Kenali Microsoft Azure Cloud Indonesia dan Cara Kerjanya

microsoft azure cloud indonesia

Setiap bisnis harus terus berkembang dan menghadapi berbagai tantangan agar bisa meraih kesuksesan. Salah satu alat pendukung yang dibutuhkan oleh perusahaan dan bisnis adalah layanan cloud. Azure Cloud merupakan salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Pengertian Microsoft Azure Cloud Indonesia

Azure Cloud adalah suatu rangkaian layanan berbasis awan yang masih terus berkembang dan bisa digunakan oleh perusahan untuk menghadapi berbagai tantangan. Microsoft Azure menawarkan layanan SaaS atau Software as a Service, Paas atau Platform as a Service, serta IaaS atau Infrastructure as a Service.

Platform berbasis awan ini mendukung berbagai bahasa pemrograman, framework yang bervariasi, dan berbagai tools. Berbagai layanan yang bisa Anda temukan di Microsoft Azure antara lain ruang penyimpanan data, networking system, analysis tools, dan layanan komputasi.

Solusi Microsoft Azure Cloud untuk Industri

Pelaku usaha industri atau manufaktur perlu beradaptasi seiring dengan berkembangnya zaman. Kompetisi yang meningkat terus menerus menuntut perusahaan untuk meningkatkan operasional agar menjadi lebih efektif. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk produksi.

Teknologi Microsoft Azure yang berbasis awan bisa menjadi suatu alternatif untuk berbagai perusahaan manufaktur. Untuk berbagai kebutuhan industri, Microsoft Azure bisa menyediakan pengalaman yang dikustomisasi sehingga model bisnis perusahaan bisa lebih inovatif lagi.

Solusi Teknologi Microsoft Azure

Teknologi yang berkembang dengan pesat sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan yang ingin memenangkan pasar dan berkembang dengan lebih baik. Salah satu teknologi yang Microsoft Azure sediakan untuk memajukan perusahaan adalah Internet of Things atau IoT.

Microsoft Azure dan IoT memungkinkan berbagai perusahaan untuk melakukan transformasi digital. Salah satu contohnya adalah IoT Central, suatu platform aplikasi yang bisa membangun serta menerapkan solusi IoT dengan aman.

Produk Microsoft Azure Cloud Indonesia

Berbicara tentang produk Microsoft Azure, ada berbagai layanan yang tersedia. Beberapa contoh produk atau layanan yang Microsoft Azure sediakan bagi perusahaan yang menjadi penggunanya antara lain:

  • Virtual Machines

Menyediakan berbagai fasilitas mesin virtual Linux dan Windows yang bisa diperoleh hanya dalam beberapa detik. Virtual machines bisa menyediakan virtualisasi yang lebih fleksibel untuk menjalankan aplikasi maupun memperluas data center.

  • Cloud Services

Produk yang satu ini dirancang untuk digunakan dalam pembuatan aplikasi cloud serta API yang bisa ditingkatkan skalanya. Azure Cloud Service ini mendukung berbagai bahasa pemrograman, seperti misalnya Node.js, Java, Python, PHP, Ruby, .Net, dan sebagainya.

  • Mobile Apps

Kemudian ada Mobile Apps yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk membangun aplikasi untuk Windows, Android, atau iOS.

Masih banyak produk lain yang disediakan oleh Microsoft Azure yang yang dirancang untuk membantu perusahaan berkembang dengan lebih baik. Contohnya adalah Azure Batch AI, Bot Service, Computer Vision, Web Apps, dan sebagainya.


    Subscribe now and stay updated!


    Fitur Microsoft Azure Cloud Indonesia

    microsoft azure cloud features

    Ada setidaknya 3 fitur yang disediakan oleh Microsoft Azure, yaitu PaaS, IaaS, dan SaaS. Masing-masing fitur tersebut dirancang untuk tujuan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan setiap fiturnya agar Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang Microsoft Azure ini.

    PaaS

    PaaS adalah singkatan untuk Platform as a Service. PaaS merupakan suatu layanan computing cloud yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan manajemen atau pengaturan terhadap aplikasi atau service yang berjalan tanpa perlu memikirkan infrastruktur di belakangnya.

    IaaS

    IaaS merupakan singkatan dari Infrastructure as a Service. IaaS adalah sebuah layanan Microsoft Azure Cloud yang memungkinkan pelanggan atau penggunanya untuk mengelola hardware atau infrastruktur yang menjalankan aplikasi atau sistem yang ada di atasnya.

    SaaS

    SaaS atau Software as a Service adalah aplikasi yang sudah jadi atau aplikasi siap pakai yang berbasis awan. Penggunanya bisa langsung memakai layanan ini tanpa harus melakukan manajemen sistem atau infrastruktur yang membangunnya.

    Azure Cloud Shell

    Selain tiga fitur sebelumnya, Microsoft Azure juga mempunyai shell yang terautentikasi, interaktif, dan bisa diakses menggunakan browser. Dengan shell, pengguna bisa mengelola semua sumber daya Microsoft Azure. Shell menyediakan fleksibilitas yang paling sesuai dengan cara perusahaan bekerja. 

    Harga Microsoft Azure Cloud Indonesia

    Microsoft menawarkan Azure untuk bisa digunakan oleh perusahaan secara gratis selama beberapa waktu. Semua layanan bisa Anda gunakan secara gratis dengan menggunakan akun uji coba gratis. Anda tidak akan ditagih biaya apapun sampai Anda memilih untuk mengupgrade akun.

    Setelah masa uji coba gratis berakhir, pengguna yang ingin melanjutkan penggunaan Microsoft Azure perlu melakukan upgrade akun. Biaya penggunaannya bergantung pada produk apa saja yang akan Anda gunakan.

    Google Cloud Lebih Baik Daripada Microsoft Azure Cloud Indonesia

    Salah satu pesaing Microsoft Azure adalah platform Google Cloud yang hadir dengan berbagai fitur dan kelebihan. Google memang sudah dipercaya sebagai sumber segala sesuatu. Salah satu layanan yang disediakannya adalah Google Cloud yang sangat berguna bagi perusahaan di Indonesia.

    Google Cloud hadir dengan banyak layanan yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan pengembangan perusahaan. Beberapa fitur berguna yang akan Anda temukan saat menggunakan Google Cloud antara lain:

    Google App Engine

    Fitur ini merupakan PaaS atau Platform as a Service yang mampu menyediakan scalable hosting tools yang dimiliki oleh Google sehingga developer bisa mendapatkan akses tersebut. Developer juga bisa menggunakan SDK atau Software Developer Kit untuk mengembangkan software.

    App Engine Google sendiri bisa membantu para developer agar menjadi lebih dinamis dan produktif, caranya adalah dengan mengembangkan banyak alat pengembang dan markup language.

    Google Container Engine

    Google Container Engine merupakan suatu sistem orkestrasi dan pengelolaan untuk container Docker. Google Container Engine ini didasarkan pada suatu mesin orkestrasi container yang bernama Google Kubernetes. Mesin ini bisa mengembangkan produktivitas dari developer.

    Software dari Google ini juga dirancang untuk bisa meningkatkan fleksibilitas open source dan efisiensi sumber daya sehingga waktu untuk memasarkan aplikasi bisa dipercepat.

    Google Cloud Storage

    Fitur lainnya adalah layanan yang berupa penyimpanan data dalam jumlah besar dan membuatnya lebih terstruktur. Ada juga pilihan penyimpanan database dan penyimpanan non relasional NoSQL dan berbagai penyimpanan yang lainnya.

    Daftar Google Cloud Via GITS.ID

    Untuk bisa menggunakan platform Google Cloud yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan bersama dengan partner resmi Google Cloud, yaitu GITS.ID.

    Sebelum mendaftar, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai platform Google Cloud, GITS.ID akan menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan untuk memutuskan dengan tepat.

    Setelah itu, kami juga akan membantu Anda dalam langkah-langkah di cloud. Mulai dari assessment dan perencanaan, eksekusi atau migrasi, hingga optimisasi.


    Mulai Migrasi ke Google Cloud yang Cost-Effective dan Terbaik untuk Perusahaan Anda

    Share Article
    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp
    Related Article

    Contact us

    You have a new project?

    Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

    Head Office

    Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286