Mewujudkan Best Online Workspace Collaboration Environment di BUMN

Mewujudkan Best Online Workspace Collaboration Environment di BUMN

Bekerja akan lebih menyenangkan jika perusahaan sudah menetapkan tools yang efektif untuk karyawannya agar bisa mengirim data berupa file kepada klien melalui online workspace. Online workspace adalah sebuah tools kerja online yang memiliki storage dengan kapasitas besar untuk menyimpan banyak data perusahaan.

Sehingga tools seperti ini bisa digunakan untuk future of work bagi semua orang dengan digitalisasi yang semakin berkembang pesat di Indonesia. Berbagai perusahaan di Indonesia pun sudah menetapkan tools kerja online agar bisa mewujudkan kolaborasi terbaik antar perusahaan.

Pentingnya Kolaborasi di Instansi Pemerintah

Presedensi G20 dengan semangat akan meningkatkan kolaborasi antara korporasi perusahaan besar dengan para UMKM. Hal ini menjadi bagian upaya untuk meningkatkan investasi pemerintah yang bersifat kolaboratif dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Namun, antar instansi pemerintah pun perlu berkolaborasi agar bisa menjalankan visi misi bersama mewujudkan Indonesia yang aman dan maju. Apalagi untuk menegakkan suatu negara yang aman diperlukan sinergi yang kuat dari seluruh instansi pemerintah.

Salah satunya pada saat pandemi covid-19, instansi pemerintah swasta dan daerah saling bersinergi dalam menangani kasus tersebut agar wabah yang melanda dapat ditangani dan dientaskan dengan baik.

Salah satunya kolaborasi dengan instansi pemerintah daerah diperlukan agar ketika suatu daerah mengalami keterbatasan sumber daya. Maka instansi pemerintah pusat pun bisa membantu permasalahan tersebut.

Kolaborasi antar instansi pemerintah baik pusat hingga daerah sangat diperlukan agar terwujudnya digitalisasi kearsipan.

Contoh kolaborasi tersebut yaitu melalui digitalisasi arsip yang menyangkut pemerintah, lembaga, dan organisasi agar semua arsip dapat tersimpan dengan rapi melalui sistem digital sehingga dapat dibawa kemana saja melalui handphone.

Selain itu, kolaborasi juga bukan hanya antar instansi pemerintah saja, melainkan antar karyawan dalam satu instansi pemerintah tersebut. Hal ini guna untuk membangun hubungan yang baik antar karyawan, sehingga menghasilkan kinerja yang baik untuk instansi tersebut.

Macam-Macam Pekerjaan dan Hubungan Tugas di Instansi Pemerintah

Berbagai macam pekerjaan pada setiap perusahaan atau instansi tentu memerlukan tools/media. Salah satunya menggunakan online workspace sebagai media kerja para karyawan dalam memenuhi tugas-tugas yang ada di perusahaan/instansi pemerintah.

Adapun macam-macam pekerjaan dan hubungannya dengan tugas di instansi pemerintah yaitu:

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS merupakan pegawai yang bekerja di instansi pemerintah dengan berbagai tunjangan yang bisa didapatkannya dengan masa bakti yang cukup lama yakni 58 tahun untuk pegawai non pejabat.

PNS daerah memiliki tugas yang berperan mengambil bagian dalam kebijakan yang mendukung kesejahteraan rakyat.

Aparatur Sipil Negara (ASN)

Merupakan pegawai yang bekerja di instansi pemerintah yang kategorinya dibagi ke dalam dua jenis yaitu, PNS dan PPPK. Jadi PNS itu sudah pasti ASN, tetapi ASN bisa saja hanya PPPK. Namun tugasnya tetap berpangku pada instansi pemerintah.

BUMN

Salah satu pekerjaan yang banyak diincar banyak orang. Hal ini berkaitan dengan bidang pekerjaan yang signifikan bagi organisasi BUMN. Pegawai BUMN pun diminta untuk selalu bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Namun pegawai BUMN tugasnya tidak berkaitan dengan instansi pemerintah, meskipun setiap perusahaannya dikelola oleh pemerintah.

Setiap pekerjaan di instansi pemerintah membutuhkan kolaborasi antar karyawannya maupun instansi terkait. Hal ini berkaitan agar terwujudnya segala tujuan yang hendak dicapai oleh instansi tersebut.

Tools Kolaborasi Terbaik untuk Perusahaan

Company Collaboration Tools (Ilustrasi)

Tentu setiap perusahaan akan menggunakan tools untuk menjalankan kolaborasinya antar perusahaan tertentu. Apalagi setelah adanya pandemi covid-19 semua pegawai melakukan kerja remote melalui berbagai aplikasi sebagai media kerjanya.

Bekerja di rumah (WFH) menjadi tanda beralihnya semua orang termasuk pegawai untuk bekerja secara jarak jauh melalui sistem digital. Banyak aplikasi digital yang dipakai guna mempermudah pekerjaan dan perusahaan dalam mengirim dan menerima data dari klien.

Hal ini menunjukan bahwa pentingnya transformasi digital dilakukan oleh semua orang termasuk masyarakat Indonesia. Khususnya para UMKM, dimana sedang menjadi fokus pemerintah untuk membawa UMKM segera go digital.

Sebab, hal ini berkaitan dengan perkembangan digital yang terus berkembang pesat di Indonesia. Pemerintah pun menggencar seluruh perusahaan bisnis maupun UMKM untuk melakukan digital economy.

Selain itu company collaboration tools juga menjadi salah satu tanda bahwa perusahaan sudah beralih ke digital dalam memaksimalkan pekerjaannya. Sehingga semua orang dapat dengan mudah bekerja dimanapun dan kapanpun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Berikut ini terdapat beberapa tools kolaborasi yang bisa digunakan oleh perusahaan yakni:

Fuze

Merupakan sebuah tools yang dipakai oleh perusahaan maupun pegawai untuk kebutuhan kerja secara tim. Biasanya aplikasi Fuze digunakan untuk meeting pekerjaan bersama kolaborator melalui video dan pertemuan virtual.

Sehingga antar pihak perusahaan dengan klien dapat bertemu via virtual, tetapi masih bisa bekerja dengan nyaman.

Zoom

Salah satu aplikasi video meeting virtual yang banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk meeting antar karyawan maupun klien dari perusahaan lain. Sehingga aplikasi ini bisa menjadi salah satu company collaboration tools yang baik bagi perusahaan.

Lark

Lark menghadirkan perangkat digital untuk memudahkan masyarakat agar tetap terhubung dengan baik. Aplikasi ini merupakan sebuah platform kolaborasi digital gratis untuk WFH yang bisa digunakan oleh seluruh pegawai di perusahaan manapun.

Pada aplikasi ini pengguna dapat berbagi dokumen dan lembar kerja, kalender pintar, memakai fitur messenger yang handal, adanya sistem absensi dan masih banyak lagi.

Google Drive

Digunakan sebagai aplikasi penyimpanan dokumen melalui layanan cloud. Aplikasi ini sangat praktis karena terhubung dengan Google Doc yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan dan penyimpanan berupa file Word, Power Point, dan Excel yang dapat diunggah di drive.

Trello

Salah satu aplikasi online workspace dan software task management yang paling terkenal. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan terdapat fitur template yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengirim dan menerima task dari perusahaan.

Google Workspace Business untuk Perusahaan

Google Workspace merupakan sistem layanan yang sebelumnya disebut G Suite yang dirilis pada tahun 2020. Layanan ini dirancang untuk memfasilitasi pengguna serta organisasi sebagai tools untuk meningkatkan fungsi kolaborasi, produktivitas, dan mobilitas pekerjaan.

Dengan demikian, Google Workspace Business bisa digunakan untuk layanan bisnis perusahaan startup, organisasi, atau perusahaan BUMN dalam hal kolaboratif.

Sehingga perusahaan tidak perlu beralih lagi ke aplikasi Meet, Gmail, Dokumen dan lainnya karena semua aplikasi sudah tersedia pada satu perangkat yang terintegrasi cloud collaboration tools Google workspace.

Mendaftar dan Berlangganan Google Workspace dengan GITS.id

Apabila perusahaan Anda tertarik untuk menggunakan produk Google Workspace yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, jangan ragu untuk mempercayakannya kepada kami.

GITS.id berkomitmen dalam membuat produk Google Workspace yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. GITS.id juga sudah berpengalaman dalam hal pembuatan web, aplikasi Android dan iOS, Google Cloud, dan lainnya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mempercayakan jasa pada kami.

Mari dapatkan promo terbaik dari GITS dan segera hubungi kami melalui form yang tersedia di bawah ini!

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286