adalah, ketika ada anggota tim yang tidak memiliki kemampuan yang Anda perlukan, maka algoritma ini bisa langsung mengenalinya dan memberikan solusi kepada Anda.

Solusi Data dan Data Visualization dari GITS.id

Smart Analytics adalah solusi pengelolaan data untuk perusahaan Anda yang setiap tahunnya mengalami penumpukkan. Diperlukan orang-orang yang ahli dan andal untuk mengelola data perusahaan. Terlebih untuk perusahaan yang sudah menggunakan smart analytic di dalam menggerakkan usahanya.

Kini Anda tidak perlu khawatir, karena layanan dari GITS.id bisa membantu saat mengelolanya. Perusahaan kami menyediakan sebuah layanan Data and Design Service atau DDS. Layanan ini mampu membantu pengelolaan dan memvisualisasikan data.

Pengelolaan data yang tepat juga bisa membantu pengambilan keputusan yang bijak berdasarkan data dan fakta yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. Tertarik untuk mengelola data dengan menggunakan smart analytics solution? Kini Anda bisa bekerja sama dengan jasa GITS.id untuk mewujudkannya!

Selain DDS, kami juga bisa memberikan bermacam-macam servis mulai dari digital consultancy, application modernization, cloud managed service, data and machine learning, hingga digital workspace. Kami juga memiliki layanan untuk budgeting software bernama Mofin.

Yuk, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286